15 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Hans

Tidak disangkali lagi kalau jeruk Mandarin merupakan salah satu buah yang paling terkenal, karena keberadaannya yang cukup sering dan pembelinya yang banyak. Cara makannya yang merepotkan namun menggemaskan juga merupakan salah satu daya tarik dari buah berwarna oranye dan berbentuk bulat satu ini. Tidak disangka, jeruk Mandarin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan seseorang, di mana 15 di antaranya akan saya bahas pada artikel ini:

1. Jeruk Mandarin Mengobati Flu Untuk Anak-Anak


Source: Josch13

Jeruk Mandarin cukup sering hadir sebagai produk sirup obat flu untuk anak-anak usia 5 tahun hingga 11 tahun. Khasiat jeruk Mandarin yang kaya vitamin, antioksidan, dan serat, bukan hanya sekedar mengobati flu jangka pendek untuk anak-anak, namun juga dapat mendukung tumbuh kembang anak secara fisik maupun kognitif. Selain itu, lebih baik mencampur jeruk Mandarin dengan lemon atau madu supaya khasiat pengobatan flunya makin mujarab.

2. Menurunkan Panas


Source: Myriams-Fotos

Tidak hanya penyakit panas atau demam tinggi saja yang dapat diturunkan oleh buah yang dalam bahasa Jepang-nya disebut mikan ini, namun juga penyakit apapun yang membuat orang menjadi demam tinggi (kecuali penyakit yang parah-parah seperti demam berdarah). Disarankan untuk mengonsumsi jeruk Mandarin yang diperas dan diambil airnya untuk kemudian dicampur dengan air hangat bagi penderita panas apapun, terutama panas dalam, agar penderita dapat memperoleh manfaat kesehatan jeruk Mandarin untuk menurunkan panas pada tingkat yang optimal.

3. Mencegah Diabetes


Source: iggy7117

Kendati bersifat asam, jeruk Mandarin justru dapat mencegah adanya penyakit kencing dalam seseorang, dalam hal ini adalah kencing manis atau diabetes. Jeruk Mandarin dengan kombinasi vitamin A, C, dan antioksidannya yang kaya tidak hanya dapat mencegah virus-virus untuk masuk ke dalam saluran kencing, namun juga dapat membuat seseorang lebih imun terhadap penyakit diabetes maupun risiko penyakit diabetes yang mungkin terjadi di masa mendatang.

4. Mengatasi Masalah Perut


Source: estebantroncosofoto0

Jeruk Mandarin dengan rasa asam-kecutnya mungkin terkesan terlalu kuat bagi perut menurut sebagian orang yang tidak mengetahui manfaat kesehatannya. Kenyataannya, jeruk Mandarin sangat ramah pada perut manusia. Tidak hanya itu, jeruk Mandarin juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit yang bermuara di sekitar perut manusia, seperti sembelit atau konstipasi. Lebih jauh, jeruk Mandarin juga mencegah seseorang untuk muntah pada saat yang tidak tepat.

5. Menormalkan Buang Air Besar


Source: La-Belle-Galerie

Mungkin sekilas poin kelima ini sama dengan poin sebelumnya mengenai mengatasi masalah perut, namun karena masih banyak orang yang mengatakan kalau buang air besar dan masalah perut adalah masalah terpisah, saya membuatnya pada poin yang terpisah untuk membuat kita semua lebih paham. Dengan kandungan seratnya yang kaya, jeruk Mandarin dapat menormalkan intensitas buang air besar seseorang, di samping itu, buang air besar tetap lancar dan berak pun tidak menjadi keras.

6. Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kanker


Source: cuncon

Inilah poin manfaat kesehatan dari buah jeruk yang berwarna oranye dan bulat ini yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Sebagai buah jeruk yang asalnya dari Tiongkok, negara pusat pengobatan tradisional alamiah penyakit kanker, buah jeruk Mandarin memiliki khasiat yang luar biasa untuk menangkal berbagai macam penyakit kanker, bahkan untuk penyakit kanker stadium akhir sekalipun. Faktanya, beberapa riset di Jepang pada beberapa tahun terakhir menunjukkan kalau buah jeruk Mandarin paling mujarab dalam mengobati kanker hati.

7. Menambah Selera Makan


Source: katerina120289

Berdasarkan pengalaman saya, kebanyakan restoran atau rumah makan menambahkan ekstra jeruk Mandarin tanpa diminta oleh pelanggan. Pertamanya memang saya tidak mengetahuinya, namun begitu saya mencari tahu alasannya mengapa, ternyata hal ini dimaksudkan untuk membuat pelanggan makin doyan makan alias menambah selera makan. Saya sendiri mencoba di rumah makan jeruk Mandarin setelah makan siang, ujung-ujungnya saya justru ingin makan lagi dan lagi.

8. Mengasah Motorik Kasar Maupun Halus


Source: Wokandapix

Manfaat kesehatan kedelapan dari jeruk Mandarin ini bukan hanya berlaku untuk anak-anak yang baru mengenal motorik kasar atau halus, namun juga bagi penderita penyakit apapun yang berdampak pada gestur tubuh mereka. Kalau kita lihat, bentuk maupun tekstur dari jeruk Mandarin ini mengingatkan kepada kita semua akan bola yang dipakai untuk olahraga. Dengan mengayun-ayunkan atau melempar jeruk Mandarin ini, kita akan dapat mengasah motorik kasar maupun halus, sehingga badan pun menjadi sehat. Selain itu, kalau menjadi konsumsi pun, jeruk Mandarin kaya akan kalsium, sehingga dapat menguatkan otot-otot maupun tulang yang penting untuk menunjang pergerakan kita sehari-hari.

9. Menghaluskan Kulit


Source: 821764

Ini merupakan manfaat kecantikan yang universal, namun di satu sisi juga merupakan manfaat kecantikan dari konsumsi apapun yang dicari orang-orang banyak. Manfaat kecantikan jeruk Mandarin untuk menghaluskan kulit juga merupakan salah satu alasan mengapa keberadaannya begitu mudah dicari dan pembelinya pun tersebar di bagian manapun di seluruh kota besar di Indonesia. Penggunaan jeruk Mandarin untuk menghaluskan kulit juga fleksibel, tidak hanya sebagai konsumsi minuman tetapi juga dapat diambil sarinya atau kulitnya sebagai masker atau produk perawatan kulit berbahan dasar jeruk Mandarin.

10. Membuat Mata Menjadi Terang


Source: PublicDomainPictures

Sebagai buah yang kaya dan identik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan vitamin C, tidak heran kalau jeruk Mandarin luar biasa manfaat kecantikannya dalam membuat mata seseorang menjadi lebih terang. Bola mata dengan iris yang hitam sekalipun dapat seolah-olah berubah menjadi biru kehijauan atau menjadi jernih kalau mengonsumsi jeruk Mandarin dalam jumlah yang rutin, sehingga akan menjadikan seseorang lebih menarik ketika mengikuti sesi foto apapun.

11. Mengencangkan Dan Mengenyalkan Pipi


Source: jill111

Khasiat jeruk Mandarin tidak hanya berhenti di seputar kesehatan ataupun sebatas membuat kulit halus dan mata menjadi terang, tetapi juga dapat membentuk kontur pipi yang ideal bagi masa kini, mengencangkannya, dan mengenyalkan atau membuatnya bebas dari jerawat membandel atau kotoran lain di pipi. Inilah jeruk Mandarin dengan khasiat kecantikannya yang menyamai operasi plastik, dengan harga yang jauh lebih murah. Tidak perlu operasi plastik untuk membuat orang lebih menarik secara fisik, bukan?

12. Mencegah Rambut Dari Kerontokan


Source: burnnet

Saya memiliki shampoo yang berbahan dasar jeruk Mandarin. Tidak hanya pada deskripsi shampoo yang bersangkutan, pengalaman saya menggunakan shampoo ini selama 3 bulan pun menunjukkan kalau rambut rontok dapat diatasi dengan adanya kandungan jeruk Mandarin yang signifikan pada shampoo tersebut. Bentuk shampoo-nya adalah cairan dan juga merupakan shampoo yang ramah vegetarian-vegan, sehingga khasiat kecantikannya untuk mencegah rambut dari kerontokan berlebih juga menjadi maksimal.

13. Menyegarkan Rambut


Source: Ryan McGuire

Dalam hal menyegarkan rambut sebagai khasiat produk perawatan rambut berbahan dasar jeruk Mandarin, tidak hanya dapat membuat rambut menjadi berbau wangi, namun juga dapat menyegarkan hingga ke akar-akarnya. Disadari atau tidak, kita seringkali terlalu sibuk untuk merawat luaran rambut tanpa mempedulikan apa yang akan terjadi pada akarnya, padahal akar rambut itu jauh lebih penting daripada luaran rambut itu sendiri. Dengan akar rambut yang sehat, segala ketombe dan “penyakit” rambut lain akan hilang dengan sendirinya!

14. Mencegah Penuaan Dini


Source: Unsplash

Mungkin Anda telah bosan atau lelah dengan saya yang terus-menerus mengatakan kalau manfaat kecantikan dari hal-hal yang saya bahas pada kesempatan membuat artikel ini adalah seputar awet muda. Padahal, penuaan dini pada poin ini berbeda dengan awet muda. Kalau awet muda itu untuk orang tua supaya terlihat beberapa tahun atau dekade lebih muda dari usia sesungguhnya, pencegahan penuaan dini berhubungan dengan orang muda supaya tidak terlihat tua. Penuaan dini merupakan masalah serius yang akan berdampak pada penampilan seseorang, karenanya perlu ditangani dengan cepat dan alamiah, salah satunya dengan memanfaatkan jeruk Mandarin.

15. Pembantu Alat Pijat Dan Totok Wajah Alami


Source: rhythmuswege

Berbicara mengenai manfaat kecantikan jeruk Mandarin sebagai pembantu alat pijat alami, ini berarti jeruk Mandarin dapat menjadi pendukung dalam bentuk minyak, parfum, atau aromaterapi untuk mendukung pijat untuk kecantikan. Selain itu, masker jeruk Mandarin yang cair juga dapat digunakan sebagai pendukung totok wajah yang akan seseorang lakukan. Dengan jeruk Mandarin sebagai pendukung alat pijat maupun totok wajah alami, maka efek yang ditimbulkan adalah wajah dan tubuh akan menjadi segar dan lebih berkarakter.

Demikianlah 15 manfaat jeruk Mandarin untuk kecantikan dan kesehatan yang dapat saya paparkan. Di antara 15 manfaat kecantikan dan kesehatan tersebut, telah terbukti bahwa jeruk Mandarin dapat diolah menjadi berbagai macam olahan yang berbeda-beda namun tidak menghilangkan manfaatnya yang begitu kaya, mengingat jeruk satu ini asalnya dari negara pusat pengobatan penyakit dan kecantikan alamiah sejak sebelum Masehi, yakni Tiongkok.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health