10 Fakta Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Penghilang Rasa Sakit

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Sources: Jill111

Pasti diantara kita pernah mengalami sebuah perasaan sakit yang tiba-tiba menjalar di salah satu bagian tubuh kita. Semisal ngilu di gigi, sakit kepala, otot tegang dan berbagai macam nyeri lainnya. Ada beberapa penyebab munculnya sakit yang tidak berbahaya, namun jika terus-terusan berlanjut, mungkin memang ada sistem yang salah pada tubuh kita. Tapi saat rasa sakit itu tiba-tiba menjalar, apalagi disaat kita sedang bekerja dan melakukan berbagai aktivitas penting lainnya, tentu akan sangat mengganggu.

Cara untuk mengatasinya dengan cepat adalah dengan menggunakan obat-obatan penghilang rasa sakit. Memang rasa sakit tersebut akan hilang dengan cepat, tapi ketergantungan pada obat-obatan kimia nyatanya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Daripada terlalu bergantung pada obat, ternyata ada beberapa macam bahan alami dari alam, yang ampuh untuk menghilangkan rasa sakit tanpa adanya efek samping. Apa saja?

1. Jahe untuk Sakit Otot


Sources: Couleur

Pernah merasakan nyeri otot yang tiba-tiba menyerang? Apalagi setelah kita melakukan aktivitas-aktivitas berat seperti berolahraga dan mengangkat beban berat. Memang ada beberapa merk salep yang dinilai ampuh untuk meringankan nyeri otot, tapi daripada bergantung pada obat, ternyata ada satu bumbu dapur yang bisa menyembuhkan nyeri oto, yaitu jahe.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Patrik O’Connor dari University of Georgia di Athena, menyatakan bahwa setiap mengkonsumsi sebanyak 2 gram jahe setiap hari ternyata dapat mengurangi nyeri otot saat olahraga sebanyak 25 persen. Diketahui jahe memiliki kandungan kimia yang bekerja sebagai obat anti peradangan seperti ibuprofen dan aspirin.

2. Cengkeh untuk Sakit Gigi


Sources: Sabine07

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah asli Indonesia yang memiliki bahan aktif eugenol yang berfungsi meredakan nyeri secara alami. Masyarakat memang telah lama mengenal cengkeh sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan nyeri pada sakit gigi. Kebanyakan cengkeh yang digunakan sebagai obat adalah berupa minyak cengkeh, yang dioleskan pada gigi yang sakit.

Cengkeh memang tidak serta merta menyembuhkan nyeri pada gigi, karena nyeri gigi hanya bisa ditangani setelah kita memeriksakan gigi ke dokter gigi. Namun cengkeh sangat efektif sebagai pertolongan pertama agar rasa nyeri sedikit berkurang. Caranya, dengan membubuhkan minyak cengkeh pada kapas atau cotton bud, kemudian oleskan pada gigi yang sakit.

3. Bawang Putih untuk Sakit Telinga


Sources: Pamela De Butler

Bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan diberbagai negara, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sakit ringan seperti demam dan flu akan sangat mudah sembuh dengan bawang putih, dan memang kebanyakan masyarakat mengkonsumsinya sebagai tambahan dalam masakan.

Jika kebetulan kamu sedang mengalami sakit pada telinga, coba cara tradisional dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih berkhasiat untuk menyembuhkan sakit telinga, dengan cara memasukkannya ke dalam lubang telinga yang sakit. Lalu bagaimana cara melakukan cara yang benar?

Potong kecil memang bawang putih, lalu masukkan ke lubang telinga seperti kamu sedang menyumbat telinga. Awalnya memang akan terasa panas tapi lama kelamaan akan menghilang dengan sendirinya. Diamkan selama 30-35 menit setiap hari, hingga sakit pada telinga pun hilang.

4. Buah Ceri untuk Sakit Kepala


Sources: Jill111

Sedang mengalami sakit kepala yang datang mendadak dan hampir setiap hari? Jangan buru-buru mengkonsumsi obat, karena sebenarnya ada bahan alami yang dapat digunakan sebagai penghilang sakit kepala. Buah ceri, bentuknya kecil, bulat dan berwarna merah tapi dianggap mampu menghilangkan sakit kepala secara perlahan. Dan tentu juga tanpa efek samping.

Ketika kamu terserang sakit kepala, kunyahlah sekitar 20 buah ceri, maka sakit kepala pun berangsur akan menghilang. Buah ceri mengandung oksida nitrat yang berfungsi untuk menghilangkan dan mencegah sakit kepala muncul kembali.

5. Garam untuk Kaki Pegal


Sources: Andreas160578

Seharian berdiri atau pun berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh, dan kakipun pegal? Jangan khawatir, karena dengan bahan alami yang bisa ditemukan di rumah sendiri saja, kamu sudah bisa mengatasi kaki pegalmu dan dapat kembali normal keesokan harinya. Cukup rendam kaki pada larutan air hangat yang dicampur garam, dan diamkan selama beberapa saat. Efek relaksasi, serta menghilangnya pegal pada kaki akan didapatkan dengan cara merendamnya di air garam. Kandungan asam mefenamat dalam garamlah yang ternyata berperan dalam menghilangkan pegal pada kaki setelah lelah berjalan seharian.

6. Yogurt untuk Sakit PMS (Premenstrual Syndrome)

Setiap wanita yang akan datang bulan kebanyakan mengalami PMS atau premenstrual syndrome), yang menyebabkan emosi wanita berubah dan bahkan mengalami sakit perut di bagian bawah yang sangat kuat. Istilah ini dikenal dengan kram perut, dan sangat menyiksa bahkan bisa mengganggu aktivitas harian jika kram yang dialami sudah sangat serius.

Jika kamu sedang mengalami masa PMS yang menyiksa, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi yogurt rendah lemak, karena menurut penelitian yang dilakukan di University of Massachusetts, yogurt mengandung banyak kalsium dan vitamin D yang dapat mengurangi rasa sakit akibat PMS hingga 40 persen.

7. Kopi untuk Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang sering disertai dengan mual, muntah dan bahkan sensitif terhadap cahaya. Penyebab dari migrain sendiri adalah karena adanya pembengkakan syaraf yang mengakibatkan meluasnya pembuluh darah di otak. Ketika migrain tiba-tiba menyerang, banyak orang yang merasa dirugikan karena terkadang migrain membuat penderitanya tak bisa melakukan apa-apa karena kepala terasa nyeri dan berputar.

Ternyata menikmati secangkir kopi dapat meredakan migrain atau sakit kepala sebelah ini. Efek kafein yang terkandung pada kopi dapat membantu pembuluh darah kembali menyempit, sehingga gejala migrain pun berangsur-angsur akan menghilang. Tapi bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi kopi secara berlebihan, karena kebanyakan kopi justru memperburuk kesehatan.

8. Nanas untuk Gangguan Pencernaan


Sources: Pexels

Nanas adalah tanaman tropis yang dapat tumbuh dan selalu tersedia sepanjang tahun. Buah nanas sangat besar manfaatnya, bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat sirup ataupun sebagai selai. Bahkan nanas juga digunakan sebagai bahan alami untuk mengempukkan daging dengan serat tinggi. Pasti kamu pernah dengar kalau daging kambing bisa lunak dengan campuran nanas kan?

Buah nanas yang masih muda yang rasanya asam memicu enzim pencernaan dan sebagai pencahar alami. Jika kamu susah buang air besar, cukup mengkonsumsi buah nanas karena kandungan seratnya yang tinggi dapat dengan mudah memicu buang air besar.

9. Buah Anggur untuk Sakit Punggung

Buah anggur termasuk buah yang manis dan digemari banyak orang karena bentuknya yang kecil bulat dan mudah untuk dikonsumsi. Ternyata tak hanya enak dikonsumsi, tapi buah anggur juga memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah mengobati sakit punggung. Buah anggur mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke punggung sehingga rasa sakit punggung pun berkurang.

Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau pun menjadikannya sebagai jus ataupun mencapurnya dengan kudapan manis lainnya. Konsumsilah buah anggur dan sakit punggung pun akan berkurang secara perlahan.

10. Peppermint untuk Otot Tegang

Ternyata tak hanya jahe saja yang dapat meredakan nyeri otot ataupun otot yang tegang. Ketika kita terlalu banyak berada di depan layar laptop atau pun komputer, kita akan merasakan otot yang tegang, seperti kepala pening dan punggung yang tiba-tiba pegal. Cara mengatasinya ternyata cukup gampang, yaitu dengan mengoleskan minyak esensial peppermint pada area yang sakit. Aromanya yang segar memberikan sensasi tenang dan hangat.

Faktanya, banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit. Kandungan yang terdapat pada bahan-bahan alami tersebut juga setara dengan obat berbahan kimia yang banyak beredar di pasaran. Namun yang membuatnya berbeda adalah efek samping yang ditimbulkan. Bahan alami memiliki sedikit sekali efek samping dan bahkan justru cenderung menyehatkan.

Jadi sekarang tak perlu khawatir jika tiba-tiba sakit menyerang, karena bahan alami saja sudah bisa mengobatinya. Be healthy!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health