15 Fakta Tentang Hewan Kijang Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Antranias

Hewan kijang merupakan salah satu hewan yang hidup di daratan, mengingat saya sendiri belum pernah melihat hewan ini hidup di daerah manapun yang tersentuh perairan. Selain itu, hewan kijang juga merupakan salah satu hewan yang diidam-idamkan banyak orang, sayangnya, belum banyak yang mengetahui beberapa fakta seputar hewan kijang. Lima belas di antaranya saya paparkan dalam artikel ini sebagai berikut:

1. Hewan Kijang Adalah Bagian Dari Rusa


Source: werner22brigitte

Ada kontroversi mengenai apakah kijang sama dengan rusa, dan sebaliknya apakah rusa berbeda dengan kijang. Ini semua karena tampilan dan habitat mereka yang sama, ditambah lagi sekarang ini mulai banyak variasi jenis rusa dan turunannya. Namun, setelah saya lihat kesana kemari, saya menemukan ternyata kijang adalah bagian dari turunan rusa. Rusa adalah variasi lebih kecil dari kijang, sementara kijang adalah yang lebih besar atau lebih dewasa.

2. Tanduk Kijang Umumnya Panjang


Source: hansbenn

Setelah saya lihat-lihat lagi, kijang umumnya memiliki tanduk yang panjang. Selain itu, tanduk hewan kijang pada umumnya berbentuk seperti cabang pohon yang menempel di kuping. Kendati demikian, hal ini bersifat relatif, dan tergantung jenis kelamin, usia, maupun pembagian daerah masing-masing hewan kijang. Misalnya saja, ada kijang yang tanduk atau telinganya saja yang panjang, ada juga yang tidak memiliki tanduk tapi punya telinga panjang, dan sebagainya.

3. Tidur Hewan Kijang Hanya Sebentar


Source: John Carkeet

Sebagaimana makhluk hidup lainnya, kijang sebagai hewan juga membutuhkan tidur untuk merelaksasikan sel-sel dalam tubuhnya. Kendati demikian, jam biologis kijang berbeda dengan hewan-hewan lainnya. Tidak tanggung-tanggung, 3 jam merupakan tidur yang normal bagi kijang! Wow… Padahal, kalau kita tidur 6 jam saja, rasanya mata sudah mulai berat. Ini berarti hewan kijang mungkin lebih luar biasa dibandingkan apa yang selama ini kita pikirkan.

4. Memiliki Kekuatan Dan Kegesitan


Source: Pexels

Selama ini, mungkin kita hanya mengetahui tentang kegesitan gerak hewan kijang. Kalau saya pikir-pikir lagi, kemungkinan ini disebabkan oleh cerita dongeng yang melibatkan hewan kijang dengan kecepatan larinya yang tinggi dan kaki serta lehernya yang menjulang saat berlari. Namun ternyata, kijang juga memiliki kaki yang tahan lama dan kuat. Tidak hanya kuat berlari, namun juga kuat menendang atau menyepak ketika ia sedang marah atau dalam bahaya.

5. Tahan Di Iklim Dingin Maupun Panas


Source: sunbar

Hewan kijang memang luar biasa, tidak hanya fisiknya yang kuat dalam menghadapi ancaman bahaya luar, namun juga ketahanan tubuhnya yang mengagumkan dalam iklim dingin maupun panas sekalipun. Selama ini, dari berbagai cerita di berbagai media (film, video, dan lain-lain), mungkin kita hanya tahu kalau hewan kijang itu hanya bisa tahan di iklim dingin atau bersalju. Siapa sangka, kalau hewan dengan mata yang cantik ini dapat tahan di iklim panas atau gersang juga?

6. Siang Atau Malam Tidak Ada Masalah (No Problem)


Source: Gellinger

Luar biasa memang hewan yang indah dipandang satu ini. Selain tahan hidup di iklim panas maupun dingin, hewan kijang juga dapat bertahan di waktu siang maupun malam. Bahkan, mereka pun menerapkan semacam sistem shift dalam bekerja, sehingga beban kerja mereka berkurang, namun mereka tetap menjadi hewan yang produktif. Saat siang maupun malam, kekuatan hewan kijang sama sekali tidak berkurang, bahkan untuk hewan kijang yang lebih tua.

7. Semakin Tua Semakin Perkasa


Source: Alexas_Fotos

Kita dapat memetik pelajaran untuk tidak menilai apapun dari sampulnya dari hewan kijang. Ketika hewan maupun makhluk hidup lain semakin tua kekuatan dan panca inderanya makin merosot, yang terjadi pada hewan kijang justru sebaliknya. Kekuatan maupun kecepatan serta kegesitan hewan kijang semakin kuat dan gesit seiring dengan bertambahnya usia. Sudah begitu, usia yang semakin tua juga identik dengan pengalaman yang lebih, sehingga hewan kijang tua adalah guru yang baik bagi hewan kijang yang muda.

8. Memiliki Bulu Mata Yang Panjang


Source: hansbenn

Seringkali, kita hanya mengetahui kalau hewan kijang adalah hewan yang cantik, titik. Mengenai seberapa cantiknya, saya harus mengatakan kalau seringkali kita pun mengabaikannya. Padahal, ukuran cantik untuk tiap-tiap makhluk hidup itu berbeda-beda, termasuk untuk hewan kijang. Kalau menurut saya, karena mata mencerminkan karakter, kepribadian, dan kekuatan daya tarik hewan (sekaligus yang membuatnya terlihat cantik), kijang memiliki kekuatan di matanya, yakni bulu mata yang lentik, panjang, dan menarik, sekalipun itu adalah kijang jantan.

9. Bukan Pemenang Kontes Kecantikan Rimba


Source: Alexas_Fotos

Ini juga adalah fakta yang mencengangkan bagi sebagian besar di antara kita. Bagaimana bisa, hewan kijang yang identik dengan hewan cantik dan kulit yang indah, ternyata tidak menjadi pemenang kontes kecantikan di dunia rimba? Kalau begitu, siapa pemenangnya? Kita mungkin akan berpikir singa, karena mereka adalah raja hutan dan karenanya mereka layak memenangkan kontes kecantikan rimba. Namun, saya juga harus mengatakan, kalau kontes kecantikan rimba itu tidak pernah ada. Jadi, hewan kijang tidak pernah menjadi pemenang di hutan, demikian pula dengan hewan lainnya.

10. Identik Dengan Kerapuhan


Source: vieleineinerhuelle

Banyak di antara kita yang cenderung mengingat mengenai kulit kijang yang eksotis kalau mendengar hal-hal mengenai hewan kijang. Padahal, di balik kulitnya yang eksotis tersebut, tersimpan rahasia berupa kelembutan. Bukan kelembutan hati, karena saya sendiri belum pernah melihat hewan kijang menampakkan emosi seperti hewan-hewan lainnya (sapi, misalnya). Alih-alih, hewan kijang adalah hewan yang lembut dan rapuh untuk disentuh. Karena itu, bagi para pengunjung yang mengunjungi hewan kijang dan bermaksud memegang, sebaiknya lakukanlah dengan lembut.

11. Hewan Buruan Sejak Jaman Purba


Source: glynn424

Kita mengenal hewan kijang sebagai hewan buruan, di mana masa kini, orang-orang memburu hewan kijang untuk kulitnya yang dapat dijadikan dasar untuk berbagai macam fashion item yang ada. Kita pun tahu kalau kulit kijang pada aksesoris fashion apapun dapat membuat orang makin terlihat modis dan percaya diri. Namun, natur perburuan hewan kijang adalah kembali pada jaman purba, di mana saat itu, hewan kijang diburu untuk dimakan dagingnya. Selain itu, pada jaman purba, hewan kijang menjadi salah satu hewan buruan paling populer.

12. Tanduknya Lebih Menyehatkan Dari Bagian Tubuh Lainnya


Source: skeeze

Kalau kita berpikir mengenai hewan buruan, pikiran kita pada umumnya mengarah mengenai daging hewan tersebut yang lezat saat dimasak dengan cara apapun yang kita pikirkan. Namun, hewan kijang merupakan hewan buruan yang unik, lain dari hewan buruan yang lain. Kalau hewan buruan yang lain cenderung memiliki “daya tarik” pada dagingnya yang kenyal atau lezat, hewan kijang justru enak pada bagian tanduknya. Tanduk hewan kijang dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit terminal yang mungkin tidak dapat diobati secara medis secara cepat, instan, namun juga alami.

13. Hewan Yang Menjunjung Tinggi Privasi


Source: Kdsphotos

Kalau kita mengaitkan kata sifat yang melekat pada hewan kijang, yakni cantik, populer, dan gesit, mungkin kita akan berpikir kalau hewan satu ini adalah hewan yang sosial dan suka berkumpul dengan hewan-hewan kijang lainnya dalam hampir setiap aktivitas yang mereka lakukan. Ternyata, hewan kijang berkebalikan dari itu semua. Hewan kijang ini adalah hewan yang menjunjung tinggi privasi, di mana dalam hampir setiap aktivitas mereka, mereka hampir selalu menyendiri. Apalagi hewan kijang yang ada di tempat-tempat bersalju.

14. Mereka Membutuhkan Air Dari Sungai


Source: AnjaStreng

Meskipun hewan kijang cenderung hidup di lingkungan daratan, hewan kijang tetaplah hewan yang membutuhkan air. Biasanya, hewan kijang minum air dari sungai, terutama jika hewan kijang tersebut hidup di daerah hutan. Jangan salah, kebutuhan air mereka juga tidak kalah dengan manusia. Kalau kebutuhan air hewan kijang tidak dipenuhi, mereka akan kehausan yang pada akhirnya akan membuat mereka semakin tidak berdaya.

15. Dapat Ditemui Di Indonesia


Source: a_rabin

Sebagian kita akan kaget kalau saya berkata hewan kijang yang luar biasa ini dapat kita temui di banyak kebun binatang di Indonesia. Fakta yang mencengangkan lagi mengenai hewan kijang adalah, sejauh yang saya ketahui dari berbagai kebun binatang di seluruh Indonesia, hewan kijang adalah salah satu hewan yang paling terawat. Di antara semua hewan yang ada, kijang mendapat perawatan dan makan yang lebih. Maka, kita pun dapat melihat kijang langsung dari negara kita.

Demikianlah 15 fakta yang mungkin tidak Anda ketahui tentang hewan kijang sebelumnya. Mudah-mudahan setelah ini, kita tidak hanya sekedar tahu kalau hewan kijang adalah hewan yang cantik dan butuh perhatian orang sekitarnya, namun juga memiliki beberapa rahasia berupa fakta, di mana saya telah mengungkapkan 15 di antaranya pada artikel ini. Selain itu, saya juga mengharapkan artikel ini dapat menolong Anda sekalian untuk lebih mengenal soal hewan kijang.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Knowledge, Lifestyle