10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Usia Kehamilan 10 Minggu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: nguyentungson

Kini organ janin semakin berkembang pesat di minggu ke-10 kehamilan. Jaringan dan organ janin kini berkembang sangat cepat di minggu ini. Calon ibu pun kerap mengalami kelelahan dengan bertambahnya ukuran janin dan rahim. Berikut ini beberapa hal yang perlu  Anda ketahui di usia kehamilan 10 minggu.

1. Janin kini sebesar buah prem


Source: larsoncoach

Di minggu ini janin akan menjadi sebesar buah prem, atau memiliki panjang sekitar 2,5 cm hingga 3,5 cm. Berat janin di minggu ke-10 ini akan mencapai 25 gram. Minggu ke-10 kehamilan ini merupakan awal dari periode fetal, yaitu periode kehamilan dimana jaringan dan organ janin akan berkembang dengan sangat cepat.

2. Perubahan fisik ibu hamil semakin jelas


Source: nguyentungson

Perubahan fisik ibu hamil akan mulai nampak di usia kehamilan 10 minggu. Dengan janin yang berkembang cepat, perut calon ibu akan mulai tampak membesar. Payudara calon ibu juga akan terlihat lebih besar dan mengencang. Meskipun belum disarankan memakai baju hamil, mungkin minggu ini saatnya Anda memakai pakaian yang lebih longgar, karena baju yang biasa Anda kenakan setiap harinya mulai terasa tak nyaman.

3. Waspadai infeksi saluran kemih


Source: redgular

Banyak wanita yang mengalami infeksi saluran kemih sewaktu hamil. Hal ini dapat disebabkan karena tingginya kadar hormon progesteron pada ibu hamil, yang dapat memicu berkembangnya bakteri di saluran kemih. Gejala awal adanya infeksi pada saluran kemih antara lain timbulnya rasa nyeri dan panas saat buang air kecil. Segera konsultasikan dengan dokter atau bidan jika Anda merasakan gejala ini.

4. Emosi calon ibu semakin tidak stabil


Source: vidallari

Salah satu efek dari perubahan sirkulasi hormon pada ibu hamil adalah emosi yang semakin tidak stabil. Emosi ibu hamil menjadi mudah berubah di minggu ini. Lakukan kegiatan ringan yang menyenangkan untuk mengatasi perubahan emosi ini. Berjalan-jalan atau rileks sambil membaca buku bacaan ringan dapat menjadi pilihan aktivitas Anda. Ingatlah untuk tetap menghindari aktivitas yang dapat membuat Anda kelelahan.

5. Cek kelainan janin sejak dini


Source: louda2455

Di minggu ini Anda mulai dapat melakukan beberapa tes untuk mengetahui apakah ada kelainan pada janin. Salah satunya adalah melakukan tes nuchal translucensy scan. Tanyakan kepada dokter Anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tes ini.  Tes ini dapat dilakukan untuk mengetahui apakah ada kelainan down syndrome pada bayi Anda.

6. Waspadai bacterial vaginosis


Source: trestletech

Bacterial vaginosis (BV) merupakan infeksi pada vagina yang disebabkan oleh bakteri. Gejalanya antara lain keputihan berbau tidak sedap yang kadang disertai rasa gatal dan perih di area vagina. Jika ibu hamil mengalami hal ini, segera komunikasikan dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. BV pada wanita hamil dapat membahayakan janin hingga dapat menyebabkan keguguran.

7. Konsumsi makanan sehat kaya serat


Source: jil111

Sebagian wanita hamil mengalami konstipasi atau susah buang air besar di minggu ke-10 kehamilan. Perhatikan asupan makanan Anda untuk menghindari hal ini. Pastikan Anda mengkonsumsi buah dan sayur dengan porsi yang cukup setiap harinya. Pilihlah roti yang mengandung whole grain. Perbanyak minum air putih dan jus. Tetap aktif beraktivitas juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

8. Tetap bugar dengan olahraga ringan


Source: xusenru

Olahraga ringan seperti berenang atau berjalan kaki dapat Anda lakukan di minggu ke-10 kehamilan ini. Anda juga dapat mencoba berjalan di dasar kolam renang. Olahraga ringan dapat menjaga tubuh Anda agar tetap fit, dan dapat melancarkan proses pencernaan. Selain itu, olahraga juga dapat memperbaiki emosi Anda yang naik turun di minggu ini. Ibu hamil juga akan beristirahat dengan lebih tenang setelah berolahraga.

9. Berhati-hati mengkonsumsi obat


Source: stevepb

Gejala mual, muntah, dan pusing masih dirasakan ibu hamil di minggu ini. Jika gejala ini dirasa berlebihan, ibu hamil dapat mengkonsumsi obat. Namn, sebelum mengkonsumsi obat apapun, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, termasuk  obat-obatan yang dijual bebas. Konsumsi obat yang kurang tepat atau dengan dosis yang berlebihan bisa membahayakan bagi janin anda yang sedang dalam masa pertumbuhan.

10. Dukungan keluarga sangat penting bagi calon ibu


Source: milapr23

Ibu hamil akan merasa lebih bahagia dan nyaman dengan adanya dukungan dari keluarga. Suami yang mendukung penuh kehamilan akan dapat membantu calon ibu dalam mengatasi gejala awal kehamilan yang kadang cukup melelahkan. Dukungan keluarga juga dapat mengurangi stress pada ibu hamil dan memperbaiki ketidakstabilan emosi. Ibu hamil yang sehat dan bahagia juga dapat menunjang pertumbuhan janin menjadi lebih optimal.

Kini masa-masa rentan di awal kehamilan Anda hampir terlewati. Pastikan ibu hamil tetap mengkonsumsi suplemen vitamin dan menghindari aktivitas yang terlalu berat untuk menjaga kondisi janin. Nantikan perkembangan yang menakjubkan di minggu-minggu berikutnya dari kehamilan Anda.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Pregnancy