Ini Dia 15 Fakta Janin 17 Usia Minggu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : Pexels

Pada saat mengandung, usia kandungan mengalami beberapa fase. Salah satunya adalah fase usia janin 17 minggu. Pada usia ini, sang ibu mungkin sudah tidak lagi mengalami morning sickness atau mual-mual seperti yang terjadi di awal kehamilan. Namun, terdapat beberapa fakta yang perlu diperhatikan mengenai usia janin 17 minggu dan berkaitan erat dengan keadaan ibu serta janin. Apa saja fakta-fakta tersebut? Yuk langsung saja kita bahas satu persatu!

1. Ibu Sering Merasa Gerah


Source : TawnyNina

Pada saat kehamilan menginjak minggu ke-17, sang ibu mulai sering merasa gerah. Hal ini terjadi karena adanya kebutuhan supply darah yang banyak sehingga ibu akan terus merasa panas atau gerah meskipun berada di tempat yang dingin. Selain itu, pada telapan tangan ibu juga akan muncul warna kemerahan. Jangan khawatir, hal itu terjadi karena supply darah tersebut yang mengalir di dalam tubuh ibu.

2. Kaki Mudah Sakit


Source : ashokorg0

Pada masa ini, kaki ibu akan lebih mudah terasa sakit apalagi jika berdiri terlalu lama. Hal ini terjadi karena pembuluh darah, terutama pada bagian kaki, terlihat lebih jelas dari biasanya. Bahkan ibu juga dapat mengalami varises atau pembekakan dan pelebaran pembuluh darah vena pada kaki akibat penumpukan darah. Varises dapat diatasi dengan menggunakan stocking antivarises atau yang disebut juga bebat kompresi.

3. Rambut Terus Rontok


Source : cuncon

Ciri lain yang terjadi saat kehamilan memasuki usia 17 minggu adalah ibu mengalami kerontokan rambut yang cukup parah dan sering. Kerontokan rambut ini terjadi meskipun ibu menggunakan shampo atau obat rambut lainnya. Selain rambut, kondisi kuku ibu juga menjadi cenderung lebih rapuh dari sebelumnya. Sebaiknya ibu menggunakan vitamin untuk memperkuat rambut dan kuku.

4. Perut Lebih Besar dan Berat Badan Naik


Source : tasha

Dikarenakan pertumbuhan janin yang membesar, secara otomatis perut ibu juga akan menjadi lebih besar. Serta adanya pembengkakan di bagian bawah perut yang membuat ibu sedikit sulit bergerak. Selain itu, terjadi juga kenaikan berat badan sekitar 5 – 10 pon. Nafsu makan ibu pun semakin meningkat dibanding masa-masa sebelumnya.

5. Perubahan Emosi Ibu


Source : KathrinPie

Selain perubahan bentuk fisik, ibu juga akan mengalami perubahan emosi menjadi lebih sensitif dan emosional. Ibu mungkin saja akan melakukan hal-hal yang tidak biasa atau belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya saja, ibu jadi lebih lama dalam memilih baju karena merasa tidak ada baju yang cocok dengan perubahan bentuk tubuhnya.

6. Posisi Tidur Ibu


Source : Pexels

Dikarenakan perut ibu yang semakin membesar, ibu perlu berhati-hati dalam bergerak atau melakukan perubahan posisi. Terutama jika posisi tidur. Jika pegal karena terus telentang dan ingin berganti posisi, ibu perlu melakukannya dengan perlahan. Juga jika berubah posisi dari tidur ke bangun. Hal ini supaya menghindari rasa nyeri, pusing, atau bahkan pingsan mendadak.

7. Mengukur Denyut Nadi Janin


Source : Clkr-Free-Vector-Images

Pada usia 17 minggu, janin sudah bernafas dan ibu dapat mengukur detak jantungnya. Cara mengukur detak jantung janin adalah mengukurnya dengan denyut nadi ibu. Ibu dapat memegang pergelangan nadinya sendiri dan diukur berapa denyut nadi per-menit. Lalu total denyut nadi per-menit itu dikalikan dua, maka hasilnya adalah perkiraan detak jantung janin dalam satu menit.

8. Tumbuh Kaki Pada Janin


Source : brusalvate

Janin yang berusia 17 minggu akan mulai mengalami pertumbuhan kaki, yang tentunya belum sempurna dan sesuai dengan ukuran tubuhnya. Pertumbuhan ini akan terus berlangsung selama proses kehamilan sampai kelahiran nantinya. Untuk itu, ibu perlu mengkonsumsi makanan bergizi, salah satunya yang mengandung kalsium, untuk melancarkan pertumbuhannya.

9. Jari dan Tangan Janin Terbentuk


Source : ekseaborn0

Selain kaki, tangan beserta jari-jemari janin pun mulai terbentuk pada fase ini. Janin sudah dapat menggerakkan dan mengepalkan tangannya perlahan. Janin pun dapat menarik tali pusar ibu yang melintang di sekitar tubuhnya. Selain itu, ternyata sidik jari juga terbentuk pada fase ini, lho! Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang memang memiliki sidik jari yang berbeda-beda, ya.

10. Mengetahui Jenis Kelamin Janin


Source : 2536477

Pada usia 17 minggu, janin sudah dapat diketahui jenis kelaminnya. Tentunya jenis kelamin ini hanya bisa dilihat melalui proses USG oleh dokter kandungan atau bidan. Biasanya kalau sudah mengetahui jenis kelamin, para orangtua akan lebih bersemangat membelikan barang-barang untuk calon buah hati. Namun jangan lupa, laki-laki atau perempuan sama-sama anugerah Tuhan yang perlu disyukuri, ya!

11. Tempurung Kepala Janin Mulai Mengeras


Source : TawnyNina

Pada usia 16 minggu, kepala janin sudah terbentuk namun belum sempurna. Dan ketika usia janin 17 minggu, tempurung kepalanya sudah mulai mengeras. Bentuk kepala janin pun akan mulai terlihat semakin jelas dan proporsional dari sebelumnya. Selain tempurung kepala, saraf bagian tulang belakang juga mulai menguat karena dilindungi oleh laposan mielin.

12. Pertumbuhan Tulang Rawan dan Plasenta Janin


Source : arutina

Selain tempurung kepala dan tulang belakang, tulang rawan pada janin usia 17 minggu pun mulai tumbuh dengan padat dan kuat. Plasenta juga tumbuh berkembang menjadi semakin tebal dan kuat. Plasenta adalah organ yang dibentuk jaringan pembuluh darah untuk dapat memberi nutrisi pada janin, melindungi janin dari infeksi, dan sarana pertukaran gas melalui asupan darah ibu. Plasenta juga memproduksi hormon yang bagus untuk proses kehamilan.

13. Kelenjar Keringat Janin Berkembang


Source : Vladimir Pustovit

Bagian lain yang berkembang dalam tubuh janin usia 17 minggu adalah kelenjar keringat. Perkembangan kelenjar keringat ini berfungsi untuk menguatkan saluran tali pusat yang merupakan sumber makan janin. Jadi semua asupan yang dikonsumsi ibu akan diserap oleh janin melalui saluran tali pusat tersebut. Karena itu sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan kandungan makanan yang dikonsumsi selama kehamilan.

14. Pertumbuhan Jaringan Lemak Tubuh Janin


Source : egor105

Selain kelenjar keringat, janin usia 17 minggu juga sudah mulai memiliki jaringan lemak. Jaringan lemak ini terletak di bagian bawah kulit tubuh janin. Lemak dapat disimpan pada jaringan lemak tersebut dan digunakan seabgai nutrisi tambahan. Selain itu, lemak juga dapat digunakan untuk menjaga suhu tubuh ketika janin lahir nantinya.

15. Tes Amniocentesis


Source : Tyler Stubenhofer

Pada saat kehamilan menginjak minggu ke-17, ibu sudah dapat melakukan tes amniocentesis. Tes amniocentesis adalah tes untuk mengidentifikasi kemungkinan cacat janin ketika lahir. Tes ini biasanya direkomendasikan dokter kepada calon ibu yang berusia diatas 35 tahun. Hal ini karena calon ibu pada rentang usia tersebut memiliki resiko gangguan pada janin, seperti down syndrome. Untuk menjalankan tes ini, ibu perlu berdiskusi dengan dokter kandungan lebih lanjut.

Itulah beberapa fakta penting yang perlu diketahui pada usia kehamilan 17 minggu. Yang perlu untuk terus diperhatikan adalah asupan makan ibu, yang mana harus mengandung zat-zat begizi supaya pertumbuhan janin berjalan lancar. Selain itu, sebaiknya ibu tidak tertekan atau stres dan dapat menanti buah hati dengan lebih santai serta nyaman. Selamat menanti calon buah hati Anda!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kehamilan