10 Manfaat Jus Cranberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: 3dman_eu

Buah cranberry mungkin bukan merupakan buah yang sangat terkenal di dalam masyarakat Indonesia, tetapi tahukah Anda bahwa buah ini mempunyai banyak manfaat? Bentuk dari buah ini sangat mirip dengan buah blueberry, yang berbeda adalah warnanya yang merah tua. Buah ini mengandung banyak berbagai nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda. Oleh karena itu, yuk disimak penjelasan di bawah ini.

1. Kesehatan Gigi


Source: eak_kkk

Jus cranberry dapat menjaga kesehatan gigi Anda, lho. Hal ini disebabkan oleh senyawa proanthocyanidine yang dikandungnya. Senyawa ini sudah terbukti baik untuk gigi. Proanthocyadine terkenal dapat mencegah perkembangan bakteri-bakteri jahat yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi Anda. Ditambah lagi, senyawa ini dapat mencegah adanya plak. Plak dapat menyebabkan kerak gigi timbul, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan seperti bau mulut atau radang gusi.

2. Vitamin C


Source: alex80

Selain proanthocyanidine, jus cranberry juga mengandung vitamin C. kandungan vitamin C di dalam jus ini bisa dibilang sangat tinggi. Vitamin C ini dapat membantu menjaga sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena ia dapat menangkal penyakit-penyakit yang biasanya ditimbulkan oleh radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga dapat menjaga keremajaan kulit Anda, lho. Bermanfaat sekali, ya.

3. Kesehatan Jantung


Source: eak_kkk

Selain vitamin C dan proanthocyanidine, jus cranberry juga mengandung senyawa flavonoid, lho. Senyawa ini terkenal ampuh untuk menangkal sel-sel kanker. Ditambah lagi, senyawa flavonoid juga berfungsi menjaga kesehatan jantung Anda. Ini dilakukan dengan cara mengurangi kandungan kolestrol di dalam tubuh Anda serta mengurangi kadar lemak karena lemak dan kolestrol berlebihan merupakan sumber dari penyakit kardiovaskular/jantung.

4. Gangguan pada Lambung


Source: eak_kkk

Gangguan pencernaan bukan lagi merupakan penyakit yang jarang dialami dewasa ini. Hal ini disebabkan oleh tidak sehatnya pola makan dan gaya hidup. Gangguan-gangguan di dalam sistem pencernaan ini biasanya disebabkan oleh perkembangan bakteri di dalam lambung Anda. Tetapi jangan khawatir, dengan mengonsumsi jus cranberry, kandunga antioksidan di dalamnya dapat mencegah tubuhnya bakteridi dalam lambung sehingga lambung Anda akan tetap bersih dan sehat. Buah cranberry juga sangat bermanfaat bagi kesehatan usus Anda, lho.

5. Darah Tinggi


Source: alex80

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan, jus cranberry juga terkenal efektif untuk membantu Anda menghindari tekanan darah tinggi. Selain dipengaruhi oleh emosi, tekanan darah tinggi juga dipengaruhi oleh pola hidup, lho. Buah cranberry sendiri dapat menstAndarkan HDL dan melancarkan aliran darah Anda, yang berhubungan erat dengan kadar kolestrol terhadap tekanan darah Anda. Jadi, jika Anda mengidap penyakit darah tinggi, tidak ada salahnya mulai mengonsumsi jus cranberry secara rutin.

6. Keracunan


Source: Bonbonga

Tahukah Anda bahwa jus cranberry juga dapat membantu Anda mengatasi keracunan? Buah cranberry terkenal dapat mengusir bakteri-bakteri jahat di dalam tubuh Anda. Penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan para ilmuwan juga mengindikasikan bahwa jus cranberry sangat membantu jika Anda baru saja mengalami keracunan yang berasal dari obat-obatan atau makanan.

7. Penuaan


Source: zdenet

Bagi Anda yang ingin tetap awet muda, jus cranberry lah jawabannya. Buah cranberry mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat mencegah penuaan dini. Seperti yang Anda ketahui, kulit yang keriput merupakan hal yang tidak diinginkan oleh para wanita, maka dari itu konsumsilah jus cranberry secara rutin dan lihat hasilnya. Di dalam buah cranberry juga terkandung vitamin C dan vitamin E yang dapat meremajakan kulit, lho.

8. Diet


Source: Pexels

Nah, bagi Anda yang sedang diet, jus cranberry juga dapat membantu proses diet Anda. Hal ini disebabkan karena buah cranberry memiliki kandungan kalori yang relatif rendah serta memiliki rasa yang disukai oleh orang banyak. Oleh karena itu, buah ini cocok dijadikan menu diet Anda; baik dijadikan jus ataupun dimakan secara langsung. Di Negara-negara seperti Amerika, buah ini terkenal sebagai salah satu buah yang kerap dikonsumsi oleh orang yang sedang berusaha diet.

9. Penyakit Pernapasan


Source: PublicDomainPictures

Penyakit yang biasanya disebabkan oleh perkembangan bakteri di dalam saluran pernapasan ini bisa diatasi dengan jus cranberry. Ini dikarenakan kansungan senyawa penting yang ada di dalam buah cranberry yang dapat mencegah berkembangnya bakteri-bakteri tersebut sehingga Anda dapat menghindari penyakit pernapasan seperti asma, dan lain-lain. Luar biasa sekali ya, buah cranberry ini?

10. Infeksi Saluran Kemih


Source: PublicDomainPictures

Jus cranberry juga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih Anda, lho. Ini disebabkan oleh kandunga Proanthocyanidins; senyawa yang berwana biru dan merah yang biasanya terdapat di dalam buah berry. Senyawa baik ini dapat menghalangi bakteri yang akan melekat pada dinding saluran kemih, yang pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi. Jika bakter-bakteri tersebut tidak bisa melekat pada dinding-dinding, maka mereka tidak dapat berkembang biak dan akan lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh Anda.

Itulah beberpa menfaat jus cranberry yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Tunggu apa lagi? Yuk, dicoba!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Culinary, Health