Inilah 15 Cara Mengatasi Kolestrol Tinggi dengan Bahan Alami

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

High CholesterolSource: PublicDomainPictures

Kolesterol sering didefinisikan oleh orang-orang sebagai penyakit yang akan membahayakan tubuh kita. Namun, taukah anda? Jika ada jenis kolesterol yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh yaitu yang sering disebut sebagai kolesterol baik yang akan bermanfaat bagi tubuh. Selain kolesterol baik ada juga kolesterol jahat yang bisa membahayakan tubuh. Nah, koleresterol inilah yang sering kamu dengar dari dokter. Jika kolesterol  jahat  ini menumpuk dalam tubuh kamu akan menyebabkan penyumbatan peredaran darah dan hal ini akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti stroke, hipertensi, jantung, ataupun komplikasi.  Berikut adalah 15 cara mengatasi kolesterol tinggi dengan bahan-bahan alami:

1. Alpukat


Source: GerDukes

Alpukat selain sangat nikmat untuk dikonsumsi sebagai jus ataupun dicampurkan pada hidangan lainnya. Alpukat juga bisa menurunkan kolesterol tinggi, alpukat memiliki lemak yang berifat tidak jenuh dan juga pitoserol yang sangat ampuh menurunkan kolesterol  jahat dalam tubuh kamu. Nah, bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi, harus banyak mengkonsumsi buah alpukat dengan membuatnya menjadi jus atau hidangan makanan apapun. Selain itu, alpukat juga sangat bermanfaat untuk membuat kamu merasa cepat kenyang, jadi buah alpukat sangat bagus untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

2. Minyak Zaitun


Source: congerdesign

Minyak zaitunn terbilang sangat ampuh juga dalam mengatasi kolesterol tinggi. Minyak zaitun memiliki lemak tak jenuh dan nutrisi yang kaya antioksidan yang ampuh menurunkan koleterol jahat. Kamu bisa mengkonsumsi minyak zaitun 2 sendok makan per harinya dengan cara mencampurkannya dengan sayuran atau sebagai pengganti mentega untuk menumis makanan. Namun, perlu diingat jika minyak zaitun juga memiliki kalori yang tinggi maka dari itu, kamu harus menggunakannya sesuai takaran yang disarankan.

3. Ikan Salmon


Source: Meditations

Ikan salmon memang sangat banyak memiliki manfaat baik selain untuk meningkatkan kolesterol baik, salmon juga ampuh untuk mengatasi kolesterol tinggi. Dengan cara mengkonsumsi 2 porsi ikan salmon dalam seminggunya maka kolesterol jahat dalam tubuh akan mudah teratasi. Ikan salmon juga membantu menurunkan trigliserida dan mengandung omega 3. Selain kamu bisa mengonsumsi daging salmon kamu juga bisa menggambil manfaat dari minyak ikan salmon yang biasanya sudah bisa tersedia dalam bentuk kapsul. Namun kamu tetap harus melakukan konsultasi pada dokter sebelum memutuskan mengkonsumsi minyak ikan salmon.

4. Bawang Putih


Source: Gadini

Tidak hanya berfungsi untuk membuat makanan lezat, ternyata bawang putih bermanfaat pula untuk mengurangi tekanan darah, mencegah penyakit stroke, jantung, dan juga dapat menurunkan kolesterol tinggi. Bawang putih adalah alternatif untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol jahat. Kamu bisa mengkonsumsinya 2 hingga 3 butir bawang putih segar setiap harinya. Kamu juga bisa menambahkannya dalam setiap hidangan makanan kamu. Namun, cara yang lebih ampuh adalah dengan memakan langsung bawang putih segar setiap harinya.

5. Beras Merah


Source: dolvita108

Beras merah sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki kolesterol tinggi. Beras merah terbilang ampuh menurunkan kolesterol tinggi karena mempunyai kandungan senyawa yang dikenal sebagai monacolins. Bagi kamu penderita kolesterol tinggi kamu bisa mencobanya dengan memakan 1-2 porsi nasi merah dengan porsi yang kecil. Namun jika anda memiliki keluhan lemas setelah memakan nasi merah sebaiknya konsultasikan kedokter. Karena beras merah tidak baik di konsumsi oleh ibu hamil, menyusui, dan penderita penyakit hati.

6. Coklat Hitam


Source: PublicDomainPictures

Coklat hitam juga terbilang ampuh dalam mengatasi kolesterol tinggi. Coklat hitam memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol  jahat dalam tubuh. Selain itu, coklat hitam mengandung antioksidan dan flavonoid, hal ini juga berpengaruh pada penurunan resiko stroke dan penyakit jantung. Bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi kamu bisa bisa mengkonsumsi  coklat hitam 1 hingga 2 potongan kecil coklat hitam per harinya.

7. Cuka Sari Apel


Source: wicherek

Selain bermanfaat untuk sejumlah penyakit tekanan darah tinggi, asam urat, dan infeksi pernafasan. Cuka sari apel juga bisa mengatasi kolesterol tingi dan menurunkan kadar  trigliserida. Kamu bisa mencampurkan sesendok cuka sari apel pada segelas air, kamu juga perlu mengkonsumsinya setiap harinya selama 2 bulan. Jika perlu kamu juga bisa menambahkan takaran cukanya menjadi 2 atau 3 sendok jika diperlukan namun kamu harus tetap memperhatikan takarannya.

8. Oatmeal


Source: Pexels

Mengkonsumsi oatmeal setiap paginya sangat baik untuk kesehatan termasuk dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Cuka apel miliki kandungan serat yang larut dalam air sehingga membatu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, hal ini juga berpengaruh pada menurunnya resiko terkena penyakit jantung dan juga diabetes tipe 2. Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal mengkonsumsi oatmeal di pagi harinya yang akan membantu hidupmu lebih sehat.

9. Tomat


Source: diapicard

Tomat juga terbilang ampuh mengatasi kolesterol tinggi, karena tomat memiliki senyawa likopen yang membantu mencegah serangan jantung dan juga stroke. Tomat bisa saja dikonsumsi dengan berbagai cara, bisa dengan membuatnya menjadi jus atau memakannya sebagai pelengkap makanan ataupun kamu bisa memakannya seperti buah buahan lainnya. Dengan mengkonsumsi 50 gram tomat perharinya bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuhmu.

10. Buah Delima


Source: Fruchthandel_Magazin

Buah delima juga bisa menjadi cara alami untuk menurunkan kolestrol tinggi dengan cara mengkonsumsi buah delima secara rutin. Buah delima memiliki kandungan antioksidan berjenis polifenal untuk menurunkan kolesterol jahat. Buah delima juga membantu memperlambat menumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Ada juga jus buah delima yang sudah dibentuk dalam kemasan. Namun, kamu harus pintar memilihnya karena buah delima murni akan lebih bermanfaat daripada jus buah delima yang mengandung banyak gula.

11. Kacang Almond


Source: stevepb

Kacang almond juga terbilang ampuh dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kacang almond memiliki senyawa yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang almond juga mempermudah mengurai kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh kamu. Kacang almond juga mengandung lemak tak jenuh. Kamu bisa mengkonsumsi kacang almond 73 gram per harinya, itu akan bermanfaat untuk  mempermudah menurunkan kolesterol tubuhmu.

12. Jus Jeruk


Source: Photo-Mix

Jus jeruk juga terbilang ampuh dalam menurunkan kolesterol tinggi. Berbagai jus jeruk yang sudah dikemas dalam kemasan yang terhindar dari pengawet yang berbahaya juga bisa menurunkan kolesterol kamu. Namun jika ingin lebih aman dan terhindar dari bahan pengawet yang tidak diinginkan yang akan membahayakan tubuh lebih baik kamu membuatnya sendiri dirumah. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan selera kamu sendiri. Untuk membuat jus jeruk yang paling efektif adalah dengan mengambil sari perasan jeruk sehingga kamu akan mendapatkan manfaatnya.

13. Gandum


Source: Meditations

Selain oatmeal dan nasi merah, gandum juga sangat bermanfaat dalam penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. Gandum bisa menguraikan 5,6 % kolesterol jahat yang menunmpuk di dalam tubuh selama seminggu. Gandum memiliki beta-glukan, itu adalah zat yang dapat menyerap kolesterol jahat dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi gandum ketika sarapan pagi agar kamu juga bisa belajar gaya hidup sehat dengan memakan gandum setiap pagi.

14. Teh hijau


Source: freephotocc

Teh hijauh juga terbilang sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol tinggi. Teh hijau juga dikenal memiliki peran dalam penurunan berat badan. Dalam teh hijau mengandung senyawa yang bisa membantu proses penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh yang biasanya menumpuk di saluran pencernaan. Teh hijau juga bisa mencegah penumpukan plak pada arteri dan juga mengurangi resiko serangan jantung dan juga stroke. Kamu bisa meminum teh hijau 3 sampai 4 kali dalam sehari.

15. Kedelai


Source: dumbcat

Kedelai juga termasuk bahan alami yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. Kedelai juga tinggi akan kandungan serat dan rendah lemak. Mengkonsumsi kedelai setiap hari dengan cara mencampurnya dengan makanan, merebusnya, menjadikannya cemilan, atau kamu juga bisa membuat jus dari kedelai kamu bisa mendapatkan semua manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi kedelai setiap hari juga bisa menurunkan kolesterol jahat sebanyak 8 sampai 10%. Wah, menakjubkan bukan?

Nah, itulah 15 cara mengatasi kolesterol tinggi. Tentunya kita harus pandai dalam memilih makanan yang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Kita juga harus belajar untuk menerapkan gaya  hidup sehat dari sekarang dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh secara berlebihan. Jagalah tubuh kamu agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang sangat beresiko untuk kesehatan kamu. Mulai sekarang pintarlah dalam memilih makanan!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health