10 Hal yang Harus Dihindari untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Pexels

Bintik-bintik gelap atau pigmentasi pada kulit, yang biasa disebut flek hitam, sering muncul pada kulit wajah wanita maupun pria. Meskipun ada beberapa pengobatan rumah dan perawatan yang tersedia hari ini untuk menyingkirkan itu, Anda mungkin ingin tahu apa yang sebenarnya menyebabkan munculnya flek-flek hitam menggangu pada wajah Anda. Selain mungkin disebabkan oleh factor keturunan, kebiasaan sehari-hari punya andil besar membuat flek tsb muncul pada permukaan kulit. Berikut 10 Hal yang Wajib Dihindari untuk Mencegah Hadirnya Flek Hitam pada Wajah :

1. Bleaching kulit & pewarnaan rambut


Source: Deborah Austin

Bleaching kulit dan rambut yang terlalu sering akan menimbulkan pigmentasi kulit yang tidak diharapkan. Karena ini adalah proses mengubah warna asli dari pigmen kulit dan rambut, dibutuhkan jenis senyawa kimia yang kuat. Bahkan dalam proses pengerjaannya tidak jarang dibutuhkan berkali-kali tahapan untuk mendapatkan level warna yang diinginkan. Jika Anda sulit untuk menghindari kegiatan bleaching, jenis bahan yang disarankan adalah mequinol. Sedangkan untuk pengecatan rambut, zat kimia yang walaupun diaplikasikan nya ke atas helai-helai rambut, tetap saja terdapat banyak kemungkinan zat atau krim tersebut tidak sengaja mengenai bagian kulit wajah. Pilihlah krim, atau cat rambut dengan kandungan yang lebih aman bagi kulit.

2. Lupa membersihkan wajah


Source: Kjerstin Michaela

Biasanya setelah berpergian seharian, kita cendrung lelah dan langsung menjatuhkan diri ke atas kasur tanpa bersih-bersih terlebih dahulu. Kebiasaan buruk inilah yang dapat menjadi salah satu penyebab flek hitam. Banyaknya debu dan bakteri yang akan menyebabkan flek hitam mudah untuk timbul dan berkembang. Tak hanya flek hitam saja, malas membersihkan wajah bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat dan permasalahan kulit lainnya. So, sebisa mungkin bersihkanlah muka kamu sebelum tidur, ya!

3. Salah memilih kosmetik


Source: WarbeFabrik

Salah memilih kosmetik adalah hal yang fatal. Kita menggunakan kosmetik, ataupun skincare untuk penggunaan sehari-hari. Namun, apa jadinya bila kosmetik yang kita gunakan ternyata tidak cocok dan malah menimbulkan masalah pada kulit? Disini, kamu butuh pintar-pintar memilah mana kosmetik yang cocok untuk tipe kulitmu. Kalau bisa, pilih brand yang memang sudah memiliki reputasi yang baik. Sekarang kan banyak beautyblogger yang dengan senang hari me-review produk, nah kamu bisa cari referensi dari mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya. Pilihlah dengan bijak, ya!

4. Penggunaan produk yang memiliki wangi 


Source: Stevepb

Wangi harum dari produk-produk yang kita gunakan, tak bisa disangkal menjadi salah satu faktor yang menarik kita untuk membeli produk tersebut. Khusus ntuk kamu yang kulitnya kelewat sensitive dan punya riwayat alergi, sangat disarankan untuk tidak membeli dengan tambahan aroma wangi. Saat menggunakan parfum, juga disarankan untuk tidak menyemprotkan langsung ke atas lapisan kulit. Senyawa kimia yang terdapat di dalam cairan parfum biasanya dapat menimbulkan sensasi panas dan terbakar yang berpotensi menjadikan kulit kita semakin sensitif nantinya.

5. Kegiatan yang memaparkan suhu panas


Source: Pexels

Semua kegiatan yang meng-expose suhu panas langsung kea rah muka kita, sebsiknya dihindari. Temperatur panas dapat memicu timbulnya flek hitam pada kulit wajah. Gunakanlah skincare semacam sunscreen sebelum melakukan hal yang berhubungan dengan panas, dan oleskan pada daerah yang paling banyak terpapar panas secara langsung. Kegiatan lain selain masak yang punya potensi besar menimbulkan flek hitam bila tidak di-manage dengan baik  adalah hot yoga, sauna, dan semacamnya.

6. Intens terpapar sinar matahari


Source: Unsplash

Salah satu penyebab terburuk dari pigmentasi kulit adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal 30 SPF. Bahkan jika di luar sedang berawan, pastikan kamu tetap menggunakan lotion ber-SPF. Sinar uv pada matahari masih bisa menembus kulit kamu even dengan lapisan lotion tadi. So, jangan lupa di re-apply setiap 2 jam sekali, ya untuk perlindungan maksimal.

7. Gesekan yang berlebihan pada kulit


Source: Webandi

Jaring pemicu busa dan sikat mandi lazim digunakan pada saat kamu sedang berada dalam kamar mandi. Dua barang tersebut berguna untuk membantu sabun merontokkan sel-sel kulit mati yang ada pada kulit. Namun, penggosokan yang dilakukan secara berlebihan justru berdampak tidak baik, nih. Dengan frequensi yang sering, penggosokan dapat menimbulkan flek, membuat kulit sangat kering dan pecah-pecah. Oh no!

8. Merokok


Source: Pexels 

Merokok memang dari awal tidak pernah direkomendasikan oleh siapapun. Banyaknya senyawa kimia berbahaya, sudah banyak dibuktikan dengan penelitian-penelitian mampu membawa dampak buruk yang terlampau banyak. Mulai dari batuk-batuk, hingga kematian. Mengerikan, bukan? Namun ternyata, ada fakta baru nih untuk kamu para pecinta keindahan tubuh. Rokok dipercaya mampu menurukan nilai antioksidan dalam tubuh. Padahal, antioksidan ini mampu memperbarui dan menjaga kulit Anda sehat. Rugi dong, merokok tapi akhirnya malah merusak kulit cantik mu? Pikirkan dengan bijak ya, teman sebelum bertindak.

9. Stress


Source: Counselling

Stress menimbulkan gejolak hormon yang cukup naik-turun. Ketika Anda stres, jumlah radikal bebas dalam tubuh pun ternyata jumlahnya meningkat drastis. Radikal bebas dapat memperburuk keadaan pigmentasi kulit dan juga menimbulkan bintik-bintik flek hitam baru.

10. Pengaruh hormon yang tidak stabil


Source: Rottonara

Naik-turun nya hormon, ternyata juga berdampak pada kecantikan dan kesehatan kulit loh. Keadaan hormon yang tidak stabil dapat memicu timbulnya flek-flek hitam pada wajah. Jika hal ini terjadi, konsultasikan lah pada dokter yang memang ahli pada bidang nya sehingga kamu langsung tahu bagaimana solusi yang harus dijalankan.

Semoga setelah mengetahui sebab asal-muasal dari timbulnya flek-flek hitam pada wajah, kamu bisa lebih berhati-hati dalam bertindak dan kalau bisa mengurangi melakukan kegiatan seperti yang disebutkan di atas. Gunakan juga perawatan alami seperti masker dari buah-buahan untuk membantu mengurangi area flek hitam pada wajahmu untuk meminimalisir potensi flek untuk timbul ke permukaan. Selamat mencoba!

Namun, tahukah kamu bahwa sekarang mau cantik tidak perlu ribet. Cari Make Up Artist Favorit mu hanya di HelloBeauty.id

 

 

 

 

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty