15 Kata-Kata Cinta Terindah Untuk Mengetuk Hati Sang Kekasih

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Unsplash

Cinta adalah daya yang menggerakkan dunia, begitu kita penah mendengarnya. Walaupun memiliki banyak wajah, cinta dengan segala rupa-rupanya tak pernah gagal memicu cepatnya detak jantung manusia bagai tengah berkejar-kejaran. Bahagia, resah, kecewa, rindu, bersemangat, sakit hati, dan jutaan rasa yang unik namun sama dahsyatnya bersatu padu membentuk adonan cinta. Tak heran, setiap orang yang sedang dilanda wabahnya punya bahasa-bahasa yang berbeda untuk menjelaskannya. Berikut ini ada 15 kata-kata cinta yang bisa kamu berikan pada dia yang tersayang yang tengah membuat hatimu berdebaran tak karuan.

1. Ayu Utami – Perabot dan Lukisan


Source: Una Laurenchic

“Tapi mencari suami memang seperti melihat toko perabot untuk setelan meja makan yang pas buat ruangan dan keuangan. Kita datang dengan sejumlah syarat geometri dan bujet. Sedangkan kekasih muncul seperti sebuah lukisan yang tiba-tiba membuat kita jatuh hati. Kita ingin mendapatkannya, dan mengubah seluruh desain kamar agar turut padanya. Laila selalu jatuh cinta pada lukisan, bukan meja makan.” ― Ayu Utami, Saman

Masyarakat yang kita tempati masih memandang pernikahan seperti sebuah transaksi. Berbagai syarat kelayakan diberikan seolah-olah sedang seleksi penerimaan kerja. Pasangan hidup dalam rumah tangga ibarat perabot rumah: kita berbelanja sesuai dengan apa yang kita butuhkan untuk membuat rumah itu layak ditinggali, jika perlu nampak mewah. Tapi jatuh cinta pada seorang kekasih bak lukisan. Tak ada gunanya, tapi menimbulkan hasrat dan gejolak yang sukar dibendung. Kita pun tunduk dan rela mengorbankan apapun demi mendapatkannya.

2. Dee Lestari – Jeda


Source: Leah Kelley

“Seindah apa pun huruf terukir, dapatkah ia bermakna apabila tak ada jeda? Dapatkan ia dimengerti jika tak ada spasi? Bukankah kita baru bisa bergerak jika ada jarak? Dan saling menyayang bila ada ruang?” ― Dee Lestari, Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade

Sedalam apa pun cinta kita pada seseorang, punya ruang untuk bergerak adalah sebuah kewajiban. Cinta mungkin menjadikan kamu dan dirinya bersatu, tapi pada faktanya kamu tetaplah dua orang individu. Memiliki waktu untuk dirimu sendiri dan memberinya ruang untuk menjalani hidupnya sendiri akan menjaga nyala dan manis cinta. Jarak tidak akan memisah, justru mendekatkan. Bukankah rindu hanya akan muncul jika tak sedang bersama?

3. A.A. Milne – 100 kurang 1


Source: Mariamic helle

“Jika kamu hidup hingga usia seratus tahun, aku ingin hidup hingga usia seratus tahun kurang satu hari sehingga aku tak akan pernah harus hidup tanpamu,”  ~ A. A. Milne

Ada dua hal yang harus selalu kita jalani sendirian: kelahiran dan kematian. Seabadi apapun cinta kita terhadap sang kekasih, ketika sang kekasih meninggalkan dunia ini, dia juga akan meninggalkan dia. Adalah hal yang berat, penuh tantangan, dan menakjubkan jika bisa berjalan untuk hidup bersama. Tapi adaah sebuah kemustahilan untuk mati bersama. Kadang rasanya, lebih baik pergi duluan daripada harus menanggung lara ditinggal sendirian.

4. Pablo Neruda – Mencintai Apa Adanya


Source: Skitterphoto

“Aku mencintaimu tanpa tahu bagaimana, atau kapan, atau di mana. Aku mencintaimu dengan sederhana, tanpa masalah atau kesombongan. Aku mencintaimu seperti ini karena aku tak tahu cara lain untuk mencintai melainkan ini, dimana tidak ada aku maupun kamu, begitu dekat sehingga tanganmu di dadaku adalah tanganku, begitu dekat sehingga ketika aku tertidur matamu tertutup.”  ― Pablo Neruda, 100 Love Sonnets

Mencintai seseorang seringkali terjadi begitu saja. Percuma kamu berusaha merumuskannya, rasa itu muncul tiba-tiba dan bersemayam di sana tanpa adanya alasan masuk akal yang menjadikannya. Rasa itu pun menyatukanmu dengannya. Membuat hatimu hatinya. Membuat ragamu bagaikan juga raganya. Menjadikanmu dan dia sebuah keutuhan.

5. Eva Gabor – Cinta Adalah Permainan


Source: pixel2013

“Cinta adalah sebuah pertandingan dimana dua orang bisa bermain dan sama-sama menang,”  ~ Eva Gabor

Jika semua permainan dan pertandingan lain di dunia ini sifatnya kompetitif, tak begitu dengan cinta. Tak harus ada yang kalah dalam cinta, karena masuk akal kedua pihak yang terlibat sama-sama menjadi juaranya. Segala intrik, drama, dan tragedi akan mewarnai permainan ini. Namun jika keduanya sama-sama dilanda asmara, semua kerumitan itu akan membawa keduanya pada sebuah akhir indah: dimana keduanya bersatu dan sama-sama bahagia.

6. Connor O’berst – Lotere


Source: gouv

“Cinta adalah sejenis lotere, dimana kamu menggosok dan melihat tulisan di baliknya yang berbunyi “maaf, coba lagi.” Semoga beruntung. ” – Connor O’berst

Pernahkah kamu menggosok stiker perak di balik bungkus chiki atau undian dalam kemasan sabun yang sebagian besarnya hanya berbunyi “coba lagi”? Yang kamu harapkan adalah jackpot senilai miliaran rupiah, tapi puluhan kali kamu mencoba dan puluhan kali pesan yang sama yang terbaca. Begitu pulalah cinta. Kita terus mencoba dan berusaha untuk mendapatkan cinta sejati yang membuat bahagia. Seringkali kita salah, mencoba hubungan dengan dia yang hanya membawa lara. Tapi, kita tak pernah berhenti mencoba hingga akhirnya nanti kita bertemu dengan sang belahan jiwa.

7. Ingrid Berkman – Ciuman


Source: Unsplash

“Sebuah ciuman adalah trik manis yang didesain alam untuk menghentikan pembicaraan ketika kata-kata telah menjadi berlebihan.” ~ Ingrid Bergman

Berapa jumlah kata yang diperlukan untuk mendeskripsikan rasa cinta kepada sang kekasih? Bisa jadi tak cukup dan bisa jadi terlalu banyak. Kata-kata seringkali tak berguna karena tak bisa benar-benar menjelaskan rasa. Cara paling mudah dan primalnya? Sebuah ciuman. Bersama ciuman, hadir sejuta makna yang gagal disampaikan kata-kata.

8. Robert Heinlein – Kebahagiaan Kekasih


Source: freestocks.org

“Cinta adalah sebuah kondisi dimana kebahagiaan orang lain menjadi esensial untuk kebahagiaanmu sendiri.” — Robert Heinlein

Cinta bukanlah tentang persatuan. Cinta bukanlah tentang memiliki. Atau kencan-kencan romantis dan janji-janji manis. Semua itu tak ada gunanya jika tidak membuat kekasih kita bahagia. Mencintai yang sesungguhnya adalah mencintai dengan ikhlas, bukan mengikatkan tali di leher yang tercinta dan menjadikannya tawanan. Cinta adalah memberi. Cinta adalah melakukan dan berjuang. Juga menempatkan kebahagiaan orang yang tersayang di atas kebahagiaan kita sendiri, walau terkadang berat memang. Karena pada akhirnya, senyumnya akan membawa hangat di dadamu juga.

9. Alexander Smith – Menemukan Diri


Source: Valeria Boltneva

. “Cinta adalah menemukan diri kita pada orang lain dan rasa bahagia ketika mengenalinya.”― Alexander Smith

Pernahkah kamu merasa seolah kamu adalah makhluk asing di dunia yang tidak kamu kenal? Seolah dirimu adalah sebuah kepingan dari puzzle yang terpisah. Lalu seumur hidupmu, kamu berusaha mencari-cari sisamu yang lain agar bisa merasa utuh. Jatuh cinta adalah mengenali diri kita pada orang lain. Seperti pada akhirnya kita menemukan diri kita yang lain yang selama ini menghilang sehingga kita tak lagi merasa sendirian. Begitulah cinta: melengkapi, menggenapi, mengingatkan diri kita terhadap kita.

10. Thackeray​ – Mencintai Dengan Bijaksana


Source: Flo Maderebner

“Lebih baik mencintai dengan bijak sana, hal ini tak diragukan lagi: tapi mencintai dengan bodoh lebih baik daripada tidak bisa mencintai sama sekali.”— William Makepeace Thackeray​

Cinta seringkali membuat kita mabuk kepayang dan kehilangan kewarasan. Seperti orang gila, kita jadi melakukan hal-hal yang tidak masuk akal yang tak akan pernah kita pikirkan sebelumnya. Mencintai seperti ini tentulah menimbulkan banyak rasa sakit. Akan lebih baik jika kita bisa mencintai tanpa menjadi buta, sehingga tidak tersesat dalam kehidupan. Tapi, mencintai dengan kebodohan ini masih jauh lebih baik daripada gagal mencintai sama sekali. Setidaknya hidup kita bukan sekedar hampa.

11. Samuel Lover- Tinggallah di Hatiku


Source: Lisa Fotios

“Kemari dan tinggallah di hatiku, tak perlu kamu membayar sewa.”  ~ Samuel Lover

Di dunia ini tidak ada yang gratis. Setiap tanah telah dipetak-petak dan diklaim kepemilikannya sehingga diam dan meletakkan diri pun susah jika kita tak memiliki biaya. Tapi ada satu yang akan selalu dan harus selalu gratis: tinggal di dalam hati sang kekasih. Ketika kita mengundang orang yang kita sayang untuk hidup di sana, hati kita menjadi hatinya. Dia bahkan bisa berbuat sesukanya sendiri di dalam sana. Menghiasnya atau memporakporandakannya. Menjadikannya indah atau menjadikannya hancur berantakan. Karena cinta itu bebas.

12. Haruki Murakami – Ingat Aku


Source: congerdesign

“Jika kamu ingat aku, maka aku tak peduli jika orang-orang lain melupakanku.” -Haruki Murakami, Kafka on the Shore

Ketika kamu jatuh cinta, tak ada yang lebih penting di dunia ini selain mendapatkan perhatian orang yang kamu kasihi. Dunia pun menjadi tidak sepenting dulu. Rindu yang orang-orang lain berikan tak seindah rindunya padamu. Bahkan ketika seluruh isi dunia tak lagi menganggapmu ada, kamu akan tetap bahagia jika dirimu hidup di dalam hati dan pikirannya.

13. Bright Eyes – Ahli Bedah dan Rumahmu


Source: FotoWorkshop4U

“Aku ingin menjadi ahli bedah yang membuka tubuhmu. Dan memperbaiki semua kesalahan-kesalahan hidup. Aku ingin menjadi rumah tempat kamu dibesarkan. Satu-satunya tempat kamu merasa aman.”- Bright Eyes

Mencintai adalah memberi. Hasrat terdalam dari ia yang merasakan cinta sejati pada kekasihnya adalah untuk melihat kekasihnya hidup dalam bahagia. Seorang pecinta sejati ingin menjadikan tempat kekasihnya merasa aman, tak lagi takut atau resah, tak perlu khawatir stau berjaga-jaga. Seorang pecinta sejati juka ingin menghilangkan setiap rasa sakit yang dibawa di dalam hati kekasihnya, menjadi penyembuh dan penawarnya, dan melukis senyum abadi di wajahnya.

14. Anonim- Tersesat


Source: MichiArt

“Di dalammu, aku kehilangan diriku. Tanpa kamu, aku menemukan diriku yang ingin kembali tersesat.”- Anonim

Cinta memang membuat manusia kehilangan arah. Akal sehat dan logika yang semula menjadi senjata bernavigasi dalam kehidupan mendadak hilang kesaktiannya. Cinta beroperasi di luar rumus-rumus dan rasionalitas. Para pecinta seringkali tak bisa mengenali diri mereka lagi, kehilangan tujuan, mengubah arah perjalanan habis-habisan. Tapi, cinta juga candu. Terbebas dari jeratnya justru menimbulkan hampa. Sebagian besar dari kita akan lebih memilih terus tersesat di dalam cinta.

15. Janos Array – Kemustahilan


Source: Unsplash

“Di dalam mimpi dan di dalam cinta, tidak ada kemustahilan.” – Janos Array

Di dalam mimpi, kita bisa terbang walau kita tak punya sayap. Atau kita bisa menumbuhkan sayap, yang besar dan putih dan halus serta terkepak seperti malaikat. Di dalam mimpi, kita juga bisa mengarungi samudera hanya dengan bantuan kedua lengan lemah kita. Kita bisa mengalami apa pun. Kita bisa menajdi siapa pun. Begitu pula di dalam cinta. Segala yang semula tidak masuk akal bisa terjadi dalam sekejap. Tak ada yang mustahil untuk dilakukan bagi mereka yang sedang dilanda cinta. Semoga kamu selalu mendapatkan keberhasilan dalam cinta!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kata Kata, Pengetahuan