15 Fakta tentang Pakaian Adat Aceh

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: SuperSomebodies

Indonesia memiliki bermacam-macam suku dan budaya. Selain itu, Indonesia juga terdiri dari 34 Provinsi yang memiliki budayanya masing-masing, salah satunya adalah Provinsi Aceh yang terletak di ujung pulau Sumatera. Aceh memiliki berbagai macam pakaian adat yang digunakan dalam acara tertentu. Berikut 15 fakta tentang pakaian Aceh yang sangat menarik yang dapat menambah pengetahuan kamu:

1. Baju Meukeusah

Acara Sunnatan ———————————————————————— ———————————————————————— #emrazeistudio #phobiacommunity #photo #photography #modelaceh #photowedding #photoprawedding #canon600d #canonasia #acehwedding #workwedding #potrait #potraitphotography #vintage #fullcolor #foto #fotoindonesia #aceh #acehfoto #fotografer #fotograferaceh #bireuen #hunting #huntingmodel #landscape ———————————————————————– Hubungi kita di CP: WA: 0822-1086-1368 BM: D106E9AE untuk list berikut: – Prawedding, Wedding, Hunting. – Shoot Video film, lipsing, documenter – pemb. Gantungan / Pin sideback cermin – Sablon baju kaos ————————————————————————

A post shared by emrazei_studio (@emrazei) on

Baju Meukeusah merupakan pakaian adat Provinsi Aceh yang dikenakan oleh kaum pria. Pakaian ini berbentuk seperti jas dengan leher tertutup. Terdapat sulam keemasan yang menghiasi kerah baju ini. Pakaian ini dipadankan dengan celana panjang yang disebut cekak musang. Pada pakaian adat Aceh yang satu ini, kita dapat menemukan bahwa sulaman emas yang terletak di kerah baju ini mirip seperti kerah baju China. Diperkirakan, kerah baju Meukeusah merupakan asimilasi budaya Aceh dengan budaya China yang dibawa oleh para pelaut dan pedagang China di masa lalu.

2. Celana Sileuweu

Celana Sileuweu juga merupakan salah satu pakaian adat Aceh yang dikenakan oleh pria, dan celana ini panjang berwarna hitam. Celana Sileuweu ini terbuat dari bahan katun dan dikenakan pada saat ada acara adat. Fungsi dari celana ini adalah untuk menunjang penampilan pria agar kelihatan semakin gagah. Celana Sileuweu kerap dikenakan oleh pria Aceh saat resepsi pernikahan.

3. Rencong

Acara Sunnatan ———————————————————————— ———————————————————————— #emrazeistudio #phobiacommunity #photo #photography #modelaceh #photowedding #photoprawedding #canon600d #canonasia #acehwedding #workwedding #potrait #potraitphotography #vintage #fullcolor #foto #fotoindonesia #aceh #acehfoto #fotografer #fotograferaceh #bireuen #hunting #huntingmodel #landscape ———————————————————————– Hubungi kita di CP: WA: 0822-1086-1368 BM: D106E9AE untuk list berikut: – Prawedding, Wedding, Hunting. – Shoot Video film, lipsing, documenter – pemb. Gantungan / Pin sideback cermin – Sablon baju kaos ————————————————————————

A post shared by emrazei_studio (@emrazei) on

Rencong adalah salah satu senjata tradisional warga Aceh. Rencong ini berbentuk seperti bilah pedang kecil dengan tanduk pada bagian pangkalnya. Senjata tradisional ini merupakan salah satu bagian dari pakaian adat kaum pria di Aceh, sehingga kita akan menemukan senjata ini disematkan di pakaian adat Aceh. Pada masa lalu, Rencong adalah senjata yang digunakan oleh pahlawan Aceh untuk melawan penjajahan.

4. Model tutup kepala pria

Model tutup kepala pria di Aceh, ternyata mirip dengan kopiah. Tutup kepala berbentuk kopiah ini bernama Meukeutop, bentuknya lonjong ke atas dan dilengkapi dengan lilitan Tangkulok. Tangkulok adalah sebuah lilitan dari tenunan sutra berhias bintang persegi 8 dari bahan emas atau kuningan. Kalau diperhatikan lebih jauh, Meukeutop lahir akulturasi budaya Melayu, Arab dan Tiongkok.

5. Baju kurung

Baju kurung merupakan baju atas untuk wanita di Aceh. Baju kurung memiliki kerah dan motif dengan sulam emas seperti baju China. Seperti namanya, baju ini sedikit gombrang panjang hingga ke pinggul, sehingga menutupi lekuk tubuh wanita yang memakainya. Bagi orang Aceh, aurat wanita harus ditutupi sedemikian rupa menurut ajaran agama Islam.

6. Celana cekak musang

. "HALAMAK! Baju Melayu untuk RAYA tak tempah lagi laa!" . Puasa dah nak dekat ni, nak tempah jahit pun dah tak sempat. Nak Shopping masa bulan puasa? Adoi macam tak larat je…. . Haaa.. Ni dia. Kami sedia membantu. Kami dah siap – siap susun color dah, tinggal pilih jer Senang kan? Tak payah pening – pening dah. . Kami mengeluarkan koleksi BAJU MELAYU TERLETAK HELOK untuk anda. “BAJU MELAYU QHALIFAH untuk JEJAKA – JEJAKA MALAYA DAAAAAAN BAJU MELAYU QHALIFAH JR. untuk SI COMEL!!” . 🕌 Kami ada 15 warna yang HOT untuk dipilih & didatangkan dengan dua(2) DESIGN (TELUK BELANGA & CEKAK MUSANG) 🕌 Saiz dari BABY hinggaaa DEWASA 🕌 Dibuat dari kain PREMIUM ICE SKIN (Kain lembut,sejuk dan selesa dipakai) 🕌 HARGA TERBAIK DARI KILANG untuk anda! 🕌 Sentuhan TAILOR yang berpengalaman lebih 20 TAHUN! . Ramai pelanggan kami memang PUAS HATI sangat dengan material dan kualiti jahitan baju melayu kami. Customers’ dari Singapura pun tiap – tiap tahun repeat order! HABANG – HABANG dan HAKAK – HAKAK tinggal nak pilih je warna yang menjadi idaman di hati. Baju semua READY STOCK tau! . BERMINAT? BOLEH PM/WHATSAPP/TELEGRAM KAMI di: . PRICE : (DEWASA) . RM140 TELUK BELANGA RM150 CEKAK MUSANG . PRICE : (KANAK-KANAK) . SAIZ 16&18 RM70 SAIZ 20&22 RM80 SAIZ 24&26 RM90 SAIZ 28&30 RM100 SAIZ 32&34 RM110 SAIZ 36 RM120 . Inc Postage seluruh MALAYSIA . 🛑Info :Utk pembelian baju melayu cekak musang akn dpt free gift butang baju melayu.. . 🛑Utk baju kanak2 cuma ada 1 design shj (teluk belanga)… . Whatsapp . 012-4395014 . #bajumelayu#telukbelanga#cekakmusang #bajumelayumurah#telukbelangamurah #cekakmusangmurah#sayajualmurah #bajuraya#bajuraymurah#bajurayasedondon #bajuraya2017#bajurayaayahdananak #bajurayabudak#bajurayabudakmurah #sayajual#bazaar#bazaaronline#bazaarpaknil #syukurselalu#online#onlinemurah

A post shared by 💝KOLEKSI RAYA 2018💝 (@fyzafaiz) on

Celana cekak musang ini, tidak terkhusus hanya untuk pria atau wanita saja. Namun, secara umum celana panjang dengan lilitan sarung sepanjang lutut ini dapat dipakai oleh kaum pria maupun kaum wanita di Aceh. Biasanya celana cekak musang ini dipakai oleh penari saman. Tari Saman dikenal dalam budaya suku Gayo Aceh yang dihelat saat upacara adat. Dewasa ini, Tari Saman dimasukan menjadi salah satu budaya nasional dan kerap dipertontonkan hingga ke mancanegara.

7. Perhiasan wanita

Pakaian-pakaian adat di Aceh sangat tertutup, dengan maksud agar sang pemakai tertutup auratnya. Bagian kepala wanita merupakan salah satu bagian dari aurat seorang wanita. Oleh karena itu, perhiasan wanita yang didesain menutupi seluruh rambut seperti patham doi yang dihiasi bunga dan tusuk sanggul. Perhiasan lainnya adalah gelang, kalung, anting dan sulaman di seluruh pakaian yang biasanya terbuat dari emas.

8. Culok Ok

Culok Ok adalah busana bagian atas pakaian adat Aceh yang dikenakan oleh wanita. Culok Ok ini merupakan sebuah tusuk sanggul. Ada berbagai macam dari culok ok, ada yang terbuat dari lempengan tembaga berbentuk seperti rangkaian bunga yang bersusuk tiga dan ada juga yang berbentuk bintang pecah delapan yang pada sisinya terdapat ukiran motif bunga dengan sebuah permata di bagian puncaknya. Selain itu, ada juga yang berbentuk seperti bunga cempaka.

9. Patham doi

Resepsi kak @my_mayank Uteun Bayi, Lhokseumawe… Oja tunggu apalagi???? kapan nyusulnya???? @abdulroza94 Terimakasih sudah percayakan jasa @ayirafimakeup di moment bahagianya Kak 🤗🤗🤗 #tanpacukuralis _________________________________________ Ayoooo… Yang mau dipoles cantik di moment penting nya, segera booked AYIRAFI MAKEUP… InsyaAllah semua akan berjalan Lancar.. _________________________________________ bbm : 53A6DF2E Line : musrafi / Ayirafimakeup WhatsApp : 08116701689 📱 CP : 085261930651 ☎️☎️ Dusun pasi Lr.4 Pusong Lama Kota Lhokseumawe, ACEH 🏃🏻🏃🏻🏃🏻 _________________________________________ #makeupforever #sephora #urbandecay #naked #anastasiabeverlyhills #muaindonesia #akad #kebaya #white #aceh #muaaceh #mualhokseumawe #MUA #ayirafimakeup #lhokseumawe #weddingday #pengantinaceh #pengantin #acehwedding #acehmodifikasi #acehmodern #resepsi #ayirafimakeup #ayirafigaleri #MAC #pac

A post shared by Gallery Ayirafi Makeup (@ayirafimakeup) on

Patham doi adalah bunga-bunga segar yang diletakkan di atas kerudung atau perhiasan wanita. Namun patham doi ini juga dapat berbentuk seperti mahkota dengan motif tumpal dan sulur daun. Perhiasan ini beratnya 160 gram dan terbuat dari emas 24 karat dan lima butir serkonia putih. Kreasi patham doi sangat bergantung dari kekayaan yang dimiliki. Inti dari penutup kepala ini adalah untuk membuat pemakainya kelihatan cantik, namun tetap sopan dengan menutupi rambut. Dalam tradisi Islam, rambut adalah aurat yang harus ditutupi.

10. Ulee Balang

Wedding Party #uleebalang #acehculture #agamaceh

A post shared by Fahmy Chen (@fahmychenn) on

Ulee Balang adalah salah satu pakaian tradisional Aceh yang biasanya dikenakan oleh para raja dan keluarganya. Ulee baling berasal dari bahasa Melayu “hulubalang”, yang artinya golongan bangsawan dalam masyarakat Aceh yang memimpin sebuah kenegerian, yang sekarang setingkat dengan kabupaten dalam struktur pemerintahan Indonesia. Fakta ini membuat Ulee Balang tak bisa dipakai oleh sembarangan orang. Hanya mereka yang memiliki garis keturunan raja yang dapat mengenakannya dalam upacara pernikahan.

11. Patut-patut

Patut-patut juga merupakan salah satu pakaian adat dari Aceh. Jika Ulee Balang dikenakan oleh para raja dan keluarganya, maka Patut-Patut dikenakan oleh para pejabat negara dan tokoh masyarakat cerdik pandai. Dalam masyarakat Aceh, kaum cerdik pandai ditempatkan dalam kedudukan yang setara dengan bangsawan. Mereka biasanya dianggap bijaksana sehingga menjadi penasehat raja. Itulah mengapa kedudukan mereka cukup tinggi.

12. Linto Baro

#lintobaro #pakaianadataceh

A post shared by Fajar Przystojny (@fajar_przystojny) on

Linto Baro juga merupakan salah satu pakaian adat dari Aceh. Pakaian adat ini, dahulunya dikenakan oleh pria dewasa saat menghadiri upacara adat atau upacara pemerintahan. Diperkirakan pakaian ini mulai muncul di Aceh pada zaman Kerajaan Perlak dan Samudra Pasai. Pakaian adat ini terdiri atas baju atasan yang disebut baju Meukeusah, kemudian dipadankan dengan celana sileuweu, kain sarung ijo krong, sebilah siwah atau rencong, dan tutup kepala Meukeutop.

13. Dara Baro

Daro Baro merupakan salah satu pakaian adat Aceh yang dipakai oleh wanita. Jika para kaum pria mengenakan Linto Baro, maka para wanita akan mengenakan Daro Baro. Pakaian ini umumnya berwarna lebih cerah daripada Linto Baro. Ada yang berwarna merah, kuning, hijau atau ungu. Daro Baro ini merupakan pakaian yang sangat islami dan tertutup.

14. Ceukam sanggoy

Ceukam Sanggoy termasuk ke dalam perhiasan yang dikenakan oleh wanita Aceh. Perhiasan ini juga berbentuk tusuk sanggul, yang terbuat dari tembaga dengan motif bunga tanjung yang terdiri dari sembilan tingkat yang dirangkai pada sebuah lempengan melengkung yang sederet rangkaian bunga. Fungsi ceukam sanggoy tak hanya buat keindahan, tapi untuk menjaga agar posisi sanggul tetap kokoh.

15. Subang pinto

Subang Pinto merupakan sepasang anting-antingan yang terbuat dari emas 22 karat. Anting-antingan ini memiliki motif boh eunkot yaitu bulatan-bulatan kecil seperti telur ikan, yang terinspirasi dari bentuk pintu rumah tradisional masyarakat Aceh. Orang Indonesia pada umumnya memang suka mengenakan anting-anting emas yang motifnya beragam. Subang Pinto menjadi salah satu warisan budaya Aceh untuk melengkapi keanekaragaman busana Indonesia.

Nah, itulah 15 fakta tentang pakaian tradisional Aceh yang menunjukkan betapa kayanya kebudayaan Indonesia itu. Menghargai perbedaan budaya ini akan membantu melestarikan keanekaragaman budaya sehingga dapat dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Knowledge