15 Fakta Hewan Ternak Yang Perlu Anda Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: DominikSchraudolf

Beberapa di antara kita memiliki pikiran yang demikian simple apabila ada yang mengatakan mengenai hewan ternak, yakni berpikir kalau hewan ternak itu hanya “hewan” saja. Singkat kata, hanya berhenti sampai pada kategorinya saja dan malas berpikir lebih jauh tentangnya. Karena kemalasan adalah penyakit yang tidak ada obatnya, kita sendiri yang harus menghilangkan kemalasan dalam belajar. Mari, kita hilangkan kemalasan kita untuk belajar mengenai hewan ternak pada artikel yang memuat mengenai 15 fakta mengenai hewan ternak ini:

1. Ukuran Kecil Dan Besarnya Hewan Ternak Itu Relatif


Source: vickypawprince

Beberapa di antara kita sudah mengerti mengenai berbagai macam hewan ternak yang ada, namun beberapa di antara kita juga masih belum paham kalau hewan ternak itu tidak hanya besar, namun juga ada hewan-hewan ternak yang berukuran kecil. Demikian juga dengan hasil ternaknya, hewan ternak berukuran besar belum tentu selamanya menghasilkan hasil ternakan berukuran sebesar badannya, dan sebaliknya hewan ternak yang kecil tidak selalu menghasilkan yang kecil.

2. Terdiri Atas Hewan Bertelur Dan Beranak


Source: Pixel-mixer

Pada intinya, ternak adalah menghasilkan sesuatu yang baru dari seekor induk. Dalam menghasilkan “sesuatu yang baru” ini, tidak ada batasan apakah hewan ternak harus bertelur atau beranak. Faktanya, separuh dari hewan ternak adalah hewan-hewan yang bertelur, dan separuh sisanya adalah hewan-hewan ternak yang beranak. Ada juga hewan ternak yang beranak, tapi hasil ternaknya bukan anak hewannya. Memang, soal bertelur dan beranak ini adalah hal yang unik dari hewan ternak.

3. Katanya Diciptakan Untuk Keuntungan Finansial


Source: PublicDomainPictures

Beberapa orang percaya hewan ternak adalah untuk mereka yang bermata pencaharian sebagai peternak, karenanya hewan ternak diciptakan sebagai sumber penghasil uang. Dalam kata lain, segala sesuatu yang berasal dari hewan ternak dianggap sebagai sesuatu yang harus menghasilkan uang. Jika tidak, hewan ternak itu tidak akan dipakai lagi dan diganti dengan hewan lain yang lebih menguntungkan.

4. Memiliki Nama Dan Tempat Sendiri-Sendiri


Source: Kolibrik

Dalam beberapa tempat peternakan, asing-masing hewan ternak memiliki nama dan tempatnya sendiri-sendiri yang sesuai dengan nama mereka. Kalau pemilik peternakan atau pekerja memanggil nama mereka, mereka akan secara otomatis tahu kalau namanya dipanggil dan mereka akan keluar dari tempat mereka. Ternyata, hewan ternak tidak kalah cerdasnya dibandingkan dengan hewan-hewan di negara lain, dan inilah yang seharusnya membuat kita takjub.

5. Diakui Dalam Akuntansi


Source: Robfoto

Meskipun tidak banyak yang mengetahuinya (karena memang pembahasan dan jurnal yang membahas jarang ada), akuntansi juga mengakui adanya hewan ternak. Hewan ternak dalam akuntansi dinamakan sebagai aset biologis, dengan klasifikasi akun yang sesuai dengan masing-masing spesies hewan ternak. Selain itu, kalau kalian belajar akuntansi di Perguruan Tinggi, kalian akan mengetahui lebih jauh mengenai pencatatan, perhitungan, pengakuan, penyajian, dan pelaporan aset biologis atau hewan ternak dalam akuntansi, di mana semuanya ini membuat bahasan akuntansi menjadi menyenangkan.

6. Mendapat Pertentangan Dari Kaum Aktivis


Source: Michael Vadon

Dalam beberapa dekade, pertentangan mengenai penggunaan hewan ternak tidak hanya berasal dari mereka yang tidak makan daging atau para kaum vegetarian-vegan, namun juga datang dari berbagai aktivis dengan fokus filantrofi sosial yang berbeda-beda. Namun dari sekian banyak pertentangan yang diajukan para aktivis terhadap penggunaan hewan ternak, alasannya selalu sama, yakni untuk kemanusiaan dan makhluk hidup supaya dapat hidup harmonis, saling berdampingan, dan tidak ada lagi simbiosis parasitisme antar makhluk hidup.

7. Di Satu Sisi, Hewan Ternak Telah Terbukti Membawa Kebaikan


Source: PublicDomainPictures

Perlu diingat di sini bahwa kebaikan tidak sama dengan keuntungan. Kalau keuntungan, kita sudah membahasnya pada poin sebelumnya, yakni ternak untuk mendatangkan hasil finansial yang dapat dinikmati sendiri atau hingga berbagai generasi ke bawah. Sementara itu, kebaikan lebih berfokus pada kesejahteraan manusia secara keseluruhan. Meskipun penggunaan hewan ternak mendapatkan banyak perlawanan dari generasi masa kini, kenyataannya hewan ternak telah berkontribusi nyata dalam membuat hidup manusia makin sejahtera dan bahagia.

8. Mereka Adalah Contoh Nyata Berbuat Kebaikan


Source: rhae

Sebelumnya, kita telah mengetahui hewan ternak yang dapat membawa kesejahteraan dan kebahagiaan pada umat manusia. Pada poin ini, saya memaparkan fakta mengenai hewan ternak yang mungkin akan terdengar menyakitkan bagi sebagian di antara kita. Bagaimana mungkin kita yang adalah manusia, ciptaan “tertinggi” di alam semesta, belajar kepada hewan? Kenyataannya, justru dari hewan ternaklah kita mengambil hikmat pelajaran untuk berbuat baik kepada sesama selagi kita bisa. Hewan ternak saja tahu berbuat baik, mengapa kita tidak?

9. Mereka Juga Hewan-Hewan Yang Cerdas


Source: WimdeGraaf

Kendati sebutannya adalah “hewan ternak”, yang identik dengan hewan sansak tinju atau hewan yang hanya pasrah saja ketika miliknya dirampas secara tidak bertanggung jawab oleh manusia, hewan-hewan ternak ini tidak boleh kita remehkan. Sebagai sesama makhluk hidup, mereka juga memiliki otak untuk berpikir. Tidak hanya itu, emosi juga yang membentuk mereka, sehingga mereka juga menjadi hewan-hewan yang cerdas secara emosional dan dapat berempati dengan hewan-hewan ternak lainnya. Wah, kita tidak boleh kalah, dong!

10. Mereka Ada Dalam Jajaran Perusahaan Besar


Source: photogrammer7

Di Indonesia, perusahaan-perusahaan dibagi menjadi berbagai macam industri yang bergerak di bidang yang berbeda-beda. Sejauh yang saya ketahui, perusahaan yang bergerak di bidang pakan ternak cenderung memiliki omzet atau ukuran yang besar. Karena itu, jangan remehkan hewan ternak, karena mereka juga ada dalam “jajaran” perusahaan besar.¬†Contohnya saja, Charoen Pokphand yang iklannya penuh dengan ayam, salah satu jenis hewan ternak yang ada di bumi.

11. Memiliki Makna Simbolis Yang Dalam


Source: hansbenn

Di beberapa negara, hewan ternak bukan hanya sekedar hewan ternak. Salah satu contoh yang kita kenal adalah di India, di mana di India, sapi (yang adalah salah satu dari hewan ternak yang ada di bumi) dianggap sebagai kendaraan Dewi Syiwa. Karena itu, orang-orang India haram mengonsumsi produk apapun yang mengandungi sapi. Selain itu, di Papua, Indonesia, kita mengenal babi, yang juga merupakan salah satu hewan ternak, sebagai hewan termahal yang paling dihargai dan disanjung tinggi, karenanya tidak sembarang orang boleh membawa babi ketika berkunjung ke Papua.

12. Di Sisi Yang Lain, Mereka Juga Bukan Sepenuhnya Dewa


Source: arnolgs

Ingat-ingat, hewan dan manusia adalah ciptaan. Natur ciptaan adalah selalu di bawah Sang Penciptanya, demikian pula segala sesuatu yang mereka lakukan selalu di bawah kendali Sang Pencipta. Karena itu, hewan ternak tidak akan pernah menjadi dewa selama-lamanya, meskipun seluruh orang dalam suatu wilayah mengakui mereka sebagai titisan dewa. Juga mereka tidak akan pernah menjadi simbol-simbol yang menakutkan, karena itu sudah keluar dari natur mereka sebagai ciptaan.

13. Merupakan Salah Satu Topik Yang Paling Menarik


Source: NikolayFrolochkin

Biasanya, ilmu alam atau eksakta selalu berkaitan dengan hitung-hitungan matematika yang tidak ada menarik-menariknya sama sekali. Namun ternyata, hewan ternak yang erat hubungannya dengan ilmu eksakta dapat menjadi topik diskusi yang menarik. Bukan hanya seputar lingkungan hidup saja topik diskusi yang dapat dicakup oleh topik hewan ternak, namun juga dapat merembet ke topik-topik lain yang lebih menarik seperti susu yang diminum oleh bayi atau pertumbuhan jumlah bayi di suatu negara. Hebatnya lagi, semua topik itu bisa saling menyambung.

14. Mereka Adalah Makhluk Hidup


Source: yyybash

Mungkin fakta satu ini terdengar klise bagi sebagian di antara kita, namun siapa sangka dan disadari atau tidak, kita sendiri juga sering mengabaikan fakta penting mengenai hewan ternak satu ini. Bagaimanapun juga, mereka sama seperti kita, yakni makhluk hidup dengan segala kebutuhan fisik dan emosional yang kurang lebih sama dengan kita. Kegagalan kita untuk memahami hewan ternak sebagai sesama makhluk hidup adalah kepercayaan diri yang berlebihan, mentang-mentang manusia adalah ciptaan tertinggi di alam semesta, kemudian merasa ciptaan lain tidak sama tingginya, akhirnya hanya menganggap sesama manusia-lah makhluk hidup.

15. Mereka Membutuhkan Kasih Sayang


Source: smellypumpy

Ini adalah fakta yang paling susah dihindari sekaligus dapat membuat hati siapapun terenyuh. Kerap kali, kita mengaku telah menunjukkan kasih terhadap sesama makhluk hidup, namun menolak untuk disadarkan kalau cara kita dalam mengasihi sama sekali salah. Itulah saat-saat di mana ada gap antara apa yang menurut kita sesama manusia adalah kasih dengan apa yang menurut mereka adalah kasih. Sayangnya, hal ini hanya dapat dipahami ketika kita telah lama terjun di dunia mereka, para hewan ternak yang membutuhkan kasih sayang kita.

Itulah 15 fakta yang dapat saya sampaikan mengenai hewan ternak yang perlu Anda ketahui. Beberapa fakta di antaranya mungkin sudah sering kita dengar, namun saya mengulanginya karena fakta-fakta ini penting, namun tidak sedikit yang seringkali kita langgar atau lalaikan. Karena itu, dengan adanya artikel mengenai 15 fakta hewan ternak yang perlu Anda ketahui ini, kita dapat mengingat-ingat apa saja yang harus kita lakukan kepada para hewan ternak sekaligus yang harus kita hindari, agar ini semua dapat membawa keuntungan bagi masa depan kita.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Gaya Hidup, Pengetahuan