15 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Unsplash

Blueberry terkenal karena rasanya yang enak, tapi ternyata banyak yang tidak tahu tentang manfaat buah ini bagi kesehatan. Blueberry dapat membantu mencegah kanker, UTI (Urinary Tract Infection atau Infeksi Saluran Kemih), masalah pencernaan, dan yang berkaitan dengan penglihatan. Blueberry membantu menguatkan otot-otot jantung dan merupakan sumber vitamin C, K, zat besi, serta kaya serat.

Berikut kami tuliskan 15 manfaat buah blueberry bila kamu rajin/teratur mengonsumsinya:

1. Diet


Source: Pexels

Diet yang buruk akan menghasilkan kesehatan yang buruk pula sehingga kamu harus menyeimbangkan pola makanmu dan dapat memberikan semua nutrisi yang memang diperlukan untuk tubuh. Diet yang baik akan berujung pada individu yang sehat, senang, dan produktif. Kita adalah apa yang kita makan. Aktivitas fisik dan kegiatan sehari-hari juga bergantung pada apa yang kita asup. Tubuh kita tidak mungkin dapat berfungsi dengan baik bila pola makan kita dipenuhi akan junk food.

2. Sumber Serat


Source: Pexels

Blueberry mengandung banyak serat. Serat yang terkandung dalam buah ini dapat membantu proses pencernaan dan mencegah penyakit yang dapat berakibat hilangnya nutrisi, vitamin, dan mineral. Karena itu blueberry baik dimasukkan dalam pola makan sehari-hari. Coba deh cari resep-resep yang bisa digunakan dengan blueberry. Buah ini diketahui baik pula untuk mencegah konstipasi dan diare.

3. Kesehatan Tulang


Source: PeteLinforth

Blueberry berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Tubuh kita memiliki 206 tulang dan tidak ada satupun yang lebih penting dari yang lain. Semua tulang di tubuh kita bekerja bersama untuk melakukan banyak fungsi berbeda. Karena itu kesehatan tulang kita adalah sangat penting dan blueberry dapat mengurangi risiko terkena atheroclerosis dan osteoporosis, juga penyakit-penyakit yang berhubungan dengan tulang lainnya.

4. Tubuh Sehat dan Segar


Source: George Hodan

Kalau kamu ingin tubuh yang sehat dan segar, tidak ada buah lain yang lebih bermanfaat dalam hal ini kecuali blueberry. Blueberry membantu pencernaan dan melindungi tubuh dari penyakit, dan mereka juga membuat tubuhmu sehat dan segar. Semua manfaat yang berhubungan dengan kesehatan yang diberikan oleh blueberry dapat menopang kesehatan tubuh.

5. Menjaga Kadar Gula dalam Darah


Source: TesaPhotography

Pasien diabetes sering bingung tentang apa yang boleh dan tidak boleh untuk dimakan, di sinilah blueberry datang sebagai jawaban. Blueberry tidak hanya memberikan berbagai manfaat dari nutrisinya pada tubuh, tapi juga membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini membuat mereka menjadi buah yang tepat dikonsumsi oleh para pasien diabetes.

6. Bekerja sebagai Antidepresan


Source: Berzin

Siapapun yang memiliki sekotak blueberry di dalam lemari es mereka tidak perlu lagi merasa khawatir akan menjadi stres dan berujung pada depresi. Blueberry bekerja untuk meningkatkan mood dan membantu kamu merasa segar dan bersemangat. Penelitian menunjukkan bahwa blueberry merupakan antidepresan yang baik. Mereka membantu mengangkat mood dan memberikan tubuhmu dorongan energi.

7. Antikanker

womanSource: sasint

Penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu mengurangi risiko kanker pada orang-orang yang sehat. Mereka membantu menghilangkan sel penyebab kanker tanpa merusak sel-sel yang normal di dalam tubuh. Blueberry juga dikenal mampu mencegah terbentuknya sel tumor. Penelitian yang sedang berjalan menggagas bahwa anthocyanin yang terdapat dalam blueberry ini bertanggung jawab sebagai komponen antikanker.

8. Baik untuk Penglihatan

SunglassSource: PixArc

Blueberry dapat pula dimasukkan dalam daftar buah dan sayur-sayuran yang dapat meningkatkan penglihatan. Kamu jadi tambah kepengin, kan, makan buah satu ini? Jelas dong, penglihatan adalah hal yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari dan buah ini ternyata dapat membuat mata kita sehat! Coba masukkan buah ini dalam menu sarapan kamu, atau sebagai kudapan, sehingga kamu akan lebih mudah memenuhi rasa lapar dengan buah ketimbang junk food.

9. Menjaga Kesehatan Jantung


Source: Geraldoswald62

Penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini membuatnya menjadi buah yang sempurna untuk kamu, atau orang yang kamu kenal, yang menderita tekanan darah tinggi dan ingin mengontrolnya. Tekanan darah harus dijaga sehingga berada dalam batas normal, karena tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah dapat menjadi penyakit yang berbahaya.

10. Membuat Kulit Cerah


Source: Unsplash

Jika kamu makan cukup banyak buah blueberry, kamu akan mendapatkan kesempatan besar untuk memiliki kulit yang cerah dan bercahaya. Blueberry dapat membuatmu nampak segar dari dalam. Mereka membantu mencerahkan kulit dan membuatnya lembut dan halus. Produk perawatan kulit yang menggunakan blueberry sebagai bahan utama kini menjadi populer. Buah ini juga dapat membantu melawan jerawat.

11. Sumber Zat Besi


Source: Mikorad

Blueberry mengandung zat besi. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat mengakibatkan kulit dan bibir menjadi pucat. Orang-orang yang terkena defisiensi zat besi akan cenderung merasa kelelahan, sehingga aktivitas sehari-hari pun dapat terganggu. Tingkatkan makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam dan bluebery. Kamu bisa mengudapnya begitu saja atau mencampurkannya dalam salad sayur maupun buah.

12. Mencegah Bahaya Radikal Bebas


Source: Xicocool

Blueberry dapat mencegah terjadinya kerusakan karena radikal bebas. Radikal bebas merupakan produk-produk biokimia yang bereaksi di dalam tubuh, dan hal ini dapat menjadi racun bagi sel-sel tubuh ktia. Mereka dapat rusak dan tidak bisa disembuhkan/dikembalikan lagi. Blueberry membantu menghentikan kerusakan radikal tersebut dengan berkontribusi pada kondisi dan kesehatan sel-sel dalam tubuh.

13. Vitamin K


Source: KMARJA

Mengonsumsi sekitar 200 gram blueberry dapat memberikanmu 36% vitamin K. Vitamin K penting dalam memberikan 80 nutrisi penting bagi tubuh. Vitamin K juga mencegah osteporosis, atheroclerosis, pendarahan internal baik pada orang dewasa maupun bayi. Dia dapat membantu mengatur menstruasi dan penting agar tidak terjadi penggumpalan darah.

14. Vitamin C


Source: Jill111

Buah blueberry juga kaya akan vitamin C. Hanya dengan memakan beberapa buah blueberry, kamu dapat mencukupi kebutuhan vitamin C-mu sehari-hari. Vitamin C membantu pembentukan kolagen, dia juga membantu menjaga kesehatan gusi, mulut, dan dapat memberikan dorongan pada sistem pertahanan tubuh. Sekitar 200 gram buah blueberry mengandung 14 miligram vitamin C.

15. Infeksi Saluran Kemih


Source: Pexels

Buah blueberry dapat meningkatkan kinerja kandung kemih dan mengurangi risiko kamu terkena infeksi saluran kemih. Mereka membantu mencegah bakteri menempel pada dinding kandung dan saluran kemih. Bakteri ini tersapu keluar bersama dengan urine. Blueberry dapat membantu membersihkan saluran kemih dan melindunginya dari segala macam infeksi agar tidak berkembang di dalam sana.

Sudah tahu, kan, apa saja manfaat blueberry bagi kesehatan dan kecantikan? Nah, kalau kamu memang gemar dengan buah satu ini, tidak ada salahnya mengonsuminya secara teratur setiap hari. Kamu akan merasakan banyak manfaat buah ini bagi kesehatanmu. Ayo kita hidup sehat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health