15 Manfaat Daun Binahong yang Perlu Kamu Tahu!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: flikcr.com

Binahong merupakan tanaman herbal yang telah dipergunakan sejak lama oleh orang Jepang dan Korea sebagai herbal penyembuh segala macam penyakit. Tanaman merambat ini sering dianggap sebagai hama karena hidup menempel di tanaman lain, dan bahkan bisa tumbuh di mana saja baik di dataran rendah maupun di daerah pegunungan. Karena bentuk daunnya yang unik, daun binahong sering disebut Heartleave atau daun cinta. Berikut beberapa manfaat yang didapat dari daun binahong.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka yang terdapat pada tubuh terkadang memerlukan waktu lebih lama untuk pulih, terlebih luka yang didapat karena operasi dan juga kondisi tubuh tidak stabil. Daun binahong biasanya di rekomendasikan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, baik luka kecil maupun luka jahitan sehabis operasi. Kandungan senyawa antioksidan didalamnya -lah yang sangat berperan dalam membantu regenerasi sel baru dan membuat jaringan luka lebih cepat menyatu dan sembuh.

2. Bagus Untuk Penderita Diabetes

Sejak dulu daun binahong telah dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya sangat baik untuk para penderita diabetes. Senyawa dalam daun binahong diketahui dapat membantu meningkatkan kepekaan hormon insulin. Sehingga menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Sehingga resiko penyakit lain akibat diabetes bisa sesikit berkuramg.

 3. Membantu Mengobati Maag

Source: pixabay.com

Maag terjadi karena kita seringkali menunda waktu makan, sehingga produksi asam lambung meningkat dan melukai jaringan disekitarnya. Sifat anti bakteri dan antioksidan di dalamnya sangat baik membantu mengobati maag. Untuk memggunakannya cukup merebus daun binahong hingga airnya menyusut menjadi setengahnya. Konsumsi secara rutin air rebusan ini dapat membantu mempercepat penyembuhan.

 4. Mengobati Jerawat

Jerawat timbul karena akifitas bakteri dalam jaringan kulit wajah yang tidak dibersihkan secara sempurna. Untuk mengobati jerawat dengan daun binahong mudah saja, cukup tumbuk beberapa lembar daun binahong lalu oleskan ke wajah. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya lalu bilaa dengan air hingga bersih. Karena sifat antibakteri yang dimilikinya daun binahong juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat yang meradang akibat infeksi bakteri.

 5. Menurunkan Kolesterol Jahat

Penumpukan kolesterol dalam darah dapat menyebabkan beberapa dampak negatif bagi tubuh, terutama berkaitan dengan kinerja jantung. Ini karena kolesterol menyebabkan adanya penyempitan pada pembuluh darah yang mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Dan mengakibatkan kinerja jantung menjadi lebih berat. Kandungan senyawa saponin dalamdaun binahong bermanfaat untuk memecah penumpukan kolesterol sehingga darah menjadi lebih lancar dan jantung pun dapat belerja dengan baik.

 6. Mencegah Resiko Kanker

Sel kanker dapat tumbuh dalam tubuh manusia karena dipengaruhi adanya radikal bebas dan juga makanan yang tidak sehat yang dikonsumsi secara terus – menerus. Antioksidan yang tinggi dalam daun binahong yakni senyawa polifenol diketahui sangat baik dalam membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh serta membantu regenerasi sel lebih cepat. Karenanya konsumsi daun binahong secara rutin dapat membantu menangkal timbulnya sel kanker.

 7. Mengobati Eksim

Eksim atau dalam istilah medis dikenal sebagai dermatitis atopik, merupakan sebuah penyakit yang menyerang kulit baik karena dikibetkan bakteri maupun virus. Daun binahong diketahui mampu menyembuhkan eksim karena sifat anti bakterinya dan antioksidan yang membantu mempercepat pertumbuhan jaringn sel baru karenanya membuat eksim menjadi kering lebih cepat. Bersihkan kulit yang luka lalu berikan tumbukan daun binahong dan biarkan mengering.

 8. Menurunkan Resiko Stroke

Source: Sasint

Stroke terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang mensuplai otak sehingga membuatnya mengalami kerusakan. Hal tersebut dapat menyebabkan kelumpuhan dan menurunnya fungsi kognitif lainnya. Daun binahong juga bermanfaat untuk mengurangi serta menyembuhkan stroke, karena kandungannya membantu melancarkan perdaran darah. Dan sifat antioksidannya membantu mencegah penurunan fungsi otak.

 9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mudah capek dan gampang terserang penyakit seperti pilek, batuk, penyakit kulit menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh menurun. Antioksidan yang berlimpah dalam daun binahong berperan dalam membantu menjaga kekebalan tubuh. Mengkonsumsi air rebusan binahong setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dengan menjaga sirkulasi darah serta meningkatkan regenerasi sel baru.

 10. Meredakan Batuk

Batuk terjadi karena ada sesuatu atau benda asing yang menghalangi saluran pernapasan. Daun binahong ternyata juga bisa digunakan untuk meringankan batuk, yakni dengan memanfaatkan air rebusan untuk diminum setiap hari. Efek hangat yang ditimbulkan setelah minum seduhan daun binahong dapat melegakan tenggorokan. Namun jangan minum bersamaan dengan obat – obatan yang dijual di apotik, karena bisa mengurangi efektifitas obat tersebut.

 11. Mengobati Keracunan

Source: Unsplash

Asam oleanolik dalam daun binahong bersifat anti toksin dan antioksidan yang mampu meringankan efek racun yang masuk ke dalam tubuh. Sebab itu, daun binahong sering dimanfaatkan untuk mengobati keracunan ringan misalnya saja karena makanan. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati keracunan akibat digigit ular atau pun binatang berbisa lainnya, sebagai pertolongan pertama sebelum ke dokter.

 12. Mengobati Asam Urat

Asam urat terjadi karena banyaknya zat purin yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh akibat kinerja organ ginjal yang menurun. Aktifitas senyawa yang bersifat antioksidan dalam daun binahong terbukti mampu meningkatkan kinerja ginjal. Sehingga dapat menyaring zat purin berbahaya yang masuk bersama dengan makanan ke dalam tubuh dan mengurangi peradangan akibat penumbukan kristal asam urat.

 13. Meredakan Diare

Source: Chriskeller

Banyak hal yang dapat menyebabkan diare, misalnya karena keracunan makanan yang terkontaminasi bakteri. Daun binahong dikenal memiliki sifat anti-bakteri yang dapat meredakan diare, dan menjaga kesehatan usus dengan meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat mempercepat penyembuhan. Untuk meredakan diare, minum air rebusan daun binahong secara rutin sebagai herbal alami.

14. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat lain yang bisa didapat dari daun binahong ialah untuk membantu penyembuhan luka bakar. Sifat antioksidan membantu mempercepat regenerasi sel yang rusak dan menggantinya dengan sel baru. Meningkatkan sirkulasi darah yang membuat jaringan kulit menyatu serta mengurangi peradangan serta kemungkinan adanya infeksi bakteri yang dapat menyebabkan komplikasi.

15. Meningkatkan Nafsu Makan

Source: Congerdesign

Seseorang yang tidak nafsu makan bisa membuat tubuh mengalami malnutrisi atau gizi buruk, dan hal ini dapat mempengaruhi kesehatan. Sebab, makanan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga metabolisme di dalamnya. Herbal yang satu ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan, dan juga mengurangi rasa mual yang bisa menurunkan selera makan.

Banyak sekali manfaat yang didapat jika kita bisa memanfaatkan daun binahong secara tepat dan baik. Namun demikian konsumsi daun binahong haruslah tetap dalam batas normal, sebab konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Demikian 15 manfaat daun binahong yang bisa didapat untuk merawat kesehatan. Keep your body healthy, ya. Ladies!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health