15 Interesting Facts About Hijab Mandatory You Go

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Banyu-Waseso

Pada dasarnya, mengenakan hijab adalah kewajiban setiap umat muslim. Dijelaskan dalam Al-qur’an serta Al-hadist bahwa wanita-wanita islam dianjurkan untuk menutupi auratnya dengan jilbab. Namun seiring perubahan zaman, fungsi hijab tak lagi sebatas untuk menutupi rambut dan lekuk tubuh. Sekarang ini, hijab 2017 telah menjadi trend fashion yang banyak diikuti oleh kaum remaja.

Nah, dibawah ini beberapa fakta menarik seputar hijab yang wajib Kamu ketahui. Simak yuk!

1. Dulunya Dianggap Busana Kuno


Source: ObeyGraviti

Sebenarnya hijab bukanlah busana asli Indonesia. Kemunculan gaya hijab klasik di negeri ini dimulai sekitar tahun 90-an, kemudian mulai berkembang pesat di era 2000-an dan semakin mencapai puncak di tahun 2014.

Di jaman dulu, pakaian muslim atau hijab dianggap sebagai busana yang kuno dan monoton. Memang, di saat itu belum ada inovasi-inovasi hijab yang trendy. Kebanyakan jilbab berbentuk segi empat panjang, polos, dan dipasangkan tanpa peniti. Tak ayal, banyak orang yang kurang berminat dengan busana hijab tersebut.

2. Hukumnya Wajib Bagi Wanita Baligh


Source: Andreas150578

Kewajiban mengenakan hijab bagi wanita muslim yang telah baligh sebenarnya telah dijelaskan dalam Al quran dan Al Hadist. Sedangkan untuk anak-anak yang belum menstruasi, tidak diwajibkan untuk menggunakan hijab. Namun alangkah baiknya jika Kita mengenalkan hijab kepada mereka semenjak dini. Dengan begitu, mereka akan terbiasa dengan berhijab ketika sudah dewasa.

3. Identitas Seorang Muslim


Source: Ajuprasetyo

Saat Kamu berjalan-jalan ke luar negeri dan melihat wanita yang berhijab, maka dapat dipastikan bahwa dia adalah seorang muslim. Ya, itulah salah satu fungsi hijab! Hijab menjadi atribut atau identitas bagi para wanita islam.

Berbeda dengan agama lain yang tidak menganjurkan umatnya untuk berhijab. Islam memerintahkan agar wanita-wanita dewasa menggunakan jilbab dan pakaian panjang sebagai penutup aurat. Namun sayangnya, masih banyak wanita islam yang belum memahami akan kewajiban berhijab ini dan menganggapnya hanya sebagai “panggilan jiwa”.

4. Mengurangi Risiko Pemerkosaan


Source: Gladyskuuu

Wanita sering diibaratkan sebagai “mutiara dunia”. Tanpa adanya wanita, dunia akan terasa hampa. Ya, wanita itu memang indah dengan kecantikan parasnya, lekuk tubuh serta rambut yang tergerai mempesona. Sejatinya, keindahan tersebut perlu dilindungi agar tidak memicu syahwat para lelaki. Salah satu caranya dengan mengenakan hijab. Apabila tubuh kita tertutupi secara sempurna, otomatis lelaki akan segan untuk menggoda. Dengan demikian, risiko terjadinya pemerkosaan ataupun perzinahan dapat dicegah.

5. Menjaga Kesehatan Kulit


Source: JohnKopiski

Kamu sadar, tidak? Berhijab ini juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan loh! Khususnya kesehatan kulit. Dengan mengenakan hijab, kulit kepala, leher dan tubuh menjadi lebih terlindung dari paparan sinar UV.  Sehingga kecerahan kulit akan terjaga, kulit tidak mudah kusam ataupun kering. Selain itu, risiko kerusakan kulit (seperti kanker milanoma) juga dapat dihindari.

6. Melindungi Rambut Dari Kerusakan


Source: AdinaVoicu

Selain menjaga kesehatan kulit, hijab juga menjaga kesehatan rambut. Banyak orang yang menganggap bahwa berhijab membuat rambut jadi lepek dan bau. Padahal tidak demikian. Justru dengan mengenakan jilbab rambut dapat terlindungi paparan polusi, debu dan asap kendaraan. Selain itu, rambut juga terhindari dari efek buruk sinar UV yang dapat membuat rambut jadi kering, kusam dan bercabang. Asalkan kita rutin merawatnya, walaupun setiap hari menggunakan hijab, kesehatan rambut pasti tetap terjaga baik.

7. Berevolusi Menjadi Tren Fashion Dalam Dunia Mode


Source: Arrybebs

Hijab 2017 berbeda dengan hijab di jaman dahulu. Hijab sekarang memiliki banyak inovasi dengan beragam warna, motif dan model. Untuk cara pemakaiannya pun juga berbeda-beda, tidak sebatas pada pemasangan pentul di bawah dagu. Kamu bisa melihat sendiri ada berbagai macam kreasi hijab modis di youtube. Mulai dari gaya hijab Turki, hijab ala Hana Tajima, Rabbani dan masih banyak lainnya.

8. Penampilan Tampak Elegan


Source: Milansari7

Hijab bukanlah sebuah halangan bagi kita untuk tampil fashionable. Kemunculan kreasi-kreasi hijab modis tentu dapat membuat penampilan kita semakin elegan dan cantik. Bayangkan saja Kamu melihat dua orang wanita, yang satu berpakaian minim dan satunya lagi mengenakan hijab. Tentu akan tampak anggun yang berhijab, bukan? Maka itu, jangan pernah ragu untuk mengenakan hijab karena hijab bukanlah pembatas melainkan sebuah kewajiban sekaligus fashion yang unik.

9. Desainer Hijab di Indonesia Semakin Banyak

A post shared by Dian Pelangi (@dianpelangi) on

Bukan hanya satu dua, jumlah desainer hijab di Indonesia kian hari semakin bertambah jumlanya. Mulai dari desainer-desainer senior, para remaja muda, hingga artis ibu kota pun mulai terjun dalam dunia fashion hijab. Mereka mengembangkan model-model hijab yang lebih unik dan stylish. Bahkan tak tanggung-tanggung, sebagian dari mereka berhasil memperkenalkan produknya hingga ke luar negeri.

10. Indonesia Menjadi Kibat Fashion Hijab Dunia


Source: Belajatiraihanfahrizi

Seiring dengan bertambahnya jumlah desainer muslimah serta kemunculan brand-brand hijab yang beraneka ragam, tak heran jika sekarang Indonesia disebut-sebut sebagai kiblat fashion bagi muslim dunia. Ya, keunikan dari fashion hijab di Indonesia memang telah diakui oleh dunia. Beberapa desainer luar juga turut mengatakan bahwa hijab rancangan Indonesia tampak lebih bagus, variatif dan elegan dibandingkan brand dari negara lain.

11. Hijab Menjadi Gaya Hidup


Source: Irfandz

Kamu dapat melihat sendiri nih, di setiap sudut jalan di kota manapun pasti tampak toko-toko yang menjual aneka jenis hijab. Berbagai macam butik dan gerai busana muslim juga turut menghiasi pusat pembelanjaan, baik offline maupun online. Ya, itulah tanda bahwa hijab saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Hijab tak lagi menjadi busana minoritas. Mulai dari rakyakt biasa hingga para artis pun berbondong-bondong mengenakan hijab. Bahkan, sekolah-sekolah juga banyak yang menerapkan peraturan berhijab untuk para muridnya.

12. Kemunculan Komunitas Hijabers

A post shared by Dian Pelangi (@dianpelangi) on

Begitu pesatnya perkembangan hijab di Indonesia, sampai-sampai bermunculan komunitas hijabers hampir di setiap kota. Tujuan pembentukan komunitas tersebut tak lain untuk menginspirasi masyarakat agar tertarik mengenakan hijab. Sebut saja, beberapa diantaranya yang cukup populer seperti Hijaber United, Hijabers Community, Indonesian Hijab Bloger, Hijabers Mom Community dan Hijab Syar’i Community.

13. Ladang Bisnis yang Menguntungkan


Source: WerbeFabrik

Bisa kita lihat, kesadaran kaum muslim di Indonesia akan pentingnya berhijab tampak semakin meningkat. Fenomena ini tak hanya membawa dampak positif dari sisi religi, tapi juga menguntungkan bagi para bebisnis. Ya, bisnis berjualan hijab semakin marak saat ini. Mulai dari pasar-pasar, toko hingga online shop banyak yang memilih busana muslim sebagai produk dagangannya. Tak ayal, hal itu pun membawa keuntungan bagi mereka. Khususnya di bulan-bulan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

14. Hijab Syar’i : Hijab yang Sesuai syariat Agama

Ada banyak sekali model hijab 2017 yang berkembang saat ini. Namun yang jadi pertanyaan, apakah hijab-hijab tersebut sudah sesuai dengan syariat agama? Perlu kalian ketahui, hijab dikatakan syar’i apabila telah memenuhi syarat-syarat tertentu, yakni kainnya harus longgar dan tidak menerawang. Selain itu, dalam mengenakan hijab Kita dianjurkan untuk menjulurkannya hingga menutupi dada dan tidak membentuk punuk unta. Umumnya, masyarakat memadukan pemakaian hijab syar’i dengan pakaian gamis.

15. Terdeskriminasikan di Negara Barat


Source: Stevebidmead

Salah satu fakta hijab yang menyedihkan adalah pemakaian hijab di negara-negara barat, seperti Amerika dan Perancis ternyata masih dipandang sebelah mata. Para wanita muslim sering dianggap membahayakan, bahkan difitnah sebagai teroris. Tak tanggung-tanggung, beberapa sekolah disana melarang muridnya mengenakan busana muslim. Well, sebenarnya fenomena tersebut tidak terlalu mengejutkan mengingat negara barat bukanlah negeri muslim. Namun demikian, agaknya pendiskriminasian tersebut telah menganggu kebebasan seseorang untuk memeluk agamnya secara damai dan aman.

Ya, itulah beberapa fakta menarik terkait seluk-beluk hijab. Semoga kedepannya hijab bisa menjadi populer lagi dan tidak disalahgunakan. Yuk Berhijab!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Hijab, Mode