10 Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Bigtreegroup

Buah kelengkeng mungkin tak asing bagi kamu. Buah yang cukup mudah ditemui di toko buah atau bahkan pohonnya tumbuh di sekitar rumah kamu. Buah kelengkeng memang buah yang cukup manis sehingga dapat dimakan langsung atau ditambahkan ke dalam minuman koktail. Buah yang punya nama lain mata kucing atau mata naga ini ternyata memiliki cukup banyak manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut 10 manfaat buah kelengkeng yang dapat kamu simak:

1. Dapat digunakan sebagai anti depresan

Source: Ben Seidelman

Bagi kamu yang sering menderita stress karena tuntutan pekerjaan yang memang tiada habisnya, kamu dapat memakan buah kelengkeng untuk mengatasinya. Kamu dapat membuat ramuan dari buah kelengkeng dan gula pasir. Cukup didihkan 500 gram kelengkeng dan 500 gram gula pasir dengan air secukupnya hingga kental. Untuk pengobatan antidpresan, kamu cukup meminum ramuan tadi dengan takaran satu sendok setiap hari.

2. Mengobati insomnia

Source: Antara

Insomnia merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami susah tidur. Penyebab dari insomnia cukup banyak, dapat dikarenakan stress, banyak pekerjaan atau penyebab lainnya. Kamu hanya perlu mengkonsumsi buah kelengkeng secara rutin untuk mengatasinya. Setelah rutin mengkonsumsi buah kelengkeng maka kamu akan mendapatkan tidur yang lebih optimal dan rasa capek setelah bekerja seharian pun akirnya hilang.

3. Membantu menjaga kesehatan mata

Source: Lorraine.

Riboflavin adalah salah satu zat yang terkandung dalam buah kelengkeng. Riboflavin sendiri sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan zat riboflavin dapat menyebabkan kemungkinan resiko terkena gangguan mata seperti penyakit katarak. Untuk 3,5 ons buah kelengkeng mengandung 0,14 mg riboflavin. Tentunya kandungan riboflavin yang terdapat dalam buah kelengkeng mampu membantu memenuhi kebutuhan riboflavin harian sehingga mata kita tetap sehat selalu.

4. Mengatasi anemia

Source: Alexander Lyubavin

Anemia atau banyak yang menyebutnya sebagai penyakit kurang darah dapat membuatmu merasa cukup lemas dan malas untuk beraktifitas. Mengkonsumsi buah kelengkeng dapat memberikan manfaat mencegah anemia. Buah kelengkeng dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh serta meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Dengan cara kerja yang demikian akan membuat penyakit anemia semakin menjauhimu.

5. Dapat membantu mencegah terkena flu dan demam

Source: T.J. Lentz

Flu merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Banyaknya varian viarus yang dapat menyebabkan flu membuat tubuh kita juga dengan mudah terkena flu jika daya tahan tubuh kita sedang menurun. Kandungan vitamin C dalam buah kelengkeng dapat membantu sistem imun tubuh kita untuk mencegah terkena flu yang memang biasanya dimulai dengan demam.

6. Membantu program diet

Source: mojzagrebinfo

Bagi kamu yang selalu menjaga berat badan dengan diet sehat, buah kelengkeng dapat menjadi teman setia bagi kamu dalam menjalanai diet. Jumlah lemak dan kalori yang terdapat pada buah kelengkeng cukup rendah. Satu mangkuk buah kelengkeng hanya mengandung 35 kalori. Tentu besarnya kalori yang terkandung dalam buah kelengkeng ini dapat menjadikannya sebagai cemilan sehat untuk tetap memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuhmu selama berdiet.

7. Sebagai sumber energi

Source: Shawn Perez

Buah kelengkeng yang memiliki kadar kalori yang cukup rendah memang cocok untuk berdiet. Tapi yang perlu kamu ketahui, ternyata buah ini juga mengandung karbohidrat komplek. Karbohidrat komplek dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi sehingga stamina kita tetap senantiasa terjaga. Tentu untuk mendapatkan karbohidrat  kompleks tersebut kita harus mengkonsumsi buah kelengkeng terlebih dahulu.

8. Mengobati luka bakar

Source: BruceEmmerling

Sering berada didapur terkadang bisa memberikan kita luka bakar. Kamu juga dapat mengobati luka bakar dengan buah kelengkeng. Bagian yang kamu perlukan adalah kulit dari buah kelengkeng. Kamu cukup membakar kulit kelengkeng hingga menjadi arang lalu menumbuk halus kulit kelengkeng yang sudah jadi arang tersebut. Campurkan dengan minyak tung dan oleskan pada luka bakarmu.

9. Mengatasi kulit yang gatal

Source: Elizabeth M

Jika kamu memiliki masalah kulit yang gatal dan rasa gatal tersebut seolah tak mau pergi maka buah kelengkeng dapat menjadi jawaban dari masalahmu. Yang kamu perlukan dari buah kelengkeng hanyalah bijinya. Kamu dapat mengsangrai biji buah kelengkeng hingga kering. Setelah itu kamu tumbuk hingga halus. Tumbukan yang sudah halus dapat kamu bubuhkan langsung pada kulitmu yang mengalami gatal-gatal. Ulangi dengan rutin maka kulitmu yang gatal akan segera sembuh.

10. Membantu menaga kesehatan rambut.

Source: martinak15

Rambut yang indah tentu harus bersih. Karenanya sangat penting untuk keramas secara teratur dengan sampo yang memang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepalamu. Tapi tahukah kamu, kalau salah satu zat yang terkandung di dalam buah kelengkeng yakni zat saponin merupakan salah satu bahan dasar pembuatan sampo yang dapat memberikan manfaat dapat memperindah rambut kamu.

Selain enak, buah kelengkeng ternyata cukup banyak manfaatnya. Jadi jangan ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi buah kelengkeng.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan, Kesehatan