15 Macam Buah yang Baik Untuk Diet

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Pexels

Pada dasarnya, segala jenis buah itu sehat dan memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Namun tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh pelaku diet. Beberapa jenis buah yang rendah kalori dan berserat tinggi umumnya lebih disarankan karena dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, kira-kira jenih buah apa sajakah yang baik untuk diet? Langsung simak ulasannya dibawah ini! Check it out!

1. Alpukat


Source: Pexels

Buah mahal nan lezat ini adalah salah satu buah yang bisa jadi pilihan untuk menu diet. Mengonsumsi alpukat dapat membantu menghilangkan lemak yang menempel pada pembuluh darah, sebab pada daging buahnya terkandung zat antioksidan dalam bentuk asam lemak omega-3. Di samping itu, Kamu juga bisa memperoleh khasiat lain dari buah berwarna hijau ini, yakni jantung semakin sehat dan kecerdasan otak meningkat.

2. Pisang


Source: Security

Apakah Kamu penggemar pisang? Buah yang sering diolah menjadi bahan dasar pembuatan cake ini ternyata juga merupakan buah yang baik untuk diet. Dengan mengemil buah pisang di pagi dan siang hari, rasa lapar dapat ditekan cukup lama. Hal tersebut dikarenakan buah kuning ini mengandung serat cukup tinggi.

Khasiat buah pisang sebagai diet tentu bukan sekedar teori. Seorang youtuber asal Amerika telah membuktikannya. Ia mengonsumsi jus pisang setiap hari serta dikombinasikan dengan buah-buahan lain. Hasilnya sungguh menakjubkan, bobot badannya berhasil turun sebanyak 18 kilogram.

3. Jeruk


Source: Pixel2013

Jika tidak menyukai buah pisang, Kamu bisa mencoba buah jeruk untuk membantu menurunkan berat badan. Buah berwarna orange ini selain kaya air juga mengandung zat asam dalam bentuk asam askorbat yang mampu mengikis lemak-lemak dalam tubuh. Ada banyak jenis varian jeruk tersedia di Indonesia, salah satunya yang bagus untuk diet adalah jeruk nipis. Namun bila Kamu mengidap sakit maag atau gangguan lambung lainnya, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi jeruk nipis ya!

4. Jeruk Bali


Source: RahelS

Di samping jeruk nipis, jeruk bali atau yang dikenal sebagai grapefruit juga sering dikonsumsi oleh orang-orang yang melakukan program diet. Buah yang tergolong dalam marga citrus ini dapat memaksimalkan program penurunan berat badan berkat kandungan kalorinya yang rendah, serta adanya zat pektin dan vitamin C yang cukup tinggi.  Meski demikian, diet dengan jeruk bali tidak boleh dilakukan asal-asalan. Kamu harus memperhatikan asupan makanan harianmu, dan sebaiknya imbangi dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

5. Pir


Source: Anemone123

Buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini juga termasuk buah yang baik untuk diet. Ya, walaupun harga lumayan mahal tapi manfaatnya dalam membantu menurunkan berat badan juga tidak mengecawakan. Buah ini memiliki rasa segar, kandungan airnya banyak dan tinggi serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Di samping itu, zat antioksidan yang ada dalam buah pir juga terbukti mampu mengurangi penumpukan plak, kolesterol dan lemak dalam darah.

6. Kiwi


Source: Stevepb

Pernahkah Kamu mencicipi buah kiwi? Buah yang memiliki rasa manis ini juga tergolong buah yang baik untuk diet. Menurut penelitian, kandungan serat dalam buah berwarna hijau ini sangatlah tinggi, sehingga tak heran jika dikonsumsi bisa membantu mengikat plak-plak yang terdapat dalam darah. Oiya, buah ini walaupun ukurannya kecil tapi bisa memberikan rasa kenyang cukup lama. Jadi cocok dijadikan cemilan sehat saat diet.

7. Blueberry


Source: Pexels

Buah yang masih satu famili dengan buah anggur ini juga tergolong buah yang baik untuk diet. Mengapa demikian? Sebab dalam blueberry tersimpan zat antioksidan dalam bentuk antosianin yang berpartisipasi dalam menurunkan bobot badan. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi buah bluberry kesehatan organ jantung akan terjaga, kulit menjadi lebih cerah dan risiko penyakit mengerikan (seperti kanker) juga bisa terhindarkan.

8. Stroberi


Source: Hans

Masih dalam golongan buah berry. Selanjutnya ada stroberi  yang bisa Kamu coba sebagai menu harian sehat untuk diet. Buah mungil berasa asam ini berkhasiat ampuh dalam mengontrol kadar gula dan lemak dalam darah berkat kandungan asam askorbat yang tersimpan dalam daging buahnya. Dengan mengonsumsi jus stroberi secara rutin, bukan cuma berat badan yang berkurang. Kulitmu juga akan semakin cantik bersinar dan terlindungi dari gangguan radikal bebas.

9. Apel


Source: Couleur

Siapa sih yang tidak suka buah apel? Buah satu ini memiliki banyak sekali varietas. Selain itu, rasanya pun juga cukup unik. Antara manis, segar dan asam menyatu jadi satu di mulut. Maka itu, tak heran jika buah ini digemari masyarakat dunia. Di samping itu, buah apel ternyata juga bisa menyempurnakan program dietmu loh! Di dalam buah ini terkandung zat pektin yang merupakan salah satu jenis serat yang dapat membantu pengeluaran lemak dari tubuh. Dengan demikian bila Kamu rutin mengonsumsinya maka bobot badan akan terjaga baik.

10. Pepaya


Source: Radival_Oliveira

Buah yang baik untuk diet berikutnya adalah pepaya. Kalian pastinya sudah mengetahui bahwa buah berwarna orange ini sering dimanfaatkan untuk membantu melancarkan BAB karena kandungan seratnya yang tinggi. Yap, buah ini memang bagus untuk pencernaan. Namun di sisi lain, pepaya juga dapat berkonstribusi dalam menurunkan berat badan loh! Menurut studi, buah berbentuk lonjong dengan biji hitam ini rendah kalori dan kaya kandungan air, sehingga bila dikonsumsi secara teratur bisa mencegah penumpukan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari dalam darah.

11. Semangka


Source: Stevepb

Buah yang memiliki nama latin Citrusllus lanatus ini selain enak dan segar, juga bisa dijadikan alternatif dalam menekan rasa lapar. Kadar kalori yang dimiliki oleh daging buahnya juga tidak tinggi sehingga disebut-sebut sebagai salah satu buah yang baik untuk diet. Lebih penting lagi, buah semangka kaya akan air dan vitamin (terdiri dari vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C) jadi bila dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh serta mengatasi masalah dehidrasi.

12. Lemon


Source: Hans

Segelas jus lemon di pagi atau siang hari dapat menjadi pilihan tepat untuk mensukseskan program dietmu. Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan nutrisi mengagumkan, seperti mineral, riboflavin, vitamin B serta vitamin C yang tentunya berkonstribusi penting dalam menurunkan bobot badan. Apabila Kamu tidak menyukai rasa lemon yang asam, Kamu bisa menambahkan beberapa tetes madu asli di dalamnya. Kombinasi kedua bahan tersebut tak hanya menjaga tubuh tetap langsing. Tapi juga bermanfaat membersihkan racun-racun dalam tubuh.

13. Nanas


Source: Pexels

Buah bewarna kuning ini memang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Tapi bagi Kamu yang sedang diet (bukan dalam kondisi hamil), pengonsumsian buah nanas justru sangat dianjurkan. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, serat dan sejumlah mineral yang dapat membantu mengeluarkan tumpukan lemak dalam tubuh, khususnya di bagian perut. Di samping itu, nanas juga berperan dalam proses regenerasi sel-sel kulit sehingga dengan mengonsumsinya maka kesehatan kulit pun akan terlindungi.

14. Tomat


Source: Nile

Buah yang termasuk dalam kategori sayuran ini juga disarankan untuk Kamu yang sedang melakoni program diet. Dalam 100 gram tomat setidaknya terdapat kandungan serat sebesar 1,2 gram. Angka tersebut tentu cukup besar, itulah mengapa bila dikonsumsi empat atau lima buah maka bisa menjaga rasa kenyang lebih lama. Selain itu, mengonsumsi tomat bagus pula untuk menjaga kesehatan tubuh (seperti menjaga kesehatan mata, kulit dan jantung) berkat kandungan likopen di dalamnya. Tomat juga ampuh dalam mengurangi risiko penyakit kanker.

15. Delima


Source: Couleur

Selain membantu dalam menjaga kesehatan jantung, siapa sangka buah delima juga menjadi buah yang baik untuk diet. Buah yang disebut-sebut sebagai “buah surga” ini turut serta berperan dalam proses oksidasi lemak karena adanya zat antioksidan, serat, air serta kalori yang rendah. Buah ini juga bagus untuk jantung dan kesehatan kulit loh!

Demikianlah Guys, beberapa buah yang baik untuk diet. Sebenarnya buah-buahan itu disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, tidak hanya saat diet saja. Maka itu, selalu sediakan beragam buah di piring makanmu ya! Semoga bermanfaat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health