15 Manfaat Buah Aprikot Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

apricotsSource: RitaE

Buah aprikot merupakan buah yang sejenis dengan buah persik dan buah plum. Buah yang tumbuh di dataran rendah ini berasal dari kawasan Asia. Di Indonesia pohon apricot kebanyakan ditanam untuk diekspor buahnya. Buah aprikot memiliki rasa yang manis, dengan warna kulit orange dan dagingnya berwarna kuning. Baik buah maupun bijinya memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Tak heran bila buah aprikot dapat memberikan manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan seperti berikut ini.

1. Mengatasi Anemia


Source: Qimono

Penyakit anemia dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, pusing dan wajah pucat. Anemia yang disebabkan kurangnya sel darah merah dalam tubuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah aprikot secara rutin. Buah aprikot mengandung mineral berupa zat besi dan tembaga yang merupakan elemen penting dalam pembentukan sel darah merah. Kedua mineral tersebut merangsang pembentukan hemoglobin yang mengikat oksigen di dalam darah.

2. Mencegah Sembelit

Source: Practical Cures

Masalah sembelit sering dialami oleh orang yang tidak menyukai sayur dan buah. Karena kurangnya asupan serat maka pencernaan menjadi tidak lancar sehingga memicu sulitnya buang air besar. Jika Anda mengalami sembelit, cobalah mengkonsumsi buah aprikot yang kaya akan serat. Serat tersebut akan melancarkan proses pencernaan, membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan merangsang gerakan peristaltik usus menjadi lebih teratur. Dengan begitu buang air besar akan menjadi lancar.

3. Menjaga Kesehatan Tulang


Source: IAOM-US

Saat tubuh kekurangan kalsium, maka mineral yang ada pada tulang akan diambil untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jika hal tersebut sering terjadi maka tulang akan mengalami keropos sehingga timbul penyakit osteoporosis. Untuk mengatasi hal tersebut, rutinlah memakan buah aprikot. Buah ini kaya mineral seperti kalsium, zat besi, mangan, fosfor dan tembaga yang sangat dibutuhkan tulang agar tetap kuat.

4. Menyehatkan Mata


Source: Paul Gallo

Mata sebagai organ vital untuk melihat perlu dirawat dan dipenuhi kebutuhan nutrisinya agar selalu sehat. Mata yang sehat terlihat jernih dan pandangan pun tajam. Buah aprikot mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan mata. Dengan mengkonsumsi buah aprikot kita telah melakukan upaya untuk mencegah terjadinya mata minus. Dengan demikian kita tidak perlu takut bergantung pada alat bantu seperti kacamata karena mata selalu dalam keadaan sehat.

5. Menjaga Kesehatan Jantung


Source: Buecherwurm

Buah aprikot sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin melindungi jantung dan mencegah stroke. Kandungan kalium dan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat mengontrol tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap normal. Selain itu kalium juga mencegah penyempitan pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan stroke. Sementara vitamin C menjaga jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Mencegah Dehidrasi


Source: Alfonso Pierantonio

Tubuh seringkali kehilangan banyak cairan tanpa pernah kita sadari. Padahal kondisi tersebut dapat membuat kita dehidrasi dan fungsi organ tubuh dapat terganggu. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah buah aprikot yang kaya kandungan air. Selain itu buah aprikot mengandung natrium dan kalium yang berfungsi mengatur kadar cairan dalam tubuh sehingga distribusi cairan ke seluruh organ tubuh dapat terlaksana dengan baik.

7. Menunda Lapar


Source: Sasint

Bagi yang sedang menjalani proses diet untuk menurunkan berat badan, buah aprikot wajib ada dalam menu harian Anda. Kandungan air dan seratnya mampu membuat kita lebih cepat kenyang sehingga tidak merasa lapar. Seratnya juga akan mengikat lemak dan membuangnya bersama feses. Sementara kandungan nutrisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Karena itu buah aprikot sangat cocok dijadikan camilan bagi yang sedang diet.

8. Mencegah Kanker


Source: Steve Davis

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa. Kita dapat mencegah penyakit kanker bersarang di tubuh dengan mengkonsumsi buah aprikot secara rutin. Kandungan vitamin dan antioksidannya dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama terjadinya pertumbuhan sel abnormal. Tindakan pencegahan tentu lebih baik sebelum penyakit tersebut benar-benar menyerang tubuh kita.

9. Menormalkan Tekanan Darah


Source: Frolicsomepl

Salah satu penyakit yang sering dialami kebanyakan orang adalah tekanan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak akan menumpuk di pembuluh darah sehingga menyebabkan timbunan plak yang disebut aterosklerosis. Akibatnya pembuluh darah menjadi sempit sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Untuk menormalkan tekanan darah kita bisa mengkonsumsi buah aprikot yang kaya kalium.

10. Menjaga Kesehatan Kulit


Source: MattJP

Memiliki kulit yang kering atau berminyak sama-sama membuat penampilan menjadi kurang menarik. Agar kulit selalu dalam kondisi yang normal kita bisa memanfaatkan buah dan minyak aprikot. Buah aprikot mengandung banyak vitamin terutama vitamin C dan E yang sangat bagus untuk menutrisi kulit. Minyaknya yang diekstrak dari biji aprikot dapat mengatasi kulit kering dan berminyak sehingga kulit menjadi lebih sehat.

11. Menyembuhkan Penyakit Kulit


Source: Kjerstin Michaela

Kulit yang sensitif dan tidak terawat akan memiliki banyak masalah, misalnya saja kudis dan eksim. Selain mengurangi kecantikan kulit, penyakit tersebut sangat mengganggu karena biasanya terasa gatal namun juga perih. Agar kulit menjadi bersih dan bebas penyakit, kita bisa mengandalkan buah aprikot untuk dikonsumsi scara rutin. Selain itu minyak biji aprikot dapat membantu penyembuhan dari luar sebagai obat oles untuk mengatasi jerawat.

12. Mencerahkan kulit


Source: Alehildago

Karena buah aprikot banyak mengandung vitamin C, maka buah tersebut juga dapat berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Sifatnya sebagai antioksidan mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat polusi, radiasi dan debu. Selain itu vitamin C dapat menyamarkan noda hitam dan kekusaman sehingga kulit menjadi lebih putih dan cerah. Ternyata kita tidak perlu ke salon jika hanya ingin mendapatkan kulit yang cerah dan terawat.

13. Mencegah Iritasi Kulit


Source: Kapa65

Kulit bisa saja mengalami iritasi, baik karena radiasi matahari maupun terjadi kecelakaan yang membuat kulit terluka. Nah, jika Anda ingin cara praktis untuk mengurangi iritasi pada kulit, cobalah gunakan minyak biji aprikot yang langsung dioleskan pada kulit tersebut. Buah dan biji aprikot mengandung asam lenoleat dan asam oleat yang berfungsi sebagai anti radang.

14. Menjaga Elastisitas Kulit


Source: Andreas160578

Buah aprikot yang kaya vitamin dapat menutrisi kulit sehingga kulit tetap kenyal, elastis dan lembut. Menjadikan masker aprikot baik dari buah maupun minyak bijinya adalah pilihan tepat untuk perawatan kulit. Buah aprikot akan merevitalisasi kulit dan kandungan vitamin C nya akan merangsang pembentukan sel-sel baru. Dengan demikian kulit akan tetap terjaga elastisitasnya dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

15. Menyehatkan Rambut

hairstyleSource: Pexels

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit, buah aprikot juga dapat berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Mengkonsumsi buah aprikot secara teratur akan membantu menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga rambut terhindar dari kerusakan. Selain itu minyak aprikot yang dioleskan ke rambut akan membuat rambut lebih berkilau. Minyak aprikot juga bisa dicampurkan dengan kondisioner dan digunakan setelah keramas.

Itulah 15 manfaat buah aprikot untuk kecantikan dan kesehatan yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui apa saja manfaatnya kita menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsi buah aprikot. Semoga informasi di atas bermanfaat dan salam sehat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Pregnancy