10 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: EME

Memiliki tahi lalat kecil di bagian wajah tertentu, bisa membuat wajah tampak menarik. Namun ada juga tahi lalat yang membuat wajah jadi terlihat kurang menarik, apalagi jika tahi lalat itu adalah tahi lalat hidup yang terus membesar seiring pertambahan umur. Berikut akan diuraikan 10 obat penghilang tahi lalat yang berasal dari bahan-bahan alami yang aman bagi tubuh.

1. Bawang putih


Source: Quinn Dombrowski

Bawang putih merupakan bahan bumbu masakan yang bisa anda dapatkan dengan mudah disekitar anda. Bawang putih ini ternyata mengandung sulfur yang dapat membantu anda untuk menghilangkan tahi lalat.

Cara menggunakannya: haluskan satu siung bawang putih, hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta bawang putih pada tahi lalat secara merata. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin setelah 30 menit.

2. Sari cuka apel


Source: wicherek

Sari cuka apel (cinder) adalah cuka yang berasal fermentasi buah apel. Kandungan asam asetat yang tinggi pada  cuka apel ini memiliki khasiat untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker, dan dapat digunakan sebagai obat penghilang tahi lalat.

Cara menggunakan: oleskan cuka apel pada tahi lalat menggunakan cottonbud. Diamkan hingga cuka mengering. Sebaiknya bersihkan tahi lalat terlebih dahulu menggunakan air hangat, agar sari cuka apel lebih mudah terserap.

3. Nanas


Source: domeckopol

Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah kanker, serta dapat membantu menghilangkan tahi lalat.

Cara menggunakan: blender beberapa nanas, hingga menjadi jus nanas. Oleskan jus nanas pada tahi lalat secara merata. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin setelan 15 menit.

4. Brokoli


Source: Freepht

Brokoli atau kembang kol merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak serat, vitamin A, C dan E serta mampu mencegah dan mengobati kanker, ataupun tumor. Brokoli juga dapat digunakan sebagai obat penghilangkan tahi lalat yang aman.

Cara menggunakan: haluskan (blender) blokoli hingga menjadi pasta. Oleskan pasta brokoli pada tahi lalat secara merata. Diamkan hingga mengering, lalu bilas setelah beberapa jam.

5. Lidah buaya


Source: joanshannon

Lidah buaya dikenal khasiatnya sebagai penyubur rambut. Namun lidah buaya juga mengandung senyawa aktif yang dapat mengembalikan pigmen kulit. Sehingga dapat memudarkan warna hitam pada tahi lalat. Selain itu lidah buaya dapat melunakkan jaringan tahi lalat dan menggantinya dengan jaringan baru.

Cara menggunakan: oleskan gel/ daging buah lidah buaya pada tahi lalat. Diamkan hingga mengering. Bilas dengan air dingin setelah beberapa jam. Lakukan secara rutin setiap hari, untuk hasil yang lebih cepat.

6. Kapur Sirih


Source: Kevin Walsh

Kapur sirih merupakan endapan halus dari rendaman batu gamping. Pencampuran kapur sirih dengan sabun mandi bisa menghasilkan obat yang membantu menghilangkan tahi lalat. Namun bahan ini cukup keras, jadi perlu kehati-hatian dalam pengaplikasiannya.

Cara menggunakan: campurkan kapur sirih dengan sabun cair, aduk rata hingga berupa pasta. Oleskan pada tahi lalat, biarkan mengering lalu bilas dengan air dingin.

7. Minyak Jarak


Source: gokalpiscan

Minyak jarak mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sama seperti lidah buaya, minyak jarak dapat melunakkan tahi lalat dan memudarkan tampilannya secara perlahan-lahan.

Cara menggunakan: oleskan minyak jarak secara merata pada tahi lalat dengan menggunakan cotton bud. Diamkan selama beberapa jam, lalu bilas dengan air dingin. Namun hal ini tidak disarankan jika anda memiliki kulit berminyak.

8. Yodium


Source: Sam Fraser-Smith

Yodium dikenal sebagai antiseptic yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri pada luka. Yodium juga dapat menghilangkan tahi lalat. Yodium memicu kematian sel secara alami, yang kemudian diganti dengan sel baru.

Cara menggunakan: oleskan larutan yodium pada tahi lalat. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Gunakan larutan yodium yang encer, maksimal mengandung 5% yodium.

9. Madu


Source: stevepb

Sama seperti lidah buaya dan jarak, madu mengandung zat yang dapat melunakkan tahi lalat, dan mengurangi jaringan keratin yang mengeras dan menggantinya dengan jaringan baru yang lebih lunak. Sehingga lama-kelamaan tahi lalat akan menghilang.

Cara menggunakan: oleskan madu ke seluruh bagian tahi lalat secara merata. Diamkan hingga mengering. Cukup aman jika anda membiarkannya semalaman, dan membilasnya di pagi hari.

10. Kulit pisang


Source: ejaugsburg

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kulit pisang bermanfaat untuk kesehatan kulit, serta mengandung banyak enzyme yang dapat membuat tahi lalat mengering, dan secara perlahan mengeluarkan lapisan tahi lalat dari kulit. Kulit pisang juga membantu memudarkan warna hitam pada tahi lalat.

Cara menggunakan: potong sebagian kecil kulit pisang, lalu tempelkan bagian dalam kulit pisang pada tahi lalat. Diamkan selama beberapa jam, anda dapat menggunakan plester untuk membantu menempelkannya.

Demikian sepuluh obat penghilang tahi lalat alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang mengganggu penampilan. Beberapa bahan seperti bawang putih, kapur sirih, cuka, nanas juga yodium cukup keras dan bisa menimbulkan iritasi kulit. Oleh karena itu oleskan pelembab/ lotion pada kulit di sekitar tahi lalat sebelum mengaplikasikan bahan-bahan tersebut. Semoga bermanfaat!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health