15 Kebaikan Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Hari Prasad Nadig

Familiar kah anda dengan peribahasa “Dunia tidak selebar daun kelor”? Pohon yang bentuk daunnya imut-imut ini ternyata mempunyai banyak khasiat. Kaya akan kandungan nutrisi, protein, antioksidan dan mineral natural adalah alasan mengapa daun kelor masuk dalam kategori makanan super atau super food. Daun kelor banyak dijual dalam bentuk bubuk. Cara penyajian daun kelor bubuk dapat dijus dengan buah, dicampur dengan yogurt, diseduh air panas seperti teh, bahkan bisa diolah menjadi hidangan penutup seperti pai atau puding. Yang penting diperhatikan pada penyajian daun kelor adalah, hati-hati saat menyeduh atau memasak daun kelor jangan menggunakan suhu yang terlalu tinggi agar nutrisi dan vitamin tidak hilang. Daun kelor bubuk dapat ditemukan di toko-toko yang menjual makanan sehat, juga beberapa perusahaan jamu menjual dalam bentuk kapsul. Berikut adalah 15 kebaikan daun kelor yang perlu diketahui:

1. Melangsingkan Tubuh


Source: Tumisu

Daun kelor atau biasa disebut “miracle tree” memiliki protein dua kali lebih banyak dari pada yogurt menjaga metabolisme tubuh agar tetap berenergi dan tidak mudah lapar. Konsumsi daun kelor bubuk yang sudah diseduh pada pagi hari adalah sumber protein sangat bagus untuk penambah energi yang bebas lemak. Selain itu daun kelor dapat menyeimbangkan hormone sehingga bisa menjaga berat badan stabil.

2. Melawan Sel Kanker


Source: Alisea_30

Dari banyaknya riset yang dilakukan selama ini, terbukti bawha ada 46 macam antioksidan terkandung dalam daun kelor. Sungguh luar biasa, selain bisa membunuh radikal bebas, daun kelor juga memberikan efek antikanker yang ampuh. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin, kandungan antioksidannya dapat melawan berkembangnya sel kanker yang bisa merusak jaringan dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Hati


Source: OpenClipart-Vectors

Kesehatan hati sering kali terabaikan karena seringnya mengkonsumsi makanan, minuman dalam kemasan atau instan yang diolah dengan bahan kimia. Daun kelor mengandung polifenol yang menjaga hati dari oksidasi, keracunan dan kerusakan. Kandungan anti-peradangan atau anti-inflamasi juga membantu menjaga dan memaksimalkan fungsi hati yang bekerja sebagai penyaring racun dalam darah sehingga menjaga tubuh senantiasa sehat.

4. Mengurangi Migrain


Source: LMun81

Perempuan cendrung lebih rentan menderita migrain. Penyebab adanya sakit kepala sebelah ini sayangnya belum diketahui penyebabnya. Migrain sering dialami oleh orang yang kurang tidur, stress, mengkonsumsi banyak makanan ber MSG. Migrain yang sering muncul sangatlah mengganggu produktivitas. Mengkonsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem syaraf sehingga bisa mengurangi migrain yang berkepanjangan.

5. Mencegah Osteoporosis


Source: PublicDomainPictures

Osteoporosis yang dikarenakan kurangnya kalsium yang terserap dalam tubuh umumnya dialami oleh wanita. Kalsium adalah salah satu mineral yang terkandung dalam daun kelor, banyaknya kalsium dalam daun kelor empat kali lebih banyak dari pada susu menjadikan daun kelor sumber kalsium yang cukup efektif. Dengan cukupnya asupan kalsium dalam tubuh akan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang untuk mencegah osteoporosis.

6. Mencerahkan Kulit


Source: JohnsonGoh

Manfaat mengkonsumsi Vitamin C tidak hanya untuk menjaga kekebalan tubuh atau mencegah panas dalam. Vitamin C dibutuhkan untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat. Bahkan sekarang banyak kosmetik yang menjual krim Vitamin C, namun penyerapan Vitamin C secara topikal tidak efektif. Kandungan vitamin C dalam daun kelor tujuh kali lebih banyak dari buah jeruk membat daun kelor menjadi sumber Vitamin C yang luar biasa.

7. Menjaga Kesehatan Mata


Source: PublicDomainPictures

Bagi anda yang sehari-hari bekerja di depan layar atau sering memandang layar ponsel yang membuat mata cepat lelah , lebih baik mengkonsumsi daun kelor secara rutin karena kaya akan vitamin A. Kandungan vitamin A dari daun kelor empat kali lebih banyak dari pada wortel yang tentunya akan membantu menjaga mata tetap sehat dan tidak mudah lelah.

8. Mengobati Anemia


Source: qimono

Bila anda sering kunang-kunang atau bagian dalam kelopak mata anda berwarna pucat mungkin anda menderita Anemia. Anemia yang disebabkan kurangnya zat besi dalam darah, dapat diobati dengan mengkonsumsi daun kelor. Zat besi yang ada di daun kelor 25 kali lebih banyak dari pada bayam. Selain itu daun kelor bisa menggantikan daging sapi sebagai sumber zat besi untuk para vegetarian.

9. Mencegah Kram Otot


Source: Matthew Kane

Jumlah kandungan Potassium dalam daun kelor 15 kali lebih banyak dari pada pisang. Potassium sangat penting untuk membantu fungsi kerja otot (pergerakan otot, kontraksi otot dan relaksasi otot). Kram juga sering dialami oleh para perempuan pada saat datang bulan yang sangat mengganggu, dengan mengkonsumsi daun kelor dapat membantu mengurangi intensitas kram saat dating bulan.

1o. Menjaga Jantung Sehat & Kolesterol Menurun


Source: geralt

Penyumbatan saluran darah oleh kolesterol yang terserap dalam tubuh bisa menjadi penyebab berkurangnya darah yang dipompa jantung akan mengakibatkan banyak masalah pada jantung. Daun kelor mengandung Fitosterol yang dapat menurunkan Kolesterol dalam darah, Fitosterol mengurangi penyerapan Kolesterol yang berasal dari makanan ke usus, Kolesterol yang tidak diserap akan dibuang bersama sisa makanan.

11. Mengobati Diabetes


Source: TesaPhotography

Vitamin C dari daun kelor dapat menjaga kesehatan pankreas. Kurangnya vitamin C pada pankreas menyebabkan kurangnya produksi insulin yang berkakibat meningkatnya gula dalam darah. Selain itu daun kelor memiliki glutathione yaitu salah satu jenis antioksidan yang memiliki sifat antidiabetic.Daun kelor juga menjadi sumber energi natural yang tidak mengandung gula, sangat cocok untuk penderita diabetes.

12. Meningkatkan Produksi & Kualitas ASI


Source: seeseehundhund

ASI yang berkualitas sangatlah penting untuk kesehatan dan perkembangan bayi, kurangnya kualitas ASI dapat menyebabkan kurangnya asupan gizi pada bayi. Beberapa penelitian menyebutkan nutrisi yang dikandung daun kelor dapat membantu menyeimbangkan hormon sehingga dapat meningkatkan produksi estrogen yang akan menstimulasi kelenjar susu ibu, untuk menghasilkan ASI yang lebih berkualitas sekaligus menambah jumlah produksi ASI.

13. Memperkuat Sel Sperma


Source: sciencefreak

Daun kelor bisa membantu meningkatkan jumlah sperma, bila penyebab kurangnya produksi sperma dapat dapat diobati (bukan bawaan genetik). Zinc atau Seng yang terkandung dalam daun kelor meningkatkan level hormon testosteron dalam tubuh pria untuk mendukung produksi sel sperma yang lebih banyak, sehat dan kuat. Selain untuk produksi sperma yang baik, daun kelor dapat membantu pria yang susah mendapatkan ereksi.

14. Mengurangi Insomnia & Stres


Source: Aimanness Photography

Susah tidur, stres, mood swing sangat berpengaruh kepada produktivitas. Daun kelor mengandung banyak protein dan vitamin seperti Tryptophan dapat membantu tidur menjadi nyenyak. Daun kelor juga terbukti memperbanyak produksi serotonin atau hormon relaksasi yang menenangkan syaraf dan menstabilkan tekanan darah membuat tubuh menjadi rileks, ini akan mengurangi insomnia, stres, dan memperbaiki suasana hati atau mood.

15. Mengobati Jerawat


Source: Kjerstin_Michaela

Senyawa antibakteri, antijamur dan antivirus yang terkandung dalam daun kelor dapat melindungi kulit dari bermacam-macam infeksi. Salah satunya adalah jerawat yang meradang. Untuk anda yang bermasalah dengan jerawat berikut adalah cara membuat masker daun kelor: ambil daun kelor secukupnya, tambahkan sedikit air, tumbuk sampai halus, lalu aplikasikan di wajah seperti masker, diamkan 15 sampai 20 menit, lalu cuci dengan air sampai bersih.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health