15 Fakta Janin Usia 20 Minggu yang Perlu Anda Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : redgular

Memasuki bulan kelima atau minggu ke-20 kehamilan, Anda semakin dekat pada pertemuan dengan sang buah hati. Janin yang berada dalam rahim Anda pun semakin tumbuh dari hari ke hari. Terdapat beberapa fakta kehamilan minggu ke-20 yang berhubungan dengan ibu serta janin, dan perlu untuk Anda ketahui. Apa saja fakta janin usia 20 minggu? Yuk langsung saja kita bahas satu persatu!

1. Suhu Tubuh Ibu Meningkat


Source : xunseru

Memasuki usia kehamilan minggu ke-20, suhu tubuh Anda akan semakin meningkat beberapa derajat. Anda mungkin akan lebih sering berkeringat, atau bahkan mengalami ruam di area bawah lengan, payudara, serta kaki. Pada masa-masa ini, gunakanlah pakaian yang nyaman dan tidak membuat tubuh Anda semakin panas seperti pakaian dari bahan katun. Anda juga dapat mengatasi ruam dengan menaburkan bedak bayi di area tersebut. Pilih produk yang cocok untuk tubuh Anda, ya!

2. Topeng Kupu-Kupu


Source : kirahoffmann

Sekitar 50 – 70 persen wanita hamil mengalami topeng kupu-kupu atau topeng kehamilan, nama lain dari chloasma. Chloasma adalah perubahan kulit wajah berupa pigmentasi di bagian dalam kulit dan memiliki pola seperti kupu-kupu. Chloasma biasanya muncul di daerah pipi dan hidung. Jika mengalami topeng kupu-kupu ini, sebaiknya Anda menghindari kontak langsung dengan matahari. Hal karena sinar UV dari matahari akan membuat kondisi wajah Anda semakin parah.

3. Mulai Keluar Kelenjar Susu


Source : KathrinPie

Pada usia kehamilan minggu ke-20, Anda mungkin akan mengalami perubahan pada bagian payudara. Kelenjar susu mulai muncul sedikit demi sedikit karena sedang mempersiapkan ASI untuk janin Anda nantinya. Namun jika Anda tidak mengalami perubahan tersebut, tidak perlu khawatir. Pada dasarnya, kelenjar susu akan berfungsi sebagaimana mestinya saat Anda melahirkan buah hati nanti.

4. Sering Buang Air Kecil


Source : kerplode

Anda mungkin heran jika pada masa-masa ini menjadi lebih sering bolak-balik ke kamar mandi. Tapi jangan khawatir, itu semua adalah hal yang normal. Memang saat menginjak usia kehamilan 20 minggu, ginjal Anda akan bekerja lebih aktif dibanding sebelumnya. Hal itulah yang menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil yang tidak seperti biasanya.

5. Mulai Memikirkan Proses Persalinan


Source : congerdesign

Semakin bertambahnya usia kandungan berarti semakin dekat juga waktu persalinan, yang terkadang membuat Anda cemas atau khawatir memikirkannya. Anda dapat berkonsultasi pada dokter kandungan atau bidan mengenai hal-hal tersebut supaya persiapan Anda lebih matang. Selain itu, Anda dapat mengikuti kelas kehamilan untuk menambah informasi dan teman sharing. Dengan adanya teman sharing sesama ibu hamil, Anda akan lebih merasa memiliki teman seperjuangan yang dapat berbagi pengalamannya.

6. Perkembangan Ukuran Janin


Source : Global Panorama

Janin yang berusia 5 bulan atau 20 minggu tentunya mengalami perkembangan ukuran tubuh juga. Pada masa ini, ukuran janin Anda sekitar 20 – 22 cm dengan berat sekitar 200 – 300 gram. Ukuran janin ini kira-kira sebesar telapak tangan Anda yang menangkup. Namun ukuran tubuh janin bisa berbeda-beda satu sama lain, yang dikarenakan berbagai faktor. Salah satunya adalah kandungan gizi yang diserap oleh janin.

7. Kulit Janin Semakin Tebal


Source : louda2455

Jika pada fase sebelumnya kulit janin masih transparan, pada minggu ke-20 ini kulitnya sudah semakin tebal. Transparansi kulit semakin berkurang dengan terbentuknya jaringan kulit halus pada tubuh janin. Untuk dapat terus melancarkan pertumbuhan janin, Anda perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan yang bergizi akan diserap oleh janin sebagai sumber tumbuh kembangnya.

8. Lapisan Kulit Janin Membentuk Sel Tubuh


Source : AllieWare

Janin memiliki dua lapisan kulit pada tubuh, yaitu lapisan epidermis dan lapisan dermis. Kedua lapisan kulit ini membentuk sel-sel dan pola pada tubuh janin. Lapisan epidermis membentuk pola pada beberapa area tubuh janin, seperti ujung telapak tangan, ujung jari, dan ujung telapak kaki. Sedangkan lapisan dermis membentuk sel-sel dalam tubuh, seperti sel pembuluh darah dan lemak.

9. Sumsum Tulang Belakang Semakin Terbentuk


Source : ReND

Selain lapisan kulit, sumsum tulang belakang janin juga semakin terbentuk dengan kuat. Sumsum tulang belakang berperan dalam produksi sel darah dalam tubuh janin. Selain itu, sumsum tulang belakang ini juga yang akan mencerna kandungan gula yang bersumber dari cairan amniotik ibu janin. Untuk dapat memaksimalkan pertumbuhan sumsum tulang belakang janin, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi.

10. Gerakan Janin Semakin Kuat


Source : Alick Sung

Memasuki minggu ke-20, Anda mungkin akan merasakan gerakan janin pada rahim menjadi semakin kuat. Jika sebelumnya masih samar-samar, pada masa ini gerakan-gerakan tersebut akan lebih terasa. Bahkan bisa membuat perut Anda sampai bergerak-gerak, yang akan lebih terasa pada malam hari. Janin sendiri melakukan gerakan sekitar 200 kali dalam sehari, namun tidak semua gerakan dirasakan oleh Anda.

11. Ginjal Janin Mulai Terbentuk


Source : bavitullo

Pada usia 20 minggu, janin mulai dapat mengeluarkan urinnya sendiri. Hal ini karena ginjal dalam tubuh janin sudah mulai terbentuk dengan baik. Selain itu, sistem imun tubuh janin juga mulai terbentuk pada fase ini. Sistem imun ini yang akan melindungi janin Anda dari berbagai penyakit atau infeksi yang akan membahayakan kondisi janin.

12. Janin Mulai Dapat Cegukan


Source : xusenru

Gerakan lain yang dapat dilakukan janin pada usia 20 minggu adalah cegukan. Cegukan janin akan dapat Anda rasakan berupa gerakan mengangkat yang teratur. Janin mengalami cegukan karena diafragma dalam tubuhnya yang belum sempurna mengalami sedikit kejang. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan membahayakan kondisi janin.

13. Janin Dilindungi Lapisan Vernix Caseoda


Source : Felipe Fernandes

Pada usia 20 minggu, janin Anda dilindungi oleh lapisan vernix caseoda. Lapisan vernix caseoda merupakan lapisan lemak yang akan melindungi kulit janin selama ia dikelilingi oleh air ketuban. Lapisan vernix caseoda ini juga yang akan melancarkan proses persalinan saat waktunya tiba nanti. Janin Anda terlindungi dengan sangat baik di dalam rahim, bukan?

14. Wajah Janin Mulai Terlihat


Source : moke076

Memasuki usia 20 minggu ini, Anda mungkin sudah dapat melihat wajah janin Anda. Wajah janin mungkin akan terlihat samar-samar melalui proses USG, namun Anda tentu akan bahagia melihatnya. Usahakan ajak pasangan Anda ketika melakukan proses USG ya, agar dapat melihat calon buah hati dan menantinya bersama. Selain itu, Anda dan pasangan juga dapat melihat lebih mirip dengan siapa wajah calon buah hati Anda. Menyenangkan, bukan?

15. Otak Janin Semakin Berkembang


Source : Mirlidera

Janin yang berusia 20 minggu akan mengalami perkembangan otak yang cukup signifikan. Otak janin membuat saraf-saraf inderanya semakin sensitif dan responsif. Seperti misalnya, janin sudah dapat berkedip karena semakin peka terhadap rangsangan cahaya. Janin juga semakin sensitif pada sentuhan yang Anda berikan. Indera pendengaran janin pun semakin terasa dan dapat memberikan respon terhadap apa yang Anda ucapkan dan lakukan.

Itulah beberapa fakta kehamilan dan janin yang berusia 20 minggu atau 5 bulan.  Pertumbuhan janin yang sehat akan membuat Anda merasa lebih senang dan bersemangat menyambut kehadirannya. Untuk itu, Anda perlu menjaga kondisi tubuh dan psikologis selama proses kehamilan, ya. Hal ini supaya janin dan diri Anda sendiri dapat terus sehat hingga proses persalinan nanti. So keep being healthy and happy!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy