15 Kata Motivasi Agar Kamu Tidak Menyerah Dalam Hidup

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Pixabay

Hidup itu keras, begitulah adanya sejak awal hingga akhir zaman. Tak ada keinginan kita yang akan mendadak mewujud begitu saja. Selalu ada darah dan airmata yang mengiringi cucuran peluh dalam menggapai cita-cita. Seringkali, bahkan bertahan hidup pun susah. Terjangan masalah demi masalah membuat kita seolah ingin menyerah begitu saja. Tapi, hidup ini hanya sekali. Bukan sebuah game komputer yang bisa diulang lagi setelah karakter kita kalah dan mati. Karena itulah kita harus menang dalam kesempatan yang singkat ini. Hidup bisa jadi indah. Jika kamu sedang berada di bawah dan lupa bagaimana rasanya, simaklah 15 kata-kata motivasi berikut ini agar kamu terus berjuang menolak kalah.

1. Paulo Coelho – Bangun dan Terjatuh


Source: Unsplash

“Rahasia hidup adalah terjatuh tujuh kali dan bangkit delapan kali,” ― Paulo Coelho, The Alchemist

Selalu akan ada masa-masa ketika kita gagal dan terjatuh dalam perjalanan menggapai apa yang kita mimpikan. Dunia bukan sebuah cerita yang bisa kita atur alurnya. Kadangkala, sehandal dan sesempurna apapun perencanaan kita, kejutan-kejutan dari alam semesta bisa menjadi faktor yang tidak kita perhitungkan sebelumnya. Menyebabkan kegagalan kita. Apalagi, jika kita tengah berusaha meraih seseuatu yang tinggi. Namun, kunci keberhasilan adalah terus bangkit lagi walaupun kita terjatuh berulang kali. Tanpa pernah putus asa.

2. Nana Grizol – Teruslah Bermimpi


Source: Unspalsh

Jika sebelumnya kita menghabiskan sebagian besar masa hidup kita untuk bermimpi, maka bermimpi adalah kondisi yang harus kita pertahankan,”  – Nana Grizol

Jangan dengarkan mereka yang menyuruhmu untuk berpijak pada bumi kuat-kuat dan hanya melihat ke bawah. Manusia yang tidak memiliki mimpi adalah manusia yang setengah mati; mereka menjalani hari-hari tanpa hasrat yang menyala layaknya zombi. Jika selama ini mimpi-mimpimu membuatmu bahagia, maka jangan pernah berhenti. Bahkan seandainya rasanya kamu tak juga semakin dekat dengan hal-hal yang kamu impikan. Seringkali, tekad saja cukup untuk membuatmu merasa lebih hidup.

3. Defiance, Ohio – Suruh Sang Peramal Diam


Source:Unsplash

“Jadi agar bisa tidur nyenyak pada malam hari, buatlah sang peramal diam, mereka bernyanyi dari dalam harimu. Tak ada yang sungguh-sungguh ingin tahu masa depan, kamu hanya ingin mendengar bahwa kamu baik-baik saja. – Defiance Ohio, You Are Loved

Penasaran tentang apa yang terjadi di masa depan berawal dari harapan bahwa semua yang kamu citakan bisa kamu gapai, semua yang kamu rencanakan berjalan sempurna, dan hal-hal yang tak pernah kamu perhitungkan hanya hadir dalam wujud kejutan-kejutan indah. Karena itulah, berhenti terlalu mengkhawatirkan serta berspekulasi terlalu berlebihan terhadap masa depan. Yakinlah bahwa kamu akan baik-baik saja, maka kamu akan baik-baik saja.

4. Dee Lestari – Langit Tidak Kosong


Source: Pixabay

“Kadang-kadang langit bisa kelihatan seperti lembar kosong. Padahal sebenarnya tidak. Bintang kamu tetap di sana. Bumi hanya sedang berputar.”― Dee Lestari, Perahu Kertas

Akan ada masa-masa ketika kamu merasa semua harapan sirna. Tak ada lagi yang bisa kamu perjuangkan untuk kamu di sini. Dunia ini tak lagi menyimpan cinta untukmu. Kamu merasa hilang, tak tahu arah dan tanpa tujuan. Tapi, kamu hanya lupa bahwa seperti mentari yang tak pernah hilang dan pada akhirnya akan muncul di horizon timur lagi, kebahagiaan dan kesedihan juga muncul silih berganti. Kamu mungkin sedang tidak beruntung hari ini, tapi ingatlah bahwa semua derita juga pasti berlalu dan harapan akan datang kembali.

5. Edison – Kelemahan Terbesar


Source: Trinity Kubassek

“Kelemahan terbesar kita adalah menyerah. Cara paling pasti untuk sukses adalah mencoba sekali lagi. ” – Thomas A. Edison

Setiap penemuan ilmuwan yang bisa kita nikmati sekarang adalah hasil puluhan atau bahkan ratusan percobaan yang jarang berhasil di awal. Seandainya individu-individu tangguh tersebut berhenti mencoba setelah kegagalan pertama atau kedua, kita tak akan pernah menikmati banyak hal yang kini tersuguh mudah begitu saja di dunia ini. Begitu pula dengan masalah-masalah dalam kehidupan. Ketika kamu menyerah, kamu kalah. Tak ada lagi kesempatan untukmu.

6. Pat the Bunny – Kemungkinan


Source: Pixabay

“Mungkin bukan apa-apa, tapi bisa jadi segalanya.” – Pat the Bunny

Segala usaha yang kita lakukan terutama dalam tujuan meraih sesuatu yang besar memiliki dua kemungkinan: kegagalan dan keberhasilan. Usaha tersebut bisa jadi gagal di tengah jalan dan berujung pada lelah yang sia-sia. Kita bisa jadi tak akan pernah sampai ke tempat yang ingin kita tuju. Tapi, di saat yang sama, ada pula kemungkinan bahwa kita akan berhasil meraih segalanya. Dan probabilitas ini saja sudah cukup untuk jadi alasan mencoba.

7. Mallory – Api Yang Tak Padam


Source: Miriam Espacio

“Semoga nyala api di dalam dadamu tidak padam. ” – Mallory

Menjadi dewasa seringkali diartikan dengan menyerah. Menjadi realistis dan mengubur dalam-dalam mimpi sera idealisme masa muda. Hal inilah yang membuat kedewasaan terasa membosankan, serta kestabilan dalam kehidupan tak akan pernah seindah masa-masa meledak-ledak remaja. Untuk itulah, penting untuk menjaga nyala dalam hati kita terus berkobar. Tak ada waktu yang bisa mengalahkan mimpi, jika kita terus membesarkan apinya.

8 Pat Scneeweis – Tak Melakukan Apa Pun


Source: Unsplash

“Mungkin aku tak akan pernah tahu hasil dari apa yang kita lakukan, tapi aku mengalami masalah memikirkan bahwa segala hal bisa jadi lebih parah seandainya kita tidak melakukan apa pun. ” – Pat Schneeweie

Tak ada perubahan yang akan terjadi tanpa adanya usaha. Usaha yang dilakukan pun tidak selalu akan berhasil, seberapa hebat dan kuatnya. Dampak yang dirasa pun bisa jadi terlalu kecil atau hanya muncul setelah waktu yang lama. Namun, tak pernah ada usaha yang sia-sia. Hal buruk bisa menjadi jauh lebih buruk tanpa upaya mencegahnya.

9. Helen Rowland – Memulai Untuk Menang


Source: SplitShire

“Kamu tidak akan pernah menang jika kamu tidak pernah memulai.” – Helen Rowland

Langkah pertama untuk menjadi juara adaah bertanding. Hal paling awal yang harus kita lakukan jika kita ingin berhasil adalah bergerak. Seringkali, kita terjebak pada kerumitan teori dan spekulasi “bagaimana jika” yang membuat kita tak maju barang selangkah pun. Padahal, tanpa mencoba, tak akan pernah ada keberhasilan. Karena itulah walaupun sambil goyah dan hanya selangkah, memulai perjalanan menuju keberhasilan harus dilakukan tanpa banyak keraguan.

10. Carol Burnett – Mengubah Hidup


Source: freestockpro.com

“Hanya aku yang bisa mengubah hidupku. Tak ada yang bisa melakukannya untukku.” – Carol Burnett

Kesalahan terbesar masyarakat mendidik anak-anak perempuan adalah mengajarkan bahwa suatu hari akan datang seorang pangeran dengan segala kesempurnaannya yang akan mengubah hidupnya 180 derajat dan menyelamatkannya dari semua masalah-masalahnya. Dunia nyata tidak seperti itu. Setiap manusia berjuang untuk dirinya sendiri, walau seringkali sambil bergandeng tangan untuk saling menguatkan. Tapi hanya diri kita sendiri yang mampu menyelesaikan segala masalah kita dan mendekatkan diri kita pada mimpi-mimpi.

11. Les Brown – Mimpi Baru


Source: Pixabay

“Kamu tak pernah terlalu tua untuk membuat gol baru atau memimpikan mimpi baru.” – Les Brown

Siapa bilang mimpi dan cita-cita hanya untuk mereka yang muda? Berhentilah menciptakan alasan-alasan untuk tetap patuh pada ketakutanmu dan berhentilah iri pada kemudaan. Berapa pun umur kita, dalam tahap apa pun kehidupan kita, memiliki tujuan baru dan mempikan hal-hal baru tak pernah terlambat bagi kita. Justru dengan adanya tujuan baru yang masih segar dalam hidup kita, kita akan lebih bersemangat menjalaninya.

12. Maya Angelou – Kekalahan


Source: Pixabay

“Kita mungkin akan menemui banyak kekalahan tapi kita tak boleh dikalahkan.” – Maya Angelou

Dalam perjuangan kita di kehidupan, kita akan mengalami banyak episode-episode kekalahan. Gagal meraih mimpi atau tersungkur jatuh dan kecewa dengan perkembangan yang tak sesuai harapan adalah hal yang biasa. Yang tidak boleh kita lakukan adalah takluk dan menyerah kalah. Biarkanlah hidup membawa kekalahan-kekalahan kecil dalam pertempuran-pertempuranmu, tapi menangkan perang besarnya.

13. Saara Rasch – Kepingan Salju


Source: Unsplash

“Bahkan badai salju terkuat pun dimulai dengan sekeping serpihan salju tunggal,” ― Sara Raasch, Snow Like Ashes

Segala hal-hal besar yang terwujud di dunia ini dibangun dari langkah-langkah kecil. Tak ada menara yang tercipta begitu saja. Pada mulanya hanya ada tumpukan pasir dan potongan-potongan batu bata yang disusun satu per satu hingga menjadi rupa kesempurnaan. Bahkan badai salju yang dahsyatnya tak tertandingi pun dimulai dengan jatuhnya sekeing saju lembut yang tak berbahaya. Jangan pernah berpikir apa yang kamu lakukan tak signifikan.

14. Ramshackle Glory – Menyingkirkan Omong Kosong


Source: Nur Andi Ravsanjani

“Tak ada yang akan menghentikanmu dari mati muda, mengenaskan, dan benar. Tapi jika kamu ingin sesuatu yang lebih baik, kamu harus menyingkirkan omong kosong itu. ” Ramshackle Glory

Kadang-kadang hal-hal yang kita percayai menjadikan penjara-penjara tak kasat mata dalam hidup kita. Lalu kesalahan kita adalah tak percaya bahwa kita mampu meluluhlantakkan jeruji besi tersebut dan melangkah keluar mencari kebebasan. Tapi semua pilihan ada pada tangan kita. Kita bisa terus terjebak dalam lingkaran keputusasaan yang tak akan membawa kita ke mana-mana. Namun jika kita ingin sesuatu yang lebih baik, kita harus menyingkirkan segala pikiran buruk dan mulai mencari jalan keluar.

15. Aldous Huxley – Sudut Semesta


Source: Pixabay

“Hanya ada satu sudut di alam semesta yang bisa kamu pastiakn akan terus menjadi lebih baik, dan sudut itu adalah dirimu sendiri.” – Aldous Huxley

Kamu tak bisa mengubah alam semesta. Kamu tak bisa mengatur bagaimana caranya berjalan. Dunia luar tak berjalan sesuai kehendakmu maka sia-sia untuk berusaha memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai yang kamu inginkan. Namun, satu yang pasti: bahwa dirimu adalah bagian dari alam semesta yang berjalan atas kuasamu. Kamu punya kendali penuh. Kamu bisa membuat perubahan-perubahan di dalam dirimu dan menjadi lebih baik. Kamu bisa menajdikan dirimu sendiri bahagia.

Semoga kamu selalu terinspirasi untuk menjalani hidup dengan semangat!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kata Kata, Pengetahuan