15 Kata-Kata Sedih Ini Akan Membantu Menghilangkan Perih di Hatimu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Thnh Phng

Segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan berlawanan dan berpasang-pasangan. Seperti siang yang harus tergantikan malam, dan panas yang kontras dengan dingin, tak akan ada bahagia jika kita tak pernah merasa sedih. Rasa sedih ini bisa merayap diam-diam dan menolak pergi dari hati atau menghantam keras seperti halilintar dan membawa tangis histeris. Ketika rasa sedih itu datang, seolah-olah kita kehilangan segala harapan. Berikut adalah 15 kata-kata sedih untuk kamu yang memiliki perih di hati. Semoga kamu bisa terinspirasi dan merasa bahwa kamu tak sendirian dalam sedihmu.

1. Ayu Utami- Cinta dan Asmara


Source: Pixabay

“Tak pernah ada yang salah dengan cinta. Ia mengisi sesuatu yang tidak kosong. Tapi yang terjadi di sini adalah asmara, yang mengosongkan sesuatu yang semula ceper. Dengan rindu.” ― Ayu Utami

Cinta adalah sebuah perasaan murni yang menghangatkan manusia. Ketika kita merasakan cinta, kita akan mengharapkan dan melakukan segala yang terbaik agar orang yang kita cintai bahagia. Cinta itu ikhlas dan tak mengharapkan imbalan. Tanpa drama, tanpa cemburu, dan tanpa posesi. Tapi, berbeda dengan asmara yang datang bagai wabah. Asmara hadir dengan segala carut marutnya yang tak bisa kita hindari. Alih-alih membuat hati utuh, asmara membuat rongga-rongga di hati yang sebelumnya tak punya ruang.

2. Defiance, Ohio – Hati Bukan Kaca


Source: redmuple

“Hati tidak terbuat dari kaca. Hati terbuat dari otot, darah, dan sesuatu yang lain.” – Defiance, Ohio

Kadang-kadang saat kesedihan kita terasa luar biasa, kita berpikir bahwa semuanya tak pernah sama. Hati yang luka tak akan pernah bisa kembali baik seperti semula. Tapi, hati bukanlah gelas atau kaca yang gampang pecah dan menjadi kepingan-kepingan terpisah selamanya. Ketika kamu berusaha merekatkan kembali serpihan-serpihan kaca, kamu tak akan mendapati kaca utuh yang seperti sedia kala. Tapi, hati tidak demikian. Suatu saat nanti hati akan kembali seperti semula. Kita akan sembuh.

3. Sonya Sonjes – Hujan di Hatiku


Source: freestockspro.com

“Di hatiku tengah hujan seperti hujan di kota. Apakah kesedihan yang menusuk-nusuk hatiku ini?” – Sonya Sonjes

Menangis adalah salah satu mekanisme pertahanan sekaligus penyembuhan manusia yang paling primitif. Dengan menangis, kita mengeluarkan rasa sakit menjadi butiran-butiran air mata yang mengalir dan membanjir. Walaupun tidak menyelesaikan masalah, menangis meringankan beban seperti mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk hati. Tapi kadang ketika tangis telah sering dilakukan, air mata itu seolah sedang mengalir di dalam hati, membentuk hujan. Tak ada basah di pipi, tapi hati merasakan sakit yang sangat.

4. Stephen Hawking – Tragis dan Lucu


Source: madeinitaly

“Hidup ini akan tragis seandainya tidak lucu.” ― Stephen Hawking

Humor juga merupakan salah satu pertahanan diri manusia terhadap tragedi-tragedi kehidupan. Dalam humor, lara dan duka ditrivialisasikan menjadi sekedar baris-baris ucapan yang mengundang tawa. Humor membuat penderitaan menjadi tidak nampak seberat aslinya. Karena itulah, bagi beberapa orang, hidup adalah sebuah lelucon besar dan buruk. Di balik setiap tawa, ada keping-keping kesedihan yang minta disembuhkan, atau setidaknya disembunyikan.

5. Dee Lestari – Hampa yang Menyakitkan


Source: freestockspro.com

“Bagaimana hampa bisa menyakitkan? Hampa harusnya berarti tidak ada apa-apa. Tidak ada apa-apa berarti tidak ada masalah. Termasuk rasa sakit.”― Dee Lestari

Perasaan hampa seharusnya seperti ruang semesta yang tanpa udara dan tanpa apa-apa : netral, kosong. Tapi hampa yang manusia rasakan bukan demikian adanya. Hampa adalah sebuah sensasi yang muncul karena sebuah rongga kehilangan isinya. Hampa adalah sebuah perasaan kehilangan, perasaan kekurangan, jeritan dan seruan meminta dilengkapi. Di dalam rongga-rongga kosong hati kita, ada gumpalan-gumpalan sakit tak kasat mata.

6. We The Heathens – Mitos Kebahagiaan


Source: Unsplash

“Kebahagiaan hanyalah sebuah mitos” We The Heathens

Ketika kita kecil, kita membaca buku-buku cerita dimana orang baik akan selalu bertemu pahlawan dan mereka akan menang. Pada akhirnya nanti, setiap jiwa akan berbahagia. Namun dalam kenyataannya, tidak semua orang merasa demikian. Ada beberapa orang yang lahir dalam ketidakberuntungan dan terus menemui tragedi-tragedi sepanjang hidupnya. Jika kamu merupakan salah satu dari orang-orang seperti ini, kebahaagiaan akan terasa bagaikan mitos yang sesungguhnya tidak nyata.

7. Taraji P. Henson – Berjalan dengan Kesedihan


Source: aravind91

“Setiap manusia berjalan-jalan dengan sebuah kesedihan tertentu. Mereka mungkin tidak menunjukkannya terang-terangan, tapi jika kamu melihatnya dalam-dalam, kamu akan menemukannya,” – Taraji P. Henson

Tak ada manusia di dunia ini yang tidak pernah mengalami sedih. Bahagia mungkin membentuk memori-memori yang kita pertahankan selamanya, tapi jiwa kita dibentuk oleh potongan-potongan kesedihan yang pernah terjadi sepanjang hidup kita. Setiap orang adalah sebuah kolase dari setiap tragedi yang pernah dialaminya. Dan jika kita peka, kita akan bisa menyaksikannya pada mata setiap pejalan kaki dan orang-orang asing yang kita temui. Kesedihan ini mereka bawa terus dalam perjalanan hidup mereka.

8. Regina Brett- 24 Jam


Source: Pixabay 

“Beberapa hari, 24 jam rasanya terlalu berat. Jadi aku membagi hari jam demi jam, momen demi momen. Aku membagi-bagi tugas, tantangan, dan ketakutan menjadi keping-keping kecil sekali gigit. Aku bisa menangani sepotong kecil ketakutan, depresi, kemarahan, rasa sakit, kesedihan, kesepian, dan rasa mual. Aku meletakkan tanganku di wajahku, tiap tangan di samping tiap mata, seperti kacamata kuda. ” –  Regina Brett

Ketika kamu merasa hidupmu terlalu berat untuk dijalani, cobalah menjalaninya detik demi detik, momen demi momen. Tak usah kamu pikirkan hunjaman perasaan yang menyerangmu tanpa henti, fokuslah pada detik ini. Hadapi semuanya seperti kamu menghadapi potongan-potongan kecil apel. Kunyah satu per satu sampai piring kamu kosong.

9. Jim Rohn – Dinding


Source: Unsplash

“Dinding yang kita bangun di sekeliling kita untuk menjauhkan rasa sedih juga menjauhkan kebahagiaan,” –  Jim Rohn

Kadangkala, satu-satunya solusi yang bisa pikirkan untuk melindungi diri kita adalah dengan membangun dinding tinggi besar yang tak bisa ditembus siapa pun. Kekecewaan dan kepedihan yang dibawa orang lain di masa lalu bisa membuat kita trauma. Kita menutup diri agar tak ada lagi yang bisa terlalu dekat dengan hati kita dan menyakitinya. Sayangnya, dinding ini tak bisa menyaring rasa yang dibentenginya. Dengan membangun dinding di hati kita, kita juga tak mengijinkan bahagia hadir di kehidupan kita.

10. Sylvia Plath – Mandi Air Panas


Source: lightstargod

“Pastilah ada beberapa hal yang tak bisa disembuhkan dengan mandi air panas, tapi aku tak tahu banyak,” – Sylvia Plath

Cara termudah menyembuhkan diri dari hari yang berat adalah dengan berndam di air panas dan lalu tidur nyenyak. Mandi air panas adalah perwujudan dari sikap memanjakan diri. Setelah semua yang kita hadapi seharian, kita pantas mendapatkan kemanjaan ini. Setelahnya, perasaan kita akan bisa menjadi sedikit lebih baik.

11. Pablo Neruda- Rumah Kesepian


Source: Unsplash

“Jadi aku menunggumu seperti sebuah rumah yang kesepian hingga kamu menemuiku lagi dan hidup di dalamku. Hingga saat itu, jendela-jendelaku akan berkeriut kesakitan.” ― Pablo Neruda, 100 Love Sonnets

Rasa rindu yang menerjang ketika tidak bertemu sang kekasih bisa diibaratkan seperti sebuah rumah yang ditinggal pergi penghuninya: kosong. Rumah akan sedia menunggu penghuninya kembali, lalu hidup di dalamnya, melengkapinya. Dalam kesendiriannya, bebunyian dalam rumah tak akan ada yang mendengar, hingga pemiliknya tiba.

12. Conor Oberst – Kesedihan yang Terlelap


Source: cuncon

“Aku sudah menangis, dan kamu akan berpikir aku menjadi lebih baik karenanya, tapi kesedihan hanya terlelap, dan kesedihan itu tetap ada di tulang belakangku hingga seumur hidupku.” – Conor Oberst

Namun kadang kesedihan yang luar biasa memang tidak bisa disembuhkan. Baik dengan tangis maupun dengan waktu. Kesedihan itu hanya terlelap, untuk sementara berhenti berlarian dan membuat porak poranda. Tapi kesedihan itu mendiami diri kita selamanya, siap menyeruak kembali sewaktu-waktu seperti encok atau sakit tulang punggung yang tiba-tiba menyerang.

13. Franz Schubert – Tak Ada yang Memahami


Source: snbboy

“Tak ada yang memahami penderitaan orang lain, serta kebahagiaan orang lain.”  – Franz Schubert

Pada faktanya, hanya kitalah sendiri yang bisa memahami diri kita seutuhnya. Sahabatmu mungkin akan memberikan waktu dan dukungannya dalam setiap masa-masa sulit yang kamu hadami, tapi dia tak benar-benar bisa merasakan derita yang kamu rasakan. Maka, jangan heran ketika dunia menganggapmu berlebihan dalam dukamu. Dan jangan hiraukan. Mereka tak mengerti. Tak ada yang mengerti. Hanya kamu, seorang.

14. Jean Paul – Berhentinya Harapan


Source: stevepb

“Yang membuat usia tua menyedihkan bukanlah berhentinya bahagia kita tapi berhentinya harapan.” – Jean Paul

Menjadi tua bukan berarti menjadi sedih. Bahagia masih datang dalam kehidupan kita dalam berbagai macam rupanya. Tapi, menjadi tua berarti takluk dengan kehidupan dan tak lagi memiliki harapan. Tak seperti mereka yang muda yang memiliki mimpi sebesar semesta, hati dan jiwa yang tua telah layu dan tak lagi penuh hasrat membara. Dan ini adalah sebuah kesedihan tragis yang menyerang siapapun.

15. Bright Eyes- Hati Pasir


Source: halleybossarf

“Kamu diukir dari tulang, tapi hatimu hanyalah pasir.” – Bright Eyes

Tulang adalah anggota tubuh terkuat kita yang menyangga kita dan membuat kita mampu berjalan dan berlari. Raga kita tersusun atas puluhan tulang yang membuatnya mampu melakukan apa pun. Tapi, tak begitu dengan hati kita. Hati tidak keras dan tangguh seperti tulang. Hati adalah bagian dari kita yang lembut dan rentan berceceran, dan karena itulah kita harus berhati-hati untuk tidak melukainya. Semoga rasa sedihmu cepa pergi!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Knowledge, Words