10 Fakta Tentang Hari Jumat Yang Perlu Kamu Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: 27707

Siapa yang tak suka dengan hari Jumat? Hari yang dianggap suci bagi sebagian orang terutama yang beragama islam ini adalah hari kelima dalam ISO atau standar internasional dan hari keenam dalam kalender negara yang menganut sistem tertentu dimana hari minggu adalah hari pertamanya. Sebagian dari kita mungkin hanya mengetahui bahwa hari jumat adalah hari setelah kamis dan hari sebelum sabtu. Jika kamu ingin tahu fakta lain tentang hari jumat, simak ulasannya berikut ini!

1. TGIF

Source: Vanngoctang

Kamu mungkin sering mendengar istialh satu ini terutama diberbagai sosial media dihari jumat. TGIF sendiri merupakan singkatan dari Thanks God Its Friday dan frase ini digunakan karena biasanya orang-orang merasa senang karena akhir pekan akan dimulai setelah melewati hari jumat. Pastinya setuap orang akan senang saat hari Jumat tiba karena selain waktu kerja mereka lebih pendek, esok harinya juga mereka bisa berlibur dirumah dan terlepas dari pekerjaannya.

2. Asal Mula Kata Jumat

Source: Nike159

Sama seperti nama-nama hari lainnya kata jumat juga berasal dari bahasa Arab ‘jumuah’ yang berarti ramai. Seperti yang kita ketahui hari jumat memang hari yang ramai terutama bagi umat agama islam dimana masjid ramai dikunjungi oleh penganut agama islam yang akan melakukan ibadah shalat jumat. Shalat jumat dimasjid tentu wajib hukumnya bagi para pria yang beragama islam sehingga suasana masjid pasti ramai dihari ini dibandingkan hari biasanya.

3. Jumat 13th

Source: J-lloa

Friday the 13th adalah salah satu hal yang paling populer mengenai hari jumat. Istilah Friday the 13th mengacu pada tanggal 13 yang jatuh dihari jumat. Masyarakat barat menganggap hari tersebut adalah hari yang penuh kesialan sehingga biasanya mereka menolak untuk bepergian dihari tersebut maupun melakukan aktifitas lainnya. Saking ditakutinya, Friday 13th menyebar ke seluruh dunia hingga ke Indonesia dan menurunkan produktifitas masyarakatnya.

4. Phobia Hari Jumat

Source: Maialisa

Selain ditakuti dan dihindari oleh sebagian orang ternyata Friday the 13rd benar benar membuat sebagian orang phobia dan menjadi paranoid. Saking takutnya mereka juga menghindari penggunaan angka 4 yang merupakan gabungan dari 1+3. Gedung yang ada di beberapa negara juga tidak memiliki lantai 4 jika keseluruhan lantainya berjumlah 13. Mereka akan mengganti nama lantai tersebut dengan nama lain seperti 3a dan lain sebagainya. Mereka yang memiliki ketakutan pada hari jumat yang satu ini dianggap memiliki kelainan yang disebut paraskafedekatriaphobia. Susah ya kalau sudah begini.

5. Pantangan Berlayar Dihari Jumat

Source: Egorshitikov

Beberapa mitos seputar hari jumat memang santer terdengar dan mitos tersebut tidak terhenti sampai Friday the 13th saja. Dalam dunia maritim, mengawali berlayar dihari jumat sangat pantang dilakukan terutama didunia barat karena memulai berlayar dihari tersebut dianggap bisa mendatangkan kesialan dan menyebabkan marabahaya. Lantas hari apa yang baik untuk mengawali pelayaran, kamu tahu tidak?

6. Warna Keberuntungan

Source: HutchRock

Jika kamu belum tahu, masyarakat Thailand memiliki kalender kepercayaannya sendiri dan setiap hari memiliki lambang warnanya tersendiri seperti misalnya hari jumat yang dilambangkan dengan warna biru. Masyarakat disana percaya bahwa mengenakan sesuatu berwarna biru pada hari jumat bisa mendatangkan keberuntungan. Jadi bisa disimpulkan bahwa warna biru melambangkan hari jumat dan dengan mengenakan warna tersebut dihari jumat mereka percaya bisa lebih beruntung. Apa kamu juga percaya?

7. Casual Friday

Source: Startupstockphotos

Hampir 90% perusahaan di Amerika dan dunia memiliki tren casual Friday dimana para pegawainya mengenakan pakaian yang kurang formal atau tampak lebih kasual dibandingkan dengan hari lainnya. Memang sering kita jumpai hal yang demikian dibeberapa kantor , wajar saja hari jumat kan memang hari santai dan terakhir dalam seminggu sebelum berlibur diakhir pekan. Mengenakan pakaian dengan gaya casual dihari jumat juga memberikan kesan lebih akrab pada para pegawainya dan membuat suasana kerja sedikit lebih menyenangkan.

8. Kepercayaan Relijius

Source: Pexels

Seperti yang kita tahu, beberapa agama di dunia menganggap hari jumat adalah hari yang istimewa. Hari jumat juga sering dikaitkan dengan kepercayaan suci dalam agama tertentu. Umat islam percaya bahwa hari akhir atau hari kiamat akan jatuh dihari jumat. Tidak hanya itu, karena umat islam melaksanakan ibadah shalat jumat dihari ini, jumat juga merupakan hari libur dinegara-negara islam. Sementara kaum nasrani percaya bahwa hari jumat adalah hari dimana yesus disalib meskipun hal tersebut kadang masih menjadi perdebatan.

9. Sindrom Hari Jumat

Source: Cev_91

Memang disebagian besar belahan dunia, hari jumat adalah hari terakhir pegawai melakukan pekerjaan sebelum berlibur keesokan harinya meskipun beberapa negara justru menjadikan hari jumat sebagai hari libur.  Sikap para pegawai yang senang dan seolah-olah merayakan datangnya hari jumat sering disebut sebagai Friday syndrome atau sindrom hari jumat. Sindrom ini bukan penyakit ya guys hanya perilaku dan sikap senang yang ditunjukkan oleh para pegawai atau pekerja. Apa kamu termasuk salah satunya?

10. Dewi Freya Di Jerman

Source: Serghei Topor

Beberapa dewa dewi juga sering dikaitkan dengan nama-nama hari dalam bahasa Inggris seperti halnya Thursday yang dikaitkan dengan dewa Thor. Menurut warga Jerman hari jumat adalah hari persembahan bagi dewi dalam mitologi mereka yakni dewi freya yang merupakan dewi kesuburan. Meskipun demikian kata Friday dalam bahasa Inggris sendiri juga mengadaptasikan nama dewi tersebut dalam nama hari jumat mereka atau dengan kata lain Friday sama dengan freeya day.

Nah guys, itulah beberapa fakta mengenai hari jumat yang mungkin belum kamu ketahui. Menganggap hari jumat sedikit berbeda sih boleh-boleh saja ya asal tidak berlebihan. “Happy Fridaying”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle