15 Hal Menarik Tentang JKT48 Yang Perlu Kamu Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Aidoru Otaku

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kelompok atau girlband yang satu ini. JKT48 sendiri adalah sebuah grup vocal dan tari remaja wanita yang sudah populer sejak beberapa tahun silam. Wajah para anggotanya pun sudah tak asing lagi di mata para pemirsa. Nah, jika kamu adalah penggemar grup ini atau sedang mencari informasi tentang JKT48, simak beberapa hal menarik yang bisa kamu ketahui berikut ini!

1. Awal Berdiri

Source: teampapajahat JGJ

JKT48 pertama kali didirikan dengan sebuah pengumuman yang diselenggarakan dalam sebuah acara di Jepang yang pada 11 September 2011 tepatnya di kota Chiba. Saat pertama kali didirikan, manajemen JKT48 terutama produser Yasushi Akimoto melakukan audisi untuk menjaring anggota dari tanggal 8 Oktober 2011 hingga  9 Oktober 2011. Setelah melakukan audisi, didapatlah 28 anggota JKT48 generasi pertama atau Tim J. Pendirian JKT468 sendiri adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk menjembatani persahabatan diantara kedua negara yakni Jepang dan Indonesia.

2. Sister Group

Source: Dennis Amith

JKT49 atau Jakarta48 adalah sebuah grup wanita yang didirikan sebagai sister group atau girlband dengan konsep yang sama dengan pendahulunya yakni AKB48 atau Akibahara 48 yang didirikan di kota Tokyo, Jepang. Konsep pendirian AKB48 adalah untuk memberikan pertunjukan setiap hari di teater Akibahara miliki mereka sendiri dan fans bisa melihat atau bertemu mereka setiap hari. Setelah AKB48 berdiri ditahun 2005, kini AKB48 telah banyak memiliki sister grup yang salah satunya ada di Indonesia yakni JKT48.

3. Jumlah Anggota

Source: Rizqullah Hamid Saputra

Jumlah anggota JKT48 cukup banyak yakni terdiri dari  66 orang anggota dimana 21 member adalah anggota Tim J, 24 anggota Tim KIII, 18 anggota Tim T, dan 4 siswi pelatihan Generasi 5.dari semua anggota tersebut hanya ada satu member yang masuk dalam Tim J maupun Tim T yakni Melody Laksani. Member JKT48 memang sebagian besar berasal dari Indonesia tapi ada beberapa member yang berasal dari Jepang seperti Haruka Nakagawa dan Rena Nozawa.

4. Member Populer

Source: Aidoru Otaku

Meskipun memiliki banyak member mungkin hanya beberapa member yang wajahnya benar-benar dikenali atau istilahnya member tersebut lebih populer dibandingkan dengan anggota lainnya. Beberapa member JKT48 yang terkenal adalah Melody, Nabilah, Jessica Veranda, Ghaida, Shinta, Naomi, Haruka dan lain sebagainya. Mereka yang kurang populer dan jarang muncul bersama anggota JKT48 lainnya sering disebut dengan julukan undergilrs.

5. Album Dan Single Populer

Source: Wikimedia

Sejauh ini JKT48 telah berhasil mengeluarkan tiga album yakni album Heavy Rotation yang rilis pada tanggal 17 Februari 2013, album kedua Kamikyoutachi yang rilis pada tanggal 26 Maret 2016 dan yang ketiga, album  JKT48 Festival Greatest Hits yang baru saja rilis pada tanggal 22 Februari 2017. Sementara selain ketiga album tersebut JKT48 juga merilis 16 singel yang diawali dengan rilisnya single River pada tanggal 11 Mei 2013.

6. Senbatsu

Source: Wikimedia

Jika kamu adalah fans JKT48 mungkin kamu sudah sering mendengar istilah senbatsu. Dalam bahasa Jepang senbatsu adalah seleksi atau audisi yang dilakukan untuk menjaring member atau anggota JKT48. Ada tiga jenis senbatsu yang biasa dilaksanakan untuk memilih member yaitu Senbatsu Nogi yang dipilih oleh pihak manajemen, Senbatsu Sousenkyo atau seleksi yang dilakukan oleh fans dan Janken Senbatsu Tournament atau seleksi yang dilakukan dengan suit jepang, member yang menang suit akan lolos seleksi dan menjadi center dalam grup tersebut. Unik ya!

7. Pertunjukan Rutin

Source: Wikimedia

Tidak seperti grup lain yang mungkin hanya bertemu fans saat konser atau pertunjukan, grup JKT48 selalu memiliki aktifitas harian untuk berjumpa dengan pada fans lewat pertunjukan live yang mereka gelar di teater mereka sendiri yakni teater JKT48 yang berlokasi di mall FX Sudirman lantai 4. Pada weekday atau hari kerja member JKT48 melakukan pentas sekali dalam sehari yakni pukul 19.00 malam sementara pada akhir pekan mereka menggelar dua kali pertunjukan live yakni pada pukul 14.00 dan 16.00

8. Lima Generasi

Source: Wikimedia

Hingga saat ini JKT48 telah memiliki lima generasi sejak berdiri pada tanggal 17 Desember 2011. Generasi tersebut adalah sesi pelatihan dimana member diseleksi dan diberi pelatihan hingga ia siap tampil sebagai member JKT48 dalam segala pementasan. Generasi pertama dari JKT48 kerap disebut dengan Tim J dan tim tersebut adalah tim dengan anggota paling senior dan cukup populer diantara member lainnya.

9. Acara Televisi Dan Radio

Source: Wikimedia

Seperti yang kita ketahui, JKT48 menggelar pertunjukan live setiap hari diteaternya namun ada kalanya grup ini juga diundang untuk mengisi acara di beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia. Tak hanya tampil di acara musik dalam negeri, JKT48 juga pernah memiliki acaranya sendiri seperti JKT48 school yang ditayangkan di Global TV pada tahun 2012, JKT48 missions yang tayang ditrans7 pada tahun 203 dan juga JKT48 story yang tayang di RCTI juga ditahun yang sama.

10. Konser

Source: Wikimedia

Selama ini JKT48 pernah menggelar tiga konser tunggal yang cukup besar dan lebih meriah dibandingkan pertunjukan live yang mereka lakukan setiap hari. Ketiga konser tersebut antara lain konser JKT48 All Member Event “Pintu Masa Depan” yang diselenggarakan pada tanggal 13 juni 2015, konser JKT49 Live In Concert “Wayahe Suroboyo Rek” yang diselenggarakan pada tanggal 03 Juni 2016 dan juga konser Jam Expo 2014.

11. Transfer Anggota

Source: Wikimedia

Memiliki beberapa tim dengan jumlah yang cukup banyak, JKT48 terkadang melakukan perombakan formasi anggota dan saling mentransfer anggota timnya. Misalnya saja Naomi, Beby, Ayana, Sendy dan Rachel yang ditransfer dari tim J ke tim KIII  dan Kinai, Sinka, Yona, Uty, Ikha, Saktia dan Della yang ditransfer dari tim KIII ke tim J.  selain transfer yang dilakukan antar tim, ada juga anggota JKT48 yang ditransfer keluar negeri dan menjadi anggota AKB48 yakni Aki Takajo dan rena Nozama.

12. Kapten Tim

Source: Aidoru Otaku

Setiap tim dalam JKT48 baik tim J, tim KIII, maupun tim T memiliki kapten timnya masing-masing. Kaptem tim atau leader masing-masing kelompok akan menjadi pemimpin dan orang yang bertanggung jawab dalam kelompok tersebut. Adapun tim J saat ii dipimpin oleh Shania Junianantha, tim T dipimpin oleh Melody Melody Nurramdani Laksani dan tim KIII dipimpin oleh Ratu Vienny Fitriliya.  Melody sendiri menjadi kaptem tim T sekaligus member dari tim J.

13. Trainee

Source: emonemomen

Selain memiliki member yang aktif dalam berbagai kegiatan termasuk pementasan dan konser, JKT48 juga melatih siswi-siswi sekolah khususnya SMA sebagai Trainee atau anggota yang dipersiapkan menjadi member tetap. Dalam istilah bahasa Jepang, trainee disebut dengan kenkyūsei dan saat ini ada empat anggota trainee JKT48  yakni  Diani Amalia Ramadhani, Gabryela Marcelina, Hasyakyla Utami Kusumawardhani dan Sania Julia Montolalu.

14. Teater JKT48

Source: Wikimedia

Teater JKT48 adalah teater yang khusus dibuat untuk pertunjukan JKT48 dan grup sistenya. Teater ini terletak di mall FX sudirman lantai 4 Jakarta. Teater yang juga menjadi markas JKT48 ini telah diresmikan sejak tanggal 8 September 2012 dan terkenal dengan pementasan yang disebut pajama drive. Teater JKT48 memiliki kapasitas sekitar 400 orang dengan 240 kursi duduk dan 160 untuk penonton berdiri. Setiap harinya teater ini mempertunjukkan pementasan live sehari sekali dan dua kali diakhir pekan.

15. Penghargaan Dan Nominasi

Source: Wikimedia

Tampil sebagai salah satu grup idola di Indonesia dan memiliki banyak fans, JKT48 yang punya banyak member bertalenta juga sering mendapatkan penghargaan dan nominasi. Beberapa penghargaan yang pernah diraih diantaranya Yahoo! OMG Awards Indonesia 2012 dalam kategori best group, JPop Asia Music Awards 2012 dalam kategori best MV dan best single, Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards 2015, Jawa Pos Group Award 2016, Mom and Kids Awards 2016 dalam penyanyi favorit. Sementara ditahun 2016 grup ini sempat masuk dalam nominasi Panasonic Gobel Awards dalam kategori special events.

Itulah beberapa hal menarik tentang JKT48 yang bisa kamu ketahui. “Be shining and keep fighting”

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Celebrity, Entertainment