15 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: tpsdave

Siapa sih yang tidak tahu pepaya? Buah yang cukup digemari ini rasanya manis dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa selain buahnya, daun dari pohon pepaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan? Daun pepaya sendiri memiliki kandungan zat baik yang tinggi. Walaupun rasanya pahit, daun ini sangat baik bagi kecantikan dan kesehatan, lho. Yuk kita bahas manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun ajaib ini!

1. Imunitas Tubuh


Source: Wikimedia Commons

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah ia dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Daun pepaya mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh virus-virus. Hal ini disebabkan karena daun pepaya dapat melakukan regenerasi sel darah merah dan sel darah putih secara otomatis dan alami. Selain itu, didalam daun pepaya terkandung banyak vitamin yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh.

2. Jerawat


Source: smile_lee

Jerawat adalah masalah yang kerap dialami, terutama bagi remaja dan sebagian orang dewasa. Selain dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, daun pepaya juga dapat megatasi jerawat, lho. Caranya adalah dengan mengeringkan daun pepaya muda, kemudian tinggal di blender dengan air agar menjadi pasta. Ambil pasta yang telah jadi dan gunakan sebagai masker. Lakukan ini secara rutin dan jerawat Anda pun akan berangsur-angsur hilang.

3. Ketombe


Source: Scot Nelson

Ketombe merupakan masalah yang pastinya pernah dialami oleh semua orang. Adanya ketombe akan membuat penampilan Anda kurang maksimal, oleh karena itu, pastikanlah Anda tidak berketombe. Daun pepaya berkhasiat dapatmembantu Anda menyelesaikan masalah ketombe. Tahukah Anda bahwa ekstrak dari daun pepaya kerap kali digunakan sebagai bahan utama sampo anti ketombe? Hal in disebabkan karena ia mengandung senyawa karpain yang dapat menghilangkan minyak, kotoran dan bahan kimia di dalam rambut Anda.

4. Pertumbuhan Bakteri


Source: Wikimedia Commons

Selain dapat membantu Anda mengatasi masalah ketombe, daun pepaya juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri lho. Ini disebabkan karena di dalam daun ini terkandung banyak bahan aktif yang dapat menghalangi pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, cacing, jamur, parasit, dan lain-lain. Oleh karena itu, daun pepaya kerap kali digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi cacing. Luar biasa sekali ya, daun pepaya ini?

5. Pembesaran Prostat

Source: Wikimedia Commons

Selain dapat mengatasi masalah ketombe, jerawat, serta meningkatkan imunitas tubuh, daun pepaya juga sangat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit pembesaran prostat. Daun pepaya juga berkhasiat mengurangi masalah-masalah yang berkaitan dengan prostat, seperti misalnya masalah lesi dubur. Oleh karena itu bagi Anda yang mengidap penyakit ini, ada baiknya mulai mencoba mengonsumsi daun pepaya.

6. Kanker

Source: Wikimedia Commons

Beberapa penelitian menyatakan bahwa daun pepaya memiliki zat yang berkhasiat mencegah kanker. Zat ini dinamakan zat pahit. Ternyata, rasa daun pepaya yang pahit mempunyai khasiat yang tidak diduga-duga, ya. Daun pepaya juga dapat digunakan sebagai bahan kemoterapi bagi orang-orang yang mengidap penyakit kanker karena daun ini dapat menangkal sel kanker serta mengatur T-sel di dalma tubuh. Cobalah mengonsumsi daun pepaya setiap hari untuk menghindari penyakit mematikan ini.

7. Tifus


Source: Wikimedia Commons

Jika Anda sedang sakit tifus, daun pepaya dapat menolong Anda. Faktanya, tifus bisa dijadikan obat herbal alami yang efektif melawan penyakit tifus. Ini disebabkan karena adanya kandungan zat karpain dan tannin yang dapat meredakan penyakit tifus. Penyakit tifus sendiri disebabkan oleh bakteri bernama tifosa. Kedua zat tersebut sangat ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri, oleh karena itu dapat membantu Anda mengatasi penyakit tifus. Daun pepaya juga dapat meredakan gejala-gejala yang Anda dapatkan dari penyakit tifus, lho.

8. Malaria


Source: Wikimedia Commons

Penyakit malaria merupakan penyakit yang cukup banyak diidap orang di daerah-daerah tertentu. Penyakit ini berasal dari nyamuk, oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati agar tidak terkena penyakit malaria ini. Di dalam daun pepaya, terkandung zat yang bersifat anti penyakit malaria ini. Oleh karena itu, jika Anda kerap mengonsumsi daun pepaya, maka resiko terkena penyakit malaria akan lebih minim.

9. Katarak


Source: Scot Nelso

Selain dapat membantu mencegah penyakit malaria dan tifus, daun pepaya juga dapat mencegah terjadinya penyakit katarak pada mata, lho. Penyakit mata ini sebenarnya dapat diatasi dengan operasi. Namun, jika Anda baru saja terkena penyakit ini, Anda dapat menguranginya dengan daun pepaya. Ini karena di dalam daun pepaya terkandung vitamin A dengan jumlah yang tinggi, sehingga dapat membantu membersihkan mata Anda. Konsumsilah daun pepaya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

10. Nafsu Makan


Source: Wikimedia Commons

Walaupun rasa daun pepaya cenderung pahit, daun ini ternyata dapat membantu meningkatkan nafsu makan, lho. Masalah kurang nafsu makan banyak dihadapi oleh anak-anak. Untungnya, daun pepaya dapat membantu Anda menyelesaikan masalah ini. Anda cukup memberikan buah hati Anda daun pepaya yang dicampur dengan air dan garam. Haluskan, kemudian ambil sarinya. Berikan sarinya kepada anak Anda dan nafsu makan mereka akan meningkat.

11. Membersihkan Wajah


Source: Wikimedia Commons

Wajah yang bersih tentu saja akan berpengaruh besar kepada penampilan Anda. Noda atau luka bekas jerawat tentunya akan mengurangi kecantikan Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena daun pepaya dapat mengatasi masalah ini. Ini disebabkan karena adanya senyawa karpain di dalam daun pepaya. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan noda-noda yang tidak diinginkan. Anda hanya perlu mencampurkan daun pepaya dengan minyak zaitun, kemudian oleskan pada wajah Anda.

12. Enfisema


Source: Wikimedia Commons

Emfisema merupakan salah satu penyakit yang bisa dibilang baru, oleh karena itu penyakit ini masih jarang ditemukan di dalam masyarakat. Penyakit ini menyerang paru-paru, oleh karena itu penyakit ini sebaiknya dihindari. Daun pepaya dapat membantu Anda menghindari penyakit enfisema. Anda hanya perlu merebus daun pepaya, kemudian minum air hasil rebusan itu secara rutin. Kadungan-kandungan bermanfaat di dalam daun pepaya ini akan membantu melindungi Anda dari penyakit enfisema, bahkan bisa meringankan penyakit tersebut jika Anda sudah mengidapnya.

13. Haid


Source: falco

Masa-masa haid merupakan masa-masa yang cukup mengganggu bagi perempuan. Hal ini disebabkan karena seringkali, haid didampingi oleh rasa sakit atau nyeri. Daun pepaya dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh haid, lho. Ini karena daun pepaya mengandung banyak vitamin, sehingga dapat membantu menutrisi Anda. Oleh karena itu, jika Anda merasa terganggu oleh rasa nyeri pada saat haid, Anda bisa mencoba mengonsumsi daun pepaya.

14. Kondisioner


Source: Wikimedia Commons

Selain dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi karena haid, daun pepaya juga dapat digunakan sebagai kondisioner alami, lho. Yang digunakan sebagai kondisioner alami adalah ekstrak dari daun ini. Karena daun pepaya dikenal sebagai penangkal bakteri, maka dengan menggunakan ekstrak daun ini sebagai kondisioner Anda dapat memastikan bahwa rambut Anda bersih dari bakteri-bakteri sehingga rambut Anda akan lebih sehat dan bersih.

15. Pencernaan


Source: Wikimedia Commons

Selain dapat digunakan sebagai kondisioner alami, daun pepaya jua berkhasiat melancarkan pencernaan, lho. Pencernaan yang tidak lancar biasanya disebabkan karena kurangnya kandungan serat di dalam tubuh Anda. Daun pepaya meiliki kandungan serat dan enzim papain yang sangat ampuh dan bermanfaat dalam mengatasi susah buang air besar. Karena itu, Anda bisa mulai meminum air hasil rebusan daun pepaya secara rutin untuk memastikan lancarnya sistem pencernaan Anda.

Itulah 15 manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini berguna bagi anda!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health