15 Fakta Bulan Agustus Yang Mungkin Tidak Pernah Kamu Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Mr Lebies

Bulan agustus adalah bulan ketujuh dan bulan yang berada diantara juli serta September. Bulan ini juga merupakan bulan yang meriah di Indonesia karena dibulan ini kita merayakan hari kemerdekaan yang jatuh tepat pada tanggal 17 agustus. Diluar hal itu, seperti bulan lainnya, bulan agustus juga memiliki beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Apa saja fakta-fakta yang menyangkut bulan agustus? Simak ulasannya beruikut ini!

1. Asal Nama Bulan Agustus

Source: MikeBird

Tahukah kamu darimana kata agustus berasal? Bulan agustus diberi nama sesuai dengan kaisar pertama bangsa Romawi kuno yakni Caesar August. Bulan ini memang didedikasikan untuknya karena dibulan agustus, kaisar Romawi ini mendapatkan kemenangan dan kejayaan besar terutama dalam peperangan. Caesar August sendiri adalah kaisar atau raja pertama bangsa Romawi yang memerintah sejak tahun ke 27 sebelum masehi hingga akhir masa hayatnya yakni tahun ke 14 sebelum masehi.

2. Bulan Keenam Bangsa Romawi Kuno

Source: PeteLinforth

Dalam sejarah bangsa Romawi, bulan agustus adalah bulan keenam dan dahulu mereka menyebut bulan ini dengan sebutan sextilis atau bulan keenam. Hal ini dikarenakan pada saat itu bulan januari dan februari yang merupakan musim dingin tidak dianggap sebagai bulan dan bulan maret adalah bulan pertama dalam kalender mereka. Tadinya bulan agustus hanya memiliki 30 hari kemudian ditambahkan satu lagi agar sama dengan bulan juli yang didedikasikan untuk kaisar Romawi lainnya yakni Julius Caesar.

3. Bulan Terakhir Musim Dingin Dan Musim Panas

Source: Der_typ_von_nebenan

Di bulan agustus musim panas akan segera berahir dibelahan bumi bagian utara dan diwaktu yang sama musim dingin akan segera berahir dibelahan bumi bagian selatan. Seperti yang kita tahu, bulan agustus adalah bulan ketiga musim panas dan juga bulan ketiga musim dingin dibelahan bumi yang berbeda. Perbedaan musim ini tentunya tidak dialami oleh mereka yang tinggal didaerah beriklim tropis atau yang berada didaerah khatulistiwa seperti Indonesia.

4. Bulan Panen

Source: Congerdesign

Bulan agustus yang merupakan bulan ketiga musim panas adalah bulan panen dibeberapa negara khususnya dinegara empat musim seperti Eropa dan Amerika. Dibulan ini, masyarakat disana melakukan panen besar sebelum memasuki musim selanjutnya yakni musim gugur. Berbeda dengan negara kita yang bisa panen sepanjang tahun, negara empat musim hanya memiliki waktu yang pendek untuk menanam dikarenakan perbedaan musim dan suhu.

5. Weed Month

Source: Seaforever87

Bangsa Anglo saxon yang mendiami wilayah Inggris raya atau Great Britain menyebut bulan ini dengan nama weed monath atau bulan ilalang atau tanaman liar. Disebut demikian karena dibulan ini tanaman liar atau ilalang tumbuh sangat subur ditanah atau lahan pertanian sehingga mereka harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyiangi tanaman tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya di sawah atau kebun mereka.

6. Angka Kelahiran Tertinggi

Source: FeeLoona

Menurut data statistik, bulan agustus adalah bulan dengan angka kelahiran tertinggi didunia termasuk di Amerika Serikat. Bayi yang lahir dibulan ini lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya dalam satu tahun. Entah mengapa tapi sepertinya hal ini juga terjadi di Indonesia, lihat saja fakta bahwa banyak orang yang berulang tahun dibulan ini! Apakah kamu termasuk diantara mereka yang merayakan ulang tahun dibulan agustus?

7. Nama Yang Dilarang Di Islandia

Source: Reneboinski

Mungkin kamu yang tinggal di Indonesia sudah familiar dengan nama agus atau agustina yang diberikan kepada mereka yang lahir dibulan agustus. Tapi tahukah kamu bahwa nama august adalah salah satu nama yang dilarang untuk diberikan kepada bayi yang lahir di Islandia. Pada tahun 2009, komite pemerintahan di Islandia menyatakan bahwa nama August tidak tepat diberikan kepada anak-anak hingga akhirnya nama tersebut dilarang disana.

8. Peringatan Kemerdekaan

Source: Arhnue

Bulan agustus adalah peringatan kemerdekaan di Indonesia dan dibulan ini segalanya akan dihias dengan tema merah putih. Tak hanya Indonesia saja lho yang merayakan kemerdekaan atau hari jadi negaranya dibulan ini. Ada sekitar 21 negara lain didunia yang juga merayakan kemerdekaannya dibulan ini termasuk  afganistan, Bahrain, India, Pantai Gading, Korea Selatan, Jamaika, Malaysia, Pakistan, Singapura, Ekuador, Burkina Faso dan lain sebagainya.

9. Zodiak Leo Dan Virgo

Source: MiraDeShazar

Dalam ilmu perbintangan atau astrologi, mereka yang lahir dibulan agustus dinaungi bintang atau zodiak Leo (23 Juli- 23 Agustus) dan zodiac virgo (24 Agustus – 22 September). Orang yang memiliki zodiak leo biasanya memiliki sifat suka memimpin, penuh kehormatan, dermawan, murah hati namun sedikit arogan atau congkak. Sedangkan mereka yang lahir dan dinaungi bintang virgo cenderung memiliki sifat praktis, suka menganalisis, logis, berkepala dingin, rajin dan sederhana. Apakah sifat tersebut sesuai dengan kamu yang memiliki bintang tersebut?

10. Elvis Presley

Source: WikiImages

Siapa yang tak kenal dengan penyanyi legendaris asal Amerika yang satu ini? Penyanyi dan actor yang dijuluki sebagai raja rock and roll dan terkenal dengan lagunya seperti Cant help falling in love ini menutup usianya dibulan agustus tepatnya pada tanggal 16 agustus tahun 1977 di kota Memphis, Tenessee Amerika Serikat. Meski beberapa pihak menganggap Elvis meninggal karena pengaruh obat-obatan, pihak medis menyatakan bahwa Elvis meninggal karena serangan jantung.

11. Meletusnya Gunung Vesuvius

Source: Loome

Meletusnya gunung Vesuvius yang ada di Italia ditahun 79 masehi adalah salah satu letusan gunung berapi terbesar dan fenomenal di dataran Eropa. Letusan dan abu vulkanik dari gunung tersbeut bahkan menyebabkan meninggalnya 16.000 jiwa saat itu. Meski terjadi dizaman dahulu, letusan gunung Vesuvius ini tercatat sebagai letusan yang sangat parah hingga mengubur dan menghancurkan dua kota bagsa Romawi saat itu yakni Pompeii dan Herculaneum. Wah ngeri juga ya!

12. Batu Peridot Dan Sardonyx

Source: Snufkin

Jika bulan lain biasanya hanya memiliki satu batu kelahiran atau birthstone yang melambangkan bulan kelahiran seseorang, maka mereka yang lahir dibulan agustus memiliki dua batu mulia sebagai lambang kelahirannya yakni peridot dan sardonyx. Kedua jenis batu ini dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang lahir dibulan agustus sejak zaman dahulu. Sejumlah mitos bahkan menyebutkan kedua batuan tersebut memiliki keajaiban yang mampu menyembuhkan dan melindungi pemiliknya.

13. Bunga Poppy Dan Gladiol

Source: Couleur

Jika agustus memiliki birthstone berupa batuan peridot dan sardonyx, maka bulan ini juga memiliki bunga poppy dan gladiola cantik yang menjadi lambang kelahirannya atau yang dikenal dengan sebutan birthflower. Kedua jenis bunga yang memiliki banyak warna dan varian seperti merah, pink, kuning dan lainnya ini menjadi simbol kekuatan, integritas dan memori. Diantara kedua jenis bunga tersebut, mana yang kira-kira lebih kamu sukai Girls?

14. Tokoh Dan Selebriti Populer

Source: 271277

Sebagai bulan dengan angka kelahiran tertinggi, bulan agustus juga menjadi bulan kelahiran bagi beberapa selebritis dan tokoh ternama didunia. Sebut saja beberapa diantaranya yakni presiden Amerika  Barack Obama, selebritis Kylie Jenner, Helle Berry, Richard Gere, Macalau Culkyn, Jennifer Lawrence, Sean Connery, hingga manusia tercepat didunia atau pelari sprinter asal Jamaika, Usain Bolt. Kalau di Indonesia, artis mana yang lahir dibulan ini?

15. Bulan Persik

Source: Stevepb

Tahukah kamu bahwa bulan agustus adalah bulan buah persik atau buah peach di Amerika Serikat? Bulan ini diproklamirkan sebagai bulan buah persik sejak tahun 1982 dan dicanangkan sendiri oleh presiden Amerika saat itu yakni Ronald Reagan. Selama bulan agustus, masyarakat Amerika dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini dan memasukkannya dalam menu diet mereka sehari-hari. Di Indonesia sendiri buah ini tidak begitu populer dan jarang dikonsumsi masyarakat.

Itulah beberapa fakta tentang bulan agustus yang bisa kamu ketahui. Sekarang kamu pastinya sudah lebih banyak tahu tentang bulan yang satu ini, kan? “So welcome, the Glory august”

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle