15 Hijab Tutorial Segi Empat Simple Dan Fashionable

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Oberygravity

Para ladies pastinya paling tidak memiliki satu atau dua jilbab model segi empat. Jilbab jenis ini memang menjadi yang paling umum dimiliki, paling sederhana, dan paling simple dalam penggunaanya. Sayangnya, jenis jilbab ini masih sering dianggap ketinggalan jaman. Atau bahkan ditinggalkan karena modelnya yang sudah kuno dan kampungan. Padahal, ada beragam hijab tutorial segi empat yang menjadikan penampilan hijab satu ini tampil fashionable. Namun tanpa perlu ribet dan banyak pernak-pernik.

Penasaran ingin tahu lebih jauh? Dibawah ini kami memiliki daftar 15 hijab tutorial segi empat yang fashionable dan cocok dikenakan dalam banyak sekali suasana dan kesempatan. Dibawah ini ya untuk mengetahui lebih jauh!

1. Simple Silk Penuh Warna

Pada tutorial yang pertama ini, cocok digunakan untuk hijab segi empat dengan bahan yang licin. Seperti misalnya bahan sutra atau satin. Dan akan jauh lebih bagus dan elegan bila menggunakan jilbab yang memiliki dua atau lebih warna dalam satu bahan. Salah satunya karena kesan penuh warna ini menjadikan model yang sederhana tersebut akan tampil lebih bagus, dan tak membosankan.

Tutorial caranya :

Lipat jilbab segi empat menjadi dua bagian segitiga. Dengan satu bagian jauh lebih kecil dibanding bagian yang lain. Baru gunakan dengan sama panjang pada kedua sisinya. Bawa satu sisi dan jepit dengan peniti atau safety pin pada sisi wajah bagian dalam, dan bawa bagian lain untuk menutupi bagian ini.

2. Jilbab Panjang Segi Empat

Jilbab panjang kerap kali dianggap tak bisa digunakan untuk model hijab syar’i yang panjang. Lagi-lagi karena ukuran jilbab segi empat yang lebih kecil dan biasanya juga hanya sampai di bagian leher. Tapi sebenarnya ada cara lain untuk menjadikan jilbab segi empat ini tampil panjang, namun tetap penuh gaya pastinya.

Untuk hijab tutorial segi empat kali ini, sebaiknya gunakan bahan jilbab yang cukup tebal. Setidaknya yang tidak menerawang. Dan pilih jilbab yang memiliki satu warna pada kedua sisinya. Tutorialnya dibawah ini :

Gunakan satu sisi jilbab segi empat di atas kepala dan gunakan safety pin untuk mengingat jilbab di bawah dagu. Setelah itu tarik satu sisi, sekaligus bagian belakang untuk mengarah ke depan. Dan arahkan bagian ini untuk melapisi bagian atas kepala.

3. Simple Tanpa Safety Pin

Untuk model jilbab satu ini, gunakan warna favorit kalian, yang pastinya tak hanya matching dengan warna baju ya. Hijab tutorial segi empat ini tak memerlukan safety pin sama sekali, dan cara menggunakannya pun begitu mudah. Sehingga sangat cocok digunakan untuk kalian yang sibuk dan menginginkan model jilbab yang tak banyak memerlukan pin atau jarum. Caranya juga cukup mudah, dibawah ini satu persatu tutorialnya.

Pertama-tama lipat jilbab segi empat menjadi ukuran sama besar Kemudian bawa jilbab ke atas kepala, dengan satu sisi lebih panjang dari sisi lain. Bawa sisi yang lebih panjang ini ke atas kepala dan gunakan jarum untuk memastikan jilbab tak akan jatuh dari satu sisi. Setelah itu, ujung dari kedua sisi jilbab diselipkan pada bagian bawah dan diikat.

4. Jilbab Elegan Dengan Satu Tail

Jilbab model satu ini juga tengah sangat digemari. Modelnya yang sederhana sekaligus elegan cocok dikenakan untuk busana semi formal hingga formal. Bahkan tak jarang untuk model jilbab seperti ini digunakan juga untuk paduan pada baju pesta. Cara menggunakan jilbab satu tail ini mudah, lipat jilbab segi empat menjadi dua bagian segitiga baru kemudian gunakan pin pada kedua sisi jilbab, tepat di bagian dagu.

Setelah itu, bawa ujung pendek ke arah bagian belakang kepala dan amankan dengan menggunakan pin. Untuk tail, atau bagian yang panjang bisa dibiarkan saja.

5. Fashionable Flowing Style Jilbab

Jilbab dengan gaya floating style ini tengah menjadi favorite tersendiri di antara para anak muda. Salah satunya tak lain karena model dan gayanya yang sederhana, namun tetap tampil super stylist. Sayangnya kebanyakan model flowing ini menggunakan jilbab berukuran panjang seperti pashimina. Padahal, model yang sama juga bisa didapatkan dengan menggunakan jilbab segi empat.

Hijab tutorial segi empat dengan gaya flowing sebenarnya cukup mudah. Siapkan jilbab segi empat dengan bahan yang ringan, seperti berbahan katun. Nantinya jilbab harus bisa terlihat “jatuh” secara alami.

Gunakan jilbab dengan bagian satu sisi di atas kepala. Tak perlu menggunakan pin atau jarum. Bawa sisi lain yang berada di belakang ke depan melewati dada. Dan hingga melingkar ke bagian atas belakang kepala. Sisi ini harusnya bisa mencapai area leher atau bahu, dan baru gunakan bros atau safety pin. Sisi yang lain, bisa digunakan untuk tail atau arahkan ke belakang sebagai aksen.

6. Jilbab Pendek Segi Empat

Jilbab segi empat memang kebanyakan memiliki ukuran yang lebih pendek atau kecil dibandingkan dengan jilbab pashimina dan scarf. Karena itu banyak muslimah yang mengaku sering bingung memilih gaya untuk model jilbab segi empat yang kecil ini.

Bila begini, lipat jilbab segi empat menjadi satu bagian yang lebih pendek di sisi dalam. Setelah itu gunakan di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang, dan jepit dengan safety pin. Tarik satu sisi ke bagian belakang dan atas kepala hingga memutar melewati dada. Baru kemudian beri jarum di bagian yang tersisa.

Gaya seperti ini cocok digunakan untuk sehari-hari, baik itu ke kantor atau ke kampus. Cantik bukan?

7. Jilbab Segi Empat Untuk Turban

Turban bukan hanya bisa menggunakan jilbab dengan model scarf atau pashmina saja. Malah sebaliknya, membuat hijab model turban jauh lebih mudah bila menggunakan jilbab segi empat.

Hijab tutorial segi empat model turban caranya mudah. Lipat jilbab menjadi segitiga sama besar dan gunakan terbalik dari bagain bawah kepala. Baru kemudian ikat kedua sisinya tepat di atas kepala. Bawa satu sisi panjang dari segitiga ke bagian belakang kepala dan selipkan ke dalam jilbab. Dan bawa sisi lain memutar hingga ke atas kepala. Nah setelah jilbab sudah nampak cukup rapi, tinggal sisa satu bagian dari ujung segitiga saja.

Bagian ini bisa dikreasikan dengan dipluntir di atas kepala. Atau dibuat di bagain sisi kepala.

8. Jilbab Tekstur

A post shared by Mirza Ardiany (@mirza_ardiany) on

Jilbab memang akan tampak membosankan bila model dan teksturnya begitu-begitu saja. Karena itu permainan tekstur juga menjadi penting. Di tutorial kali ini, gunakan jilbab dengan bahan yang ringan. Seperti misalnya bahan katun atau satin yang ringan.

Pertama-tama lipat jilbab menjadi segitiga sama besar dan gunakan di atas kepala. Amankan bagian bawah dagu dengan peniti atau safety pin, dan pastikan bagian dahi tidak menonjol. Bawa satu sisi ke bagian atas kepala untuk membuat tekstur dan jepit dengan menggunakan pin. Dan bawa bagian bawah dari sisi ini ke bagian atas.

Sisanya baru bisa dibentuk sehingga kerudung keseluruhan nampak memiliki tekstur berombak yang manis.

9. Jilbab Segiempat Stylist & Cepat

Satu lagi model jilbab segi empat stylist yang bisa digunakan di banyak kesempatan. Untuk model ini, bisa digunakan model jilbab sutra atau satin yang mengilap. Untuk kesan elegan juga bisa memilih motif jilbab yang matching dengan baju yang dikenakan.

Caranya, lipat jilbab segiempat hingga membentuk segitiga sama besar. Baru kemudian bawa satu bagian ke sisi kepala dan gunakan pin. Baru kemudian sisi lain, di arahkan ke bagian atas atau bawah kepala. Mudah, cepat dan juga super cantik bukan untuk jenis model jilbab satu ini?

10. Manik-manik Menarik

Jenis jilbab satu ini tepat digunakan untuk model jilbab dengan aksen bling-bling atau manik-manik pada sisi ujungnya. Seringkali bila memiliki model jilbab ini akan bingung mencari hijab tutorial segi empat yang tepat sehingga manik-manik bisa jadi pusat perhatian yang menarik.

Untuk itu, caranya cukup melipat jilbab jadi segitiga sama besar. Bawa bagian ujung dengan manik-manik ke sisi kepala hingga melingkar ke bagian atas. Di sisi ini atur manik-manik hingga jatuh tepat di bagian  atas kepala. Gunakan pin agar kerudung tak berubah bentuk. Setelah itu bagian sisi segitiga lain gunakan untuk menutupi dada dan amankan dengan pin.

11. Gaya Ala Pashimina

Kerudung segi empat memiliki gayanya sendiri yang membuat penampilan berbeda. Begitu juga dengan kerudung model pashmina. Tapi ada kok cara untuk menggunakan jilbab segi empat ini dengan gaya ala pashmina. Penasaran?

Gunakan jilbab segi empat pada kedua sisi seperti biasa. Namun tak perlu diamankan dengan mengguankan pin. Sebaliknya sisi atas jilbab di bagian kening, gunakan pin untuk membuat jilbab nampak lebih rapi. Setelah itu bawa bagian belakang ke depan dan jadikan tekstur pada sisi atas kepala. Gunakan pin ya agar bentuk jilbab tak berubah. Kedua sisi segi tiga pada jilbab, arahkan ke sisi kanan dan kiri bahu atau sisi kepala.

12. Dua Warna

Saat ini tengah jadi tren tersendiri untuk memiliki jilbab dengan dua warna. Dan ini terutama untuk jilbab model segi empat. Jenis jilbab ini memang tujuannya digunakan secra bolak balik dengan warna berbeda, tapi ada cara untuk membuat penampilan berbeda dan makin menarik dengan jilbab segi empat dua warna ini. Tutorial jilbab dua warna dibawah ini cocok digunakan untuk acara formal dan semi formal. Terutama karena kesan elegan yang ditampilkan.

Pertama-tama lipat jilbab jadi segi tiga, dengan bagian satu warna lebih panjang dari warna lain. Setelah itu, gunakan di atas kepala dan bawa bagian atas ke sisi kepala, jepit dengan jarum atau pin. Satu sisi jilbab, bentuk menjadi sebuah aksen di sisi kepala yang memperlihatkan perbedaan warna. Baru Gunakan sisi yang lain untuk menutupi bagian dada dan leher.

13. Simple Turban

Ada satu cara lagi untuk membuat jilbab model turban dengan menggunakan segi empat. Sebelumnya pastikan menggunakan jilbab segi empat yang tak terlalu besar dan bahan yang ringan. Sehingga turban tak akan tampak terlalu menggembung.

Lipat jilbab jadi segi tiga terlebih dahulu, baru kemudian gunakan di atas kelapa dan ikat di sisi belakang leher. Bawa kedua sisa dikatan ke bagian atas kepala dengan melewati sisi. Ikat dengan menggunakan pin atau safety pin. Nah terakhir, bagian segitiga yang ada dibelakang, dibawa ke depan untuk memberi aksen di bagian pinggir kepala.

14. Jilbab Segi Empat ala Dian Pelangi

Nama Dian Pelangi sangat dikenal sebagai desainer baju muslim populer. Ia pun dikenal luas sebagai model dan panutan dalam gaya busana muslimah yang fashionable namun tetap sesuai aturan syar’i. Karena itu gaya jilbab ala Dian Pelangi pun menjadi salah satu yang bisa ditiru.

Jilbab sehari-hari ala Dian Pelangi sebenarnya cukup sederhana. Gunakan jilbab segi empat yang dilipat jadi dua bagian segitiga, dan gunakan di atas kepala. Satu sisi segitiga di arahkan pada bagian leher dan jepit dengan menggunakan bross. Baru sisi lain yang tersisa di arahkan ke atas dada.

15. Elegan Dengan Jilbab Tassel

Tassel merupakan aksen menarik yang bisa menjadikan penampilan jilbab segi empat sepenuhnya berbeda. Untuk gaya ini, lebih cocok dipadukan dengan busana gamis berkerah tinggi, dan pas untuk acara semi formal maupun formal.

Caranya, lipat jilba segi empat tassel jadi segi tiga. Kemudian gunakan di atas kepala. Bawa satu bagian tassel ke arah lehe bersama dengan bagian segitiga yang ada di belakang. Ikat keduanya dan selipkan pada leher. Untuk sisa satu segitiga bisa dijadikan aksen tail dengan diberi peniti pada sisinya. Cantik dan elegan, bukan?

15 hijab tutorial segi empat di atas tentu belum semua karena masih ada banyak sekali cara untuk mengkreasikan tampilan jilbab segi empat menjadi lebih menarik. Kalau pembaca, paling suka gaya model yang mana?

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Hijab, Mode