10 Manfaat Jus Nanas Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Unsplash

Buah nanas merupakan buah yang dapat ditemui dimana-mana di Indonesia. Rasanya unik membuatnya sering digunakan sebagai bahan di berbagai macan hidangan kuliner. Tetapi, tahukan Anda bahwa buah ini sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan? Mari kita bahas manfaat-manfaat yang dapat Anda dapatkan dari jus nanas yang lezat dan bergizi ini.

1. Tulang


Source: pineapplesupplyco

Siapa sih yang tidak tahu bahwa susu itu baik untuk tulang? Namun tahukah Anda bahwa nanas juga baik untuk tulang? Ternyata, buauh annas mengandung zat mangan. Zat mangan ini dapat memperkuat jaringan ikat dan tulang Anda. Hasil penelitian mengatakan bahwa jika Anda kerap mengonsumsi zat mangan serta mineral-mineral lainnya yang baik untuk tulang, maka Anda bisa menghindari penyakit osteoporosis, lho. Ayo, mulai minum jus nanas untuk menguatkan tulang Anda!

2. Degenerasi Manula


Source: Pexels

Selain dapat menguatkan tulang, konsumsi jus nanas secara rutin juga dapat membantu Anda mencegah degenerasi manula lho. Degenerasi manula adalah hal yang terjadi ketika umur sudah lanjut, yang menyebabkan hilangnya penglihatan. Degenerasi ini dapat menyebabkan kesulitan membaca, lho. Untungnya sama seperti wortel, di dalam buah nanas ada zat beta karoten yang dapat memperbaik dan melindungi penglihatan jika Anda konsumsi dengan rutin.

3. Gusi

Source: GregMontani

Kesehatan gusi itu penting, lho. Gusi yang tidak sehat tentunya akan mengurangi kecantikan Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gusi Anda adalah dengan mengonsumsi jus nanas. Hal ini disebabkan karena jus nanas mengandung vitamin C, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit-penyakit yang berhubungan dengan gusi seperti misalnya peradangan gusi.

4. Kulit


Source: Pexel

Siapa sih yang tidak mau kulitnya tetap elastis dan terlihat muda? Jus nanas dapat membantu Anda menjaga kulit agar tetap elastis, lho. Jus nanas dapat mendukung sintesis kolagen di dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen di dalam tubuh Anda, maka kulit Anda akan lebih elastis. Ditambah lagi, di dalam buah nanas juga terkandung vitamin C dan asam amino yang bisa membantu pembaharuan jaringan dan sel-sel yang rusak. Hebat sekali, bukan?

5. Pencernaan


Source: domeckopol

Seperti mayoritas sayur-sayuran dan buah-buahan lainnya, buah nanas juga baik bagi pencernaan. Di dalam buah nanas terkandung serat yang sangat sehat dan dapat menjaga kesehatan usus Anda. Selain itu, nanas juga mengandung enzim yang bernama bromelain. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society, bromelain ini dapat membantu pencernaan agar menjadi lebih lancar.

6. Mual


Source: Pexels

Merasa mual? Buatlah jus nanas dari buah nanas yang masih segar. Buah nanas sangat berkhasiat untuk meredakan mual. Oleh karena itu, buah ini tentunya sangat baik untuk ibu hamil yang kerap merasakan mual. Selain itu, jika Anda termasuk orang yang mudah mual ketika sedang menaiki kendaraan, buah nanas juga dapat membantu mengurangi rasa mual Anda. Bermanfaat sekali ya, buah nanas ini.

7. Hipertensi


Source: Pexels

Jus nanas juga sangat bermanfaat bagi Anda yang mengidap penyakit darah tinggi, lho. Pola makan dan gaya hidup merupakan salah satu faktor penentu tekanan darah. Jika Anda mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, tentunya tekanan darah Anda juga akan lebih stabil. Anda dapat mencoba mengonsumsi jus nanas untuk menstabilkan tekanan darah Anda. Hal ini disebabkan karena buah nanas mengandung kalium yang dapat menjaga tingkat tekanan darah Anda.

8. Rasa Nyeri


Source: Pexels

Manfaat yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Ya, buah nanas dapat membantu mengatasi sakit yang dirasakan pada otot Anda. Oleh karena itu, banyak olahragawan yang suka mengonsumsi jus nanas. Namun, walaupun Anda bukan olahragawan, tidak ada salahnya mengonsumsi jus ini. Selain itu, buah nanas juga dapat meminimalisir pembekuan darah dan mengurangi rasa nyeri di sendi. Hebat sekali, bukan?

9. Menyembuhkan


Source: Pexels

Tahukah Anda bahwa jus nanas juga dapat membantu menyembuhkan luka dan infeksi dengan cepat? Ini disebabkan oleh kandungan yang bersifat anti-inflamasi yang ada di dalam buah ini. Jika Anda ingin agar luka Anda cepat sembuh, Anda dapat mencoba mengoleskan buah nanas pada luka Anda. Pada mulanya, tentu akan terasa perih. Namun, ini berarti jus nanas sedang membantu membersihkan luka Anda sehingga akan lebih cepat sembuh.

10. Asma


Source: Pexels

Selain manfaat-manfaat diatas, konsumsi jus nanas yang rutin juga dapat membantu Anda mencegah asma. Buah nanas mempunyai kandungan beta karoten yang pada akhirnya akan berubah menjadi vitamin A ketika dicerna di dalam tubuh. Beberapa penelitian mengatakan bahwa konsumsi beta karoten dapat mengurangi resiko terjadinya asma akibat kegiatan olahraga. Namun, penelitian-penelitian tersebut masih dalam tahap awal.

Itulah sebagian manfaat jus nanas bagi kecantikan dan kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan, Kesehatan, Makanan