10 Tips Mempertahankan Keluarga Harmonis dan Bahagia

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: White77

Keluarga yang harmonis dan bahagia tentu merupakan dambaan bagi siapa saja. Keharmonisan keluarga dapat menjadi sistem pendukung untuk mencapai kesuksesan dalam karir dan kemakmuran. Anak-anak juga akan berkembang dengan baik dan mencapai potensi terbaik mereka. Namun yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara mempertahankan keharmonisan rumah tangga agar senantiasa berbahagia. Berikut 10 tips yang bisa membantu menjaga keharmonisan keluarga:

1. Membuat komitmen dalam berumahtangga


Source: Gabriel Ferraz

Pernikahan adalah sebuah ikrar untuk membangun rumah tangga. Sebuah ikrar tentunya harus dibarengi dengan komitmen untuk melakukannya. Tanpa adanya komitmen maka mustahil untuk bisa mempertahankan rumah tangga yang harmonis. Jika telah memiliki komitmen yang kuat maka bisa ditambahkan dengan membuat aturan yang wajib disepakati bersama dalam menjalankan kehidupan berkeluarga.

2. Merencanakan masa depan


Source: Pexels

Perencanaan kehidupan yang jelas tentu akan sangat membantu kehidupan berumahtangga. Perencanaan yang bisa dilakukan contohnya mengatur keuangan yang dimiliki agar sesuai dengan kondisi ekonomi masing-masing. Selain finansial, kita juga perlu merencanakan hal lainnya seperti kelahiran anak, jadwal kegiatan harian, dan lain sebagainya. Perencanaan yang jelas dan tepat akan mempermudah perjalanan rumah tangga ke depannya.

3. Menjadwalkan kegiatan bersama


Source: Pexels

Sebagaimana yang telah direncanakan, jadwal kegiatan bersama sangat perlu untuk dibuat terutama bagi pasangan suami istri yang sama-sama bekerja. Intensitas pertemuan yang kurang akan dicukupi oleh kegiatan yang dilakukan bersama-sama itu, misalnya berolahraga bersama. Dengan olahraga maka dapat menjaga kesehatan satu sama lain juga. Selain itu bisa menjadwalkan untuk belanja, liburan, atau berkunjung ke rumah orangtua.

4. Rutin berhubungan intim


Source: niekverlaan

Banyak sekali pasangan yang mulai jarang berhubungan intim setelah menjalani rumah tangga selama beberapa tahun, apalagi yang sama-sama disibukkan oleh rutinitas pekerjaan mereka. Hal ini justru yang memicu permasalahan dalam rumah tangga mereka. Sesuai dengan namanya, hubungan intim mampu meningkatkan keintiman hubungan antara pasangan, khususnya bila dilakukan dengan teratur dan dikomunikasikan dengan baik. Tak jarang ada yang bisa menyelesaikan masalah dengan berhubungan intim.

5. Mendengarkan keluhan dari pasangan


Source: AdinaVoicu

Setiap kehidupan rumah tangga pasti memiliki masalah dan persoalan masing-masing. Tak jarang pasangan kita akan mengeluh atas masalah yang sedang menimpa. Mendengarkan keluhan dari pasangan secara seksama adalah salah satu cara untuk menjaga keharmonisan keluarga. Buatlah mereka nyaman untuk bercerita dan jangan mengacuhkannya, karena lebih baik mengeluh kepada pasangan sendiri daripada kepada orang lain.

6. Saling jujur dan terbuka


Source: Pexels

Kejujuran adalah kunci sukses dalam segala hal, termasuk dalam menjaga keharmonisan keluarga. Kejujuran dan saling terbuka harus diterapkan dalam berbagai hal, mulai dari pengeluaran yang dilakukan, pendapatan yang terima, sampai setiap kegiatan sehari-hari. Tidak perlu menyimpan rahasia kepada pasangan sendiri, lebih baik ceritakan saja dengan jujur dan saling terbuka. Dengan demikian akan meningkatkan kedekatan satu sama lain.

7. Menjaga kepercayaan pasangan


Source: Unsplash

Kepercayaan sangat mahal harganya, sekalinya dirusak maka tidak akan bisa kembali seperti semula. Oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu menjaga kepercayaan dari pasangan. Jangan sampai melakukan hal-hal yang bisa merusak kepercayaan yang telah diberikan. Kepercayaan ini biasanya erat kaitannya dengan komitmen yang telah dibuat pada awal-awal pernikahan, merusak kepercayaan sama artinya dengan melanggar komitmen yang telah dibuat.

8. Menghindari perbuatan yang tidak disukai pasangan


Source: RyanMcGuire

Bagi pasangan yang baru awal-awal menikah mungkin belum terlalu mengenal satu sama lain sehingga acapkali bertengkar gara-gara hal yang terlihat sepele. Namun setelah bertahun-tahun berumahtangga tentunya akan paham mengenai sikap atau tindakan yang tidak disukai oleh pasangan. Hindarilah sikap atau tindakan itu sehingga tidak terjadi pertengkaran atau perdebatan yang tidak perlu, dengan demikian kehidupan berumahtangga akan semakin harmonis dan bahagia.

9. Memberikan kejutan atau hadiah


Source: Terric

Tidak ada orang di dunia ini yang tidak menyukai hadiah. Maka memberi hadiah adalah perbuatan yang perlu dilakukan demi menjaga keharmonisan keluarga. Apalagi diberikan dalam bentuk kejutan yang menyenangkan dan tepat di momen tertentu. Tidak jarang pemberian hadiah dilakukan demi menyelesaikan suatu masalah yang timbul atau untuk menenangkan hati pasangan yang sedang sedih.

10. Konsisten dalam menjalankan peran masing-masing


Source: MiriamMichelle

Yang terakhir dan tidak kalah penting dalam menjaga rumah tangga agar selalu harmonis dan bahagia adalah konsistensi. Kehidupan berumahtangga yang kita jalani ini bukan hanya satu atau dua tahun melainkan seumur hidup, oleh karena itu kita harus konsisten untuk melakukan segala kewajiban masing-masing, juga konsisten untuk menjalankan beberapa tips yang telah disebutkan sebelumnya. Bukan hanya melakukan sesekali saja tetapi harus konsisten dilakukan sampai maut memisahkan.

Itulah kiranya hal-hal yang perlu dilakukan untuk mempertahankan keluarga agar tetap harmonis dan bahagia. Semoga kita semua bisa menerapkannya sehingga menjadi keluarga yang selalu harmonis dan berbahagia sampai akhir hayat. #CintaiHidup

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Marriage