15 Fakta Penting Janin 16 Minggu yang Perlu Anda Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : brusalvate

Kehadiran buah hati selalu dinanti-nanti oleh para orangtua sejak awal mengandung. Para orangtua tentunya perlu mengetahui bahwa bayi dalam kandungan, yang disebut janin, memiliki fase-fase pertumbuhan seperti layaknya manusia yang sudah lahir. Salah satu fasenya adalah ketika janin berusia 4 bulan atau 16 minggu. Berikut adalah beberapa fakta penting tentang janin 16 minggu yang perlu Anda ketahui.

1. Fase Aman


Source : dianaforsberg92

Fase 16 minggu kehamilan merupakan fase aman bagi sang ibu dan janin, yaitu aman dari resiko keguguran. Fase ini disebut juga fase trisemester kedua. Namun meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan berbagai hal seperti asupan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dari kegiatan yang melelahkan dan dapat membahayakan bagi janin serta diri Anda sendiri.

2. Janin Sudah Mulai Bernafas


Source : Gulcinglr

Pada usia 16 minggu, janin dalam rahim Anda sudah memiliki nyawa. Hal ini berarti janin sudah mulai belajar bernafas. Detak jantung janin sudah dapat dirasakan melalui proses USG maupun melalui perasaan sang ibu. Nafas yang dihembuskan janin bukanlah udara, melainkan cairan. Janin tumbuh dilingkupi oleh cairan tersebut yang melindungi dan membantu pertumbuhannya hingga proses kelahiran nantinya.

3. Janin Bisa Mendengar Suara


Source : TawnyNina

Janin dalam rahim Anda sudah dapat mendengar suara pada fase kehamilan 16 minggu. Biasanya ketika Anda berkonsultasi ke dokter, dokter akan menyarankan Anda untuk membiasakan diri berbicara dengan janin. Hal ini akan lebih mendekatkan hubungan batin Anda dengan janin karena sang janin mendengar apapun yang Anda katakan. Anda juga bisa meminta orang-orang di sekeliling Anda untuk berbicara yang baik-baik karena berpengaruh pada janin.

4. Janin Bisa Merespon Suara


Source : Herney

Pernahkah Anda merasa perut Anda seperti ditendang-tendang kecil? Itu adalah bentuk respon janin terhadap suara yang didengarnya. Jika Anda sering berbicara dengan janin Anda, ia akan merasa familiar dengan suara Anda. Lalu ia akan memberikan respon seperti tendangan kecil itu ketika mendengar suara Anda yang berbicara dengannya.

5. Ukuran Janin dalam Rahim


Source : Daniel Lobo

Janin mengalami pertumbuhan secara ukuran tubuh pada umur 16 minggu. Janin memiliki ukuran sebesar 4 inci. Berat janin pun bertambah menjadi sekitar 135 gram. Untuk dapat terus melancarkan proses pertumbuhan janin, Anda perlu mengkonsumsi berbagai asupan begizi seperti buah dan sayur. Anda juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup supaya kesehatan janin dan Anda sendiri terus terjaga.

6. Jaringan Kulit Kepala Terbentuk


Source : monica king

Bentuk pertumbuhan lain yang terjadi pada janin umur 16 minggu adalah terbentuknya jaringan kulit kepala. Jika dilihat melalui USG, akan terlihat janin Anda sudah memiliki bentuk kepala. Namun meski begitu, ingatlah bahwa janin Anda belum terbentuk sempurna. Anda perlu berhati-hati jangan sampai perut Anda terkena tekanan atau rangsangan yang kuat dan dapat membahayakan janin.

7. Wajah Janin Terbentuk


Source : ramanology

Selain kepala, wajah janin mulai terbentuk dan dapat samar-samar terlihat melalui proses USG. Dari situ, Anda dapat melihat sedikit bentuk mata, hidung, dan mulut janin Anda. Sama halnya dengan pertumbuhan kepala yang belum sempurna, pertumbuhan wajah janin juga belum sempurna. Karenanya jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan perut Anda, segera konsultasikan kepada ahlinya seperti dokter kandungan atau bidan.

8. Syaraf Otak Berkembang


Source : estupidaopiniosa0

Syaraf otak dalam janin mulai berkembang dibanding fase sebelumnya. Karena itu janin sudah dapat memberikan respon kepada suara ia dengar. Janin juga sudah dapat mulai menikmati sensasi rasa yang ia rasakan seperti rasa air ketuban. Sistem syaraf yang berkembang ini juga membuat otot janin semakin kuat sehingga tubuhnya dapat lebih melentur dengan baik.

9. Indera Peraba Mulai Bekerja


Source : Anniepan

Pada fase ini, janin sudah dapat menggunakan indera perabanya. Janin dapat merasakan sensasi pada permukaan tubuhnya. Jika Anda membelai perut Anda lembut, janin akan bereaksi dengan melakukan gerakan seperti membuka bibir. Atau jika Anda menyentuh di bagian tangannya, ia akan bereaksi seperti menggenggam tangan Anda. Tentunya Anda dapat melakukan hal ini saat proses USG, ya.

10. Indera Penglihatan Mulai Bekerja


Source : xusenru

Selain indera peraba, indera penglihatan janin juga mulai bekerja pada fase ini. Janin akan mulai merasakan sensitif terhadap rangsangan cahaya. Janin juga sudah dapat membedakan keadaan terang dan gelap dari dalam rahim. Penelitian menunjukkan bahwa janin yang disorot cahaya akan mengerjapkan matanya saat cahaya disorot ke perut ibunya.

11. Sistem Pencernaan Mulai Berjalan


Source : Public Domain Pictures

Janin memiliki sistem pencernaan seperti manusia lainnya, meski pertumbuhannya belum sempurna. Janin memang belum diberi asupan berbentuk makanan, namun ia dapat menyerap gizi yang dikonsumsi ibunya. Selain itu, janin dapat menelan air ketuban sebanyak 450 – 500 mililiter setiap 24 jam. Karena itu, Anda perlu memperhatikan lagi konsumsi makanan harian Anda, ya.

12. Organ Hati Sudah Berfungsi


Source : OpenClipart-Vectors

Pada fase usia 16 bulan, organ hati dalam janin sudah dapat berfungsi. Organ hati ini berfungsi untuk membentuk darah pada tubuh janin. Selain itu, organ hati juga menciptakan proses metabolisme hemoglobin dan bilirubin. Organ hati dapat menyalurkan sisa dari proses metabolisme tersebut ke usus janin.

13. Bentuk Tubuh Janin


Source : sbtlneet

Bentuk tubuh janin sudah dapat duduk tegak setelah sebelumnya hanya seperti posisi meringkuk. Janin sudah dapat menegakkan kepala dan lehernya, serta matanya pun sudah berada di posisi yang seharusnya. Selain itu, janin juga sudah dapat merenggangkan tangan dan kakinya secara perlahan-lahan.

14. Janin Mulai Melakukan Gerakan


Source : Greyerbaby

Pada fase ini, janin sudah dapat melakukan gerakan-gerakan kecil. Selain tendangan pada perut sang ibu, janin juga sudah menyadari keberadaan tali pusar dan dapat memegangnya. Tali pusar ini seperti mainan untuk janin dalam rahim. Namun meski begitu, genggaman yang dilakukan janin tidak akan mengganggu peredaran darahnya dan juga darah sang ibu.

15. Janin Dapat Merasakan Ketegangan dan Stres


Source : Counseling

Janin dalam rahim ternyata dapat merasakan ketegangan dan stres yang dirasakan sang ibu. Jika sang ibu mengalami ketegangan atau tekanan psikologis selama mengandung, kondisi janin akan langsung terpengaruh. Janin akan melakukan gerakan yang berlebihan dan menimbulkan kontraksi pada rahim. Hal ini dapat membahayakan kondisi janin dan sang ibu karena bisa terjadi kelahiran premature atau air ketuban yang pecah sebelum waktunya.

Demikian beberapa fakta mengenai janin usia 16 minggu. Jika janin Anda memiliki sedikit perbedaan dari yang disebutkan diatas, jangan langsung khawatir. Pertumbuhan tiap janin bisa berbeda-beda satu sama lain. Pertumbuhan ini adalah pertumbuhan yang digambarkan secara umum terjadi pada janin usia 16 minggu. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan lahir dan batin Anda, demi Anda dan buah hati. Selamat menanti kelahiran buah hati Anda!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy