15 Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Brusalvate

Ibu hamil, baik itu dengan suia kandungan muda atau pun tua membutuhkan banyak sekali nutrisi penting. Salah satunya, nutrisi yang berasal dari sayur dan buah-buahan. Walau sebenarnya nyaris semua buah dan sayur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun terdapat 15 jenis buah yang bagus untuk ibu hamil seperti yang terdapat dalam daftar dibawah ini.

1. Apel


Source: Stevepb

Sering dibilang, apel merupakan salah satu buah dengan begitu banyak manfaat. Bukan hanya untuk ibu hamil, tentunya. Namun ada sebuah manfaat tersendiri yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dari buah apel ini. Beberapa kandungan pada buah apel yang baik untuk ibu hamil, antara lain :

Serat

Seperti yang sudah banyak diketahui, serat memiliki banyak manfaat bagi pencernaan. Terlebih untuk ibu hamil yang sering kali mengalami masalah dengan saluran pencernaan. Serat pada buah apel, juga berfungsi untuk mengontrol berat bada untuk ibu hamil.

Asam Malat dan Tannin

Kedua kandungan pada buah apel ini terbukti mampu menghindarikan ibu hamil dari bengkak dan kaku persendian dan kaki selama masa kehamilan.

2. Anggur


Source: Stevepb

Buah dengan rasa masam dan ukuran yang cukup kecil ini sering dianggap sebagai “queen of fruits” yang salah satunya berkat banyaknya kandungan manfaat dari buah anggur. Terutama untuk para wanita. Untuk ibu hamil, anggur memiliki manfaat salah satunya untuk membantuk tumbuh kembang bayi serta janin.

Kandungan asam folat pada buah anggur memiliki peranan besar dalam pembentukan otak bayi. Yang mana bisa mencegah terjadinya cacat otak pada bayi sejak dalam kandungan. Selain itu, asam folat pun membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang serta gigi pada bayi.

3. Buah Naga


Source: HelgaKa

Buah yang mulanya banyak dikonsumsi di negeri Tiongkok ini kerap kali diduga memberi efek buruk pada ibu hamil. Namun ternyata, hal tersebut hanya mitos belaka. Sebaliknya, fakta justru membuktikan buah naga memiliki banyak sekali kandungan zat besi, karoten, karbohidrat, folat, serat yang baik untuk ibu hamil.

Selain kandungan diatas, buah naga juga kaya akan vitamin A, yang jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan vitamin A yang ditemukan pada wortel. Karena itu, buah naga dipercaya baik untuk pembentukan mata dan pengelihatan pada bayi.

Dan juga, buah naga rupanya mampu mengatasi perubahan hormon yang mendadak selama masa kehamilan.

4. Cherry


Source: Luctheo

Bila buah-buahan lain banyak memberikan manfaat pada janin yang dikandung bayi, buah cherry terbukti memiliki kandungan zat yang mampu menekan perubahan hormon kehamilan. Yang salah satunya berakibat pada perubahan mood hingga penurunan ingatan pada ibu hamil. Mengonsumsi buah cherry pun dipercaya mampu menghilangkan morning sick di awal masa kehamilan.

Selain manfaat diatas, manfaat lain dari buah cherry selama masa kehamilan antara lain :

Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah cherry memiliki kandungan serat yang cukup besar, yang menjadikan buah manis berwarna merah merona ini mampu melancarkan pencernaan di masa kehamilan.

Melancarkan Peredaran Darah

Buah cherry mengandung banyak sekali zat besi, yang dapat membantu peredaran dan pembentukan sel darah merah pada ibu hamil.

5. Alpukat


Source: Meditations

Berbeda dari buah-buahan lain yang bisa dikonsumsi sebanyak apapun oleh ibu hamil, konsumsi alpukat memang harus dibatasi. Salah satunya karena berbeda dengan buah lain yang nyaris tak memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan kalori, alpukat justru memiliki kandungan untuk dua zat dan mineral tersebut.

Namun selain itu, alpukat juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk membentuk otak, tulang, dan tulang belakang pada bayi. Manfaat ini karena adanya zat asam folat di dalam buah alpukat, selain juga beberapa mineral lain seperti vitamin B kompleks, kalsium, manvaat vitamin C, vitamin E, dan vitamin K serta kalium.

6. Strawberry


Source: Hans

Buah dengan rasa asam dan segar ini dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil. Selain itu, buah strawberry memiliki kandungan anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang pastinya bisa memberikan bahaya besar pada kandungan dan janin. Selain itu, buah strawberry pun memiliki beberapa kelebihan lain berkat kandungan asam folat, kalium, asam ellagic, vitamin B, dan C yang terdapat di dalamnya.

7. Jambu Air


Source: Herriest

Jambu air dipercaya mampu mengatasi, dan mencegah beberapa penyakit yang biasa terjadi selama masa kehamilan. Salah satunya, masalah pada pencernaan. Jambu air mengandung serat yang tinggi yang bisa membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan pencernaan selama masa kehamilan.

Dan juga, jambu air pun mengandung kadar air tinggi yang juga mampu mengatasi masalah dehidrasi yang kerap kali dikeluhkan oleh para ibu hamil.

8. Jeruk


Source: Stevepb

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah jeruk mengandung banyak sekali bahan yang berguna untuk tubuh, seperti olat, asam pantotenat kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, vitamin A, C, B1, B2, dan B6. Dari sekian banyak kandungan tersebut, jeruk paling berperan aktif dalam meningkatkan daya tahan tubuh selama masa kehamilan. Tak hanya meningkatkan sistem daya tahan tubuh pada sang ibu, namun juga untuk janin yang dikandung.

9. Kurma


Source: xbeing

Buah satu ini memang dianjurkan untuk banyak dikonsumsi selama masa kehamilan. Salah satunya, buah kurma memiliki kandungan glukosa complex hingga 60-70 persen. Kandungan glukosa ini bukan hanya baik untuk tubuh karena mudah dicerna, namun juga baik untuk memberikan energi ekstra pada ibu selama masa mengandung. Dalam satu hari, ibu hamil sebaiknya mengonsumi hingga 6 biji buah kurma.

10. Pisang


Source: Stevepb

Pisang memiliki beberapa kelebihan untuk ibu hamil. Sama seperti kebaikan buah pisang untuk dikonsumsi sehari-hari, buah pisang memiliki kandungan kalori yang bisa memberikan energi ekstra. Selain itu juga buah pisang bisa membantu menghindarkan ibu hamil dari bengkak di beberapa bagian tubuh yang biasa terjadi. Asam folat pada pisang pun mampu membantu pembentukan saraf otak pada janin.

11. Salak


Source: inmemo

Tak banyak yang tahu bahwa buah salak memiliki fungsi dan manfaat yang besar selama masa kehamilan. Salah satunya, berkat adanya zat pectin pada buah salak yang bisa membantu proses perkembangan otak pada janin dan meningkatkan kecerdasan.

Namun meski dipercaya memiliki fungsi baik untuk kehamilan, buah salak sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak karena bisa menyebabkan sembelit pada ibu hamil. Bila ingin dikonsumsipun sebaiknya salak lebih dulu dikupas kulit arinya.

12. Semangka


Source: Edwin01

Ada banyak sekali zat baik yang ada pada semangka yang bisa berguna selama masa kehamilan. Zat-zat tersebut seperti  karbohidrat, gula, kalium, fosfor, vitamin B6, vitamin A, dan magnesium. Manfaat buah semangka akan lebih lengkap dijabarkan dibawah ini :

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Untuk janin, kandungan likopen pada buah semangka dipercaya mampu menyehatkan jantung janin selama masa dalam kandungan.

Manfaat Bagi Janin

Sebagai buah yang bagus untuk ibu hamil, semangka bermanfaat untuk mencegah terjadinya hiperpegmentasi, yang kerap terjadi pada kulit ketika ibu dalam masa kehamilan. Selain itu semangka juga bisa memperlancar pencernaan dan mencegah dehidrasi.

13. Delima


Source: Edenirocha

Ada alasan tersendiri mengapa buah delima sering dikaitkan dengan proses reproduksi pada wanita. Buah ini memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan organ kewanitaan, kesuburan, dan juga kehamilan. Buah delima mampu menjaga, merawat, dan melindungi janin serta kesehatan rahim. Buah dengan biji yang rasanya masam ini pun mampu melindungi janin dari resiko lahir prematur dan keguguran.

14. Pepaya


Source: Stevepb

Buah satu ini memang dipercaya mampu melancarkan pencernaan, sekaligus meningkatkan daya tahan baik pada ibu maupun pada janin. Namun dalam mengonsumsi semangka, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, salah satunya mempertimbangkan kematangan buah semangka. Dan juga pastikan ketika dikonsumsi buah semangka sudah benar terbebas dari getah yang bisa memicu reaksi alergi.

15. Mangga


Source: Stevepb

Ibu hamil memang kerap kali memiliki keinginan untuk mengonsumsi buah mangga. Dan untungnya, buah mangga menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil. Pada buah mangga, terdapat kandungan vitamin A, B6, C, serat, magnesium yang bekerja menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, fungsi lain dari buah ini untuk kerja kongitif janin, dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, meningkatkan sistem kerja saraf dan otot.

Selain itu protein mengandung banyak protein yang baik pada pembentukan DNA pada janin.

Buah yang bagus untuk ibu hamil diatas memang sebaiknya dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah yang tepat. Tentunya demi mendapatkan hasil yang diinginkan selama masa mengandung. Dari daftar diatas, apa buah favorite yang paling sering dikonsumsi selama mengandung?

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy