15 Manfaat Susu Cokelat Milo bagi Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Unsplash

Susu yang diproduksi oleh Nestle ini merupakan campuran zat bubuk cokelat dan gandum yang dapat diminum baik secara panas maupun dingin. Susu ini tidak hanya digemari oleh anak-anak, namun juga oleh orang dewasa di banyak bagian di seluruh dunia. Di beberapa tempat bahkan Milo sudah diproduksi menjadi cokelat batang dan sereal. Kami akan beritahu 15 manfaat susu Milo bagi kesehatan. Yuk, terus simak artikel ini…

1. Kaya Protein


Source: Phalinn Ooi

Setiap bagian dari tubuh kita membutuhkan protein untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, seperti rambut, gigi, dan jantung. Protein merupakan penyumbang asam amino yang baik dalam pola makanmu, protein juga membantu melindungi sel-sel di tubuh kita. Meminum susu Milo sebagai kudapan atau pelengkap saat makan dapat membuat kamu lebih kenyang.

2. Indeks Glycemic Rendah


Source: Congerdesign

Indeks glycemic (GI) ini adalah angka yang mengindikasikan efek makanan pada kadar gula dalam darah manusia. Angka standar indeks ini, yaitu yang setara dengan glukosa murni, adalah 100. Serbuk Milo memiliki GI 55 bila dilarutkan dalam air. Yang menarik, bila serbuk Milo dilarutkan/dicampurkan dalam susu, GI-nya hanya sekitar 33. Sehingga Milo masih masuk dalam kategori baik dikonsumsi asal tidak eksesif.

3. Mengandung Karbohidrat


Source: Hans Benn

Kandungan sejenis gandum dalam maltose (komponen utama Milo) dan protomalt (pada Milo Nutri Up, yaitu varian Milo yang dikhususkan bagi orang dewasa) merupakan kombinasi antara karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat berguna untuk mengembalikan glycogen (glukosa atau energi yang disimpan otot dan hati) yang hilang dan setelah melakukan aktivitas berat.

4. Tinggi Kalsium dan Vitamin D


Source: Unsplash

Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi yang baik bagi tulang. Untuk anak-anak yang mengonsumsi susu Milo, nutrisi ini akan menjadi alasan yang baik untuk meminum susu ini. Pada usia di mana pertumbuhan anak-anak terjadi sangat cepat, kalsium dan vitamin D dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan mereka. Ditambah bila anak gemar melakukan aktivitas fisik, kekuatan tulang merupakan pondasi utama agar mereka tetap aktif.

5. Vitamin B


Source: Bykst

Vitamin B adalah nutrisi yang dapat membantu menyehatkan saraf tubuh dan sel darah, serta membantu membentuk DNA (materi genetik di seluruh sel). Vitamin ini juga membantu meningkatkan energi dan mencegah kamu merasa mudah lelah atau lemas karena anemia. Tubuh kita tidak memproduksi vitamin B, sehingga kita hanya bisa mendapatkannya dari asupan makanan. Memperolehnya dari segelas susu juga tidak ada ruginya, bukan?

6. Zat Besi


Source: Unsplash

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang vital bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Fungsi sel darah merah sendiri adalah untuk menyalurkan oksigen dan protein ke seluruh tubuh, dua hal yang bila organ-organ kita kekurangan (misalnya otak dan jantung) maka bisa berakibat fatal. Selain mengonsumsi makanan yang memang mengandung zat besi tinggi, misalnya sayur-sayuran dan daging merah, tidak ada salahnya menambah asupan zat besi dari susu Milo.

7. Vitamin C

READY! MILO MALAYSIA 3IN1 🍼🍫 cocok utk panas atau dingin. Bikin milo dinosaur ala mall ga pake mahal! 😍 only @85rb isi 21 pack . Rasa beda dengan milo lokal yaa yaa 👍 ini yang dipakai di mall dan resto besar lainnya 🍫🍫😍😍 . . #milopremium #jualmilo #jualmilopremium #jualmilo3in1 #milomalaysia #jualmilomalaysia #susumilo #milodinosaur #jualsusu #jualbungawisuda #jualovaltine #jualovomaltinemurah #jualovomaltine #ovomaltinespread #selaiovomaltinemurah #greenteaspread #jualovaltineswiss #ovaltineswisschoco #jualdressmurah #jualmakanankorea #snackjepang #snackkorea #jualmakananjepang #jualbajubangkok #jualmiloprofesional #jualmiloprofessional #miloprofesional #milo3in1 #jualsusumilo #jualsnackkorea

A post shared by DAGELAN RAISA JNJ_SNACKSTORE (@promote.jnj_snackstore) on

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan, dan antioksidan adalah komponen yang sangat penting bagi tubuh karena digunakan untuk menangkal bahaya radikal bebas yang menyerang tubuh akibat paparan sinar matahari atau radiasi dari sekitar. Selain baik untuk kesehatan kulit, vitamin C juga baik untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Asupan vitamin C yang teratur setiap hari dapat menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

8. Mengandung Serat


Source: Ulleo

Dari mana kandungan serat dalam susu Milo? Tentu saja dari malt (komponen Milo yang terdiri dari gandum yang mengandung gluten dan gula/sukrosa) seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Barley adalah semacam gandum yang digunakan dalam Milo. Sebagaimana yang sudah sering kita baca, tubuh membutuhkan serat agar proses metabolisme dapat berjalan dengan baik. Lepas dari itu, keberadaan serat dapat membantu membuat kamu merasa lebih kenyang.

9. Lemak Jenuh


Source: 2015kate

Milo juga mengandung lemak jenuh yang kadarnya akan berkurang bila kamu mencampurkan Milo dengan susu tanpa lemak, dan hal ini merupakan kabar baik. Namun bukan berarti lemak jenuh sepenuhnya jahat bagi tubuh. Kita tetap membutuhkan lemak jenuh (yang biasanya ditemukan di mentega atau minyak kelapa) karena dia memainkan peran penting bagi sistem imun. Kekurangan asam lemak jenuh di sel darah putih, misalnya, akan berpengaruh pada kemampuan

10. Lebih baik ketimbang minuman manis lainnya


Source: Evelynlo

Susu Milo yang dijual di pasaran sudah mengandung gula. Dan meskipun konsumsi gula berlebihan tidaklah baik bagi kesehatan, meminum susu Milo jauh lebih baik ketimbang minuman manis lainnya, seperti jus kemasan atau bahkan minuman ringan atau bersoda. Jus kemasan lebih banyak mengandung air dan gula ketimbang sari buah, dan jangan berpikir dua kali untuk mengonsumsi minuman bersoda secara teratur. Susu Milo merupakan pilihan terbaik untuk melengkapi nutrisi bagi tubuh.

11. Memulihkan kondisi tubuh


Source: East Midtown

Bagaimana dengan protein shake? Minuman tersebut biasanya digunakan binaragawan untuk membentuk tubuh dan kini sangat populer dikonsumsi oleh orang awam karena dipercaya dapat menguatkan tubuh. Namun susu coklat dapat melakukan hal yang sama, lho! Bahkan lebih baik. Dengan protein yang lebih rendah dari protein shakes, kalorinya juga jelas lebih rendah. Dan untuk memulihkan otot setelah berolahraga, ternyata kita hanya membutuhkan 20 gram protein. Segelas Milo memiliki sekitar 100 kalori dan itu sudah lebih dari cukup untuk memulihkan tubuh setelah berolahraga. Fakta yang menarik, ya?

12. Ada varian untuk orang dewasa

Milo yang dikhususkan untuk orang dewasa bernama Milo Nutri Up. Dia merupakan varian yang isinya ditingkatkan (di-upgrade) dari Milo biasa yang identik untuk anak-anak. Rasanya lebih nikmat dan jelas lebih bernutrisi tinggi, tersedia dalam format 3 in 1 yang berisi Milo, susu, dan gula. Milo Nutri Up mengandung makronutrisi, protein, dan kalsium lebih banyak ketimbang Milo biasa karena target konsumennya memang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak ketimbang anak-anak.

13. Mengandung Theobromine


Source: Brigitte Tohm

Theobromine adalah komponen yang mirip dengan kafein, begitu pula dengan efeknya, yaitu dapat membuat seseorang mengalami ketergantungan ringan bila mengonsumsinya secara berlebihan setiap hari. Hal ini tidak selalu berarti buruk. Bayangkan manfaat Milo yang telah kami sebutkan di atas, bila komponen ini membuatmu lebih sering (jadi teratur) meminum susu Milo setiap hari, berarti kamu juga akan bisa menuai manfaat susu ini, bukan? Namun segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik, jadi konsumsi susu Milo sewajarnya saja, ya.

14. Nutrisi pelengkap, bukan pengganti


Source: Ponce_photography

Nutrisi yang paling baik bagi tubuh adalah yang diperoleh dari makanan. Milo merupakan nutrisi tambahan atau pelengkap, dia tidak diformulasikan untuk menggantikan mikronutrisi atau bahkan makanan. Kamu bisa berkonsultasi pada ahli gizi soal asupan nutrisi yang tepat bagi dirimu (karena kebutuhan setiap orang bisa berbeda-beda, bergantung pada usia, jenis kelamin, serta kondisi fisik), namun mengonsumsi susu Milo sebagai pendamping saat sarapan bukanlah hal yang buruk. Asal jangan hanya sarapan dengan susu Milo setiap hari, ya.

15. 4.5 Bintang dari Health Star Rating


Source: Unsplash

Apa itu Health Star Rating? HSR adalah sistem inisiatif pemerintah di Australia yang memberikan nilai nutrisi makanan kemasan. Sistem ini didesain untuk memberikan informasi pada konsumen, serta mempermudah konsumen membandingkan produk-produk yang ada di pasaran, dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Milo mendapat 4.5 dari 5 bintang, yang berarti nilainya amat tinggi dan produk ini dinilai amat sehat. Milo memang menyehatkan, namun dengan catatan bila dia dikonsumsi dengan susu tanpa lemak (skim milk), berkaitan dengan poin GI yang kami sebutkan di atas tadi.

Milo dapat dinikmati dalam bentuk panas maupun dingin dan juga dalam kondisi cuaca panas maupun dingin. Tapi coba deh bayangkan kalau di luar sana sedang hujan deras di pagi hari akhir pekan, dan kamu hanya ingin bergumul di dalam kamar sambil membaca buku. Segelas Milo panas pasti akan jadi teman pelengkap yang sempurna. You know, because hot chocolate is like a hug from the inside. Hmm… #CintaiHidup

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health