15 Jenis Bentuk, Warna, Dan Aksesoris Pendamping Jilbab Terbaru Di Tahun 2017

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: zharif hussein

Ada yang mengatakan bahwa hijab atau jilbab adalah fashion yang paling cocok bagi wanita Islami, namun berdasarkan penglihatan saya mengenai pengertian dan pemakaian jilbab itu sendiri tidak hanya terbatas pada kaum Muslimah saja. Di tahun 2017 ini, berbagai jilbab terbaru telah muncul dalam jenis bentuk, warna, dan aksesoris yang berbeda-beda. Berikut ini adalah rincian jenis bentuk, warna, dan aksesoris pendamping jilbab terbaru yang umum kita jumpai di tahun 2017:

1. Jenis Bentuk: Jilbab Pashmina

Bentuk jilbab satu ini sebenarnya merupakan jilbab yang sempat booming di tahun 2004. Saat itu, saya bepergian menggunakan salah satu maskapai nasional yang paling terkenal dan menemukan ada kain pashmina serupa kain jilbab terbaru masa kini dijual di maskapai penerbangan. Model pramugari di majalah yang bersangkutan pun ada yang memakai kain pashmina sebagai jilbab. Di tahun 2017, model bentuk pashmina ini menjadi salah satu tren jilbab terbaru, yang akan saya bahas pada artikel yang berbeda.

2. Jenis Bentuk: Jilbab Paris


Source: herman yahaya

Paris, kota yang terkenal dengan kecantikan dan keeleganannya, dalam beberapa tahun ini telah banyak menginspirasi dunia dengan berbagai macam tren mode terkini, termasuk dalam hal jilbab. Salah satu negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di seluruh dunia ini telah membuat berbagai gebrakan dalam hal jenis bentuk jilbab terbaru di tahun 2017 maupun cara memakainya, sehingga hingga hari ini kita dapat melihat banyak wanita Indonesia yang memakai jilbab paris sebagai salah satu jenis bentuk jilbab terbaru di tahun 2017.

3. Jenis Bentuk: Jilbab Syar’i


Source: ObeyGravity

Meskipun namanya identik dengan Muslim (Syar’i berarti sesuai dengan prinsip Islam), nyatanya orang-orang Nasrani dan Katolik pun senang memakai jilbab model ini. Ini adalah jenis bentuk jilbab yang sifat modenya sepanjang masa, mulai dari abad-abad awal sesudah Masehi hingga sekarang, kita sering melihat model bentuk jilbab ini dipakai di seluruh belahan dunia. Jilbab ini selalu merupakan jilbab terbaru, bahkan di tahun 2017 ini.

4. Jenis Bentuk: Jilbab “Segi”


Source: helya

Yang saya maksudkan dengan jilbab “segi” adalah jilbab “segitiga” dan jilbab “segiempat”. Seperti namanya, jilbab segitiga dan segiempat adalah jilbab atau kerudung wanita apapun yang ketika wanita tersebut menampakkan sisi belakangnya, kita akan melihat ujungnya yang berbentuk segitiga atau segiempat. Alternatifnya, ketika orang tersebut menghadap depan, kita pun juga dapat melihat dengan jelas sisi “V” yang melambangkan segitiga maupun kotak yang melambangkan segiempat. Ini juga merupakan jilbab terbaru di tahun 2017.

5. Jenis Bentuk: Jilbab “Tumpuk”


Source: helya

Tahun 2017 adalah tahun yang identik dengan kreasi dan inovasi tanpa batas dalam nyaris segala hal, termasuk dalam mode jilbab. Jenis bentuk jilbab pun tidak hanya lurus-lurus saja seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Sebagai gantinya, kita pun melihat berbagai macam bentuk jilbab terbaru yang dimodifikasi, salah satunya adalah jilbab “tumpuk”. Adapun “tumpuk” yang dimaksud bisa merupakan “tumpuk bahan”, yang berarti terbuat dari 2 atau lebih bahan yang berbeda, atau juga dapat merupakan “tumpuk warna” yang akan saya jelaskan pada poin-poin berikutnya. Selain itu, “tumpuk” juga dapat berarti kesan yang ditimbulkan bentuk jilbab itu sendiri tumpuk-tumpuk (membuat badan menjadi lebih penuh).

6. Warna: Putih


Source: amrufm

Warna jilbab ini juga merupakan warna jilbab yang selamanya menjadi jilbab terbaru, termasuk pada tahun 2017. Dalam Islam, warna jilbab yang putih seringkali dikombinasikan dengan pakaian yang serba putih dan tertutup pula, dan biasanya dipakai ketika sedang sholat. Namun, beberapa agama lain selain Islam juga menggunakan warna jilbab putih. Mereka yang beragama Katolik memakai warna putih terlebih dahulu, baru dalam tahun 2017 ini, saya melihat beberapa rekan Nasrani yang menggunakan jilbab berwarna putih saat pentas drama.

7. Warna: Kelompok Biru


Source: irfandz

Selain putih, warna kelompok biru juga merupakan warna jilbab terbaru atau terkini yang banyak dipakai orang-orang di tahun 2017. Adapun di antara kelompok biru yang ada, warna biru atau hijau tosca adalah yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang maupun selebgram (selebriti Instagram, red.). Dengan warna apapun dari kelompok biru muda, seorang wanita dapat terlihat lebih kalem dan lembut, apalagi jika dipadu dengan riasan wajah yang alami.

8. Warna: Merah


Source: andreas160578

Berdasarkan penglihatan saya, warna jilbab merah ini pun merupakan warna jilbab terbaru yang paling banyak dipakai para wanita di tahun 2017. Ada banyak jenis modifikasi corak atau pattern jilbab berwarna merah hari-hari ini, di mana yang paling sering dipakai adalah pattern kombinasi. Selain kombinasi, ada juga orang-orang tertentu yang suka mengkombinasikan gradasi merah, mulai dari yang paling menyala atau tua hingga muda atau sebaliknya. Warna merah pada jilbab terbaru menjadi pilihan bagi para wanita berjiwa pemberani.

9. Warna: Merah Muda


Source: banyu-waseso

Jilbab yang sesuai dengan syariah tidak hanya dilihat dari jenis bentuk atau modelnya saja, namun juga dari warnanya yang seharusnya mencerminkan sisi lembut perempuan. Karena merah muda identik dengan sisi feminin dan keibuan seorang wanita, warna ini juga menjadi salah satu warna jilbab terbaru di tahun 2017 yang dapat Anda semua para wanita pakai, terlepas dari agama atau kepercayaan yang Anda anut. Disarankan untuk menggunakan warna merah muda yang lebih muda, karena warna ini lebih dapat menekankan sisi feminin dan kelemahlembutan seorang wanita, selain itu juga tidak terlalu mencolok mata apabila dipakai.

10. Warna: Pelangi Atau Campuran Warna


Source: Azlan DuPree

Inilah warna “tabrak lari” yang saya ulas bentuknya pada poin sebelumnya. Bedanya, pada poin sebelumnya saya membahas mengenai bentuk jilbab “tumpuk” sebagai salah satu bentuk jilbab terbaru di tahun 2017, namun pada poin ini, saya lebih menekankan pada “tabrak lari” warna yang diciptakan dan ngetren pada tahun 2017 ini. Dapat terjadi pada satu atau lebih bahan jilbab yang menempel di kepala, warna pelangi dapat memunculkan kesan muda dan ceria bagi siapapun yang memakainya. Selain itu, perempuan muda biasanya lebih tertarik dengan warna pelangi yang lebih muda dan dihiasi oleh motif-motif lucu.

11. Aksesoris Pendamping: Jepit


Source: ImageParty

Fungsi jepit pada umumnya adalah untuk menahan beban jilbab supaya tidak turun. Tentu tidak lucu kalau saat jalan-jalan di tengah keramaian, ternyata jilbab yang susah payah dipasang sejak awal lepas. Akan lebih parah kalau hal tersebut terjadi pada acara-acara formal seperti pesta nikah atau wisuda. Pasti akan menimbulkan malu yang tidak dapat dideskripsikan dengan kata-kata. Untuk itu, berbagai jenis jepit yang anggun maupun lucu dapat Anda para wanita jadikan aksesoris pendamping jilbab, agar jilbab terbaru Anda di tahun 2017 ini tidak mudah lepas.

12. Aksesoris Pendamping: Pita Rambut


Source: LisaRedfern

Kebanyakan orang mengatakan pita rambut dan jepit merupakan dua hal yang sama, kenyataannya justru tidak demikian. Ketika jepit bentuknya paling mendekati peniti, pita rambut bentuknya lebih elastis dan dekoratif. Kalau dipikir-pikir, pita rambut ini seperti ikat rambut untuk rambut kuncir kuda. Anggap saja rambut yang melekat pada jilbab terbaru di tahun 2017 itu seperti rambut sungguhan. Kalau ingin kepala tetap terlihat bulat penuh, ada baiknya menggunakan pita rambut untuk membuat semacam sanggul pada jilbab. Hati-hati, jangan sampai jadi jilboobs!

13. Aksesoris Pendamping: Bandana

Bandana sebagai aksesoris pendamping jilbab berbagai macam bentuknya. Ada yang bentuknya seperti sorban, di mana bentuk bandana yang menyerupai sorban ini terinspirasi dari asal fashion jilbab itu sendiri yakni dari Timur Tengah. Supaya lebih modis, bandana-bandana sebagai aksesoris pendamping juga memiliki warna dan berbagai corak motifnya sendiri-sendiri yang disesuaikan dengan jenis bentuk dan warna jilbab terbaru di tahun 2017. Ada juga yang dipakai di atas, jadi mirip dengan bandananya Mickey atau Minnie Mouse. Kalau yang ini, biasanya perempuan-perempuan dengan usia lebih muda yang menyukainya.

14. Aksesoris Pendamping: Peniti


Source: LouAnna

Peniti sempat saya singgung pada bahasan di poin sebelumnya, di mana saya mengatakan kalau jepit mirip dengan peniti. Bedanya, jepit memiliki jepretan, sehingga dalam menjepit rambut perempuan yang lebih tebal mungkin akan kena semua yang dijepit, sementara butuh usaha ekstra supaya peniti tidak menyakiti kulit kepala. Karena itu agar tidak menyeramkan, peniti jilbab terbaru di tahun 2017 ditambahkan dekorasi-dekorasi yang menarik. Umumnya bunga tiruan dari kertas atau material lain menjadi pilihan dekorasi, karena dapat membuat penampilan wanita menjadi semakin wanita.

15. Aksesoris Pendamping: Bunga Sungguhan


Source: hansbenn

Beberapa wanita penggila fashion jilbab tidak tanggung-tanggung dalam memodifikasi aksesoris jilbab terbaru-nya di tahun 2017 sehingga terlihat modis namun juga berani mendobrak apa yang biasanya dikatakan oleh masyarakat. Tidak puas dengan bunga hiasan yang terlihat dibuat-buat dan tidak alami, wanita-wanita pemberani ini memilih bunga sungguhan untuk disandingkan bersama dengan jilbab terbaru-nya di tahun 2017. Ada yang disematkan di telinga, ada juga yang dijadikan semacam bordir di sekeliling jilbab. Hebat!

Demikianlah bentuk, warna, dan aksesoris pendamping jilbab terbaru di tahun 2017 yang dapat saya paparkan. Singkat cerita, bentuk, warna, maupun aksesoris pendamping merupakan elemen penting dari jilbab terbaru di tahun 2017, di mana semuanya harus Anda semua para wanita dan jilbab enthusiasts pertimbangkan. Apapun itu, perlu juga untuk diingat bahwa jilbab tidak harus untuk kaum Muslim, Anda yang Nasrani, Katolik, ataupun agama lain-lainnya tetap dapat memakai jilbab dengan tetap memperhatikan aturan-aturan yang ada.

Have fun with your hijab style!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Mode