15 Fakta Tentang Bulan September Yang Perlu Kamu Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: 9355

Bulan September dikenal sebagai bulan kesembilan dalam kalender sistem internasional atau kalender Gregorian bangsa Romawi yang disempurnakan dengan standar internasional atau SNI. Sebagai salah satu bulan diantara 12 bulan dalam satu tahun tentu bulan ini punya sejumlah fakta yang belum kamu ketahui. Lantas, fakta apa sajakah yang bisa kamu ketahui dari bulan ini? Simak beberapa fakta yang dirangkum oleh cintaihidup.com berikut ini!

1. Asal Nama September

Source: AnnaER

Jika biasanya nama bulan diambil dari nama dewa atau tokoh yang berpengaruh bagi bangsa Romawi kuno, lain halnya dengan bulan September yang merupakan bulan kesembilan dalam sistem kalender modern. Kata September berasal dari kata septem yang berarti tujuh. Tak heran karena bulan ini dulunya adalah bulan ketujuh dalam sistem kalender Romawi kuno dan sebelum januari dan februari ditambahkan ke dalam kalender mereka.

2. Bulan Pertama Musim Gugur  Dan Musim Semi

Source: Thomashendele

Dibelahan bumi bagian utara dan selatan musim selalu datang berganti karena negara-negara dikawasan ini memiliki empat musim. Meskipun sama-sama memiliki empat musim, musim yang dialami oleh penduduk dibagian bumi utara dan selatan tentu berbeda. Dibulan September, bagian bumi utara tengah memasuki bulan pertama musim gugur sementara mereka yang berada dibagian bumi selatan mulai memasuki musim semi.

3. Bulan Guru Di India

Source: tpsdave

Guru adalah sosok yang penting dalam pendidikan dan saat ini peran guru tidak bisa disangkal dalam perkembangan kehidyupan manusia. Setiap negara di dunia memiliki waktu dan momen tersendiri untuk merayakan atau memperingati hari guru sebagaimana di India. Negara India yang merupakan salah satu negara berkembang, memperingati hari guru dibulan September terutama ditanggal 5.para guru akan mendapatkan ucapan selamat dan perlakuan spesial dihari ini.

4. Barley Month

Source: hansbenn

Bangsa Anglo Saxon atau bangsa yang mendiami wilayah Eropa bagian barat dan utara menyebut bulan September sebagai Gerst Monath yang berarti bulan barley. Hal ini dikarenakan dibulan September para petani disana mulai memanen tanaman barley yang merupakan tanaman pangan mereka disaat itu. Barley atau Hordeum vulgare L sendiri adalah salah satu tanaman dalam family rumput-rumputan dan memiliki tekstur seperti bulir nasi dengan rasa seperti kacang.

5. Lambang Bulan Api

Source: Public Domain Pictures

Meskipun bulan September tidak dinamai sesuai nama dewa bangsa Romawi kuno, bulan ini tetap memiliki hubungan atau diasosiasikan dengan salah satu dewa mereka yakni dewa Volcan. Dewa volcan sendiri dikenal sebagai dewa api dan gunung berapi sehingga bulan ini juga dikenal sebagai bulan api, dizaman dahulu masyarakat Romawi merayakan festival api dibulan ini dan untuk mengenang meletusnya gunung santorini dibulan ini dirayakanlah festival gunung berapi atau yang dikenal dengan nama ifestia festival diminggu ketiga bulan September.

6. Bulan Kesembilan Dengan Jumlah Huruf Sembilan

Source: Pete Linforth

Mungkin kamu tidak menyadarinya dan fakta ini memang tidak banyak diketahui meskipun hanya sebuah hal yang sepele. Jika diamati jumlah huruf dalam kata September berjumlah sembilan seperti halnya urutan bulan ini dalam kalender. Sementara itu tidak ada bulan lainnya dalam kelender yang memiliki jumlah huruf yang sama dengan nomor urutan bulan tersebut, bukan? September memang unik.

7. Hanya 19 Hari Di Inggris ‘

Source: Pia

Tahukah kamu bahwa ditahun 1752 disaat sistem kalender Romawi atau Gregorian mengalami perubahan, di Inggris bulan ini hanya berlangsung selama 19 hari. Hal ini dkarenakan pada saat transisi kalender Julius menuju kalender Gregorian, tanggal 3 hingga tanggal 13 september dihilangkan dalam kalender untuk menyesuaikan hari dengan musim yang sedang berlangsung. Otomatis bulan ini hanya memiliki 19 hari dan berbeda dari biasanya dimana bulan ini memiliki 29 hari dalam kalender Julius.

8. Paling Banyak Berulang Tahun

Source: cbaquiran

Meskipun angka kelahiran bayi tertinggi ada dibulan Agustus, ternyata orang yang berulang tahun didunia ini paling banyak terjadi bulan September dalam dua puluh tahun terakhir. Seperti halnya di Inggris, sebagian besar penduduknya berulang tahun di bulan ini dan tanggal 26 september adalah tanggal dimana masyarakatnya paling banyak merayakan ulang tahunnya. Apakah kamu salah satu dari mereka?

9. Bulan Nasi Dan Ayam Di Amerika

Source: Angelorosa

Tingginya angka kematian di Amerika Serikat akibat serangan jantung dan darah tinggi membuat pemerintahnya mencanangkan promosi atau kampanye kesehatan setiap tahun. Jika bulan lainnya memiliki jenis kampanye sendiri bulan September di Amerika diperingati sebagai national rice month atau bulan nasi dan national chicken month atau bulan ayam. Kampanye ini dilakukan agar masyarakatnya mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan mampu menurunkan kadar kolesterol.

10. Bunga Morning Glory

Source: Hans

Flower birth atau bunga yang melambangkan kelahiran seseorang pada masing-masing bulan dianggap dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya atau mereka yang lahir dibulan tertentu. Setiap bulan memiliki lambang bunganya sendiri sebagaimana bulan September memiliki bunga morning glory sebagai lambang kelahirannya. Bunga cantik yang termasuk tanaman rambat ini melambangkan cinta dan keabadian.

11. Kejadian 11 September

Source: Unsplash

Kamu tentunya masih ingat dengan kejadian yang satu ini. Peristiwa yang terjadi di Amerika pada tanggal 11 september tahun 2001 ini merupakan peristiwa penyerangan teroris yang meledakkan gedung WTC atau World trade Center di Amerika Serikat. Setidaknya ada 3000 orang penduduk kota New York, Penssylvania dan Washington DC yang menjadi korban jiwa dalam peristiwa serangan yang hingga kini masih dikenang dan diperingati oleh warga Amerika Serikat.

12. Batu Safir

Source: Monicore

Birth stone atau batu kelahiran juga melambangkan keberuntungan bagi seseorang yang lahir setiap bulan atau dengan kata lain setiap bulan dalam satu tahun memiliki lambang batuan mulianya sendiri. Bulan September ditandai dengan batu safir yang berwarna biru. Batu ini melambangkan kejernihan pikiran, intuisi dan juga kedamaian. Dalam pengobatan tradisional batu ini kerap digunakan untuk mengatasi depresi dan juga digunakan untuk membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

13. Virgo Dan Libra

Source: nightowl

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan zodiac atau bintang kelahiran seseorang. Bulan September dinaungi oleh dua rasi bintang atau zodiak. Mereka yang lahir ditanggal 22 agustus hingga 2 september dinaungi oleh bintang atau zodiac virgo yang dilambangkan oleh seorang gadis perawan. Sementara mereka yang lahir ditanggal 23 september hingga 23 oktober dinaungi oleh bintang libra yang dilambangkan dengan simbol neraca atau timbangan.

14. Saham Jatuh

Source: pexels

Menurut survey dan pengamatan para ahli ekonomi, bulan September juga terkadang membawa kerugian bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis saham. Data secara global menyebutkan bahwa harga saham di bulan September lebih sering jatuh daripada bangkit dibandingkan dengan bulan lainnya dalam satu tahun. Belum diketahui dengan pasti penyebab jatuhnya saham ini tapi hal ini sebaiknya diantisipasi ya!

15. Drama Shakespeare

Source: Chaos07

William Shakespeare dikenal sebagai penyair dan seniman asal Inggris yang sangat populer terutama dengan drama dan kisah Romeo dan Julietnya. Jika nama bulan lainnya sering disebutkan dalam drama-drama karangannya, ternyata bulan September adalah satu-satunya bulan yang tidak pernah disebutkannya dalam drama manapun. Entah mengapa tapi memang begitu kenyataannya. Kasihan juga ya bulan September!

Demikian beberapa fakta yang bisa diketahui dari bulan September. Apakah kamu tahu fakta lainnya tentang bulan ini? “Be dazzling just like the September”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle