10 Kebaikan ini Bisa Didapat Dari Buah Gandaria

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

gandaria_fruitSource: wikipedia

Ladies, buah gandaria merupakan salah satu buah asli Indonesia. Sayangnya, buah ini sudah mulai jarang ditemui, padahal buah gandaria memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Coba simak manfaat buah gandaria dibawah ini:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka


Source : Meditations

Buah gandaria ternyata memiliki manfaat dalam mempercepat penyembuhan luka, ladies. Fungsi ini diperoleh dari kandungan protein dan vitamin C dalam buah. Nutrisi dalam buah gandaria ini dapat menjaga regenerasi dan peremajaan dari sel-sel tubuh. Regenerasi sel akan mempercepat waktu penyembuhan luka.  Disamping itu buah gandaria juga membantu dalam metabolisme kolagen dan protein.

2. Mencegah Sembelit


Source : PublicDomainPictures

Buah gandaria memiliki kadar air yang cukup tinggi bahkan mencapai 86, 6 gram. Kadar air ini sangat baik bagi sistem pencernaan kita. Disamping itu, buah gandaria juga mengandung serat. Serat pangan membantu mempromosikan penyerapan makanan dengan cepat dan lancar. Fungsi saluran pencernaan yang optimal dapat mencegah sembelit. Ladies bisa mengkonsumsi buah gandaria ini untuk mencegah terjadinya sembelit.

3. Mencegah Kanker


Source : Cristianosoy

Kandungan serat dan air dalam buah gandaria memiliki manfaat dalam mencegah kanker, lho! Serat mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan sehingga mencegah sedimen yang menimbulkan kanker dalam saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian yang ditujukan pada wanita menunjukkan bahwa konsumsi 26 gram serat setiap hari dapat menurunkan resiko kanker. Gandaria memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mencegah kanker.

4. Menurunkan Resiko Stroke


Source : aitoff

Ladies, buah gandaria juga berguna dalam mengurangi resiko stroke. Kandungan serat pangan yang tinggi dapat mengikat kolesterol dengan lebih baik. Kolesterol jahat selanjutnya dapat dibuang oleh tubuh untuk menurunkan efek negatif. Salah satu efek negatif dari kelebihan kolesterol adalah meningkatkan resiko penyakit stroke. Jika ladies mengkonsumsi buah gandari dengan teratur maka jumlah kolesterol akan terkontrol dan mencegah penyakit stroke.

5. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular


Source : frolicsomepl

Buah gandaria memiliki nutrisi yang membantu mempertahankan fungsi paru-paru dan melawan penyakit jantung. Buah gandaria kaya akan serat pangan, dimana tubuh membutuhkan asupan 26 gram serat dalam sehari untuk mencegah resiko penyakit jantung. Konsumsi buah gandaria dapat memberikan asupan serat untuk tubuh. Air dalam buah gandaria juga diperlukan oleh paru-paru serta organ tubuh lainnya untuk tetap bekerja secara optimal.

6. Menjaga Kesehatan Mata


Source : PublicDomainPictures

Terdapat salah satu nutrisi penting yang dapat ditemukan dalam buah gandaria, yaitu beta-karoten. Ladies pasti sudah sering mendengar istilah beta-karoten. Beta-karoten sering sekali dikaitkan dengan kesehatan mata karena memang nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan indera penglihatan. Beta-karoten diperlukan oleh mata untuk menjaga kesehatan kornea mata sekaligus mengoptimalkan fungsi retina.

7. Menjaga Fungsi Otak


Source : Pricenfees

Otak akan membutuhkan air untuk dapat mempertahankan fungsinya dengan baik. Memberi asupan air yang cukup akan menjaga fungsi otak berjalan dengan baik. Buah gandaria mengandung kadar air yang sangat tinggi sehingga dapat ladies konsumsi untuk menjaga asupan air. Buah gandaria juga mengandung thiamin yang bertugas mempertahankan fungsi otak serta meningkatkan konsentrasi.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan


Source : TeroVesalainen

Buah gandaria mengandung 6% serat, ladies. Kandungan serat dalam buah gandaria jauh lebih tinggi dari kandungan lemaknya. Ini menunjukkan buah gandaria sesuai untuk ladies yang sedang menjalani program diet. Kandungan serat akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dalam perut. Serat pangan juga akan membantu ladies dalam menurunkan berat badan.

9. Melembabkan Kulit


Source : tummerton2010

Salah satu tanda kulit sehat adalah kulit yang lembab. Benar tidak, ladies? Buah gandaria memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Air dalam buah gandaria tidak hanya bisa ladies manfaatkan untuk organ dalam tubuh namun juga untuk kulit. Konsumsi buah gandaria secara teratur dapat membantu melembabkan kulit sekaligus mencegah kulit kering.

10. Menjaga Kesehatan Kulit


Source : tummerton2010

Kandungan vitamin C dalam buah gandaria sangat berlimpah. Buah ini bahkan menjadi salah satu sumber vitamin C yang bisa ladies konsumsi. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu membentuk jaringan kolagen. Jaringan kolagen ini akan meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit kita. Kandungan beta-karoten dalam buah gandaria juga sangat baik untuk kulit.

Itulah sepuluh kebaikan dari buah gandaria. Ladies bisa mendapatkan manfaat lain dengan mengkonsumsi buah gandaria seperti mencegah diabetes, mengatasi sariawan serta melancarkan peredaran darah. Semoga bermanfaat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health