10 Makanan Tradisional Indonesia yang Paling Sedap untuk Dikudap

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Thomas Depenbusch

Indonesia yang kaya akan hasil-hasil alam berupa aneka rempah dan bumbu juga memiliki beragam  makanan tradisional yang khas dari masing-masing daerahnya. Kekayaan boga ini menjadi sumber petualangan yang selalu diburu para penikmat wisata kuliner, yang tentunya akan dimanjakan oleh perpaduan cita rasa nusantara yang menggugah selera. Nah, dari antara ribuan hidangan khas Indonesia yang ada, berikut adalah sepuluh makanan tradisional yang paling sedap untuk dikudap di segala suasana:

1. Nasi Goreng


Source: Jeffreyw

Nasi goreng mungkin merupakan makanan Indonesia yang paling lumrah ditemukan di mana-mana, bahkan hingga merambah ke mancanegara. Proses pembuatannya sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama, serta mudah dicocokkan dengan lidah semua orang karena dapat  dapat dimodifikasi sesuai selera, misalnya dengan menambahkan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti telur, sosis, irisan daging ayam, dan sayuran.

2. Pempek

Jajanan khas Palembang ini sangat terkenal dan banyak digemari di mana-mana, berkat rasa ikan tenggirinya yang lezat. Pempek dibuat dalam berbagai bentuk (kapal selam, lenjer, adaan, dan sebagainya) dan dinikmati dengan saus cuka yang pedas serta irisan timun yang segar. Taburan ebi halus terkadang ditambahkan untuk menambahkan keharumannya yang menerbitkan air liur.

3. Gado-gado


Source: Alpha

Salad khas Indonesia ini terdiri dari bermacam-macam sayur (kol, kacang panjang, tauge, dan lain-lain) yang direbus dan dilengkapi dengan irisan kentang, tempe, dan tahu yang dibumbui dengan saus kacang dan dinikmati bersama kerupuk atau emping. Biasanya disajikan sebagai makanan pembuka atau hidangan pendamping nasi.

4. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jawa Tengah dengan rasa manisnya yang khas. Isinya terdiri dari nangka muda yang dididihkan dengan santan selama berjam-jam dan biasanya dihidangkan dengan krecek, pindang telur, dan sambal goreng. Jika Anda berkunjung ke kota Yogyakarta, jangan lupa menikmati lesehan gudeg di jalan Malioboro yang tersohor itu.

5. Rendang

Makanan yang berasal dari Padang ini amat tersohor dengan rasa gurih dan pedasnya yang bakal membuat mulut ketagihan. Rendang biasanya terbuat dari daging sapi yang diolah dengan berbagai rempah-rempah dan digodok dengan santan selama berjam-jam hingga dagingnya empuk.

6. Batagor

Batagor, yang biasa dinikmati bersama-sama dengan rebusan kentang, siomay, kol, dan siraman saus kacang dan tetesan jeruk limau yang segar ini merupakan kudapan favorit yang berasal dari Bandung. Cocok dinikmati dengan sebotol teh manis segar di sore hari.

7. Lontong Cap Gomeh


Source: Alpha 

Saus kari lontong cap gomeh ini selalu berhasil menggoyang lidah penikmatnya, dengan keharuman serai dan santan yang terserap dalam irisan-irisan daging ayam yang lembut, labu hijau yang segar, dan juga telur rebus berwarna kemerahan dari taburan bubuk cabai yang pedas dan lezat.

8. Nasi Kuning


Source: Edsel Little 

Warna kuning hidangan ini berasal dari kunyit yang merupakan salah satu bumbu utamanya, selain daun salam yang harum dan santan kelapa yang membuat rasanya gurih, dipadukan dengan beragam masakan lainnya seperti orek tempe, telur dadar, dan oseng ati ampela.

9. Sate Ayam


Source: daisukeimaizumi 

Makanan khas Indonesia ini mudah didapatkan di mana-mana, dan cocok untuk santapan siang maupun malam. Irisan daging ayam yang dijejerkan di atas tusuk lidi dan kemudian dibakar dengan arang ini cocok dinikmati dengan lontong dan bumbu kacang dan kecap, lengkap dengan taburan bawang goreng di atasnya.

10. Mie Aceh


Source: Yasmina Haryono 

Mie Aceh sangat digemari oleh orang-orang penyuka makanan pedas. Mie ini berbentuk tebal dan berwarna kuning, biasanya dilengkapi dengan irisan daging sapi atau kambing dengan balutan bumbu kari yang lezat. Hidangan ini bisa disajikan dalam bentuk berkuah ataupun goreng tergantung selera, dan dilengkapi dengan irisan mentimun, bawang goreng, dan emping yang renyah.

Itulah sepuluh masakan khas Nusantara yang pasti membuat lidah kita bergoyang. Sudahkah Anda mencicipi semuanya?

Selamat bersantap!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Makanan