15 Manfaat Buah Anggur Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

grapesSource: Unsplash

Buah anggur sudah sejak lama dikenal di berbagai negara. Saat ini anggur tidak hanya dikonsumsi sebagai buah saja, namun telah diolah ke dalam berbagai produk seperti selai, minuman beralkohol, kismis bahkan sirup. Dibalik ukurannya yang mungil, anggur mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh, antara lain beberapa vitamin, mineral, asam folat, elektrolit dan fitonutrien. Berikut ini manfaat buah anggur baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

1. Memutihkan Gigi


Source: Light Stalker

Mendapatkan gigi putih ternyata tidak harus selalu mengandalkan pasta gigi. Karena ternyata anggur dapat membantu memutihkan gigi secara alami. Hal tersebut dikarenakan anggur mengandung asam malat yang terbukti dapat membasmi plak dan kotoran yang ada pada gigi. Anda cukup menggosokkan daging buah anggur pada permukaan gigi selama lebih kurang 10 menit. Hasil akan terlihat setelah melakukannya beberapa kali.

2. Mengatasi Rambut Rontok


Source: Pezibear

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, jangan pernah sekalipun menyepelekannya. Karena jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan kebotakan. Kita dapat memanfaatkan anggur untuk mencegah rambut rontok. Kandungan asam linoleic baik pada buah dan bijinya dapat menutrisi folikel rambut dan menjadikannya lebih kuat. Dengan mengoleskan lumatan buah anggur ke kulit kepala secara rutin maka rambut akan lebih kuat sehingga tidak ada lagi masalah rambut rontok.

3. Mencegah Kanker


Source: PDPics

Anggur mengandung senyawa antioksidan dan fitonutrien yang dapat bertindak sebagai antimutagen. Senyawa tesebut dapat menangkal radikal bebas dan mencegah perkembangan sel yang abnormal. Mengkonsumsi anggur secara rutin akan menghindarkan kita dari resiko penyakit kanker khususnya kanker kulit dan kanker payudara. Kandungan senyawa resveratol di dalamnya juga dapat melindungi kulit dari radiasi matahari sehingga kulit terhindar dari berbagai penyakit termasuk kanker.

4. Baik Bagi Ibu Hamil


Source: Sarah Zucca

Mengingat anggur mengandung berbagai vitamin dan mineral bahkan asam folat, tak heran bila anggur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi tersebut dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan dan asam folatnya akan mencegah bayi lahir cacat. Namun ada batasan dalam jumlah mengkonsumsinya. Sebaiknya ibu hamil tidak memakan anggur lebih dari satu ons. Karena jika lebih dari itu justru dikhawatirkan dapat mengganggu kondisi janin.

5. Menghilangkan Flek Hitam


Source: Alessandro Squassoni

Flek hitam dan noda bekas jerawat sangat mengganggu karena akan mengurangi kecantikan wajah. Untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat menggunakan buah anggur. Jadikan anggur sebagai masker dengan cara menghaluskannya , lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit lalu  bilas sampai bersih. Masker ini juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit wajah.

6. Mencerahkan Kulit Wajah


Source: Tom Merton

Anggur juga dapat mencerahkan kulit wajah dan bebas kusam. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C pada anggur yang cukup tinggi. Cara menggunakannya, haluskan 3-5 buah anggur lalu campurkan dengan satu sendok makan madu. Oleskan masker tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bersihkan wajah dengan air dingin dan jangan lupa lakukan secara rutin.

 7. Membuat Kuku Lebih Cantik


Source: Vladimir Morozov

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan wajah dan rambut, anggur juga ampuh dimanfaatkan untuk mempercantik kuku. Caranya sangat mudah, haluskan beberapa buah anggur dan campurkan dengan gula pasir. Gunakan pasta tersebut untuk memijat kuku dengan lembut. Kandungan antioksidan pada anggur dapat melembutkan kutikula, dan gula pasir bertindak sebagai scrub untuk menghilangkan bintil-bintil pada permukaan kuku. Jangan lupa untuk membersihkan kuku dengan air hangat setelah dilakukan pemijatan.

 8. Mencegah Penuaan Dini


Source: Pixabay

Penuaan dini ditandai dengan munculnya keriput dan kerutan pada wajah. Tentu kondisi tersebut dapat merusak penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Dengan mengoleskan minyak biji anggur pada wajah secara rutin, maka kerutan akan menjadi samar dan menghilang. Minyak biji anggur mengandung asam lemak esensial dan kaya antioksidan yang dapat meremajakan kulit dan membuat wajah awet muda. Sebaiknya gunakan minyak biji anggur menjelang tidur di malam hari.

 9. Meningkatkan Daya Ingat


Source: Tero Vesalainen

Mengkonsumsi anggur secara rutin akan membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Kandungan polifenolnya dapat melindungi sel saraf pada otak sehingga merangsang perkembangan kognitif dan mencegah saraf dari kerusakan. Buah anggur dapat mencegah penurunan daya ingat dan gangguan saraf kognitif seperti alzheimer. Jadi agar Anda tidak mudah lupa di usia muda, mengkonsumsi anggur bisa menjadi solusinya.

 10. Mengatasi Penyakit Asma


Source: InspiredImages

Penyakit asma berupa rasa sesak saat bernapas lebih mudah kambuh jika cuaca sedang dingin. Anda dapat mengurangi rasa sakit dan sesak akibat asma dengan mengkonsumsi anggur secara rutin. Berbagai nutrisi dan fitonutrien yang dikandungnya dapat membuat otot organ pernapasan yang tegang menjadi rileks. Selain itu anggur juga dapat melembabkan paru-paru dan saluran pernapasan sehingga sesak napas akan berkurang.

 11. Mengatasi Migrain


Source: Avenue G

Migrain atau sakit kepala sebelah sangat mengganggu karena dapat menghambat kita untuk beraktivitas. Agar migrain dapat berkurang dan menjadi reda, kita bisa mengkonsumsi anggur. Kandungan alami berupa antioksidan dan riboflavin pada anggur dapat menenangkan saraf yang tegang sehingga rasa pusing dan denyut di kepala akan membaik. Tentunya cara ini lebih efektif dan aman karena kita tidak perlu memanfaatkan obat kimia yang sering memberikan efek samping berbahaya.

 12. Menu Program Diet


Source: Meditations

Bagi yang sedang menjalankan diet, memasukkan anggur dalam menu harian adalah pilihan yang bijak. Anggur mengandung gula buah, kaya nutrisi dan tinggi kalori sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh tanpa menambah daftar makanan yang harus dimakan. Dengan begitu program diet akan berjalan dengan lancar. Tubuh akan menjadi ideal dan nutrisi bagi tubuh tetap terpenuhi dengan baik. Jadikan anggur sebagai camilan sehat untuk mencegah tubuh menjadi gemuk.

13. Menjaga Kesehatan Mata


Source: Pixabay

Buah anggur mengandung vitamin A dan fitonutrien berupa lutein-zeaxanthin yang dapat menjaga organ mata dari kerusakan. Senyawa tersebut dapat melindungi mata dari penyakit katarak dan mencegah mata menjadi rabun. Anggur dapat mencegah terjadinya degenerasi sel pada organ mata sehingga kesehatan mata akan tetap terjaga. Jadi jangan lupa konsumsi anggur untuk mendapatkan mata yang sehat ya.

14. Mencegah Sembelit


Source: Alexas_Fotos

Anggur banyak mengandung gula, selulosa dan asam organik, sehingga dapat bersifat laxative (obat pencahar). Nah, jika Anda sering mengalami sembelit, ada baiknya mengkonsumsi anggur secara rutin agar buang air besar menjadi lancar. Sembelit atau konstipasi yang dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan masalah serius pada organ pencernaan khususnya bagian usus besar.

15. Menghilangkan Ketombe


Source: Betsy Jons

Masalah ketombe seringkali dialami oleh banyak orang terutama wanita yang memakai jilbab. Selain membuat kepala dan rambut terlihat kotor, ketombe juga menyebabkan kulit kepala terasa sangat gatal. Anggur dengan kandungan vitamin E dan antioksidannya mampu memperlancar sirkulasi darah hingga kulit kepala. Dengan begitu kulit kepala menjadi lebih sehat karena nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik. Jadi tidak ada penumpukan sel kulit mati yang dapat menyebabkan munculnya ketombe.

Itulah 15 manfaat buah anggur untuk kecantikan dan kesehatan yang perlu Anda ketahui. Meski ukurannya kecil namun khasiatnya benar-benar luar biasa. Semoga bermanfaat dan tetap sehat happy people!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Pregnancy