10 Manfaat Buah Sawo untuk Tetap Cantik dan Sehat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : gauravktwl

Ladies, sudah mengenal buah sawo belum? Sawo merupakan buah tropis dengan tekstur yang unik, lembut sekaligus kasar ketika dimakan. Buah tropis berwarna coklat ini mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.  Nutrisi tersebut dapat ladies gunakan untuk kesehatan, merawat rambut dan merawat kulit. Coba simak manfaatnya berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Mata


Source : PublicDomainPictures

Tahukah ladies bahwa buah sawo memiliki kandungan vitamin A? Bahkan sawo memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A penting untuk indera penglihatan. Vitamin A dalam buah sawo akan membantu meningkatkan fungsi mata bahkan untuk orang lanjut usia. Ladies bisa mencoba mengkonsumsi buah sawo untuk mendapatkan nutrisi baik bagi mata.

2. Menjaga Fungsi Pencernaan


Source : PublicDomainPictures

Ternyata sawo memiliki manfaat bagi sistem pencernaan, ladies. Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo akan mengatasi masalah sembelit. Dalam 100 gram buah sawo terdapat 5,6 gram serat. Serat akan melindungi mukosa usus dari racun yang dapat menyebabkan kanker. Sawo juga dianggap sebagai obat anti-diare. Buah ini dapat dibuat ramuan dengan cara direbus untuk mengatasi diare.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi


Source : PublicDomainPictures

Sawo mengandung sejumlah kalsium, fosfor dan zat besi. Nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan tulang, lho! Kalsium dan fosfor akan membantu meningkatkan kekuatan tulang. Konsumsi sawo secara rutin akan memberikan tubuh asupan mineral. Folat, magnesium, kalium, seng, tembaga dan selenium juga ada di dalam sawo. Buah satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pengikisan pada gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

4. Mengontrol Tekanan Darah


Source : frolicsomepl

Sawo mengandung magnesium yang berguna bagi darah dan pembuluh darah. Tidak berhenti di situ, sawo juga mengandung kalium, ladies. Kalium ini akan membantu mengatur tekanan darah dengan menekan tingkat natrium. Kalium juga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Folat dan zat besi juga terkandung dalam buah sawo. Nutrisi ini akan membantu mencegah masalah anemia.

5. Membuat Kulit Bercahaya


Source : tummerton2010

Sawo memiliki kandungan vitamin E yang dibutuhkan oleh kulit. Vitamin E dari sawo dapat melembabkan kulit dan menyehatkan kulit. Kandungan vitamin E dalam buah sawo dapat mengurangi kebutuhan produk perawatan kulit. Ladies akan mendapatkan perawatan kulit alami tanpa bahan kimia dengan memanfaatkan sawo. Vitamin E dalam buah sawo akan membuat kulit ladies senantiasa sehat dan cantik.

6. Melawan Penuaan Dini


Source : PublicDomainPictures

Ladies, sawo juga dapat dimanfaatkan sebagai agen anti-aging. Sawo mengandung antioksidan yang berlimpah. Antioksidan ini akan bertugas memberantas radikal bebas dalam tubuh, dimana radikal bebas bertanggungjawab dalam meningkatkan proses penuaan. Antioksidan juga efektif dalam mengurangi kerutan yang muncul. Ladies dapat mengkonsumsi sawo atau menggunakannya secara eksternal untuk mengatasi garis-garis halus.

7. Mencegah Kanker


Source: Cristianosoy

Sawo dapat ladies manfaatkan sebagai buah untuk mencegah kanker. Nutrisi dalam sawo mampu melawan beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Kandungan vitamin A serta vitamin B dalam buah sawo dapat mempertahankan lapisan lendir dalam tubuh. Nutrisi penting lain dan antioksidan buah sawo juga bertugas dalam membantu menghambat pembentukan kanker dan mengikat karsinogen.

8. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut


Source : laleyla5

Ekstrak minyak biji sawo banyak digunakan sebagai pelembab dan perawatan rambut. Minyak yang dibuat dari biji buah sawo berguna dalam meningkatkan pertumbuhan rambut serta mengurangi masalah kulit kepala. Minyak ini akan mengurangi kondisi kulit kepala yang teriritasi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ladies, minyak dari ekstrak sawo ini juga digunakan dalam mengatasi masalah rambut rontok yang disebabkan dermatitis seboroik.

9. Membuat Rambut Lembut


Source : nastya_gepp

Sawo masih dapat ladies gunakan dalam merawat rambut yang kasar. Minyak ekstrak biji sawo mampu melembabkan serta melembutkan rambut ladies. Ladies pasti setuju bahwa rambut yang lembut akan lebih mudah dikelola, iya kan? Minyak ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat rambut lebih berkilau dan dianggap sangat baik untuk rambut keriting. Minyak ini dapat diserap dengan mudah sehingga tidak akan meninggalkan residu, ladies.

10. Agen Detoksifikasi


Source : Practical Cures

Nutrisi dalam sawo dapat bertindak sebagai diuretik alami. Fungsi ini akan membantu menghilangkan limbah dari tubuh melalui urin atau yang sering disebut sebagai detoksifikasi. Detoksifikasi berguna dalam membersihkan tubuh dari racun serta berbagai zat berbahaya. Hal ini juga dapat mencegah retensi air dengan menjaga konsentrasi air dalam tubuh. Fungsi diuretik juga akan membantu mengusir masalah kandung kemih serta batu ginjal.

Itulah sepuluh manfaat buah sawo ladies. Disamping manfaat di atas, buah sawo juga dapat mengatasi ketombe dan baik untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health