10 Fakta Mengenai Golongan Darah yang Belum Banyak Orang Tahu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: qimono

Seperti yang kita tahu bahwa golongan darah seseorang terbagi atas 4 jenis golongan darah. Apakah anda pernah berpikir dari manakah pembagian golongan darah tersebut dan mengapa mengetahui golongan darah itu sangat penting? Darah adalah bagian dari cairan dalam tubuh yang mendominasi keseluruhan volume darah dalam tubuh kita. Kita tidak bisa hidup tanpa adanya aliran darah dalam tubuh kita, walaupun memiliki fungsi dan tugas yang sama namun ternyata golongan darah setiap individu berbeda bahkan dalam sebuah keluarga sekalipun. Banyak orang yang sudah mengetahui jenis golongan darah mereka sendiri. Berikut adalah beberapa fakta tentang golongan darah manusia:

1. Asal Mula Pengelompokkan Golongan Darah


Source: Myriams-Fotos

Banyak orang yang bertanya tentang bagaimanakah cara mengelompokkan golongan darah yang memang sudah dilakukan sejak zaman dulu. Asal usul pengelompokkan golongan darah sebenarnya diambil dengan memanfaatkan faktor Rhesus atau faktor Rh. Nama ini diperoleh dari nama binatang monyet yang bernama Rhesus yang kala itu dijadikan sample penelitian yang telah memiliki jenis darah Rh. Jika seseorang tidak memiliki faktor Rh berarti dia lebih dominan memiliki faktor Rh- dan ini berlaku juga pada manusia. Dari pembagian faktor Rh ini kemudian terbentuk pengelompokkan golongan darah ABO seperti yang kita kenal.

2. Perbedaan Golongan Darah A, AB, B, dan O


Source: Myriams-Fotos

Pembagian golongan darah ini dikarenakan beberapa karakteristik darahnya yang berbeda. Pembagian golongan darah dikenal dengan sistem ABO berdasarkan perbedaan antigen (aglutinogen) dan antibodi (aglutinin). Pembagian golongan darah tersebut diantaranya, golongan darah A memiliki eritrosit yang mengandung aglutinogen A, sedangkan plasmanya mengandung aglutinin B. Golongan darah B memiliki eritrosit yang mengandung aglutinogen B, sedangkan plasmanya mengandung aglutinin A. Golongan darah AB memiliki eritrosit yang mengandung aglutinogen A dan B, sedangkan plasmanya tidak mengandung aglutinin. Golongan darah O memiliki eritrosit yang tidak mengandung aglutinogen, sedangkan plasmanya mengandung aglutini A dan B.

3. Perbedaan Golongan Darah Berdasarkan Ras


Source: Unsplash

Perbedaan ras tertentu ternyata bisa juga membedakan golongan darah tertentu, tetapi hal ini tidak bisa disebut secara pasti karena ini berdasarkan asumsi yang terjadi dalam suatu wilayah kecil. Sebagian besar ras kulit hitam dan sawo matang memiliki darah dengan rhesus+, sedangkan sebagian besar ras kulit putih memiliki rhesus-. Perbedaan golongan rhesus ini bisa menjadi dasar dari penggolongan darah ABO, tetapi tetap saja ini membutuhkan penelitian yang mencakup wilayah yang lebih luas lagi untuk dapat membuktikan kebenarannya.

4. Fungsi Golongan Darah


Source: stevepb

Apakah kalian tahu beberapa fungsi mengetahui golongan darah kita sendiri? Ya, golongan darah memang amatlah penting untuk diketahui untuk beberapa keperluan darurat yang mungkin saja terjadi dalam kehidupan seseorang. Beberapa fungsi mengetahui golongan darah seseorang diantaranya adalah untuk proses transfusi darah dan juga untuk proses penyelidikan golongan darah. Untuk itu perlu bagi seseorang setidaknya mengetahui jenis golongan darahnya sendiri jika sesuatu darurat terjadi untuk meminimalisir waktu dan juga mempermudah mengidentifikasi berdasarkan golongan darah.

5. Prinsip Donor Darah


Source: Myriams-Fotos

Dalam melakukan donor darah untuk keperluan transfusi darah kita tidak bisa asal dalam mendonorkannya karena beberapa jenis golongan darah hanya menerima jenis golongan darah tertentu. Jika terjadi kesalahan dalam kecocokan pendonoran darah bisa membahayakan si penerima donor karena ketidaksesuaian jenis golongan darahnya yang bisa berakibat pada penggumpalan darah. Berikut adalah prinsip pendonoran darah yang perlu diperhatikan, individu dengan golongan A-negatif hanya bisa menerima darah dari golongan darah A-negatif dan juga O-negatif. Individu dengan golongan darah B-negatif bisa menerima darah dari golongan darah B-negatif dan juga O-negatif. Golongan darah AB-positif hanya bisa mendonorkan darahnya pada AB-positif lagi tetapi AB juga bisa menerima darah dari ABO apapun. Sedangkan, golongan darah O dapat mendonorkan darahnya pada jenis golongan darah ABO, tetapi O-negatif hanya bisa menerima darah dari O-negatif juga.

6. Golongan Darah bisa Menjadi Dasar Kepribadian Seseorang


Source: panajiotis

Apakah anda pernah mendengar tentang artikel yang menyebutkan jika golongan darah bisa mempengaruhi kepribadian anda? Apakah hal ini benar? Untuk menjawab kebenarannya atau tidak memang belum bisa dibuktikan secara pasti, namun gagasan tersebut sangatlah populer dan dayakini oleh banyak orang. Penggagas utama tentang hubungan kepribadian dengan golongan darah adalah Masahiko Nomi pada tahun 1970. Bahkan di Jepang sendiri bukunya tentang kepribadian berdasarkan golongan darah sangat laris dibeli oleh penduduk Jepang yang juga mempercayainya hingga saat ini.

7. Golongan Darah Dijadikan Panduan Untuk Diet


Source: jill111

Selain dihubungkan dengan kepribadian pada setiap individu, golongan darah juga bisa dijadikan panduan untuk menentukan diet yang tepat. Sama halnya dengan hubungan golongan darah dengan kepribadian, menu diet berdasarkan golongan darah ini juga masih menjadi kontroversi apalagi di dunia medis. Namun diet golongan darah ini sudah lama populer dan diyakini bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Diet bedasarkan golongan darah ini didasarkan pada jenis makanan yang mudah diserap oleh golongan darah tertentu. Jadi setiap golongan darah memiliki makanan dietnya masing-masing dengan tujuan agar makanan tersebut terserap dalam tubuh dengan sempurna. Untuk itu anda juga harus menghindari beberapa makanan yang tidak sesuai dengan makanan diet golongan darah anda.

8. Resiko Penyakit Bedasarkan Golongan Darah


Source: stevepb

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mengetahui golongan darah. Menurut penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa golongan darah bisa dijadikan pijakan untuk mengetahui resiko penyakit berdasarkan golongan darahnya. Hal ini didasarkan pada substansi yang ada pada golongan darah anda yang berasal dari orangtua. Substansi mikroskopik ini akan berinteraksi dengan sistem imun yang dapat mempengaruhi resiko anda terhadap beberapa penyakit tertentu. Jadi setiap golongan darah memiliki karakteristiknya sendiri apakah dia rentan atau justru kebal dengan masalah kesehatan seperti jantung, kanker, atau penyakit lainnya.

9. Mencari Cinta Sejati Berdasarkan Golongan Darah


Source: xdorin

Jika anda sering merasa penasaran untuk mengetahui cinta sejati anda dengan menggunakan zodiak, anda juga bisa melakukannya bedasarkan golongan darah pasangan anda. Di Jepang bukan zodiak yang menjadi patokan seseorang untuk mencari cinta sejatinya, mereka lebih memilih pasangan berdasarkan golongan darahnya. Hal ini karena banyak orang Jepang yang mempercayai bahwa kepribadian seseorang bisa dipengaruhi oleh jenis golongan darahnya. Menurut mereka ini adalah cara ampuh untuk mencari dan menemukan jodoh mereka yang terbaik.

10. Menemukan Karir yang Tepat dengan Golongan Darah


Source: Unsplash

Selain bisa dijadikan landasan untuk menemukan jodoh, resiko penyakit, dan juga karakter seseorang, golongan darah juga bisa dijadikan patokan untuk menemukan karir yang tepat untuk anda. Menemukan karir berdasarkan golongan darah dinilai tepat karena disesuaikan dengan karakter seseorang termasuk keahlian, kelemahan, dan juga kelebihannya dalam bekerja. Misalnya jika anda adalah seseorang yang memiliki golongan darah A yang dikenal pekerja keras, teliti, dan juga perfeksionis sangat cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal yang membutuhkan ketelitian. Pekerjaan yang cocok untuk golongan darah A diantaranya akuntan, administrasi, manajer, ataupun sekretaris.

Itulah beberapa fakta tentang golongan darah manusia. Ternyata penggolongan darah bisa sangat bermanfaat untuk kita untuk mengetahui beberapa hal yang bisa dihubungkan dengan golongan darah. Seperti diantaranya kita bisa mengetahui sifat seseorang, mengetahui cara diet yang tepat dengan tubuh kita, dan bahkan menemukan jodoh dengan bantuan golongan darah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dalam memberikan informasi mengenai fakta tentang golongan darah.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health