10 Menu Makan Siang yang Bisa Jadi Rekomendasi Menyehatkan Buat Kamu!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Stockpic

Saat siang hari tubuh membutuhkan energi yang cukup banyak untuk menunjang aktifitas. Dan menu makan siang harusnya mencukupi kebutuhan energi untuk digunakan tubuh selama beraktifitas. Jika kamu ingin memiliki tubuh yang lebih sehat maka awali dari apa yang kamu masukan ke tubuh yakni makanan. Dan menu makan siang sehat ini bisa jadi rekomendasi buat kamu masak sendiri di rumah. Berikut selengkapnya.

1. Sup Sayuran

Saat siang hari dengan cuaca yang panas dan terik menyantap sup dengan isi sayuran yang beragam akan memberikan rasa kenyang yang juga sekaligus menyehatkan. Ditemani dengan nasi hangat dan juga sambal kecap yang pedas tentu akan membuat lidah tak henti mengunyah. Saat mengolah sayuran usahakan untuk tak terlalu lama agar kandungan nutrisinya tak banyak yang hilang karena proses pemasakan tersebut.

2. Sandwich

Menu makan siang yang sehat ini menggabungkan antara karbohidrat dari roti, protein dari daging kalkun dan serat dari zuccini segar. Serta diberikan tambahan alpukat yang dilumatkan dengan rempah – rempah pilihan untuk memberikam rasa yang segar dan berbeda. Menu makan siang seperti ini cocok dikonsumsi oleh pekerja kantoran yang tak terlalu banyak menggunakan aktifitas fisik atau juga untuk kamu yang lagi program diet.

3. Asian Summer Bowl

Menu makan siang ini sangat cocok buat kamu yang lagi melakukan diet clean eatingΒ atau “makan bersih”. Makanan ini disajikan dengan irisan wortel yang memanjang dan mentimun serta kacang polong sebagai sumber serat, alpukat dan juga ikan salmon asap menambahkan lemak baik serta telur rebus untuk proteinnya. Menu makan bersih ini sedang ngehits akhir – akhir ini dikalangan pecinta makanan, yang selain sehat namun juga bisa membantu mengurangi berat badan berlebih.

4. Nasi Putih + Lalapan

Bagi orang Asia khususnya Indonesia, nasi maaih menjadi makanan pokok yang tak bisa dihilangkan begitu saja. Nah menu makan siang sehat ini bisa dipraktekan di rumah, setengah porsi nasi putih ditemani semur jengkol dan oseng kangkung serta lalapan dari daun selada dan mentimun. Menu ini tak hanya bisa memberikan rasa kenyang tapi juga menyehatkan karena komposisinya yang lebih banyak serat.

5. Nasi Putih + Sayuran Hijau Rebus

Penggemar nasi putih tak perlu lagi bingung memilih menu makan siangnya. Nasi putih hangat sebagai karbohidrat ditambah brokoli dan buncis rebus sebagai serat akan lebih menyehatkan dari pada menyantap makanan siap saji atau junk food yang memiliki kolesterol berlebih. Dan sebagai protein dipilih dada ayam panggang yang lebih sedikit kandungan lemaknya dan kaya serat yang baik untuk pencernaan.

6. Yogurt

Jika kamu tak suka atau sedang memgurangi konsumsi nasi putih, yogurt dengan tambahan buah – buahan dan oatmeal bisa jadi pilihan menu makan siang yang lebih menyehatkan. Kombinasi yogurt dan buah – buahan sangat baik untuk membantumu memgurangi berat badan. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan para ahli di University of Tennesse, bahwa konsumsi yogurt secara rutin mampu mengurangi timbunan lemak yang ada di pinggang.

7. Tumis Babycorn

Menu makan sehat yang selanjutnya ialah mengkombinasikan sayuran dengan banyak warna cerah. Sayuran memiliki kandungan serat yang sangat penting menjaga kesehatan pencernaan. Campuran babycorn atau jagung muda yang chruncy dan wortel yang kaya vitamin A baik untuk kesehatan indera penglihatan. Ditambah ayam fillet tepung memberikan asupan protein yang diperlukan untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan dan tentunya rendah kalori.

8. Ikan Toman Kaya Nutrisi

Jika bosan dengan sajian makan siang dari daging ikan laut atau ayam, coba ganti dengan ikan toman. Ikan yang juga sering dianggap sebagai hama diperairan karena hobinya menyantap ikan – ikan yang berukuran kecil lainnya ini memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa. Terutama kandungan albumin, yakni sejenis protein yang baik untuk membantu meregenerasi sel – sel tubuh yang rusak. Pilihan serat dari bermacam sayuran dengan kombinasi warna yang tak hanya cantik namun juga baik untuk tubuh.

9. Sayur Asem

Jika ada yang mengatakan bahwa diet sehat itu menyiksa perut dan juga dompet, tentu karena ia tak bisa mengkombinasikan sayuran sehat yang ada disekitar yang bernilai gizi tinggi dan juga ekonomis. Menikmati makanan sehat tak harus mahal yang susah dibuat, menu sehat makan siang bisa dikreasikan dengan menu harian yangnsering kita masak. Misalnya saja sayur asem yang dibuat dari jagung manis, kacang panjang, kacang tanah dan juga daun melinjo bisa Β jadi menu makan sehat rumahan yang bisa dipilih. Tak hanya murah tapi juga mudah dibuat, apalagi ditambah dengan bakwan jagung dan sambal tempe kemangi tentu makan siang akan terasa lezat, tapi ingat nasinya cukup setengah porsi saja.

10. Nasi Merah + Sayuran Hijau

Sesungguhnya tak ada yang salah dengan nasi bila bisa mengatur porsinya dengan tepat. Tapi bila sedang mengurangi konsumsi nasi putih namun belum puas bila belum makan nasi, bisa menggantikannya dengan nasi dari beras merah. Kandungan karbohidrat kompleksnya akan membuat perut kenyang lebih lama dan menyehatkan pencernaan. Sebagai tambahan sayuran bokcoy yang ditumis dengan sedikit minyak dan tanpa msg akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh.

Sesungguhnya makanan sehat bisa diolah sendiri dengan mengkombinasikan bermacam sayuran yang ada disekitar. Tak perlu pusing tentang menu makan siang sehat, yang paling penting memenuhi kebuhtuhan karbo, serat, protein dan mineral serta vitamin. Demikian 10 menu makan siang sehat yang bisa diolah sendiri di rumah.Β So, stay healthy with healthy food ya. Ladies!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Lifestyle