Inilah 15 Fakta Janin 18 Minggu yang Perlu Anda Tahu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : Public Domain Pictures

Menanti kehadiran sang buah hati tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi para calon orangtua. Tak jarang, para orangtua pun mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut buah hati mereka. Salah satunya adalah memperbanyak informasi mengenai buah hati yang masih berada dalam kandungan atau janin. Janin mengalami beberapa fase dalam kandungan, yang biasanya dihitung berdasarkan minggu. Berikut adalah beberapa fakta janin usia 18 minggu yang perlu Anda dan pasangan ketahui.

1. Jantung Ibu Bekerja Lebih Keras


Source : Pexels

Jantung seorang ibu saat kehamilan bekerja lebih keras dari sebelumnya, sekitar 40 – 50 kali lebih keras. Hal ini membuat Anda merasa cepat lelah meskipun hanya melakukan hal-hal kecil. Selain itu, kandungan yang semakin membesar akan menekan saluran darah dan membuat Anda merasa pusing. Jangan paksakan diri Anda dan beristirahatlah dengan cukup. Anda juga perlu untuk berhati-hati dalam bergerak untuk mengurangi rasa nyeri dan pusing.

2. Volume Darah Meningkat


Source : frolicsomepl

Selain jantung yang bekerja lebih keras, volume darah dalam tubuh ibu hamil meningkat lebih banyak dari biasanya. Hal ini juga yang turut menyumbangkan rasa pusing dan sakit pada tubuh Anda. Anda dapat menjaga kadar darah dengan mengkonsumsi asupan begizi seperti gandum, sayur, dan buah-buahan. Makanan yang sehat akan membuat gula darah dalam tubuh Anda tetap stabil.

3. Otot Punggung Terasa Mengencang


Source : rhythmuswege

Pada fase kehamilan usia 18 minggu, otot punggung Anda akan terasa lebih kencang dan sulit bergerak meski ditekan lembut. Hal ini karena bagian rahim Anda semakin terasa dengan jelas, yang mana terletak diantara tulang pubis dan pusar. Lakukanlah pemeriksaan secara teratur supaya dokter Anda dapat mengecek ukuran rahim dengan berkala. Ukuran rahim Anda yang sudah sekitar sebesar melon membuat Anda merasa berat dan mempengaruhi otot punggung.

4. Mulai Muncul Stretch Mark


Source : brusalvate

Karena berat badan Anda yang semakin meningkat, kemungkinan akan muncul guratan (stretch mark) yang diakibatkan kulit yang meregang. Hal ini mungkin akan sedikit mengganggu penampilan Anda dan ingin segera mengatasinya. Namun Anda perlu hati-hati dalam menggunakan produk untuk mengatasi stretch mark, karena bisa saja mengandung zat yang membahayakan janin. Sebaiknya Anda bersabar dan mengobati stretch mark itu setelah melahirkan, demi keselamatan dan kesehatan janin Anda.

5. Mulai Mendengkur Saat Tidur


Source : Seoul-Traveler

Saat usia kehamilan menginjak minggu ke-18, hidung Anda kerap tersumbat karena selaput lendir yang penuh. Hal ini dapat menyebabkan Anda mendengkur saat tidur. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan beberapa bantal menyangga kepala, atau tidur dengan posisi miring. Namun Anda perlu hati-hati dalam berpindah posisi tidur ya, karena akan dapat menekan janin yang ada dalam rahim Anda.

6. Selera Makan Semakin Meningkat


Source : Public Domain Pictures

Seiring dengan pertumbuhan janin yang meningkat dalam rahim Anda, selera makan Anda pun semakin meningkat. Anda dapat mulai menyetok makanan sehat di dapur, seperti sayur, buah, dan makanan bergizi lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan saat ingin makan sesuatu dan tidak akan membeli makanan sembarangan. Jangan lupa kalau apapun yang Anda makan akan dikonsumsi juga oleh janin Anda, ya.

7. Perubahan Emosi Jadi Lebih Baik


Source : brusalvate

Saat memasuki fase kehamilan minggu ke-18, perasaan atau emosi Anda akan menjadi lebih baik. Hal ini karena Anda semakin merasakan keberadaan sang janin dalam rahim Anda. Janin semakin membesar disertai gerakan-gerakan kecil yang dilakukannya. Jika Anda mengalami hal ini, jangan lupa untuk berbagi perasaan bahagia Anda dengan pasangan, ya. Pasangan juga perlu mengetahui bagaimana janin dalam rahim Anda terus tumbuh dengan sehat.

8. Perkembangan Ukuran Janin


Source : freestocks

Seiring dengan bertambahnya usia janin, berkembang juga ukuran tubuhnya. Janin dalam rahim Anda kini berukuran kurang lebih 4,5 – 5,5 inci. Berat badannya pun bertambah, sekitar kurang lebih 5 – 7 ons. Janin Anda memang akan terus tumbuh seiring dengan berjalannya waktu, namun Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Kandungan gizi yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada pertumbuhan sang janin.

9. Gerakan Janin Akan Semakin Terasa


Source : Mirlidera

Memasuki usia 18 minggu, janin semakin banyak melakukan gerakan-gerakan kecil. Gerakan ini mungkin tidak sama antara setiap janin, namun Anda dapat merasakannya seperti sensasi geli yang menggelitik. Janin dalam rahim Anda sudah bisa melakukan gerakan seperti menendang, menguap, bahkan membuat ekspresi wajah. Tentunya gerakan-gerakan itu masih kecil dan tidak sejelas bayi yang sudah lahir, ya.

10. Ruang Gerak dalam Rahim Semakin Sempit


Source : TawnyNina

Semakin besar ukuran janin, semakin sempit juga ruang geraknya dalam rahim Anda. Rahim harus menampung janin, air ketuban, plasenta, dan tali pusat. Terlebih lagi janin sudah mulai bergerak dan merenggangkan tubuhnya. Namun Anda tak perlu khawatir kalau janin Anda akan kesulitan bergerak, karena Tuhan mendesain rahim wanita untuk dapat membesar secara elastis. Ukuran rahim bisa membesar dari bentuk aslinya dan dapat menyesuaikan dengan janin yang ada di dalamnya.

11. Janin Mulai Mengisap Ibu Jarinya


Source : ritinhacorain

Janin yang berusia 18 minggu sudah mulai mengisap ibu jarinya. Anda dapat melihat gerakan lucu janin Anda itu melalui proses USG. Namun tentunya janin tidak selalu berada dalam posisi itu, jadi jangan terlalu kecewa jika kebetulan Anda tidak melihatnya saat USG, ya. Yang terpenting adalah janin Anda tumbuh dengan sehat dan berkembang sebagaimana mestinya.

12. Kulit Janin Masih Transparan


Source : Pexels

Meskipun tubuh janin pada usia 18 minggu sudah banyak yang tumbuh dan berkembang, kulitnya masih transparan. Anda dapat aliran pembuluh darah yang ada pada tubuh janin Anda. Selain itu, Anda juga dapat melihat jenis kelamin janin Anda. Janin perempuan akan memiliki rahim dan dua tuba falopi, sedangkan janin laki-laki akan memiliki testikel.

13. Tulang Janin Semakin Kuat


Source : seanquillen

Seiring dengan bertambahnya usia janin, tulang pada tubuhnya pun menjadi lebih padat dan kuat. Supaya tumbuh kembangnya semakin maksimal, Anda dapat memperbanyak asupan makanan yang mengandung banyak kalsium. Misalnya saja susu atau produk olahan susu seperti keju, puding, dan yogurt. Selain susu, sayuran hijau dan buah-buahan juga banyak yang mengandung kalsium, lho!

14. Berkembangnya Sistem Pencernaan Janin


Source : nguyentungson

Pada saat janin berusia 18 minggu, sistem pencernaanya semakin berkembang. Air ketuban yang ditelan janin memasuki perut dan ususnya, dan kemudian bercampur dengan sel-sel mati. Selain itu, air ketuban juga bercampur dengan sisa-sisa pembuangan dalam usus yang kemudian membentuk meconium. Meconium dapat Anda lihat saat pertama kali mengganti popok bayi Anda setelah lahir, yang berupa zat hitam yang menyerupai cairan ter.

15. Indera Perasa Janin Semakin Tajam


Source : JESHOOTS

Seperti bagian tubuh lainnya, indera perasa janin usia 18 minggu semakin terasah dengan tajam. Janin sudah mulai membedakan rasa manis dan pahit dari apa yang diserapnya. Jika saat hamil tiba-tiba Anda menyukai suatu makanan, kemungkinan itu adalah makanan yang disukai janin Anda. Namun jangan lupa untuk mengimbangi makanan yang enak serta sehat ya, untuk kesehatan janin dan diri Anda sendiri.

Itulah beberapa fakta kehamilan dan janin usia 18 minggu yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat lagi bahwa pertumbuhan janin mungkin saja berbeda satu sama lain. Fakta-fakta ini adalah hal umum yang terjadi pada janin usia 18 minggu. Yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat supaya Anda dan janin dapat terus sehat hingga hari kelahiran nanti. Keep healthy and happy!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy