15 Makanan Khas Indonesia ini Tidak Hanya Lezat, tapi Juga Bergizi Tinggi

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Sorcel

Di samping keindahan alam dan keaneragaman budaya, Indonesia juga dikenal akan wisata kulinernya yang menggungah selera. Ya, sebagaimana kita tahu masakan negeri ini memang kaya rempah-rempah. Cita rasanya begitu khas, gurih, enak dan melekat di lidah. Bahkan tak tanggung-tanggung, kandungan gizinya pun tinggi.

Nah, jadi kalau Kamu bingung kira-kira mau makan apa, coba saja makanan khas Indonesia di bawah ini yang juga dikenal menyehatkan tubuh. Mau tahu apa saja? Langsung saja simak ulasannya dibawah ini!

1. Rendang

Siapa sih yang tidak mengenal rendang? Masakan khas Indonesia yang telah mendunia ini berasal dari wilayah Padang, Sumatera Barat. Umumnya, rendang dimasak menggunakan bahan dasar daging sapi dan diolah dengan mengombinasikan berbagai macam rempah-rempah seperti kunyit, serai, cabe, bawang merah, bawah putih dan masih banyak lainnya. Hal ini membuat masakan rendang tak hanya lezat tetapi juga memiliki nilai gizi tinggi.

Rendang mengandung tinggi protein yang berguna dalam menjaga kesehatan otot dan tulang. Selain itu, masakan ini juga memiliki kandungan antioksidan (berasal dari bawang putih) yang fungsinya untuk menyehatkan jantung dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

2. Soto

Siang hari, panas-panas, enaknya makan apa? Tentu jawabannya soto! Masakan khas Indonesia yang satu ini dapat dengan mudah Kamu temukan di berbagai wilayah nusantara. Umumnya tiap-tiap daerah memiliki resep khusus untuk membuat soto. Misalnya saja, ada Soto Lamongan, Soto Medan, Soto Makassar, Soto Banjar dan masih banyak lainnya.

Soto dibuat dengan kaldu daging, entah itu daging ayam ataupun daging sapi. Di dalamnya juga dimasukan beberapa rempah seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe dan lain-lain. Manfaat dari soto juga cukup banyak loh, Gaes! Soto memiliki kandungan vitamin C (dari jeruk nipis) yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, daging dan rempah yang digunakan juga dapat berperan sebagai sumber protein, zat antioksidan dan melancarkan pencernaan.

3. Gado-Gado

Gado-Gado ini bisa dibilang sebagai salad ala Indonesia. Umumnya dimasak dengan cara mencampurkan berbagai jenis sayuran (seperti kacang panjang, kubis, selada, taoge, mentimun, tomat, kentang, jagung pipil, tahu, tempe) dengan ditambah bumbu kacang.

Cita rasa dari gado-gado ini tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti bikin ketagihan. Selain itu, gizinya pun juga tinggi. Dengan mengonsumsi gado-gado berarti Kamu telah memenuhi asupan karbohidrat, serat, vitamin dan mineral bagi tubuh.

4. Rawon

Request mas bojo yg lg pengen rawon ๐Ÿ˜ŠโœŒ #masakanrumahan #rawon

A post shared by Monieca (@mumonica) on

Di saat pagi hari, bingung mau makan apa, lebih baik coba saja masakan khas Jawa timur ini. Rawon! Masakan ini memliki ciri khas yakni kuahnya yang berwarna hitam. Biasanya rawon dibuat dari bahan dasar daging dengan tambahan rempah-rempah lain seperti kluwek, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, daun jeruk dan masih banyak lainnya.

Masakan yang juga dikenal sebagai โ€œblack soupโ€ di luar negeri ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, kalori, vitamin dan sejumlah mineral yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

5. Bakso

Siapa sih yang tidak suka dengan masakan satu ini? Hmm, mendengar namanya saja sudah bikin lapar. Bakso memang menjadi favorit banyak orang. Tak hanya penduduk lokal tapi juga para turis mancaneraga.

Umumnya bakso dibuat dari bahan dasar daging sapi, yang kemudian diolah menjadi bulatan-bulatan kecil dengan paduan tepung tapioka. Bakso disajikan bersama kuah, lalu diberikan tambahan siomay, tahu, lontong, bawang goreng dan bihun. Manfaat dari bakso sendiri sebagai penyedia karbohidrat dan protein, melancarkan pencernaan, serta sumber energi.

6. Opor Ayam

Yuk @berbagiresep masakan lezat Opor ayam Oleh @ni2k_ masakan jawa yg bnyk digemari , enak & gurih rasanya karena pakai santan .. sesekali ga apalah makan masakan bersantan .. asal ga sering2 aja yaa .. ini saya bikin ga bgt kental kuahnya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š Resepnya ๐Ÿ‘‡ : . Opor ayam Bahan : * 1 ekor ayam kampung / potong2 * 2 lb daun salam * 2 cm lengkuas / geprek * 1 btng serai / geprek * 5 lb daun jeruk * 1 sdm gula jawa * garam , penyedap jamur * santan / sesuai selera kekentalannya Bumbu halus : * 12 bw merah * 7 bw putih * 7 butir kemiri / sangrai * 1 sdt ketumbar / sangrai * 1 – 2 cm kunyit * 1 – 2 cm kencur * 1/2 sdt merica butiran Cara : ** tumis bumbu halus smp wangi ** masukan ayam .. aduk smp ayam berubah warna ** masukan semua bumbu ** beri air, biarkan mendidih, koreksi rasa ** masukan santan .. aduk sesekali ** masak smp ayam empuk ** sajikan .. taburi dng bw goreng ๐Ÿ‘ #Resepoporayam #oporayam #berbagiresep_ayam

A post shared by Berbagi Resep (@berbagiresep) on

Masakan ini juga sudah sangat populer di Indonesia. Menurut catata sejarah, opor ayam merupakan masakan yang berasal dari kawasan Jawa. Biasanya masakan ini disajikan bersama ketupat pada saat hari raya.

Untuk pembuatannya, opor ayam menggunakan bahan dasar ayam yang diolah melalui perebusan. Kemudian ditambahkan santan dan sejumlah rempah-rempah, seperti daun salam, kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih dan masih banyak lainnya. Opor ayam memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, yakni sebagai peningkat kekebalan tubuh dan memperkuat tulang.

7. Nasi Kuning

Masakan yang satu ini biasanya dibuat pada saat acara tertentu, misalnya maulid nabi, pernikahan, kelahiran, syukuran dan sebagainya. Nasi kuning diolah dengan bahan utama beras, yang kemudian ditambahkan santan, kunyit dan rempah-rempah seperti serai dan daun salam. Selain rasanya enak dan gurih, nasi kuning juga memiliki khasiat bagi kesehatan, yakni sebagai penyedia karbohidrat, protein, antiseptik dan membantu proses detoksifikasi pada hati.

8. Pecel Lele

Cukup mencium aroma saja, sudah dipastikan Kamu akan tergoda untuk menyantap masakan ini, Pecel Lele! Sesuai namanya, pecel lele merupakan masakan yang terdiri dari ikan lele yang digoreng dan disajikan bersama sambal serta sayuran (seperti terong, mentimun, daun kemangi).

Di warung-warung, harga masakan ini cukup murah loh! Selain itu, manfaatnya juga banyak bagi kesehatan. Yakni sebagai sumber protein, menyehatkan sistem kardiovaskular, membantu pembentukan lemak dan rendah lemak.

9. Sate

Sate, siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Indonesia ini? Makanan ini dibuat dari bahan dasar dagingย  (daging sapi, daging kambing atau daging ayam) yang kemudian dipotong kecil-kecil lalu ditusukkan pada lidi (sujen) dan dibakar diatas arang. Biasanya sate disajikan bersama sambal, bumbu kacang dan bumbu kecap yang diirisi bawang.

Selain rasanya yang bikin nagih, sate juga bermanfaat untuk kesehatan. Sate berperan sebagai sumber energi, penyedia protein yang berguna untuk menjaga ketahanan tulang, mencegah anemia, serta meningkatkan sistem imun tubuh.

10. Gudeg

Kalau masakan yang satu ini berasal dari daerah Jawa Tengah, tepatnya di Yogyakarta. Gudeng dibuat dari bahan dasar nangka yang masih muda. Kemudian diolah bersama rempah-rempah, gula aren, daun jati dan santan. Umumnya makanan ini disajikan bersama sambal krecek, areh dan beberapa jenis lauk (tahu, tempe, ayam, telur). Gudeng juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, yakni sebagai sumber energi, penyedia zat karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor dan kalsium.

11. Pempek

Apakah Kamu penggemar pempek? Makanan khas Palembang ini dibuat dari bahan dasar ikan yang diolah dengan cara digiling. Kemudian ditambahkan tepung kanji, bawang putih, garam, rempah-rempah, dan telur. Umumnya makanan ini disajikan bersama cuko (sejenis kuah bewarna hitam) yang dibuat dari gula merah, asam dan garam.

Oiya, mengingat pempek ini berasal dari ikan, manfaat dari makanan ini pun juga cukup banyak. Diantaranya membantu meningkatkan kecerdasan otak, menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung dan sistem syaraf.

12. Kerak Telor

Bagi Kamu warga Jakarta, pastinya sudah tak asing dengan makanan ini ya? Kerak telor tidak hanya terkenal di kawasan Jawa Barat, tetapi juga telah menjadi makanan khas nusantara yang digemari wisatawan asing. Kerak telor terbuat dari bahan utama telur ayam yang dipadukan dengan ketan putih, bawang goreng dan ebi. Biasanya kerak telor ini disajikan bersama bumbu halus yang diolah dari cabe, garam, gula, kelapa, merica, jahe dan kencur.

Kerak telor ini memiliki manfaat bagi kesehatan, yakni membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan kinerja otak, menyehatkan jantung, menyembuhkan gangguan paru-paru, dan sebagai penambah stamina.

13. Ketoprak

Makanan khas Indonesia yang berasal dari Jakarta ini tampaknya juga sudah sangat populer. Siapa sih yang tidak tahu jajanan ketropak? Sekilas ketoprak ini mirip rujak. Biasanya bahan-bahan yang digunakan meliputi ketupat, tahu, telur rebus, mentimun, taoge dan bihun, yang kemudian disajikan bersama bumbu kacang.

Cita rasa dari ketoprak ini tentu saja lezat dan melekat di lidah. Di samping itu, manfaatnya untuk kesehatan juga cukup banyak. Ketoprak memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, zat besi dan fosfor. Zat-zat tersebut dapat membantu meningkatkan stamina tubuh, menjaga kesehatan tulang serta menurunkan kolesterol.

14. Pepes Ikan

Makanan yang satuย  ini sudah menyebar di seluruh pelosok Indonesia. Biasanya digunakan sebagai lauk untuk makan. Pepes ikan sendiri dibuat dengan bahan utama ikan yang ditambahkan berbagai macam rempah (seperti cabe, bawang putih, bawang merah, dan sebagainya) lalu dibungkus dengan daun pisang. Kemudian dimasak dengan cara dibakar diatas arang api.

Manfaat dari pepes ikan untuk kesehatan tentu sangatlah banyak. Sebagaimana kita tahu, ikan merupakan sumber vitamin dan mineral. Dengan mengonsumsinya maka kesehatan organ jantung terjaga. Selain itu juga mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencerdaskan otak.

15. Otak-Otak

Otak2 150pcs for today. Thank u customer ๐Ÿ˜˜ #otakotak

A post shared by Pempek Pluit Barat (@pempekpluitbarat) on

Nama dari makanan ini memang terbilang cukup unik. Namun soal rasa dijamin akan membuatmu ketagihan. Ya, otak-otak merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Bahan utama makanan ini adalah daging tenggiri yang dipotong kecil-kecil kemudian dibungkus daun pisang dan dipanggang. Biasanya disajikan bersama bumbu cair (kuah) berasa asam-pedas.

Otak-otak kaya akan manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah sumbe energi, melancarkan pencernaan, mencerdaskan otak, mencegah kanker, menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan menyehatkan mata.

Nah, demikianlah beberapa makanan khas Indonesia yang lezat dan bergizi tinggi. Semoga bermanfaat!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health