10 Buah Paling Unik di Dunia

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Fanghong

Buah adalah sajian yang lazim dihadirkan di setiap rumah. Bagi kita ada buah yang nampaknya biasa saja tapi bagi masyarakat dunia ternyata sangat unik. Jika Anda penasaran, berikut ini adalah beberapa buah yang dianggap unik dan eksotis oleh masyarakat dunia:

1. Durian

Bagi kita orang Indonesia, durian bisa dibilang buah kebanggaan. Betapa tidak, buah ini memiliki reputasi sebagai buah yang unik. Beberapa orang membencinya karena bau dan rasanya yang kuat, tapi tidak sedikit juga yang menyukainya. Durian tidak hanya terkenal di Indonesia melainkan di seluruh Asia Tenggara. Kata ‘durian’ sendiri berasal dari Bahasa Melayu-Indonesia yang menggambarkan ciri fisik dari kulit buah yang harganya cukup mahal ini. Buah durian bisa memiliki panjang hingga 30 cm dengan berat mencapai 3 kilogram.

2. Buah Naga

Buah ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah yaitu Meksiko. Saat ini buah naga banyak juga dibudidayakan oleh negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah Naga memiliki penampakan luar berwarna pink tua dan kulitnya menyerupai sisik. Pohon buah naga termasuk dalam golongan kaktus. Terdapat dua macam buah naga yaitu yang dagingnya berwarna merah dan putih. Keduanya konon memiliki rasa yang berbeda. Buah yang dagingnya berwarna merah cenderung lebih manis.

3. Srikaya

Buat kita mungkin buah ini biasa saja ya. Tapi ternyata tidak banyak orang di dunia ini yang pernah melihat atau mengkonsumsi buah berwarna hijau ini. Kulit luarnya juga menyerupai sisik dan juga berasal dari Meksiko. Daging buahnya harum dan berwarna putih kekuningan. Buah ini mengandung karbohidrat yang sangat tinggi dan juga vitamin C. Ketika buah ini sudah matang, sisik-sisiknya mulai tampak pecah dan menunjukkan sedikit bagian dalam buahnya.

4. Belimbing

A post shared by 。 Z o e 。 (@zoewng) on

Buah ini berasal dari Indonesia, India, dan Sri Lanka. Dalam Bahasa Inggris disebut dengan star fruit karena jika dipotong secara horizontal akan menghasilkan potongan berbentuk bintang. Walaupun untuk kita buah ini umum ditemukan di halaman rumah, untuk masyarakat dunia buah ini tergolong eksotis. Rasa buah ini manis jika sudah matang dan warna kuning menyala. Ada salah satu macam belimbing yang disebut belimbing wuluh yang rasanya asam dan biasanya digunakan untuk memasak.

5. Kiwano

Nah buah yang satu ini mungkin tidak ada di Indonesia. Buah ini biasa disebut dengan melon bertanduk dan berasal dari Afrika. Sebenarnya buah ini termasuk dalam golongan timun-timunan. Dagingnya memang bisa dimakan, namun buah unik ini lebih sering digunakan sebagai dekorasi. Saat sudah matang bagian luarnya akan berwarna kuning-jingga dan dagingnya menyerupai jeli. Saat ini Kiwano sudah menyebar hingga Amerika Serikat, Chile, dan Selandia Baru.

6. Rambutan

A post shared by Abdul H (@chiziness) on

Satu lagi buah yang acap kali kita temukan di pohon depan rumah: rambutan. Bagi orang banyak, buah ini sangat unik dan eksotis karena kulit luarnya yang memiliki ‘rambut’. Buah yang juga menjadi kegemaran semut ini berwarna merah magenta saat ia sudah matang. Dagingnya memiliki tekstur menyerupai jeli, rasanya manis, dan memiliki kandungan air cukup tinggi. Biasanya rambutan yang baik adalah yang dagingnya tidak menempel pada bijinya sehingga mudah dimakan.

7. Ackee

A post shared by Spike (@ncrspike) on

Ackee adalah buah nasional dari Jamaika. Buah ini diimpor ke Jamaica dari Afrika Barat bersama dengan kapal yang membawa buruh sebelum tahun 1778. Sejak saat itu Ackee menjadi unggulan dalam kuliner wilayah Karibia dan juga dibudidayakan di negara tropis dan subtropis lain di berbagai belahan dunia. Daging dari Ackee tidak bisa dimakan seluruhnya. Hanya bangian dalam yang berwarna kuning yang bisa dimakan. Bagian yang berwarna merah sangat beracun sehingga Anda harus berhati-hati jika ingin mencoba buah ini.

8. Manggis

Manggis atau dalam Bahasa Inggris disebut Mangosteen juga sangat lumrah kita temukan di Indonesia. Buah ini aslinya berasal dari Thailand dan sering disebut “queen of fruits” karena bentuknya yang manis dan elegan. Tapi tentu bukan hanya bentuknya saja, daging buahnya pun manis jika mencapai kematanagn yang tepat. Buah ini banyak tumbuh di belahan bumi bagian selatan dan musimnya dimulai pada bulan Mei sampai September. Kulit manggis kini juga banyak diolah menjadi obat-obatan.

9. Buddha’s Hand

A post shared by cakunz1 (@cakunz1) on

Buddha’s Hand atau Tangan Buddha bentuknya memang menyerupai tangan dengan jari-jari yang banyak dan berwarna hijau. Sebenarnya buah ini masuk dalam golongan citrus sehingga bisa ditebak bahwa ia memiliki rasa yang asam. Apakah bisa dimakan? Ya dan tidak. Tidak banyak orang yang langsung memakannya begitu saja. Kebanyakan buah ini diolah menjadi minuman beralkohol atau digunakan sebagai campuran saat memasak. Ada juga beberapa orang yang meletakkannya di dalam ruangan sebagai pengharum.

10. Urucu

A post shared by Ana Rivas Briones (@anribri) on

Anda bisa menemukan tanaman Urucu hampir di semua rumah di pedesaan di pinggir Sungai Amazon. Tanamannya disebut Achiote dan menyerupai pohon kecil yang banyak tumbuh di daerah tropis Benua Amerika. Saat ini sudah ada beberapa negara di Asia Tenggara juga yang mengolahnya. Konon buah ini seringnya tidak dimakan tetapi dimanfaatkan sebagai sumber pewarna alami yang dihasilkan dari bagian dalam buah. Apakah Anda sudah pernah melihatnya di Indonesia?

Bagaimana? Cukup membanggakan juga ya, ternyata banyak dari daftar buah unik yang lazim kita jumpai di Indonesia. Walaupun begitu ada juga beberapa buah lain yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Apakah Anda pernah menjumpai atau makan buah-buahan unik yang lain?

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Makanan