10 Cara Menuju Gaya Hidup Sehat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

white skinSumber: pixabay

Semua orang pasti menginginkan hidup sehat agar bisa tetap produktif setiap harinya. Sehat bukan hanya secara jasmani, namun juga secara rohani. Dibutuhkan berbagai cara untuk menjaga keseimbangan dari dua hal tersebut. Untuk mencapainya tidak selalu dibutuhkan biaya yang mahal, namun tentu saja Anda harus memiliki komitmen dan kemauan yang keras. Berikut adalah 10 Cara Menuju Gaya Hidup Sehat yang bisa Anda terapkan.

1. Mengatur Pola Makan

Sumber: Agnieszka

Setiap orang pasti mengetahui bahwa makanan memegang peranan penting dalam menentukan kualitas hidup kita. Jika Anda tidak mengalami kelebihan berat badan, sebenarnya Anda tidak perlu melakukan diet ketat. Yang harus dilakukan adalah mengatur porsi, waktu dan kombinasi kandungan nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan tubuh dan aktivitas. Mulai memasak makanan sendiri juga merupakan langkah pola makan sehat. Bagi Anda yang bekerja di kantor, siapkanlah bekal makan siang dari rumah agar mengurangi jajan yang tidak perlu.

2. Mengurangi Konsumsi Gula

Sumber: shixugang

Dulu masyarakat sangat takut pada kolesterol. Kini sepertinya ada satu lagi yang cukup ditakuti yaitu gula. Konsumsi gula berlebihan memang dapat mendatangkan banyak penyakit. Di banyak kebudayaan, gula telah menjadi bagian penting dalam tradisi kuliner. Namun bukan berarti Anda harus terus menerus mengkonsumsi yang manis-manis. Terkadang sulit dan rumit untuk mengontrol asupan gula karena banyak makanan jadi yang kita beli sudah diberi pemanis tersebut. Anda bisa mengurangi gula dengan berhenti mengkonsumsi minuman kemasan (selain air mineral) dan camilan-camilan lain dengan kadar gula tinggi. Jangan malas untuk memeriksa kandungan makanan dan minuman yang tertera dalam kemasan. Berkebalikan dengan anggapan orang bahwa gula adalah penghiburan di kala stress, mengurangi konsumsi gula justru dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan depresi!

3. Olah Raga Teratur

Sumber: pixabay

Mengatur asupan makanan saja tidak cukup. Anda juga perlu banyak mengeluarkan keringat. Berolahraga secara teratur dapat melancarkan metabolisme dan meningkatkan stamina. Banyak sekali pilihan yang bisa Anda lakukan mulai dari jogging, berenang, atau mengikuti kelas-kelas senam. Tidak semua orang memang dapat berolahraga sendiri. Banyak orang merasa cepat bosan. Anda bisa mencoba olah raga dalam tim seperti futsal atau bulu tangkis. Lakukan secara teratur antara dua sampai tiga kali dalam seminggu.

4. Minum Air Putih Minimal Dua Liter per Hari

 

Sumber: WDnetStudio

Air putih sering kali disepelekan dan sering dilewatkan. Padahal manfaatnya banyak sekali, lho! Minumlah air putih minimal dua liter dalam satu hari. Air putih dapat melancarkan pencernaan dan menghindarkan Anda dari dehidrasi yang bisa membuat sakit kepala. Air putih sebenarnya juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang diet karena dapat melancarkan metabolisme tubuh. Minum air putih yang banyak juga bisa melarutkan racun-racun di dalam tubuh. Saat ini sudah bermunculan cara meminum air putih yang lebih menyegarkan. Salah satunya adalah dengan membuat infuse water, yaitu dengan mencampurkan potongan buah dan daun mint ke dalam air putih dingin.

5. Tidur yang Cukup

Sumber: nomao saeki

Jaman sekarang banyak sekali orang yang harus tidur malam karena tuntutan pekerjaan. Lembur seolah-olah menjadi hal yang biasa. Hal ini sebenarnya mengancam kesehatan jasmani dan rohani Anda. Orang yang kurang tidur bisa lebih cepat sakit dan mengalami stress. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap malam. Jika Anda mengalami insomnia, cobalah meminum segelas susu atau coklat hangat. Anda juga bisa mendengarkan musik relaksasi atau membaca buku agar lebih cepat mengantuk.

6. Bangun Lebih Pagi

Sumber: pexels

Ada banyak sekali keuntungan dari bangun pagi. Anda bisa berolah raga, menyiapkan sarapan, dan menikmati segarnya udara pagi. Bersiap-siap lebih dini berarti Anda tidak harus terburu-buru menuju ke tempat kegiatan Anda berikutnya. Artinya hari itu akan dimulai dengan lebih baik dan stress pun bisa berkurang. Orang yang bangun lebih pagi konon bisa lebih produktif, lebih sehat secara mental dan memiliki prestasi yang lebih baik. Salah satu tips bagi Anda yang susah bangun pagi: rencanakanlah sarapan lezat dan sehat sebelum Anda tidur malam. Dijamin keesokan harinya Anda tidak sabar untuk bangun, menyiapkan dan menyantapnya!

7. Belajar Mengatasi Stress

Sumber: Tim Gouw

Pekerjaan, tugas kuliah atau permasalahan sehari-hari bisa membuat siapa saja menjadi stress. Semakin dewasa, tingkat stress seseorang pasti bertambah. Namun seharusnya seseorang juga semakin paham bagaimana mengatasinya. Anda bisa mengatasi penyebab stress, tapi jika tak terhindarkan, sebaiknya belajarlah mengatasinya. Lakukan hal-hal yang membuat Anda rileks. Misalnya mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, membuat kerajinan tangan atau menikmati alam. Semuanya tergantung apa kegemaran Anda. Ajaklah orang terdekat yang bisa menenangkan Anda untuk bergabung dalam kegiatan tersebut. Jangan biarkan stress menguasai Anda!

8. Traveling 

Sumber: Viktor Kern

Inilah salah satu penghilang stress paling mujarab. Namun stress atau tidak, traveling bisa membuat Anda menjauh sejenak dari penatnya pekerjaan. Sekembalinya dari bepergian, Anda juga bisa menjadi segar kembali dan lebih produktif dan kreatif. Jadwalkan traveling jarak jauh paling tidak dua sampai tiga kali dalam setahun. Jangan ragu untuk mengambil cuti. Selain itu Anda juga bisa bepergian di akhir pekan ke lokasi-lokasi yang relatif lebih dekat dari tempat tinggal. Orang yang lebih sering traveling memiliki kepekaan yang lebih besar dan pandangan hidup yang lebih luas daripada yang diam saja di rumah.

9. Hindari Alkohol dan Rokok

Sumber: 27707

Bagi yang sudah terlanjur rutin mengkonsumsi alkohol dan rokok, cobalah sebisa mungkin untuk berhenti. Ada beragam terapi dan metode yang tersedia bagi Anda. Alkohol dan rokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan badan dan pikiran. Zat yang terkandung dalam dua benda tersebut bisa menyebabkan organ tubuh anda rusak dan mengurangi konsentrasi. Coba alihkan keinginan Anda untuk kembali pada alkohol dan rokok pada hal lain.

10. Meditasi

Sumber: TusitaStudio 

Meditasi sangat baik untuk kesehatan pikiran Anda. Kekuatan pikiran yang sehat akan membuat badan Anda menjadi kuat dan mampu mengatasi ancaman penyakit. Sudah banyak terbukti juga bahwa sering bermeditasi membuat orang semakin tenang, konsentrasi meningkat dan menyehatkan sistem pernapasan. Meditasi bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau bersama dengan instruktur profesional. Di rumah, Anda bisa mengikuti panduan yang kini sudah banyak tersedia di YouTube. Jangan ragu untuk menambahkan aromatherapy pada ruangan agar suasana bermeditasi menjadi semakin nyaman. Lakukan meditasi singkat paling tidak 10-15 menit setiap harinya. Meditasi di malam hari juga bisa membantu Anda berefleksi atas apa saja yang terjadi dalam hidup Anda selama satu hari.

Mulai lakukan 10 hal tersebut di atas secara bertahap. Tidak perlu memaksakan semuanya bisa berjalan bersamaan sekaligus. Buatlah resolusi dalam buku harian Anda dan catatlah perkembangannya setiap hari. Lama-lama pola hidup seperti ini akan menjadi kebiasaan dan Anda bisa mencapai gaya hidup sehat yang Anda idamkan. Selamat mencoba!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle