Fakta unik dari 15 Hewan Pemakan Tumbuhan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: sjdents0

Hewan pemakan tumbuhan atau yang kerap dikenal sebagai hewan herbivora adalah jenis hewan yang mendapatkan sumber energinya dari tumbuh-tumbuhan yang ia cerna. Ciri-ciri dari hewan herbivora adalah memiliki gigi geraham yang rapat, berdarah panas, termasuk dalam vivipar atau beranak, serta hidup di daratan. Hewan-hewan dibawah ini tergolong dalam hewan pemakan tumbuhan. Yuk simak informasinya!

1. Jerapah


Source: mrslorettarsmith

Jerapah atau Giraffa Camelopardalis adalah hewan endemik Afrika yang berkuku genap. Hewan yang satu ini digelar sebagai hewan darat paling tinggi di dunia dimana ketinggiannya bisa mencapai 5,5 meter dan berat 1360 kg dimana ukuran jerapah jantan lebih besar dari jerapah betina. Lehernya yang tinggi membuat sang jerapah bisa memakan dedaunan dan tumbuh-tumbuhan dari pohon yang tinggi pula.

2. Tapir


Source: Coffee-king

Tapir bertempat tinggal di dalam hutan hujan tropis. Dikenal dengan nama latin, Tapirus Bairdii, memiliki bentuk tubuh yang cukup unik. Bentuk tubuhnya seperti babi, telinga yang mirip badak dan bentuk mulut seperti trenggiling. Makanan utama dari tapir adalah dedaunan muda yang diambil menggunakan lidahnya serta buah-buahan seperti nangka, semangka dan durian. Karena semakin menyusutnya tempat tinggal tapir, saat ini ia termasuk dalam golongan hewan yang langka.

3. Badak


Source: Pexels

Badak termasuk dalam famili Rhinocerotidae yang berasal dari wilayah Afrika dan Asia. Hewan herbivora yang satu ini ternyata masuk dalam kategori hewan buas karena ia kerap menyerang manusia. Ukurannya besar dengan bobot hingga 1 ton, memiliki cula serta memiliki indra pendengaran dan penciuman yang cukup tajam. Umur badak ternyata bisa mencapai hingga 40 tahun. Makanan badak meliputi dedaunan, buah-buahan, rumput dan sebagainya.

4. Gajah


Source: tpsdave

Binatang cerdas bertubuh besar yang satu ini juga tergolong dalam hewan pemakan tumbuhan. Tersebar dari wilayah Afrika, Asia Selatan hingga Asia Tenggara, gajah menggunakan belalainya sebagai alat untuk membantu ia mengambil makanan. Pada umumnya, gajah Afrika memakan tunas sedangkan gajah asia dalah hewan perumput. Mereka dapat mengkonsumi makanan hingga 150kg dan 40L air dalam satu hari. Wah, wajar saja jika badan gajah menjadi sangat besar ya!

5. Rusa


Source: smarko

Rusa atau Cervidae Goldfuss termasuk sebagai hewan pemamah biak dengan ciri-ciri adanya antler atau tanduk rusa yang berkembang setiap tahun. Ia dikenal sebagai hewan yang dapat berlari dengan cepat dan baik karena kakinya yang panjang. Selain itu, ia juga dapat berenang dengan baik dan dapat melompat dengan tinggi. Hewan yang satu ini gemar memakan rerumputan dan dedaunan dengan tekstur gigi geraham yang rapat sehingga memudahkan ia untuk mencerna makanan.

6. Sapi


Source: amolgs

Sapi tergolong sebagai hewan ternak yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Mulai dari susu hingga dagingnya, kerap disantap manusia sebagai salah satu pilihan makanan. Tidak hanya itu saja, sapi juga dijadikan sebagai salah satu alat transportasi yang mendukung kehidupan manusia di berbagai tempat. Sapi adalah hewan pemakan tumbuhan yang gemar memakan rerumputan dan dedaunan oleh karena itu ia memiliki sistem pencernaan yang sangat canggih agar bisa mencerna berbagai macan rerumputan yang keras tersebut.

7. Kuda


Source: Mzlle

Kuda atau Equus Caballus menjadi seekor hewan yang memegang peranan cukup penting dalam kehidupan manusia sejak bertahun-tahun yang lalu. Mulai dari sebagai hewan ternak, membantu pengangkutan hingga disembelih dagingnya untuk di makan. Walaupun ia tergolong dalam hewan yang cukup kuat, ia termasuk dalam golongan hewan pemakan tumbuhan atau herbivora yang gemar menyantap rerumputan, jerami hingga dedaunan.

8. Kambing


Source: klimkin

Hewan ternak yang satu ini sudah mulai dibudidayakan oleh manusia sejak 9000 tahun yang lalu. Dalam alam liar, mereka hidup secara berkelompok mulai dari 5 hingga 20 ekor dalam satu kelompok. Kambing dikenal sebagai hewan yang sanggup memakan apapun, tetapi makanan kegemaran kambing adalah rumput-rumputan dan dedaunan. Waktu aktif untuk mereka mencari makanan adalah ketika siang dan malam hari.

9. Domba


Source: Milesl

Banyak orang selalu kebingungan untuk membedakan antara domba dan kambing. Domba atau biri-biri memiliki rambut yang tebal dan dikenal sebagai hewan ternak untuk diambil rambutnya, dagingnya serta susunya. Saat ini, setidaknya ada 7 spesies domba di dunia yang tersebar dari Asia hingga Eropa. Layaknya hewan pemakan tumbuhan yang lain, domba juga suka menyantap rerumputan, dedaunan dan jerami untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

10. Kelinci


Source: Hooker472

Kelinci yang merupakan hewan mamalia dari famili Leporidae adalah salah satu hewan yang cukup sering kita jumpai. Habitat utama kelinci awalnya adalah di Afrika dan Eropa yang kemudian ditemukan spesies kelinci sumatera pada tahun 1972. Saat ini, kelinci kerap dijadikan hewan peliharaan karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Kelinci menyukai berbagai macam sayuran dan buah-buahan sebagai pakan kelinci.

11. Unta


Source: mikaelthunberg

Unta bertempat tinggal di area Asia dan Afrika Utara dengan rata-rata umur unta adalah 30 hingga 50 tahun. Yang menarik dari unta adalah punuknya yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan lemak. Lemak ini kemudian akan dapat diubah menjadi air dengan bantuan oksigen hasil respirasi sehingga membuat unta tidak mudah kehausan. Unta mampu hidup dan bertahan pada suhu 41 derajat celsius dan jika suhu lebih panas dari itu maka ia akan mengeluarkan keringat. Unta masuk dalam hewan pemakan tumbuhan karena ia sangat suka memakan biji-bijian, dedaunan dan tumbuh-tumbuhan lainnya.

12. Zebra


Source: hbieser

Berhabitat di Afrika Selatan, Afrika Barat dan Afrika Timur, hewan yang mirip dengan kuda ini memiliki tubuh yang identik dengan belang hitam dan putih. Siapa sangka ternyata belang yang ada pada zebra memiliki fungsinya tersendiri agar bisa mengelabui para predator yang akan memangsanya. Zebra masuk dalam kategoru hewan pemakan tumbuhan atau herbivora karena ia gemar memakan rumput, dedaunan, ranting, semak hingga kulit kayu.

13. Kerbau


Source: sasint

Kerbau memiliki bobot tubuh yang cukup fantastis. Seekor kerbau dewasa bisa memiliki bobot hingga 600kg. Hewan memamah biak ini biasa dijadikan hewan ternak, terutamanya di wilayah Asia. Layaknya hewan pemakan tumbuhan yang lain, kerbau biasanya memakan rerumputuan, dedaunan dan jerami setiap hari. Yang menarik dari kerbau adalah penggunaan kulitnya yang bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan sepatu, wayang hingga helm sepeda motor.

14. Burung Merpati


Source: Unsplash

Burung merpati masuk dalam famili Columbidae yang berasal dari ordo Columbiformes. Ia adalah burung yang memiliki paruh yang ramping dang pendek serta berbadan gempal dengan leher yang pendek. Mereka kerap membangun sarangnya dari ranting dan diletakkan diatas pepohonan yang rimbun. Tergolong dalam hewan pemakan tumbuhan, burung merpati gemar mengkonsumsi berbagai jenis jagung, kacang-kacangan hingga beras.

15. Anoa


Source: Kaz

Anoa masuk dalam daftar hewan yang terancam punah di dunia. Hingga saat ini, diperkirakan hanya terdapat 5000 ekor saja yang masih ada di sekitar kita. Hewan langka yang satu ini diburu oleh manusia untuk diambil berbagai macam bagian tubuhnya, mulai dari kulit, tanduk bahkan dagingnya. Hewan yang hidup di hutan tropika daratan ini sangat menyukai buah-buahan yang sudah jatuh dari pohonnya, pakis, rumput hingga umbi-umbian. Jika di dataran rendah ia lebih suka meminum air laut sedangkan di dataran tinggi, ia akan menjilati garam alami untuk memenuhi kebutuhan mineralnya.

Yuk selalu lestarikan hewan yang ada di sekitar kita!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pengetahuan