15 Tutorial Mudah Hijab Syar’i Modis

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Hijab syariSource: herman yahaya

Ketika ditanya mengenai hijab, banyak para wanita muslimah yang menganggap jilbab yang mereka kenakan saat itu sudah cukup memenuhi aturan. Sudah menutup area dan kepala. Padahal, masih ada lagi ketentuan jilbab yang diwajibkan dalam agama. Ketentuan yang benar dan sesuai aturan dalam pemakaian jilbab ini disebut dengan syar’i. Hijiba syar’i, salah satu syaratnya adalah menutup area leher dan dada. Jadi bukan hanya sekedar penutup kepala dan rambut saja. Selain itu bahan yang digunakan pun harus tebal sehingga tidak akan nampak bayangan tubuh, dan tidak ketat.

Dibawah ini, kami memiliki 15 tutorial untuk hijab syar’i modis yang buat kamu tetap bisa tampil fashionable di segala suasana.

1. Simple Pashmina

Hijab syar’i modis tak selalu berarti memiliki banyak pernak-pernik atau detail. Pasalnya sesuai aturan yang diberikan, jilbab syar’i justru sebaiknya tak diberikan atau memiliki banyak aksesoris. Untuk model kali ini, cocok bila menggunakan jilbab pashmina yang tidak terlalu panjang, namun cukup lebar. Selain itu, bahan pashmina yang digunakan pun bisa yang tipis maupun tebal karena untuk model ini sendiri akan menggunakan ciput atau dalaman pada bagain rambut.

2. Simple Jersey

Kerudung dengan bahan jersey pun bisa dijadikan menjadi kerudung syar’i. Untuk model simple jersey kali ini, gunakan jilbab dengan model jersey yang lentur dan juga tebal. Pastikan jilbab cukup panjang dan lebar ya.

Cara menggunakannya, gunakan jilbab jersey di atas kepala seperti biasa, baru kemudian arahkan satu sisi dengan jepit di bawah telinga. Pastikan sisi ini menutupi bagian leher. Setelah itu, bawa sisi yang lain untuk melintasi dada dan jepit pada bahu atau belakang kepala.

3. Syar’i Modis Pashmina Panjang

Hijab syar’i modis pun bisa didapat dengan model pashmina panjang. Seperti yang disebutkan, pastikan pashmina yang digunakan untuk model ini memiliki panajng paling tidak lebih dari 2 meter ya. Selain itu, pashmina pun sebaiknya memiliki ukuran yang lebar. Tutorialnya, cukup gunakan pashmina di atas kepala dari sisi pendeknya. Setelah itu arahkan bagian pashmina yang panjang ke arah bahu dan memutar hingga menutupi dada.

Setelah itu baru jepit atau gunakan safety pin di bagian ujung akhir pashmina.

4. Hijab Syar’i Untuk Pesta

Hijab syar’i memang memiliki ciri khusus ukuran yang besar. Namun bukan berarti untuk jenis jilbab ini tak bisa digunakan pada acara pesta semi formal maupun formal. Pada tutorial kali ini, gunakan hijab model pashmina yang tidak terlalu panjang atau lebar. Sebaiknya pula gunakan bahan sutra atau satin dengan warna senada dengan baju agar memberi kesan elegan dan anggun. Sebagai tambahan untuk model ini juga bisa ditambahkan bross atau aksesoris kecil untuk mempercantik tampilan hijab syar’i modis.

5. Hijab Syar’i Satin Panjang

Jilbab model satin panjang memang kerap kali sulit untuk dijadikan hijab syar’i. Salah satu alasannya, jilbab model ini memiliki karakter yang licin dan agak susah untuk dibawa menutupi area dada. Tapi dalam tutorial di atas, jilbab model satin dibuat menjadi hijab syar’i modis dengan membawa kerudung ke bagian dada, dan kemudian melingkar kembali ke atas kepala. Trik ini menjadikan jilbab pashmina panjang dan dari bahan satin sekalipun akan tetap pada tempatnya dan bisa menutupi bagian dada atas.

Kata siapa tampil syar’i tak bisa modis, bukan begitu?

6. Syar’i Segi Empat Drapes

Hijab syar’i modis kali ini tengah banyak menjadi kegemaran para anak muda. Untuk model ini gunakan jilbab model segi empat yang lebarnya lebih dari 1,5 meter. Untuk bahannya, bisa menggunakan bahan pashmina yang tipis seperti shifon.

Caranya, lipat kerudung segi empat jadi dua bagian, bukan segi tiga. Setelah itu gunakan satu sisi dengan bagian lipatan di atas. Jepit dengan menggunakan safety pin di bawah dagu. Nah sekarang, tinggal arahkan satu sisi jilbab ke atas dada. Karena lipatan tadi, di bagian dada akan nampak drapes pada kerudung. Untuk aksen juga bisa mengarahkan satu sisi kerudung dengan safety pin ke bagian sisi kepala.

7. Syar’i Simple

Untuk model hijab syar’i satu ini, kembali gunakan kerudung pashmina yang cukup lebar ya. Untuk bahannya, sebaiknya pilih yang berbahan tipis seperti shifon karena aksen jatuhnya nanti akan jadi jauh lebih bagus. Caranya pun cukup simple dan seharusnya bisa digunakan kurang dari dua menit. Caranya cukup gunakan kerudung pashmina dan pin di sisi bawah wajah.

Setelah itu bawa sisa kerudung melingkar menutupi area dada hingga ke atas kepala. Untuk memberi kesan lebih apik, tarik satu sisi kerudung di bagian sisi kepala dan jepit dengan pin.

8. Pashmina Drapes Satu Sisi

Gaya satu ini menjadikan hijab syar’i modis yang cocok digunakan untuk acara semi formal maupun formal. Untuk bahannya, bisa menggunakan kerudung pashmina yang ukurannya harus cukup panjang, meskipun tak cukup lebar. Adanya satu drapes pada sisi kepala menjadikan model hijab satu ini nampak begitu cantik, dan pas digunakan untuk pakaian apa saja.

Untuk kesan semakin cantik, pada bagian drapes juga bisa diberi tambahan bross cantik atau aksen anting yang menarik.

9. Hijab Syar’i Lebar Dengan Pashmina

Salah satu syarat dari hijab syar’i adalah ukurannya yang harus lebar dan tidak ketat. Bukan hanya pada baju tapi juga untuk kerudung. Karena itu pada jenis kerudung syar’i kali ini dipastikan untuk memiliki ukuran yang besar dan benar-benar menutupi daerah dada. Untuk model ini pastikan menggunakan jilbab pashmina yang lebar dan juga panjang, selain itu juga gunakan dalaman kerudung atau ciput yang hingga menutupi area dada. Ini salah satunya untuk menjaga agar kerudung benar-benar tak berpindah, meski tak menggunakan banyak safety pins.

10. Jersey Cantik dan Casual

Selama ini tampilan hijab syar’i terkesan yang terlalu resmi. Namun untuk gaya satu ini, penampilan jilbab syar’i bisa menjadi kasual. Kesan kasual pada jilbab syar’i ini dihadirkan dengan menggunakan hijab dari bahan jersey.Cara menggunakannya, ikat jilbab pada sisi pendeknya di belakang leher. Kemudian arahkan jilbab ke atas kepala dan tarik ke sisi lain. Biarkan jilbab berkesan jatuh secara alami.

Mudah bukan? Jenis hijab seperti ini juga tak membutuhkan safety pin atau jepit lagi.

11. Basic Pashmina Panjang

Hijab syar’i satu ini bisa dibilang menjadi model jilbab paling basic dan mudah digunakan. Kali ini pun masih menggunakan kerudung jenis pashmina, dengan ukuran panjang dan lebar standart. Cara menggunakannya mudah saja. Gunakan jilbab pashmina di atas kepala seperti biasa dan jepit di bawah dagu. Setelah itu arahkan bagian pashmina yang lebih panjang ke arah atas kepala dan melingkar hingga di depan dada. Baru setelah itu, bawa sisa kerudung ke arah bahu belakang untuk kesan yang lebih ringkas.

12. Syar’i Pashmina Instan

Ketika pertama kali diperkenalkan, jenis jilbab pashmina instan ini sudah menjadi favorite banyak hijabers. Salah satu alasannya tentu saja karena cara pakainya yang sederhana, cepat, dan sangat simple. Jenis kerudung ini pun bisa dijadikan untuk model hijab syar’i modis dengan cara membawa bagian yang panjang dari kerudung pashmina instan ke arah dada. Dan juga dengan memilih bahan pashmina instan yang tebal, seperti bahan satin atau bahan jersey yang tak akan tembus pandang.

13. Pasmina Sederhana nan Cantik

Membahas gaya hijab syar’i modis memang seakan tak ada habisnya. Kali ini gaya syar’i modis dengan mengguankan hijab pashmina yang cantik. Modelnya cukup simple dan bisa digunakan sehari-sehari. Dan juga pastinya, tidak ribet dan cepat ketika digunakan.

Caranya cukup kenakan jilbab pashmina panjang seperti biasa dan jepit di bawah dagu. Setelah itu bawa bagian yang panjang melintasi dada. Tapi pastikan pashmina masih menggantung alias tidak ditarik terlalu ketat ya. Baru dibawa ke atas kepala.

14. Jilbab Segi Empat Garis

Hijar syar’i pun rupanya bisa tampil modis dan unik. Salah satunya dengan penampilan satu ini. Untuk gaya satu ini gunakan jilbab segi empat dengan ukuran yang besar. Dan lebih baik lagi bila jilbab segi empat yang digunakan memiliki aksen warna-warna di bagian sisinya seperti yang ditunjukan pada video. Cara penggunanya memang cukup rumit dan memerlukan hingga empat pin, tapi gaya satu ini bakal terlihat begitu cantik dan cocok digunakan untuk acara-acara formal maupun semi formal.

15. Hijab Syar’i Elegan

Ingin tampil elegan dengan hijab syar’i namun tetap modis? Ada kok caranya. Untuk penampilan yang elegan, pilih bahan jilbab yang berkilap misalnya seperti sutra, dan satin. Setelah itu usahakan tak terlalu banyak drapes sehingga penampilan yang elegan tak terlihat berlebihan. Lainnya? Jangan lupa untuk memastikan jilbab cukup panjang sehingga tetap akan menutupi area dada.

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk hijab syar’i modis. Namun apapun model yang digunakan, tetap pastikan jilbab menutupi area dada dan leher, memiliki bahan yang cukup tebal sehingga tak ada bagian tubuh yang nampak. Dan tidak ketat. Selamat mencoba ya!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Fashion, Hijab