15 Hal Yang Harus Diputuskan Sebelum Pernikahan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: toanmda

Pernikahan adalah hal yang selalu diimpikan oleh semua orang, hal yang dinantikan oleh setiap pasangan. Namun banyak pertimbangan yang harus diputuskan sebelum perrnikahan. Bukan Cuma masalah finansial untuk resepsi saja, tapi masih banyak lagi keputusan yang harus kamu ambil sebelum pernikahan, terutama untuk kehidupan setelah menikah. Bukan Cuma berpikir jika setelah menikah akan mendapat kebahagiaan, tentunya kita harus bijak dalam mengambil keputusan, kita harus berpikir panjang untuk mejalani kehidupan berdua setelah menikah. Nah berikut adalah 15 hal yang harus diputuskan sebelum pernikahan:

1. Masalah Finansial


Source: rojurnalist

Biasanya masalah finansial ini paling sensitif untuk dibahas namun tak ada salahnya kita berdiskusi tentang keuangan sebelum pernikahan. Bukan hanya keuangan untuk membuat resepsi saja, kita juga harus berdiskusi tentang masalah keuangan ini setelah menikah nantinya. Tentunya ini sangatlah penting untuk masa depan kalian jadi diskusikan dulu masalah keuangan dengan pasangan kamu, agar masa depan dengan pasangan kamu juga bisa terjamin soal keuangan nantinya.

2. Pekerjaan


Source: andreas160578

Tentunya pekerjaan sangatlah berhubungan dengan masalah finansial pasangan kamu. Untuk para wanita tentunya harus berpikir panjang tentang pekerjaan pasangannya. Dan para pria juga harus berpikir agar pekerjaannya bisa menjamin kehidupannya setelah menikah nantinya, belum lagi jika sudah mempunyai anak dan harus membiayai sekolahnya. Jadi untuk para pria kalian harus memiliki pekerjaan yang bisa menjamin masa depan untuk mengajak seorang wanita menikah karena biasanya wanita sangat memikirkan pekerjaan pasangaannya.

3. Tempat Tinggal


Source: Olessya

Nah ini adalah yang paling penting, tempat tinggal. Usahakan jika setelah pernikahan kamu sudah memiliki rumah untuk ditempati. Bukan hanya dari pihak pria yang menjamin ini namun alangkah baiknya jika pihak wanita pun membantu untuk memiliki tempat tinggal yang layak huni. Jangan sampai setelah menikah kamu dan pasangan kamu tinggal di rumah orang tua, itu sangat tidak menjamin kehidupan setelah menikah akan membaik. Jadi sebaiknya kamu harus memikirkan soal tempat tinggal

4. Mengurus Pekerjaan Rumah


Source: GiselaFotografie

Nah ini untuk para wanita, kalian harus sudah bisa bertanggung jawab dalam pekerjaan rumah sebelum hari pernikahan. Biasanya para lelaki menyukai dan ingin menikahi wanita yang rajin dan rapih. Para pria juga tertarik pada wanita pekerja keras, karena biasanya wanita seperti itu dianggap bisa bertanggung jawab nantinya dalam pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak. Namun biasanya jika pria yang sangat pengertian dengan keadaan pasangannya yang tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah, dia akan menyewakan pembatu rumah tangga. Namun bagi wanita mengerjakan pekerjaan rumah adalah kewajiban agar rumah tangga berjalan lebih dinamis kedepannya.

5. Mengenal Pasanganmu Lebih Dalam


Source: Meditations

Sebelum kamu memutuskan untuk menikah dengan pasanganmu, kamu harus sangat mengenalnya lebih dulu. Bukan hanya sekedar nama, orang tuanya, pekerjaan ataupun tempat tinggalnya. Namun, kamu harus mengenalnya lebih dalam seperti, apa kepribadiannya? Apa tujuan hidupnya? Bagaimana masa lalunya? kamu harus mengenalnya dari segala sisi. Jangan sampai kamu menyesal karena kamu baru mengetahui sisi buruk dari pasanganmu itu atau tujuan hidupnya tidak sesuai dengan dirimu. Jadi sebelum memutuskan pernikahan kamu harus mengetahui segala tentang pasanganmu.

6. Hubungan Pasanganmu dengan Orang Tuamu


Source: vargazs

Biasanya pernikahan terjadi setelah mendapat persetujuan dari orang tua. Kamu juga harus memperhatikan bagaimana hubungan pasanganmu dengan orang tuamu, kadang ada beberapa pasangan menikah tanpa restu dari orang tuanya. Namun biasanya mereka dijauhi oleh orang tuanya dan perjalanan hidupnya pun kurang mendapat keberkahan. Dalam sebuah pernikahan bukan hanya persetujuan dari pasangan namun persetujuan dari keluargamu juga sangatlah penting. Karena dalam pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan yang berbeda namun dua keluarga yang berbeda. Jadi pastikan  hubungan pasanganmu dengan orang tuamu baik baik saja ya.

7. Apakah Pasanganmu Mencintaimu Dengan Tulus?


Source: elmafudd

Inilah inti dalam sebuah keputusan pernikahan, apa kamu sudah menanyai pasanganmu soal rasa cintanya padamu? Cobalah tanyain mereka juga soal, apa tujuannya ingin menikah denganmu? Ada banyak pasangan menikah hanya karena pria atau wanita itu memiliki aset yang berharga dalam kehidupan. Tentunya ini adalah pertanyaan yang umum bagi pasangan namun, perlu diingat jika mengucapkan kata cinta itu sangat mudah, jadi cobalah menguji cintanya padamu untuk membuktikan jika ia benar benar mencintaimu dengan tulus bukan hanya sekedar harta ataupun jabatanmu.

8. Anak


Source: 1103997

Kamu juga harus berpikir soal anak sebelum hari pernikahan, biasanya ada beberapa pasangan yang tidak ingin memiliki anak, apakah pasaganmu termasuk diantaranya? lebih baik bicarakan masa depan ini sebelum hari pernikahan, karena jika pasanganmu tidak ingin memiliki anak namun kamu ingin itu akan membuat pertengkaran yang hebat. jadi sebaiknya konsultasikan pada pasangan anda sebelum hari pernikahan. dan jika pasangan kamu memang tidak sanggup memiliki anak karena suatu hal yang berhubung dengan kesehatannya. Lebih baik kamu tanyai pasanganmu tentang mengadopsi anak. Ini menjadi keputusan yang besar jadi kamu harus berpikir panjang tentang ini.

9. Pendidikan Untuk Anak


Source: ace0603

Banyak pasangan yang tidak memikirkan hal ini karena mereka berpikir bahwa keputusan ini bisa diambil setelah memiliki anak. Namun, sebenarnya keputusan ini juga sangatlah penting dipikirkan sebelum pernikahan. kamu harus berpikir panjang untuk kehidupan setelah menikah bukan? Nah jika seperti itu kamu juga harus berpikir soal pendidikan anakmu kelak. Berpikirlah apakah pekerjaan ayahnya juga bisa menjamin pendidikan anaknya hingga tingkat tinggi? Jika belum makan kalian harus memikirkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan nantinya. Ini sangat penting karena jika tidak diputuskan sekarang maka jika waktunya tiba dan kamu tidak punya persiapan dan ini akan memicu pertengakaran.

10. Seberapa Banyak Keluarga Ikut Campur Dalam Masalah Keluarga Barumu?


Source: Pexels

Ini biasanya selalu dianggap tabu oleh banyak pasangan di dunia. Namun, pastinya kamu tidak ingin jika ibumu atau ibu mertuamu tiba-tiba datang dan malah masuk dalam permasalahan keluar barumu, bukan? Sebaiknya jika terdapat masalah dalam keluarga barumu diselesaikan oleh kepala dingin dan saling mengalah. Selagi masalahmu itu masih bisa diselesaikan oleh kalian, lebih baik keluarga jangan dulu ikut campur dengan masalah kalian karena ditakutkan ini akan menjadi masalah yang lebih besar jika sudah melihatkan keluarga besar. Ada baiknya bicarakan ini terlebih dahulu pada orang tuamu sebelum pernikahan.

11. Agama/ Kepercayaan Pasanganmu


Source: JordanStimpson

Perbedaan agama bagi sebagian pasangan adalah hal yang di nomor 2-kan namun, sebenarnya ini adalah keputusan yang sangat besar jika pasanganmu berbeda kepercayaan denganmu. Ini juga bisa memicu pertengkaran setelah menikah nantinya,  belum lagi jika sudah memiliki anak nantinya. Kalian akan saling berebut untuk melindungi anak dengan kepercayaan masing-masing. Nah sebaiknya putuskan ini dengan berpikir lebih panjang, bukan hanya rasa saling mencintai dalam pernikahan namun memiliki satu keyakinan yang sama juga memiliki peran yang penting dalam pernikahan.

12. Memahami Bagaimana Cara Bekerja Sama


Source: stempow

Setelah pernikahan tentunya kamu dan pasanganmu akan menjadi satu tim. Nah tentunya dalam sebuah tim harus memiliki rasa saling percaya dan juga komunikasi yang baik. Kalian juga harus tetap terlihat kompak disetiap waktunya. Kalian juga harus saling memahami perasaan pasangannya satu sama lain. Agar tercipta keluarga kecil yang harmonis. Bukan hanya terasa romantis saat masih berpacaran namun setelah pernikahan juga harus tetap terlihat seperti itu

13. Apakah Pasangan Kamu Memberi Ruang untuk Kehidupanmu?


Source: Pexels

Ada beberapa pasangan yang sangat prosesif dengan pasangannya, dia memberi ruang kecil untuk kebebasan pasangannya. Namun itu sangatlah tidak baik dalam sebuah hubungan karena hal itu menggambarkan bahwa kamu tidak percaya terhadap pasanganmu. Lebih baik untuk memberi ruang kebebasan untuk pasanganmu agar membuatnya nyaman dan merasa bahwa kamu sudah mempercayainya dengan penuh. ini juga berlaku untuk dipikirkan sebelum pernikahan karena pastinya kamu tidak ingin jika kamu akan terus dikekang oleh pasanganmu bukan.

14. Apakah Pasangan Kamu Bisa Mengelola Emosinya?


Source: debbieryan2009

Biasanya setelah pernikahan kamu bisa lebih mengenal pasanganmu, misalnya jika ia mudah marah atau emosinya tak bisa terkendali. Maka dari itu sebelum pernikahan dibutuhkan mengenal pasanganmu lebhi dalam sebelum pernikahan. Jika pasanganmu sulit untuk mengendalikan emosinya kamu pastinya berpikir dua kali untuk menerima lamarannya. Tentunya semua orang tak ingin dirinya menjadi bahan pelampiasan emosi, bukan? Nah dari itu sebaiknya kamu diskusikan dengan pasanganmu.

15. Apakah Kamu Suka Kehidupannya?


Source: French_Touch_Photography

Wanita biasanya pemilih dalam berpasangan, biasanya mereka mencari pria yang cocok dengannya dan pria itu mapan. Pria mapan memanglah menjadi idaman para wanita namun jika kamu ingin menikah dengan pria kaya yang memiliki usaha sendiri, kamu harus bisa mengambil resiko jika kamu jarang diperhatikan atau pasanganmu sibuk dengan pekerjannya. Maka dari itu kamu harus menyukai kehidupannya lebih dulu sebelum memutuskan untuk menikah dengannya.

Nah itulah 15 hal yang harus diputuskan sebelum pernikahan. Pernikahan bukanlah hal yang biasa, kamu harus bisa memutuskan segalanya sebelum pernikahan soal kehidupanmu setelah menikah nantinya. Kamu juga harus siap dengan segala resiko setelah menikah nantinya, menerima pasanganmu nantinya dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Sulit bukan untuk memutuskan segala resiko setelah menikah? maka dari itu kamu harus berpikir panjang mulai sekarang, untuk membangun rumah tangga dengan pasanganmu. Jadilah keluarga yang berencana agar segala kehidupan masa depanmu terjamin.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Marriage