10 Tips Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Betsy Jons

Sudah menjadi pandangan umum bahwa wanita dengan rambut panjang terlihat lebih anggun dan feminim. Sayangnya rambut panjang tidak bisa di dapatkan seketika anda menginginkannya, apalagi jika pertumbuhan rambut anda relative lambat. Namun beberapa tips di bawah ini bisa membantu anda memanjangkan rambut dengan cepat.

1. Gunting Rambut Secara Berkala


Source: Jody Morris

Terdengar ironis, bahwa pada kenyataannya mengunting rambut secara berkala merupakan cara penumbuh rambut cepat. Pangkaslah rambut anda setiap dua bulan sekali, minimal untuk memotong ujung-ujung rambut agar tidak bercabang. Juga untuk menghilangkan bagian rambut yang rusak/ bercabang agar tidak semakin parah, misalnya sampai membuat rambut anda terbelah hingga keatas. Selain itu rambut rusak/ bercabang juga akan mempersulit penyerapan nutrisi ke seluruh bagian rambut.

2. Rutin Keramas


Source: Pezibear

Rambut yang bersih, tentu akan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Oleh karena itu anda harus menjaga kebersihan rambut dengan keramas secara rutin. Namun jadwal keramas sebaiknya disesuaikan dengan kenis rambut. Untuk anda pemilik rambut kering, atau normal keramaslah tiga kali dalam seminggu. Sedangkan jika rambut anda berminyak, sebaiknya cukup keramas dua kali seminggu saja.

3. Selalu Gunakan Kondisioner Setelah Keramas


Source: jackmac34

Pemakaian kondisioner seringkali dilewatkan, padahal manfaat kondisioner sangat penting bagi rambut. Kondisioner membantu merekondisi rambut anda. Mengganti protein yang hilang ketika anda mencatok/ memanaskan atau  mewarnai rambut. Kondisioner juga membantu agar rambut anda tetap lembab. Dengan begitu penggunan kondisioner akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut anda. Jadi jangan lewatkan kondisioner setiap kali anda keramas.

4. Sesekali Lewatkan Pemakaian Sampoo Saat Keramas


Source: Takashi Ota

Mungkin terdengar aneh, melewatkan shampoo saat keramas. Namun shampoo dibuat dengan tujuan membersihkan rambut dari berbagai zat yang mengotori rambut. Mineral serta minyak pada rambut yang secara alami melembabkan rambut juga bisa ikut terbuang bersama kotoran lain. Hal tersebut bisa mengakibatkan rambut menjadi kering dan tidak sehat, sehingga menghambat pertumbuhan rambut anda. Jadi alih-alih melewatkan kondidioner, sebaiknya lewatkanlah penggunaan shampoo sesekali dan hanya gunakan kondisioner.

5. Bilas Dengan Air Dingin Di Akhir Keramas


Source: Giorgio Montersino

Penggunaan air hangat/ panas dapat menyebabkan pori-pori pada bagian kulit kepala terbuka. Sehingga penggunaan air hangat di bilasan akhir keramas bisa menyebabkan lebih banyak minyak alami rambut yang terbuang bersama shampoo. Akibatnya rambut meenjadi kering, rapuh, dan mudah rontok. Sedangkan air dingin dapat menutup pori-pori kulit kepala, sehingga membantu mencegah hilangnya kelembapan rambut. Oleh karena itu, akhirilah keramas anda dengan air dingin.

6. Hindari Memanaskan Rambut


Source: PublicDomainPictures

Pemberian panas yang berlebihan pada rambut, seperti ketika mencatok tau menggunakan hairdryer akan merusak jaringan folikel rambut. Dan jika hal tersebut terlalu sering dilakukan, dapat mengakibatkan rambut rontok. Bahkan bisa membuat rambut sulit tumbuh kembali. Untuk itu sebaiknya batasi penggunaan serta temperatur panas catokan, dan sebisa mungkin hindari penggunaan hairdryer.

7. Rutin Menyisir Rambut


Source: Robert Sarkozi

Pada umumnya orang menyisir rambut di pagi hari, agar rambut terlihat rapi. Menyisir rambut juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan folikel baru. Oleh kerena itu sering menyisir rambut sangat baik untuk dilakukan. Namun sisirlah rambut anda dengan lembut. Lakukanlah secara berkala, minimal di pagi hari setelah bangun tidur, dan sebelum anda tidur di malam hari.

8. Konsumsi Vitamin E


Source: Oregon State University

Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit dan jantung, vitamin E juga berperan penting dalam mendorong pertumubuhan rambut yang kuat dan sehat. Vitamin E juga membat rambut berkilau. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung atau brokoli; buah-buahan seperti alpukat, atau stroberi; serta kacang-kacangan seperti almond serta biji bunga matahari.

9. Gunakan Minyak Rambut Secara Berkala


Source: Ayurvedic India

Penggunaan minyak rambut, dapat mengganti minyak alami rambut yang hilang karena berbagai sebab seperi pemanasan pada rambut, atau karena keramas. Minyak rambut dapat menjaga kelembapan rambut serta merangsang pertumbuhan rambut. Ada bebagai minyak rambut alami yang bisa anda gunakan pada rambut anda. Misalnya minyak zaitun, minyak kelapa, urang aring, atau juga minyak jojoba.

10. Gunakan Masker Rambut Secara Berkala


Source: stevepb

Masker rambut dapat membantu rambut memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya agar tetap sehat, kuat, dan tumbuh dengan cepat. Masker rambut yang berasal dari teh hijau, santan, air kelapa hijau, lidah buaya, madu, atau juga putih telur merupakan bahan penumbuh rambut cepat alami yang dapat anda aplikasikan pada rambut anda. Gunakan secara rutin untuk hasil lebih baik.

Selain kesepuluh tips diatas, untuk membuat rambut cepat panjang penuhilah kebutuhan air dan nutrisi tubuh anda. Minumlah minimal 8 gelas perhari (2 liter) dan  makan makanan yang banyak mengandung serat, protein, serta mineral yang merupakan bahan penumbuh rambut cepat secara alami. Semoga bermanfaat!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Cosmetics, Health