10 Pelembap Wajah Alami untuk Kulit Keringmu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Stevepb

Kulit yang kering dan bersisik adalah keluhan yang umum didengar dari kamu yang memiliki kulit kering atau tinggal di daerah dingin. Cuaca dingin memang dapat berpengaruh buruk pada kulit lembutmu. Faktor lain yang berkontribusi pada kulit kering adalah penuaan, kurang nutrisi, dan kondisi kulit tertentu.

Banyak lotion dan pelembap di pasaran yang dapat digunakan untuk melawan kulit kering. Tapi kebanyakan harganya mahal dan mengandung bahan kimia. Kamu bisa membuat pelembap sendiri di rumah, yang tidak hanya murah tapi juga alami dan efektif menutrisi dan membuat kulitmu kembali ke kondisi sehat.

Berikut ini ke-10 pelembap dengan bahan alami untuk wajahmu:

1. Minyak Zaitun


Source: Congerdesign

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan lemak yang sehat bagi kulit. Dia dapat merilekskan kulit kering di sekujur tubuhmu, terutama wajah.

  • Oleskan minyak zaitun extra-virgin di bawah pelembap yang biasa kamu pakai secara tipis.
  • Campurkan dua sendok makan minyak zaitun, 4 sendok makan gula molase, dan satu sendok makan madu. Oleskan scrub ini ke kulitmu sambil pijat dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Bersihkan wajah dengan air dan gunakan pelembap lainmu secara tipis.

2. Krim Susu

Asam laktosa yang ada dalam krim susu dapat merontokkan kulit kering. Efek krim susu dapat merilekskan kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit.

  • Campur beberapa tetes perasan lemon, satu sendok teh susu, dan dua sendok teh krim susu. Oleskan di wajah dan biarkan beberapa lama sebelum mandi. Lakukan hal ini sekali sehari.

  • Tambahkan krim susu secukupnya pada 3-4 sendok makan tepung untuk membuat pasta yang kental. Oleskan pasta ini dan biarkan 15 menit, bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

3. Susu


Source: Tookapic

Susu memiliki komponen yang mencegah peradangan dan membantu menyingkirkan kulit kering dan gatal. Plus, asam laktosa yang terkandung dalam susu dapat merontokkan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menjaga kelembapan. Susu juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit.

  • Celupkan lap pada susu dingin dan letakkan lap di wajah selama 5-7 menit. Bersihkan susu dari wajah dengan lap lain yang telah dibasahi oleh air hangat. Dengan begini pelembap natural akan tetap berada di kulitmu. Lakukan setiap hari.
  • Tambahkan beberapa tetes air mawar ke dalam 4 sendok makan susu. Oleskan campuran ini ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan ini dua kali sehari.

4. Madu


Source: Unsplash

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang kaya akan antioksidan, antimicrobial, dan komponen yang menjaga kelembapan kulit. Kandungan vitamin dan mineralnya juga meningkatkan kesehatan kulit.

  • Oleskan madu ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Bersihkan saat mandi. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan kulit yang lembap.

5. Yogurt


Source: NeuPaddy

Yogurt adalah pelembap yang sangat baik! Antioksidan dan antiperadanganya membantu mengatasi kulit yang kering dan gatal. Asam laktosanya juga dapat membantu menyingkirkan kuman dan bakteri yang menyebabkan kulit kering dan gatal.

  • Oleskan yogurt segar ke wajah dan pijat dengan lembut. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan. Dia akan merontokkan kulit kering dan membuat kulitmu segar. Lakukan ini sekali sehari.
  • Campurkan 1,5 cangkir yogurt dengan 3 sendok makan pepaya yang telah dihancurkan. Masukkan juga beberapa tetes madu dan perasan lemon. Oleskan di kulit dan biarkan 10 menit sebelum membersihkannya dengan air dingin. Lakukan ini seminggu sekali.

6. Minyak Kelapa


Source: McStewartt

Minyak kelapa sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Lemak yang terkandung di dalamnya bisa menggantikan kelembapan yang hilang dari kulit.

  • Oleskan minyak kelapa yang hangat ke wajah sebelum tidur. Bersihkan pada pagi hari esoknya. Lakukan ini setiap hari untuk menjaga kulit tetap lembut.
  • Oleskan minyak kelapa pada kulitmu yang kering setelah mandi. Saat kulit hangat dan lentur setelah mandi, minyak kelapa akan lebih mudah terserap. Lakukan ini setiap hari.

7. Alpukat


Source: GerDukes

Alpukat kaya akan lemak, vitamin, dan antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan kulit dari dalam. Tingginya vitamin A dalam alpukat juga membantu merawat kulit dan membuat kulit kembali lembut.

  • Hancurkan daging alpukat hingga lembut. Oleskan ke kulit yang kering. Biarkan selama 10-15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Ulangi proses ini setiap hari.
  • Hancurkan 1,5 biji daging alpukat yang telah matang dan campurkan dengan 1,5 cangkir madu. Oleskan campuran itu pada kulit yang kering dan biarkan 15 menit sebelum membersihkannya. Lakukan ini satu atau dua kali dalam seminggu, jangan terlalu sering.
  • Minum jus alpukat setiap hari untuk meningkatkan konsumsi lemak sehat yang dapat membuat kulitmu tetap lembap.

8. Oatmeal


Source: Lucky2013

Kamu juga bisa menggunakan oatmeal untuk melembapkan dan melegakan kulit yang kering. Tingginya protein dalam oatmeal akan meninggalkan penghalang yang melindungi kulit dari kekurangan air sehingga kulit tetap lembap. Plus, komponen antiperadangan dan antioksidannya baik bagi kesehatan kulit.

  • Buat masker dengan mencampurkan sebuah pisang dan satu cup oatmeal, tambahkan sedikit susu hangat. Taruh masker ini di kulit wajahmu yang kering dan biarkan 10-15 menit. Bersihkan dengan air dingin. Gunakan masker ini seminggu sekali.

9. Minyak Almond


Source: Mareefe

Minyak almond adalah sumber vitamin E yang baik, yang merupakan pelembut serta pelicin yang baik bagi kulit kering. Komponen antioksidannya juga baik untuk kesehatan kulitmu. Minyak almond ini juga mudah terserap oleh kulit.

  • Hangatkan minyak almond murni dan pijatkan ke wajah setengah jam sebelum mandi. Setelah mandi, bila kulit masih basah, oleskan pelembap yang biasa kamu pakai. Lakukan ini sehari sekali.
  • Minum segelas susu hangat dengan satu sendok teh minyak almond sebelum kamu tidur. Ulangi setiap malam untuk menikmati kulit yang lebih sehat dan tidur yang nyenyak.

Catatan: Buat kamu yang alergi pada almond, jangan gunakan pelembap versi ini ya!

10. Lidah Buaya


Source: Punnamjai

Lidah buaya memiliki komponen yang merilekskan kulit dan juga bekerja sebagai antiseptik dan antijamur, yang baik untuk melawan kulit kering yang iritasi dan bersisik. Pelembap super sederhana ini akan melindungi kulitmu sekaligus menjaganya agar bebas dari kotoran.

  1. Potong daun lidah buaya dan ambil bagian dalamnya yang mirip gel.
  2. Oleskan gel tersebut pada kulit wajahmu dan biarkan selama 10-15 menit.
  3. Bersihkan dengan air hangat.
  4. Lakukan hal ini dua kali sehari.

Cobalah ke-10 pelembap wajah alami yang akan membantumu meredakan ketidaknyamanan akan kulit kering. Mereka juga akan mengembalikan kulitmu ke kondisi dan teksturnya yang alami.

Healthy skin, healthy life!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty