10 Fakta tentang Diet Sehat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

appleSource: Practical Cures

Liburan seperti pada momen akhir tahun merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan karena pada saat itu anda dapat berkumpul dengan sanak saudara atau teman anda. Tak jarang untuk melengkapi kebersamaan anda itu, terselip acara makan-makan bersama. Namun kemudian, timbulah masalah baru di tahun yang baru, yaitu berat badan meningkat. Anda mungkin akan memulai diet ketat dengan tidak makan selama beberapa hari agar berat badan anda kembali seperti semula. Namun, percayalah hal itu akan membuat kesehatan anda menurun dan berat badan anda akan cepat kembali naik. Berikut terdapat 10 fakta yang wajib anda ketahui mengenai diet yang sehat.

1. Minum air yang banyak atau minuman yang bebas kalori


Source: Aqua Mechanical

Sebelum anda makan, minumlah segelas air terlebih dahulu. Orang kadang bingung antara rasa haus dengan lapar yang mereka rasakan, sehingga anda berakhir dengan makan kalori tambahan padahal seharusnya anda minum segelas air. Jika air tidak cukup. Anda bisa minum teh atau air yang memiliki perisa. Air berperan dalam berbagai reaksi kimia di dalam tubuh termasuk metabolisme tubuh. Sehingga air memiliki peran dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme tubuh juga meningkatkan penggunaan kalori lebih banyak. Sehingga membantu anda ketika sedang dalam proses menurunkan berat badan

2. Makan beberapa makanan kecil


Source: 
Personal Creations

Jika anda mengonsumsi kalori yang lebih rendah dari yang anda bakar, anda akan mengalami penurunan berat badan. Namun hal ini berkebalikan dengan fakta yang ada. Penelitian menunjukan bahwa orang yang makan 4-5 kali per hari memiliki kontrol nafsu makan dan berat badan yang lebih baik. Makan makanan kecil dalam rentang makan besar akan membantu anda mengurangi porsi makan saat makan besar. Selain itu, dengan makan 4-5 kali per hari membantu anda terhindar dari penurunan kecepatan metabolisme sehingga kalori yang terbakar dalam tubuh anda lebih banyak dibandingkan bila anda mengurangi frekuensi makan anda.

3. Konsumsi protein tiap kali anda makanan

Source: Stacy Spensley

Protein merupakan makanan yang menyebabkan anda merasa kenyang lebih lama. Protein juga membantu anda menjaga massa otot tubuh anda dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh anda. Selain itu, kalori dalam protein lebih mudah di pecah di bandingkan dengan karbohidrat. Jadi jangan lupa memasukan protein seperti ikan, daging, putih telur, yogurt, keju, dan kacang sebagai menu makanan ringan atau makan malam anda

4. Makan makanan pedas

Source: Håvar og Solveig

Capsaicin adalah kandungan dalam cabai yang menyebabkan rasa pedas ketika di makan. Bahan alami yang terkandung dalam cabai ini dapat memicu peningkatan metabolisme tubuh . Karena itu, setiap kali anda kepedasan, tubuh anda akan memproduksi banyak keringat. Keringat adalah sebuah tanda bahwa metabolisme ada sedang berjalan cepat. Metabolisme yang berjalan cepat akan meningkatkan pembakaran kalori. Tetapi, hati-hati jangan terlalu banyak makan makanan pedas karena dapat membuat perut anda sakit.

5. Selalu makan sarapan anda

Source: With Wind

Hal yang mudah untuk diterapkan ketika menurunkan berat badan anda adalah melewatkan sarapan anda. Ternyata, hal in bukan merupakan hal yang tepat. Melewatkan sarapan dapat membuat anda kelaparan dan memakan porsi yang lebih banyak ketika makan siang dan makan malam. Hal ini dapat terjadi karena kecepatan metabolisme tubuh yang telah mencapai keadaan basal pada saat tidur harus bekerja keras di pagi hari untuk memenuhi aktivitas kita. Dan kerja tubuh akan semakin bertambah karena anda tidak sarapan. Karena itu lebih baik anda tetap sarapan dengan sereal tinggi serat, susu rendah lemak dan buah- buahan.

6. Masukan serat dalam rencana diet anda


Source:U.S. Department of Agriculture

Serat akan membantu fungsi pencernaan anda dan mencegah konstipasi serta menurunkan kolesterol. Selain itu, serat memiliki manfaat yaitu membantu menurunkan berat badan anda dengan membuat anda kenyang lebih lama. Agar mendapatkan manfaat kesehatan dari serat, anda wajib mengonsumsi serat sebanyak 25 gram per hari untuk wanita dan 38 gram sehari untuk laki- laki atau 14 gram per 1000 kalori. Sumber serat yang baik adalah oatmeal, kacang, makanan berbahan gandum utuh, buah- buahan serta sayur-mayur.

7. Turunkan berat badan anda secara perlahan


Source: pixabay

Jika anda sedang menurunkan berat badan namun tidak secepat yang anda perkirakan, jangan berputus asa. Menurunkan berat badan memerlukan waktu seperti saat anda mendapatkannya. Para ahli mengatakan target penurunan berat badan yang realistis adalah sebesat 0.5-1 kg perminggu. Jika harapan target anda terlalu tinggi akan cepat membuat anda berputus asa ketika berat badan anda tidak cepat turun. Ingat, anda akan merasakan manfaat kesehatan ketika berat anda turun sebesar 5-10% dari berat badan anda yang sekarang.

8. Tidur yang cukup

Source: Donny Ray Jones

Ketika anda kekurangan tidur, tubuh anda akan overproduksi hormon grehlin yang menstimulasi nafsu makan. Sehingga anda akan lebih mudah merasa lapar saat anda bergadang. Selain itu, kurang tidur akan mengurangi produksi hormon leptin, fungsi hormon ini adalah untuk memberitahukan anda bahwa anda telah kenyang. Karena itu, memiliki tidur cukup dan berkualitas akan membuat anda merasa kenyang dan menghindarkan anda makan saat tengah malam.

9. Ketahui porsi diet anda sehari-hari

Source: Lara604

Berapa banyak kalori yang sebaiknya anda konsumsi adalah berbeda- beda tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas anda. Wanita yang aktivitas sehari-harinya tidak terlalu berat sebaiknya mengonsumsi kalori 1600- 1800 kalori per hari. Laki- laki yang memiliki aktivitas fisik yang sedang sebaiknya mengonsumsi kalori sebesar 2400-2800 kalori. Menu makan sehat dan seimbang adalah menu untuk menurunkan berat badan terbaik. Anda bisa menggunakan patokan setiap hari mengonsumsi sekitar 2 cangkir buah, 3 cangkir sayur, 3 cangkir produk susu rendah kalori, 5-8 ons gandum, 5-6 ons protein dan tidak lebih dari 5-7 sendok teh minyak nabati atau minyak ikan.

10. Membuat diari makanan


Source: Fredrik Rubensson

Pena dan kertas sederhana dapat secara dramatis mempercepat penurunan berat badan anda. Penelitian menunjukan bahwa menuliskan apa yang anda makan dan minum cenderung membuat anda semakin waspada dengan jenis, waktu serta seberapa banyak yang anda konsumsi. Dengan menuliskan diari makanan, anda dapat memperkirakan berapa banyak lagi kalori yang dapat anda makan. Menulis diari makanan selama 6 hari dalam seminggu dapat menurunkan berat badan anda dua kali lebih banyak dari orang yang hanya menulis diari satu kali atau kurang dalam seminggu.

Itulah 10 fakta mengenai diet yang sehat. Menurunkan berat badan tidak perlu terburu dan tidak perlu sampai melewatkan sarapan anda. Kuncinya adalah atur jumlah kalori yang anda makan sesuai aktivitas anda. Semoga bermanfaat bagi rencana penurunan berat badan anda dan selamat mencoba.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health